Membuat Pupuk Organik Granul

buku pupuk organik granul
Baca juga: Video Membuat Pupuk Granul | membuat pupuk organik sendiri | Mesin Cacah Kompos | Pupuk Organik, Pupuk Kimia, dan Pupuk Hayati | Tata Letak Mesin Pabrik Pupuk Organik | Bagan Pabrik POG | Permentan No. 70/2011 tentang Pupuk Organik, Pupuk Hayati dan Pembenah Tanah | Lampiran 1 Permentan No. 70/2011 | Lampiran 1 Permentan No. 70/2011

 


Pupuk organik bisa dibuat dalam bermacam-macam bentuk. Bisa dibuat curah, table, pelet, briket, atau granul. Pemilihan bentuk ini tergantung pada penggunaan, biaya, dan aspek-aspek pemasaran lainnya. Salah satu bentuk yang banyak dipakai adalah granul. Membuat pupuk granul sebenarnya tidak terlalu sulit. Secara garis besar pupuk granul dapat dibuat dengan cara seperti di bawah ini.

 

Pengeringan Bahan

Mesin Pengering
Mesin Pengering

Bahan pupuk organik yang digunakan bisa dibuat dari pupuk kandang. Tapi perlu diingat pupuk kandang yang digunakan adalah pupuk kandang yang sudah ‘matang’ bukan yang baru keluar dari binatangnya. Bisa juga menggunakan kompos, baik kompos dari limbah pertanian, kompos dari sampah organik, atau humus yang langsung diambil dari tanah.

Langkah pertama adalah pengeringan. Kompos ini harus dikeringkan terlebih dahulu. Pengeringan dapat dilakukan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari atau dengan menggunakan alat pengering (rotary dryer). Kadar air kompos kering kurang lebih <20%. Lebih kering lebih bagus.

 


Baca juga Membuat Pupuk Organik Cair: Bagian 1 | Bagian 2 | Bagian 3 | Bagian 4



 

Penggilingan dan Pengayakan

Kompos yang sudah kering kemudian digiling dengan mesin giling. Atau ditumbuk saja juga bisa. Tingkat kehalusan kompos yang diperlukan minimal 80 mesh. Biasanya aku memilin 100 mesh. Kompos halus ini kemudian diayak dengan ayakan 80 mesh atau 100 mesh. Sisa bahan yang tidak lolos ayakan dikembalikan ke alat penggiling.

Penambahan Bahan-bahan Lain

auksin

sitokinin

giberelin

Apabila diperlukan dapat pula ditambahkan beberapa bahan lain. Beberapa bahan yang sering ditambahkan adalah pupuk anorganik untuk meningkatkan kandungan hara N, P, K, atau hara mikro lainnya. Dapat pula ditambahkan dengan asam humat atau asam fulvat atau hormon perangsang pertumbuhan tanaman. Apabila memungkinkan dapat pula ditambahkan dengan mikroba-mikroba. Cuma tidak semua mikroba bisa ditambahkan ke dalam pupuk granul. Banyaknya bahan yang ditambahkan berbeda-beda untuk setiap perusahaan. Jenis dan dosis ini merupakan ‘rahasia perusahaan’ masing-masing. Ibaratnya masakan, jenis masakan bisa sama tetapi ‘ramuannya’ bisa berbeda-beda untuk setiap koki.

Granulasi

Setelah semua bahan siap, langkah berikutnya adalah pembuatan granul. Granul dapat dibuat dengan berbagai cara. Cara paling sederhana adalah dengan menggunakan nampan biasa. Biasanya aku gunakan cara ini untuk membuat contoh granul skala kecil. Bahan yang diperlukan sekitar 300 gr – 500 gr. Caranya, bahan dimasukkan ke dalam nampan, tambahakan air + perekat (jika perlu). Kemudian nampan digoyang-goyang sampai terbentuk granul. Yang perlu diperhatikan dalam langkah ini adalah penambahan air/perekat. Jumlahnya harus pas, tidak boleh berlebih atau terlalu sedikit. Di sinilah seni-nya membuat granul.

Alat lain yang juga dapat digunakan untuk membuat granul adalah moleh pengaduk semen. Alat ini biasa digunakan oleh para tukang batu untuk membuat rumah dan dapat diperoleh di toko-toko penjual alat bagunan. Prinsip kerjanya sama seperti cara di atas. Pertama masukkan bahan ke dalam moleh. Hidupkan mesinnya. Sambil diputar-putar, masukkan air sedikit demi sedikit ke dalam molen hingga terbentuk granul. Setelah granul terbentuk, isi molen dapat dituang.

molen
Pembuatan granul dengan molen.

Alat lain yang khusus dibuat untuk granulasi adalah pan granulator. Alat ini berbentuk piringan yang berputar. Prinsip kerjanya sih masih sama dengan cara nampan di atas. Ukuran piringan bisa bermacam-macam. Kami memiliki pan granulator ukuran kecil dengan diameter 1 m dan ada juga yang berukuran 2.5 m. Cara kerjanya sama seperti yang telah disebutkan di atas.

pan granulator kecil

Pan granulator ukuran kecil yang kami gunakan untuk percobaan atau membuat prototipe pupuk organik. Diameter piringan kurang lebih 1 m.

pan granulator
Pan granulator ukuran besar di salah satu pabrik pupuk organik.

Setelah granul terbentuk, granul ini perlu diayak untuk mendapatkan ukuran granul yang seragam. Ukuran ayakan tergantung pada ukuran granul yang akan dibuat.

pupuk organik granul
Pupuk organik granul

Pengemasan

granul

Langkah berikutnya adalah pengemasan pupuk granul. Ukuran kemasan bisa bermacam-macam. Kemasan-kemasan kecil bisa berukurang 1 kg, 5 kg, atau 10 kg. Kemasan juga bisa menggunakan karung dengan ukuran 25 – 30 kg. Kemasan biasanya terdiri dari dua bagian, bagian luar dan bagian dalam (inner). Kemasan bagian luar diberi merek/nama/logo perusahaan.

Baca panduan tentang membuat pupuk organik granul secara sederhana di link ini:

Panduan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dengan Biang POC – GRATIS

Buku Kompos
Klik di sini untuk menddownload buku ini.


Download buku yang lebih lengkap silahkan klik di sini: Daftar Buku Gratis.

Untuk sementara link-link di bawah ini tidak berfungsi, silahkan gunakan link yang ada di atas.

DOWNLOAD PUPUK ORGANIK

Silahkan didownload resources yang mungkin Anda perlukan juga:

  1. Buku Petunjuk Pupuk Organik Granul
  2. Buku Petunjuk Teknis Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT): Padi Sawah Irigasi
  3. Petunjuk Teknis Uji Mutu Pupuk Organik
  4. Standard Mutu Pupuk Organik
  5. Kompos
  6. SNI Dolomit
  7. Kompos Limbah Kakao
  8. Petunjuk Lapang PTT Padi
  9. Budidaya Padi Sehat
  10. Brosur Budidaya Padi Sehat
  11. Brosur Kompos Jerami
  12. Pengelolaan Lahan untuk Budiaya Sayur Organik
  13. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati
  14. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  15. Analisis Biologi Tanah
  16. Juknis Mutu Pupuk Organik
  17. Menuju Pertanian Lahan Kering Lestari
  18. Pembuatan Kompos-Balittanah
  19. Pemupukan Berimbang
  20. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  21. Petunjuk Pengambilan Sampel Tanah untuk Analisis Biologi Tanah
  22. Compost Quality TestGermination Index Method
  23. Compost and Soil Conditioner Quality Standards 2005

Daftar bahan lain yang bisa didownload: Download Di Sini
Cara mendownload: Klik dua kali pada link yang akan didownload. Kemudian ikuti perintah selanjutnya. Kalau ada iklan yang muncul, klik aja iklannya atau langsung ke SKIP ADD yang ada di pojok kanan atas.
Referensi lain yang mungkin juga Anda perlukan. Rekomendasi link: Free Ebooks.
buku gratis

About these ads

146 responses to “Membuat Pupuk Organik Granul

  1. widjojo Suprapto

    Saya berminat dengan mwsin granulator tolong spesifikasi dan harganya.
    Terima kasih

  2. pak isroi
    saya ingin menanyakan jika menggunakan Rotary dryer brapa lama proses pengeringan nya?
    dan di mana dapat membeli alat ini?

    terima kasih

  3. Rusdy Kartono

    Sya ingin membeli mesin granul tersebut, tolong di informasikan :1.Produk, 2. Spesifikasi, 3.Kapasitas, 4.Harga.
    Sudi kiranya dijawab secepatnya.

  4. tolong info spec dan harganya. thx

  5. Maaf, saya tidak menjual alat-alat tersebut. Silahkan dicari ke tetannga-tetangga yang lain.

    • Ahmadin Aleandro

      makanya pak Isro’i, kalo bukan ahli di bidang pupuk, jangan menulis tentang proses pembuatan pupuk dengan memasukkan mesin2 milik orang lain, akibatnya banyak orang terkecoh menganggap Bapak ahli pupuk

      • saya memang bukan orang teknik dan hanya tahu sedikit tentang mesin. tetapi saya bisa membuat pupuk. Terserah pendapat saudara saja. Mohon maaf kalau anda yang terkecoh….

  6. Pembuat pupuk semacam itu sangat bagus bagi dunia pertanian di negara kita. Untuk para petani (petani apapun itu) pakailah pupuk organik yang jelas kesehatannya, jangan memakai pupuk an organik. Apa bapak (selaku petani) ingin membunuh kami secara perlahan – lahan. (jangan begitu dong)!

  7. saya mau tanya untuk pemanas/dryer menggunakan suhu berapa untuk mendapatkan kadar air dibawah 20%.

  8. pertanyaanya sama dengan di atas.Sya ingin membeli mesin granul tersebut dimana untuk mendapatkan mesin pan granulatornya? , tolong di informasikan :1.Produk, 2. Spesifikasi, 3.Kapasitas, 4.Harga.
    Sudi kiranya dijawab secepatnya.

  9. Sangat bagus inovasinya, paling tidak dapat menjadi alternatif penyelesaian sampah kota. Apakah isroi atau lainnya mengadakan pelatihan untuk pembuatan ini?, jika ada kapan dan berapa ? terima kasih

  10. terima kasih untuk info membuat pupuk organik granul,dan apakah bisa memberikan informasi lebih banyak lagi tentang pupuk organiknya????

  11. mohon dapat diberi informasi nya mengenai : Harga Pan Granular diameter 3M, 5M dan Rotary Dryer yang Diameter 1m panjang 11 m dan 15 m, barang nya yang ready ada ?
    akan kami pergunakan untuk di Malang
    terima kasih atas informasinya

    hidayat 08585 301 3626, 0888 0335 7786

    hidayatlpk@telkom.net

  12. saya lagi memulai usaha pembuatan pupuk organik di desa saya, kl ada yg mau bantu info dan teknis saya sangat berterima kasih

  13. Pak Isroi Yth.
    saya sangat tertarik dengan blog bapak, saya juga sangat tertarik dengan pembuatan pupuk, yang saya mau tanyakan adalah
    bahan apa saja untuk membuat pupuk NPK semi maupun kimia murni dan kira2 bisa di beli dimana ya pak.
    untuk membuat granular bahan perekat yang perlu ditambahkan apa dan berapa % dari jumlah bahan yang digunakan.
    saya punya rock phospat dengan kandungan P205 20%bagaimana cara memisahkan pospat agar bisa murni (membuang residu yang 80%).
    Terimakasih

  14. Selamat datang di blog saya, semoga bermanfaat.
    Untuk pembuatan pupuk NPK organik, ya..bahan baku utamanya adalah kompos. Bisa diperkaya dengan pupuk kimia dengan perbandingan tertentu.
    Ada beberapa bahan yang biasa digunakan sebagai perekat, seperti: tepung kanji/tapioka, bentonit, kaolin, atau gypsum.
    Saya belum pernah memurnikan fosfat alam. Rasanya agak sulit dan kurang feasible. Saya lebih suka meningkatkan efektivitasnya, jadi tidak perlu menghilangkan yang 80%.

    Semoga bermanfaat.

    isroi

  15. terimaksih atas bimbingannya
    maaf lho pak kalau tanya terus.
    untuk menambahkan unsur N selain urea dan ZA bahan apa saja yang dapat di gunakan ya pak untuk membuat npk. dan cara mencampurnya bagaimana agar dapat tercampur dengan baik
    Trims

  16. Bahan-bahan lain umumnya memiliki kandungan N yang rendah. Apalagi bahan-bahan organik paling hanya sekitar 2.5%. Saya belum memiliki alternatif lain untuk sumber N yang bisa menyaingi Urea.

    isroi

  17. Pak isroi, saya tertarik sekali dengan tulisan anda. Saya seorang editor buku yang membawahi buku buku how to terutama untuk gaya hidup dan kesehatan di penerbit ombak yogyakarta dan berminat mengajak bapak bekerjasama menuliskan pengalaman Bapak ini agar lebih bermanfaat bagi banyak orang. Apakah Bapak bersedia?jika iya silahkan hubungi saya di email diatas. Saya tunggu kabar dari Bapak. Terimakasih

  18. Mas, terima kasih infonya. bisa gak saya minta spesifikasi untuk pupuk organik granul, kalau bisa sekaligus dengan harganya. terima kasih.

  19. Terima kasih atas kunjugannya. Semoga bermanfaat.

    Sementara ini saya tidak menjual pupuk organik granul, tetapi menyediakan sarana (aktivator) untuk pembuatan pupuk organik (kompos), yaitu Promi dan selanjutnya bisa dimanfaatkan untuk membuat pupuk organik.

    Salam,

    isroi

  20. bung, bagaimana cara saya bisa dapatkan promi? tolong balas di email saya. regards

  21. salam kenal..
    mau tanya pak..
    kalo di campar dengan bahan adiktif seperti urea, apakah masih bisa di sebut pupuk organik ?
    saya sedang mencoba membuat pupuk organik berbentuk granul dengan menggunakan perekat air di tambah kalsit dengan bahan baku kompos sampah pasar di tambah dari kotoran ternak. Apakah nanti akan ada masalah bagi tanah bila saya menggunakan kalsit sbg bahan perekat ?
    bahan perekat apa selain kalsit yang sering di gunakan dengan harga murah dan mudah di dapat ?
    terima kasih atas jawabannya..

  22. Gmn caranya bikin NPK anorganik, biar butiranya keras, mbok ya kapan2 diulas

  23. Kalau dilihat dari definisi kimi a organik, ure a adalah senyawa organik.

    Di sini ada yang sedikit rancu, saya lebih suka menyebut urea sebagai pupuk buatan. sedangkan pupuk organik mungkin bisa dikatakan pupuk alami.

    Kalsit mineral, jadi boleh dipakai untuk pupuk organik/alami. Beberapa bahan yang biasa digunakn sebagai perekat adaah gypsum, bentonit, liat, atau tepung tapioka. Silahkan dicoba-coba sendiri.

    isroi

    isroi

  24. terima kasih atas jawabannya..
    sekalian saya mau minta ijin nge link blog nya.
    tulisan pak isroi adalah referensi utama saya dalam mengelola sampah pasar.
    saya tunggu saran kritik dan komentarnya pak isroi di

    http://sampahpasarbunder.wordpress.com

    aan

  25. Semoga sukses Mas Aan.

    isroi

  26. Dear pak isroi, saya ketua kelompok tani baru saj amendapat bantuan mesin granular, mohon dengan sangat pencerahan cara pembuatan pupuk organik granular dari bahan kotoran sapi dan kompos sampah dari mulai proses bahan baku, komposisi bahan, dan produksi

    terima kasih yang sebesar-besarnya semoga Allah memberikan yang terbaik

    • Bantuan dari pemerintah ya.., apakah pemerintah tidak memberikan juga cara membuat granulnya juga. Kalau tidak keterlaluan sekali. Saya tahu cara membuatnya, tetapi kalau dijelaskan di email bisa panjang sekali. Bagaimana cara menjelaskannya ya…???

  27. Asmlkm.
    Pak, saya punya tetes tebu. rencananya saya buat untuk pelekat pupuk organik.
    komposisi yang sesuai gimana ya. soalnya yang saya buat masih bau khas tetes tebu.

    • Tetesnya sedikit saja. Harus dicoba-coba. Kalau kebanyakan memang jadi bau tetes. Setiap komposisi pupuk organik seringkali memerlukan jumlah perekat yang berbeda-beda. Silahkan dicoba lagi.

  28. pupuk organik menjaga kelestarian bumi.pupuk anorganik sebaliknya
    djunaid_2000@yahoo.com

  29. seandainya saya membuat pabrik pupuk organik granul berapa kira2 modal yg diperlukan?berapa harga pan granul,harga rotary dryer,kapasitas,alat perekat yg bagus,murah?dimana bisa beli? bagaimana cara penambahan bahan penambah hara matur nuwun

  30. alamat pak isrofi yang dimagelang dimana barangkali saya dapat bersilaturahmi

  31. alhamdulillah, semoga ALLAH SWT membalas amal baik pak isroi ,& selalu merahmati qt smua .jazakumulloh .barokallohu fik

  32. Pak, saya marketing mesin kompos, pencacah dan mesin granulator mengucapkan terimakasih dengan adanya artikel Bapak terkait dengan alat-alat tersebut. Kami sangat terbantu

  33. Pingback: Membuat Pupuk Organik Sendiri « isroi

  34. Pingback: Pupuk Organik, Pupuk Hayati, dan Pupuk Kimia « isroi

  35. mohon untuk diberikan formulasi pembuatan pupuk organik yang paling sederhana

  36. Pingback: Video Pembuatan Granul dengan Pan Granulator « isroi

  37. Pingback: Mesin Cacah Kompos untuk Pupuk Organik Granul « isroi

  38. Saya ada stok pupuk organik granul 35 ton. Dijual dgn harga 600 perkg. Komposisi 65% kotoran hewan 10% zeolit dan 25% kaptan. Kalo berminat mohon hubungi saya di 08565x9x5x10 . Mesin granulator lengkap dgn rotary drier disukabumi harganya sekitar 75 jt

  39. Kami memiliki Produksi Kompos plus pupuk organik tapi untuk pemasarannya gimana yah? saya sudah punya ijin edar deptan dan lain sebagainya, bentuk yang yang kami buat granul dengan komposisi N=3 P=2 K=2, dan mengandung lebih dari satujuta mikro biologi serta hormon lengkap.

    • Coba hubungi Sang Hyang Sri atau PT Pertani yang dapat order pupuk organik dari pemerintah. Mereka kesulitan mendapatkan bahan baku pupuk organik.

  40. Assalamualaikum. Saya mulai produksi pupuk organik yang nantinya akan di di setor ke Sang Hyang Sri, cuman kalo boleh tau, bagaimana legalitas Kerjasama tersebut dengan Sang Hyang Sri?

  41. pak, say aseorang pemula yang ingin tahu tentang kompos dan ingin mulai uasaha pembutan pupuk organik ini. terus yang saya mau tanyakan:
    1. butuh berapa luas lahan untuk produksi kompos skala 1 ton?
    2.alat apa aja yang digunakan sampai proses pengepakan?
    3. pemasarannya untuk area jawa timur dan sekitarnya didaerah mana saja?
    4.dan terakhir harga pupuk kimia buatan pabrik berapa jika dibanding dengan pupuk organik yang dibuat oleh sendiri?

    • Sdr. Doni.
      1. Maksudnya skala 1 ton itu per hari, per bulan, atau apa? Karena ini yang menentukan berapa lahan yang dibutuhkan. Kebutuhan lahan adalah untuk areal pengomposan (jika komposnya mau buat sendiri), areal pengeringan kompos (jika dijemur), ruangan pabrik (untuk mesin-mesinnya), lalu gudang, plus kantor dll. Kira-kira bisa dihitung sendiri. Kalau cuma untuk 1 ton perhari, ukuran pabrik kecil hanya sekitar 150 m2. Tambah gudang bahan dan gudang produk, rasanya 500 m2 sudah cukup. Yang perlu luas adalah areal pengomposan dan penyemuran.
      2. Untuk pengepakan hanya perlu mesin jahit karung saja.
      3. Saya tidak tahu area pemasaran jawa timur
      4. Harga pupuk kimia bisa ditanyakan di toko pertanian terdekat.

  42. pak isroi, sy kurang Paham Pupuk BIO apa itu mohon penjelasan nya TRrims

  43. asw, saya mau tanya seberapa antusian pertanian sekarang menanggapi peluang pupuk organik sebagai pupuk alternatif

    • Pemerintah mendorong penggunaan pupuk organik dan ada subsidi pupuk organik. Sekarang sedang gencar-gencarnya diproduksi pupuk organik granul untuk substitusi pupuk kimia.

  44. Agus Rachmat R.

    Untuk memudah kan kita dalam menambah contents / isi kandungan lain di produk pupuk organic granular yang kita produksi tsb. adalah menambahkan humic acid dan mikroba yang sudah jadi dalam satu paket produk, angsung tinggal di semprot kan pada produk jadi sebelum pupuk di masukkan kedalam karung bag

    • endangokiwahyudin

      Yth, Pa Agus Rahmat, saya produsen kompos masih berekperimen pengomposan dengan menggunakan biodecoposer, kalo boleh tau apa nama biodecomposer, harganya brapa n belinya dimana ? Tks

  45. mungkin bisa liat info ‘Bio’ di web saya…

  46. paK saya mau tanya apa aja sih kesulitan anda dalam membuat etanol dari jerami???? saya sangat tertarik dengan penelitian anda

    • Kesulitan sebenarnya tidak banyak, salah satunya masalah biaya dan peralatan yang belum memadai. Saya sudah coba modifikasi alatnya tetapi belum bisa bekerja dengan baik. Kalau pake asam, ada tantangan juga untuk netralisasi dan detoksifikasi. Tapi kalau tekun dan hati-hati bisa dilakukan juga.

  47. salam kenal,
    saya perlu informasi tentang mikroba, promi dan promo. bisa tolong dikirimkan via email?
    saat ini saya sedang mencoba untuk mengembangkan probiotik, untuk pertanian, peternakan maupun perumahan. mohon masukan dari bapak.

  48. pak saya minta tolong infonya bgmana mencari spesifikasi dimensi jenis mesin pengolahan pupuk. antara lain:
    Dengan ini saya meminta info spesifik gambar untuk mesin
    1. Dryer ( kap. 1000-1200 kg/jam, type rotary, model RK 1000 DR )
    2. Belt Conveyor 1 ( kap. 1 ton/jam, length 8m, lift 3m, belt wide 457.2 mm )
    Belt Conveyor 2 ( kap. 1 ton/jam, length 6m, lift 3m, belt wide 457.2 mm )
    Belt Conveyor 3 ( kap. 1 ton/jam, length 8m, lift 3m, belt wide 457.2 mm )
    3. Dehumidifyer ( kap. 1000-1200 kg/jam, type rotary, model RK 1000 DF )
    4. Chruser Kasar ( kap. 1000-1200 kg/jam, type rotary, model RK 1000 CK )
    5. model RK 1000 VS
    6. Chruser Halus RK 1000 CH
    7. Granulator RK 1000 GR
    8. Screen Sorting RK 1500 SS
    Dan gambar-gambar mesin pendukung produksi pupuk yang lain.

  49. tolong ya pak untuk sudi mengirim ke alamat email saya
    ymahardhika@yahoo.com

    terima kasih

  50. pak isroi,
    kami mempunyai beberapa jenis pupuk organik untuk :
    -. pertanian
    -. Perkebunan
    -. Perikanan
    kalo bapak tertarik bisa kami kirim sample untuk bapak pakai sebagai perbandingan. semoga hasilnya juga dapat dimanfaatkan oleh orang lain. jika memang menurut bapak kualitas produk kami bagus, kami menawarkan kerjasama yang sangat fleksible.

  51. Pingback: HAMA DAN PENYAKIT TUMBUHAN UNSRI poenya masto2n :: Pupuk Organik, Pupuk Hayati, dan Pupuk Kimia :: April :: 2009

  52. Pingback: Fresh Fruit PAPAYA » Pemupukan Tanaman Pepaya (II)

  53. aku dah nyoba pk pupuk organik namun hasilnya masih belum memuaskan apakah penyebabnya….?
    thanks tulisannya,Ok.

    • Ada beberapa kemungkinan: kualitas pupuknya yang kurang bagus. Bisa karena bahan komposnya belum matang, tidak sesuai spek, dll. Atau karena dosisnya terlalu rendah, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan tanaman.

  54. pak, bisa ga bikin pupuk yang kandungan K ne tinggi tp chlor e rendah.kimia juga ga pa2, saya ada permintaan > 70ton kalo minat blz di email saya aja pak makasih…….

  55. bakteri apa saja yang bisa ditambahkan untuk pembuatan granul…??? daya tahan e sampe brp bulan or taun… kan pasti ada batas waktunya pak

  56. Yth : Bp Isroi

    Terima kasih kami telah mendapatkan sedikit pengetahuan untuk mesin pupuk Granulator….. yang perlu saya tanyakan kalau saya ingin membuat mesin tersebut dengan kapasitas 2 Ton/Jam dengan menggunakan conveyor serta sampai dengan pengepakan yang menggunakan karung glangsing …
    Kira-kira saya harus menyediakan anggaran berapa yaaa Pak …atas bantuan serta tanggapannya kami ucapkan terima kasih

    • Harg tepatnya harus konsultasi dengan pembuatnya. Tetapi sebagai gambaran, beberapa waktu yang lalu saya membantu teman untuk membuat pabrik POG dengan kapasitas 200 ton/bulan. Untuk mesin-mesin semi otomasis (termasuk konveyor dll) anggaran yang diperlukan sekitar rp 300 – 350 jt. Kalau akan 2 ton/jam yang perlu ditambah adalah pan granulatornya, tinggal dikalikan saja. Semoga membantu. Terima kasih.

  57. Aslm. Mohon kirim rincian harga mesin granulator dan driyer-nya.
    Trims, Wslm.

  58. mohon kirim harga granulator, dryer,dan pendukungnya untuk mengolah kompos granul.sekalian spek gambar n ukurannya. trims

  59. Maaf…. buat bapak2 sekalian. bukannya saya mau sok tahu atau mengecilkan hati bapak2 semua. Website ini hanya memberi tahu cara pembuatan pupuk organik. tetapi untuk MEMBUKA BISNIS INI ATAU MEMPRODUKSI PUPUK ORGANIK INI harus berpikir dua kali. Pemerintah mensubsidi pupuk organik ini, dan dijual dengan harga Rp500/kg sudah mengikutin prosedur SNI ( dicek di lab /60ton) kalau sudah keluar sertifikasinya baru boleh dipasarkan. dan menurut apa yg sudah saya pelajari, ada campuran2 yg tidak disebutkan di website ini untuk membuat pupuk organik yg memenuhi standard tersebut. jd kalau saudara2 sekalian ingin memproduksi pupuk ini, hanya sia-sia belaka. karena pupuk dengan kualitas yg lebih baik, harganya lebih murah pula karena mendapat subsidi. terima kasih

  60. salam kenal pak isroi,
    saya sedang dapat pengajuan kredit untuk produksi pupuk organik (dgn bahan baku kohe). saya kesulitan memperoleh informasi berkaitan dengan mesin pengering nya. berapa kapasitas nya, berapa harga mesin.
    mohon bantuannya jika pak isroi punya informasinya..
    terimakasih

  61. salam kenal pak Isroi,
    saya saat ini sedang mencari produsen pupuk organik dari bahan daun saja, di kota saya tinggal sulit untuk mendapatkannya, saya ada teman yang minta rutin untuk ekspor, saya ada di bandung, semoga bapak bisa membantu saya, terimakasih banyak

    • Salam kenal juga. Dari bahan daun apa maksudnya, kalau daun saja mungkin memang agak sulit, karena jumlahnya akan sangat sedikit. Biasanya bahan pupuk organik adalah campuran dari bermacam-macam bahan, tidak hanya satu bahan. Pupuk organik yang dari daun saja umumnya untuk pupuk organik cair.

  62. Assalamu’alaikum pak, saya sedang nyusun tesis ttg pemanfaatan sludge dari biodigester sayur dan buah untuk pupuk granul. Terus terang saya ingin silahturahmi dengan panjenengan. Pingin ngangsu kawruh. Panjenengan punya waktu ga setelah lebran.

  63. salam kenal pak Isroi,

    saya mau tanya pak, berapa harga pan granul yang berdiameter 1 m yang akan sy gunakan di medan
    terimaksih

  64. brapa biaya pembuatan alatnya ya ?

  65. Saya mau tanya berapa inves Biaya serta luas areal yang dibutuhkan? terima kasih

  66. Yth Bp Isroi

    Pak apakah Bp pernah pengalaman membuat kompos teh dari tandan kosong sawit ( kompos dari tandan kosong sawit yang diberi air ) ? trims

    pauliz instiper

    • Saya tidak pernah membuat kompos tea dari kompos TKKS. Tapi prinsip membuat kompos tea mudah saja kok. Silahkan dicoba, nanti hasilnya silahkan dishare di sini. Terima kasih.

  67. mau tanya macam2 perekat yang bisa digunakan untuk membuat pog dari pupuk kandang

  68. sy sangat setuju dengan program pemerintah dengan program GO ORGANIK DEPTAN yg di wujudkan dgn program subsidi organik kpd petani melalui BUMN, dan sy skrng lg membuat POG Kuda Laut PT. Pertani (Persero) tbk, sukses pertanian indonesia, sehat masyarakatnya

  69. pak untuk batu granulnya bisa di beli dimana?

  70. agung Emaco Indonesia

    Assalamualaikum, pa isroi salam kenal, perkenalkan nama saya A

  71. Assalamualaikum pak Isro’i,
    Slm kenal pak.
    saya sangat berterima kasih pada bapak atas informasi yang telah saya dapat kan, dan kebetulan saya sedang ingin mencari tau apakah ada efek samping dari penggunaan bahan perekat yang bapak tulis itu?,.
    saya ada produk yang namanya Lignosulfonat, fungsi nya adalah sebagai binder/perekat dan sebagai anti caking, dan chelating agent. namun di indonesia lignosulfonat belum familier di telinga para produsen pupuk terutama npk granul.
    demikian dari saya, saya ucapkan Alhamdulillah jaza kallohu khoiro, Terima kasih.

    • Wa’alikum salam.
      Lignosulfonat itu limbah pabrik pulp yang menggunakan proses soda (NaOH). Nama lainnya black liquor. Ini limbah, kalau masuk ke Indonesia dengan untuk perekat, berarti kita sudah jadi ‘tempat pembuangan limbah’ orang luar. Di Indonesia sendiri limbah ini sangat berlimpah dan sangat merusak lingkungan. Saya perncah coba untuk binder, tetapi hasilnya kurang bagus. Jadi saya belum lanjutkan untuk mengecek efek sampingnya.
      Semoga bermanfaat.

  72. kami juga tidak ingin kalah dg yg ahli,,kami anak arkasi (smkn 1 pungging) juga membuat pupuk granul yg berkualitas,dan bisa dimanfaatkan oleh orang banyak,,,,,!!!

  73. gitu ya pak isroi?
    saya ada data yang menjelaskan tentang penggunaan lignosulfonat pada fertilizer sebagai binder/perekat dan anti caking.
    mingkin bisa menjadi bahan acuan bapak isroi, jika berniat melakukan pengujian pada lignosulfonat selanjut nya ,
    seandainya pak isroi butuh sample untuk diuji, saya ada pak karena kebetulan saya penjual lignosulfonat(calcium lignin dan sodium lignin ) untuk berbagai macam aplikasi,
    berdasarkan MSDS lignosulfonat aman bagi lingkungan karena salah satu aplikasi nya sebagai binder pada feed/industri pakan ternak, dan diindonesia telah banyak yang menggunakan.

    terimakasih pak isroi,

    • Bisa saja dikirimkan ke saya, nanti saya cobanya. Kalau harganya masuk dan hasil uji ke tanaman baik, bisa dimanfaatkan untuk industri pupuk organik.

      • trims pak isroi, ats ksemptanya.
        akan coba saya kirimkan sample nya,.
        pak untuk perekat pupuk NPK granul apakh sama dg pupuk organik? perekat NPK granul apa saja pak? mhon info nya.
        Thy..

  74. Yth
    Saya tertarik dengan mesin granul tsb serta rotary dryer
    bisa kami diinformasikan spesifikasi, serta harga sampai di Bali

    thx
    Panji

  75. Pak untuk pembuatan POGranul penambahan bahan (arang sekam dll) apakah masih diperlukan mengingat dalam proses pengomposan kita sudah menambahkan bahan untuk meningkatkan kualitas misal : batuan fosfat ( untuk meningkatkan P), arang sekam/abu (meningkatkan K)

    trims
    pauliz-instiper-yogyakarta

  76. bagus betul blognya..
    banyak informasi yang saya dapat.

  77. siang mas
    mau nanya nih
    klo pembuatan menggunakan kotoran sapi kan ada tuh
    ada dua jenis kan pa
    kotoran sapi perah dengan kotoran sapi potong
    kandungan airnya kan berbeda ya pa
    nah yg mau saya tanyakan
    bagaimana cara pengeringan kotoran sapi perah dan sapi potong?
    dan berapa kadar air yg diperbolehkan sebelum masuk ke mesin penggiling/crusher? trimakasaih

    btw blognya bagus^^ banyak yg saya dapat dr sini

    • Pengeringan biasanya dengan cara dijemur biasa di bawah sinar mentari.
      Masuk crusher kadar airnya max 15%. Kalau terlalu basah tidak bisa dihasulkan, justru malah macet di mesinnya.

  78. Pingback: links for 2010-03-10 « Berbagi Tak Pernah Rugi

  79. terima kasih pa, saya mau gabung
    sekalian mau tanya pa market nya gimana ya pa saya sudah punya 1 Set mesin terdiri dari 2 Granulator diameter 1,5 Meter dan dryer 1 diameter 77 Cm dan panjangnya 12 M serta pengayaknya )

    dvan

  80. alisandro simarmata

    Selamat siang.
    saya sangat tertarik dengan pupuk organik.. dan saya butuh lebih banyak info mengenai itu pak. berhubung orang tua saya petani tradisional. saya ingin membantu mereka. thanks

    ali simarmata

  81. Selamat siang pak Isroi,
    Saya pingin diskusi lebih lanjut tentang pupuk organik, boleh minta nomor hp bapak ? salam sukses

    • Selamat sore,
      Silahkan kita bisa diskusi di sini. Kalau didiskusikan di kolom komentar ini yang lain bisa ikut ‘nimbrung juga’, jadi tidak ada materi yang diulang-ulang. Saya sudah menulis cukup banyak tentang pupuk organik. Kalau ada yang masih kurang jelas atau tidak ada di tulisan itu, bisa kita diskusikan lebih lanjut. Diskusi lewat japri kalau untuk hal-hal yang sebaiknya didiskusikan via japri saja.
      Semoga membantu.

  82. saya mau nanya, sudah seberapa banyak petani sekarang menggunakan berahli dari an organik ke organi?

    • saya tidak punya data, berapa banyak petani yang sudah beralih dari anorganik ke organik. Maaf tidak bisa memjawab pertanyaannya.

  83. pak kalau tidak menggunakan rotary dryer.,…kira kira cara tradisionalnya bagaimana cara mengeringkan pupuk tersebut?

  84. Eko Suprayitno

    Pak..apakah sistim pembuatan pupuk granul tersebut tidak merusak atau membunuh bakteri positip setelah dipramentasi dalam pupuk organik

  85. Kesuburan lahan berkurang akibat pemakaian pupuk kimia, beralih ke pupuk organik , dengan pemakaian yang bijaksana dan sesuai kebutuhan

  86. untuk meningkatkan tarap hidup para petani kita agar mampu bersaing dalam perdagangan bebas marilah kita mulai meningkatkan pengetahuan pembuatan kompos organik yang dapat meningkatkan hasil pertanian masyarakat kita. mari kita tingkatkan bersama2 hususnya kita kawula muda agar menyingsingkan lengan untuk pertanian kita. tks salam

  87. saya mau mngetahui lebih lengkap untuk pembuatan kompos karna sy petani tradisional. tks

    • Saya sudah tuliskan lengkap tentang pembuatan kompos jerami. Ada beberapa artikel dan ada juga videonya. Silahkan gunakan kotak pencarian yang ada di kolom kiri atas. Cari dengan kata kunci: kompos jerami.

  88. saya tahu ini dari mesin google trim buanget…..

  89. assalamualaikum,,
    bapak maaf, boleh saya minta data hasil panen padi tiap tahun dengan menggunakan pupuk organik dan tiap tahun berapa kebutuhan pupuk organik yang dipakai masyarakat dan berapa produksinya??terimakasih

  90. Pingback: Organic Fertilizer, Biofertilizer, and Chemical Fertilizer | Berbagi Tak Pernah Rugi

  91. siang pak isroi.
    Saya M. Fernando dan kebetulan saya sudah bergulat dan menekuni pupuk organik hampir 1 tahun ini dan bekerja di sebuah pabrik pupuk di sumatera. Menarik sekali, karna apa yang bapak tulis secara garis besar sudah saya lakukan. Mulai dari aturan main saat pemrosesan bahan baku, granulasi, rotary dryer dan proses pendinginan setelah dryer.
    Dari produk yang saya dapatkan, ternyata kualitas pupuk bergantung pada proses dryer. Memang keuntungan proses dryer adalah mampu menghasilkan produk secara kuantitas, namun untuk kualitas sangat tergantung pada suhu pemanasan. Karena mikroba yang ada di dalam bahan baku, sangat berpengaruh pada proses pemanasan.
    kebetulan dalam tulisan, bapak tidak menuliskan suhu optimal pemanasan, sehingga saya ingin sharing bahwa untuk skala massal, sebaiknya dipasang alat pemantau suhu otomatis di mesin dryer, sehingga kita bisa mengatur suhu optimal yang kita inginkan. Suhu pemanasan akan sangat mempengaruhi kualitas produk, semakin panas suhunya kualitas pupuk semakin buruk.
    Trims.

  92. MAAF PAK MAU TANYA JD MSDS NYA GIMANA YA MAKASIH

  93. saya mau bikin lah,,,,,,tapi bantu pemasarnya ya,,,,,,

  94. Tolong imp[ormasikan, terutama alat pembuatan granul yang sederhana dulu?

  95. untuk mendapatkan butiran pupuk yang baik ,berapa derajatkah kemiringan pan granulator

    • Penentuannya harus secara empirik, setiap pan granulator bisa berbeda-beda. Kecepatan yang berbeda, formulasi yang berbeda, kehalusan bahan yang berbeda-beda, kemiringannya bisa berbeda-beda pula.

  96. Pak Is mau tanya harga Rotary dryer apa sudah ada pengayaknya/screen, blower dan apa sudah termasuk ,mesin coolernya juga dan bahan bakarnya apa?

    • Foto ini diambil tujuh tahun yang lalu. Rotary dryer termasuk mesin pengayak dan pendinginnya. Harga menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Bahan bakarnya saat itu minyak tanah atau solar. Bahan bakar bisa diganti dengan batubara atau kayu bakar. Tetapi perlu tungku pembakar.

  97. bagaimana caranya agar kebun sawit tummbuh subur di lahan gambut? pupuk apa yang digunakan?, terimakasih atas jawabannya..

  98. Mas bolehkah pupuk organik untuk karet dan pohon durian

  99. bagaimana cara bikin pupuk organik dr limbah seduhan pucuk daun teh…

  100. Pingback: Paling Bagus Membuat Pupuk Organik Sendiri | X Power Ionizer Post

  101. Pingback: Cara Bikinpupuk Cair Organik | Penghemat Bahan Bakar Mobil | Penghemat Motor Matic Post

  102. info yang menarik sekali, semoga para petani dapat memanfaatkan produk pupuk organik tanpa harus bergantung dengan pupuk subsidi dari pemerintah

  103. saya pengrajin granul, tanya pemasaran yg bagus kemana ya.. trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s