Energi Terbarukan Dari Limbah Pabrik Kelapa Sawit

Naiknya harga gas Elpiji (LPG) membuat kita tersadar bahwa bahan bakar yang ditambang dari perut bumi lambat-laun akan habis. Ketersediaan bahan bakar gas Elpiji akan semakin menipis dan harganya pun akan semakin membumbung tinggi. Sudah saatnya kita beralih ke sumber energi yang dapat diperbaharui. Salah satunya energi terbarukan dari limbah pabrik kelapa sawit.


Artikel terkait: Pemanfaatan Produk Samping Kelapa Sawit Sebagai Sumber Energi Alternatif Terbarukan

Energi dari bahan tambang seperti minyak bumi dan gas bumi diperkirakan akan habis dalam waktu yang relatif singkat. Mau tidak mau Indonesia harus segera mencari sumber energi yang dapat diperbaharui (renewable energi) untuk memenuhi kebutuhan energi di masa depan. Salah satu sumber energi terbarukan yang belum banyak dimanfaatkan adalah energi dari biomassa.
Ditjen Listrik dan Pemanfaatan Energi telah menghitung potensi energi dari biomassa yang besarnya mencapai 50.000 MW, namun yang sudah dimanfaatkan hanya sebesar 302 MW. Salah satu biomassa yang jumlahnya sangat besar dan belum banyak dimanfaatkan adalah limbah pabrik kelapa sawit (PKS) yang jumlahnya mencapai ribuan ton.
Limbah pabrik kelapa sawit sangat melimpah. Saat ini diperkirakan jumlah limbah pabrik kelapa sawit (PKS) di Indonesia mencapai 28,7 juta ton limbah cair/tahun dan 15,2 juta ton limbah padat (TKKS)/tahun. Dari limbah tersebut dapat dihasilkan kurang lebih 90 juta m3 biogas. Jumlah ini setara dengan 187,5 milyar ton gas Elpiji. Jumlah biogas ini cukup untuk memenuhi kebutuhan gas satu milyar KK (kepala keluarga) selama satu tahun.

BIOGAS

Biogas yang komponen utamanya gas metan (CH4) sebenarnya sudah mulai manfaatkan sejak beberapa puluh tahun yang lalu, namun tidak banyak dipergunakan masyarakat. Biogas yang dikenal masyarakat lebih banyak dihasilkan dari pengolahan kotoran ternak atau kotoran manusia. Sebenarnya biogas juga bisa dihasilkan dari biomassa yang lain.
Biogas lebih ramah lingkungan daripada BBM. Pembakaran biogas (metan) akan menghasilkan gas karbon dioksida (CO2) dan air (H2O). Kedua gas ini sama seperti gas yang dikeluarkan dari hidung manusia. Bandingkan dengan BBM yang banyak menyebabkan polusi udara.
Satu m3 gas metan dapat diubah menjadi energi sebesar 4700 – 6000 kkal atau 20 – 24 MJ. Energi sebesar itu setera dengan energi yang dihasilkan oleh 0,48 kg gas Elpiji (LPG). Penggunaan gas metan tidak hanya menghasilkan energi yang besar tetapi juga lebih ramah lingkungan.
Gas metan adalah gas yang dihasilkan dari perombakan anaerobik senyawa-senyawa organik, seperti limbah cair kelapa sawit. Secara alami gas ini dihasilkan pada kolam-kolam pengolahan limbah cair PKS. Limbah cair yang ditampung di dalam kolam-kolam terbuka akan melepaskan gas metan (CH4) dan karbon dioksida (CO2). Kedua gas ini merupakan emisi gas penyebab efek rumah kaca yang berbahaya bagi lingkungan. Selama ini kedua gas tersebut dibiarkan saja menguap ke udara.
Pembentukan gas metan melibatkan aktivitas mikroba yang sangat komplek. Beberapa kelompok mikroba tersebut secara bertahap akan merombak bahan organik di dalam limbah cair atau limbah padat hingga dihasilkan gas metan. Pertama, kelompok mikroba hidrolitik akan memecah-mecah bahan organik menjadi senyawa yang lebih kecil. Bahan organik komplek umumnya adalah polimer, hasil pecahannya adalah monomer-monomer. Hasil pemecahan bahan organik komplek tersebut antara lain: glukosa, asam amino, dan asam lemak.
Kedua, kelompok mikroba fermentasi asam. Kelompok mikroba ini akan merombak monomer-monomer organik menjadi asam, yaitu senyawa asam-asam organik, alkohol, dan keton. Tapap berikutnya kelompok mikroba acetogenik akan merombaknya menjadi asam asetat, CO2, dan H2. Selanjutnya kelompok mikroba menghasil metan (metanogenik) akan merubah asam-asam tersebut menjadi gas metan.
Perombakan bahan organik ini terjadi dalam kondisi tanpa oksigen (O2) yang disebut kondisi anaerob. Secara alami proses pembentukan gas metan ini sangat lambat dan gas yang dihasilkan juga sedikit. Untuk dapat merombak limbah PKS menjadi biogas dalam jumlah besar, diperlukan sedikit rekayasa.
Limbah cair ditempatkan pada tempat khusus yang disebut bioreaktor. Bioreaktor dapat diatur sedemikian rupa sehingga kondisinya optimum untuk memproduksi biogas. Dapat pula ditambahkan mikroba-mikroba yang akan mempercepat pembentukan gas metan.
Bioreaktor ditutup rapat yang tidak memungkinkan gas metan yang dihasilkan keluar dari bioreaktor. Gas metan dialirkan atau dipompa ke tangki penampungan. Gas yang sudah tertampung dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Gas metan dapat juga dimampatkan dan dicairkan yang kemudian ditampung di tabung-tabung yang lebih kecil, seperti layaknya tabung elpiji.
Proses pengolahan limbah padat TKKS menjadi biogas lebih sulit dibandingkan dengan limbah cair. TKKS adalah senyawa organik yang lebih komplek daripada limbah cair. TKKS harus dirobak atau didekomposisi terlebih dahulu sehingga mikroba metanogenik dapat memanfaatkannya untuk menghasilkan gas metan.

PEGEMBANGAN BIOGAS

Keunggulan gas metan terutama adalah sifatnya yang renewable (terbarukan) dan lebih ramah lingkungan dibandingkan BBM dan BBG. Gas metan dapat dihasikan dari limbah biomassa yang jumlahnya melimpah. Merombak limbah biomassa menjadi biogas selain dapat mensuplai kebutuhan energi juga dapat mengurangi pencemaran lingkungan.
Potensi dan keunggulan energi biogas dari gas metan saat ini menjadi perhatian banyak pihak. Tim peneliti yang diketuai oleh Dr. Siswanto dari Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia bekerjasama dengan salah satu PKS sedang mengembangkan teknologi biogas dari limbah cair dan padat kelapa sawit. Perusahaan besar dari Jepang, Mitshubishi, melakukan eksplorasi biogas dari limbah sawit secara besar-besaran di Malaysia mulai tahun 2004. COGEN bekerjasama dengan ASEAN melakukan beberapa proyek di biogas di beberapa negara ASEAN untuk mengembangkan energi terbarukan dari limbah biomassa. Bank Pembangunan Asia (ADB) pada tahun 2005 memberi bantuan dana sebesar $ 500.000 kepada pemerintah Indonesia untuk mengembangkan biogas dari limbah PKS.
Biogas telah dimanfaatkan secara luas di beberapa negara. Jerman mengembangkan mobil berbahan bakar biogas, misalnya bis, taxi, truk sampah, dan mobil-mobil lain. Di India telah beroperasi beberapa mobil roda tiga, kendaraan semacam bajaj, yang menggunakan bahan bakar biogas. Biogas juga dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik. Di pabrik-pabrik biogas dimanfaatkan untuk boiler atau untuk mesin pembangkit listrik.
Apabila pengembangan biogas dari limbah PKS ini berhasil di Indonesia, bukan tidak mungkin gas elpiji yang sekarang ini harganya membumbung tinggi akan digantikan oleh biogas yang harganya jauh lebih murah.

Limbah Cair Sawit

Gambar 1. Kolam limbah cair pabrik kelapa sawit menghasilkan gas metan

covered lagoon

reaktot biogas kelapa sawit

Gambar 2.  Kapasitas total volume reaktor 4500 m3, dan laju pengumpanan 200 m3/hari dihasilkan biogas 10.000 m3/hari. PMKS memproduksi limbah 650 m3/hari diolah dalam 3 reaktor yang sama => 30.000. m3/hari setara dengan 15.000 L minyak solar industri, @ Rp 5000,00 =>Rp 75 juta/ hari = Rp 22,5 M./thn

semburan gas metan

Semburan gas metan setinggi 3 -4 m dari pipa berdiameter 6 inci.  Api ini tidak padam meskipun dihidupkan semalaman.

kompresor biogas

Biogas dari limbah sawit diuji coba dengan mesin kompresor. Mesin dimodifikasi sedikit agar bisa menggunakan dua bahan bakar: bensin dan gas. Percobaan ini berjalan dengan lancar.

[Edwi Mahajoeno & isroi]
edwi
Pak Edwi Mahajoeno, setiap hari pergi ke lapangan dengan sepeda onthel kesayangannya untuk meneliti biogas.

edwi biogas

edwi biogas


Pak Edwi sedang mengambil sampel kolam limbah sawit.

biogas02
Beberapa anak buah Pak Edwi yang setia menemani Pak Edwi dalam meneliti Biogas. Nomor dua dari kiri adalah mandornya, Ilham.

About these ads

50 responses to “Energi Terbarukan Dari Limbah Pabrik Kelapa Sawit

  1. doni timuryanto

    Saya sangat berminat dengan ide bapak

    Saat ini saya juga sedang mengajukan proposal pengolahan limbah sawit cair di daerah saya sampit kalimantan tengah karena limbah cair dari Pabrik PKS tersebut sangat banyak TBS 80 ton / jam

    Mohon informasi lebih lanjut yaitu no. telp. / hp. bapak atau di sms ke hp saya 0857.
    5131.5368 atau di telp. saya 0531-32294 semoga kita dapat menjalin suatu kerjasama

    Hormat saya

    Doni timuryanto

  2. Bagaimana pangsa pasar dari biogas ini? kemana di pasarkannya? berapa besar investasi yg di perlukan untuk membangun pengolahan limbah cair menjadi biogas? adakah lembaba pelatihan/pendidikan yg melatih pengolahan limbah ini? mohon informasinya terimakasih

    Salam,

    Allen

  3. sri nurhatika

    terima kasih saya hanya ingin menanyakan beberapa limbah kelapa sawit yang dapat dijadikan etanol. terima kasih

  4. saya juga berminta untuk mengembangakan di daerah saya
    karena daerah saya adalah sawit
    kalaw saya mau mengolah untuk RUMAH TANGGA
    apa saja syarat dan apa saja alat yang dibutuhkan
    terima kasih atas infonya mas.kholiq@gmail.com

    http://qpula.wordpress.com

  5. Terima kasih atas kunjungannya.
    Selama ini teknologi yang dikembangkan oleh tim kami masih untuk pabrik. Untuk skala kecil (Rumah Tangga) belum kami lakukan. Secara teoritis sih bisa dilakukan dalam skala kecil, tetapi secara teknis belum memungkinkan. Kami belum memiliki kesempatan untuk merancanganya. Mohon do’anya semoga suatu saat nanti bisa terwujud.
    Semoga membantu.

  6. Salam kenal nama saya Heru, boleh tidak saya meminta informasi yang selengka-lengkapnya mengenai pemanfaatan tandan kosong kelapa sawit sebagai bioetanol, karena saya butuh untuk pengerjaan proposal KL saya, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih. mohon informasinya

  7. Silahkan dicari di blog saya, informasi yang saya punya sebagian besar sudah saya posting di blog ini.
    Semoga membantu.

    isroi

  8. Saya juga akan meneliti mengenai pemanfaatan limbah cair kelapa sawit untuk biogas dan pupuk organik. termasuk di dalamnya dinamika mikroba yang terlibat selama perombakan anaerob. yang ingin saya tanyakan berapa lama prediksi waktu retensi untuk 10 m3 POME, serta pada suhu berapa? juga mengenai metode penghitungan mikroba anaerob yang lebih aplikatif di lapang. sebelumnya saya ucapkan trima kasih. mohon informasinya

  9. bos ijin save buat atikel tugas ade saya yuah, huehe thanks

  10. tlgh kirimkan flowsheet ttg pengolahan biogas inmi dong.
    utk tugas kampus.
    kirim ke email lgsg jg boleh kok.
    makasih

  11. tolong gambar dari berbagai macam limbah lebih diperbanyak lagi donkkk????

    thank be4

  12. bgm cara peroleh limbah kelapa swt tsb….?????

  13. Hubungi langusng ke pabriknya/manajer pabrik. Ada banyak pabrik kelapa sawit, yang terbanyak ada di p sumatera, khususnya riau.

  14. tolhas simbolon

    mohon bantuan informasi untuk mesin dan peralatan pengolahan pupuk organik dari limbah kelapa sawit.
    kapasitas 2000 – 2500 kg/jam
    ukuran = (PxLxT)mm = 1718x1060x1525
    jumlah pisau =36 buah bahan baja carbon kekeran pisau HRC 55
    body = plat Eisyer ketebalan 3-5mm
    kerangka = MS stell/UNP 100
    motor 23HP, radiotor
    Bahan bakar Solar

    Mesin pengayak
    kapasitas 10-15 ton /hari
    ukuran = (PxLxT)mm = 3000x1650x1750
    bahan besi plat kerangka siku dan UNP
    Kawat pengayak = stainliss Steel 2,5 dan 7,5mm
    motor = diesel daya max 5,5 HP/220rpm
    bahan bakar solar
    dibutuhkan segera hubungi : 0761 7726800

  15. Mas, saya mo nanya mengenai pendirian pabrik kelapa sawit skala 100-300 ha, berapa besar biaya yang dibutuhkan, apa saja yang harus dipersiapkan sekaligus cara memanfaatkan limbah hasil produksinya

  16. Saya bukan orang teknik, jadi tidak paham dengan urusan semacam ini. Coba hubungi PPKS (Pusat Penelitain Kelapa Sawit) di Medan. Link: http://www.iopri.org. Mereka memiliki teknologi mini PKS dan tahu tentang hal tersebut. Semoga Bermanfaat.

  17. Saya punya materi tentang pengolahan limbah pabrik kelapa sawit dengan sistem bioflow sehingga dapat menurunkan kadar BOD < 100 ppm,ada yang berminat????
    gratis….

  18. malam pak, salam kenal..
    Saya mau bertanya, apakah bapak tau density serat TKKS? Saya mendapat referensi 1.15 g/cc.. Namun tidak tahu TKKS asal mana. Trims pak.. Saya sedang TA tentang serat alam.

  19. saya minta tolong penjelasan biogas yang dipakai untuk bahan bakar sepeda motor perkembangannya seperti apa?
    tolong di balas

  20. gusti setiavani

    Saya tertarik untuk meneliti mengenai pemanfaatan limbah cair sebagai biogas, pertanyaan saya: Apakah selama ini sudah banyak penelitian mengenai pembuatan biogas dari limbah cair, dan sudah sejauh mana? Ada ngak peralatan laboratorium yang bisa mengantikan fungsi reaktor?

    • Penelitian bioagas rasanya sudah banyak. Memang kalau yang berbahasa Indonesia agak susah dapatnya, kecuali datang langsung ke perpustakaan di Perguruan tinggi atau di balai penelitan. Sedangkan yang diinternet umumnya dari malaysia.Semoga bermanfaat.

  21. basaruddinrambe

    wogh mas ues pinter Baek lagi boleh copy paste………………….

  22. artikelnya emang bagus, tapi untuk selanjutnya tolong dibuat artikel mengenai cara pengolahan limbah sawit tsb menjadi energi listrik…

  23. saya mau tanya selain untuk dimamfaatkan biogas?
    apakah limbah cair dapat diolah menjadi produk lain?
    dan adakah cara untuk mengolah limbah cair tersebut menjadi air bersih kembali?
    terima kasih…

    • Limbah cair umumnya juga diambil skum-nya. Yaitu bahan yang mengampung dan masih banyak mengandung minyak. Setelah diambil biogasnya, bisa juga digunakan untuk pembuatan kompos. Secara teori bisa saja diolah menjadi air bersih lagi, tetapi mungkin zulit dan biayanya muahal.

  24. Pak isroi, saya tertarik dengan artikel Bapak dan kebetulan di kantor saya lagi intens membicarakan tentang penanganan limbah dari pengolahan kelapa sawit menjadi energi biogas dan kompos, saya mohon kiranya Bapak bisa memberikan nomer yang bisa saya hubungi agar saya bisa mendapatkan penjelasan secara rinci tentang masalah ini, saya ada di No : 08196001990 ( Budi Rumngangun ).
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  25. Slamet Edhy S

    Minta tolong bila ada yang bisa memberi info tentang pengolahan log bekas tanam jamur jadi energi. (bahan dasar serbuk gergaji).
    Nuhun

  26. Salam, Pak Mahajoeno & Pak Isroi,

    Saya mempunyai 20 kolam di PKS. Di kolam berapa saja kita dapat buat instalasinya?
    apa di kolam aerobik saja?
    Berapa biaya investasinya per tahun?
    Bagaimana tingkat keamanan dari pelaksanaan proyek ini?

    Terima kasih atas jawaban bapak.

  27. asslmkum
    maz boleh ya saya copy paste untuk proposal penelitian.
    ada tidak mas cara penolahan limah sawit menjadi iogas dengan skala yang lebih sederhana?????????
    terimakasih
    wasslm

    • Boleh, tetapi tetap mencantumkan citasinya. Jangan asal copy paste aja, ini kan buat proposal penelitian. Kaidah-kaidah ilmiah tetap diperhatikan.

  28. Pak isroi. apakah pernah membahas Canhgkang sawit yang di.jadi kan CHARCOAL/briket /arang untuk pemanasan ???

    • topik ini sudah banyak diteliti oleh PPKS dan beberapa teman dikantor juga sudah berhasil membuatnya. Pusat Penelitian Sembawa bahkan bisa mendapatkan arang plus asap cair dari cangkang sawit. Coba di-googling aja.

  29. selain untuk pengolahan biogas,apakah limbah cair dari pabrik pengolahan kelapa sawit bisa di buat sabun atau misalkan minyak wewangian atau lainnya

    • Di bagian atas permukaan limbah cair, terutama yang di kolam 1 atau 2 ada yang mengapung. Orang sering menyebutnya skum. Skum ini masih banyak mengandung minyak. Beberapa perusahaan memanfaatkan minyak ini untuk membuat sabun mandi atau sabun colek.
      Kalau untuk minyak wangi bisa saja, tetapi namanya jangan minyak wangi, tetapi minyak bau. Baunya minta ampun dan sulit hilang.

  30. asslmkum

    saya ingin tau lebih dalam tentang PAO (Palm Acid Oil) mas..
    saya bisa mendapatkan PAO dimana?

  31. saya mhsi S2 dan akan melakukan penelitian mengenai gas metan dari limbah cair pabrik kelapa sawit di daerah saya NAD, saya kesulitan mendapatkan/mengetahui alat untuk mengukur gas metan yang dihasilkan. tolong bapak informasikan nama dan jenisnya serta di mana saya dapat menemukannya. tolong bapak kirim ke email saya. Terimakasih.

  32. Mas… saya benar2 tertarik dengan pemanfaatan limbah PKS sebagai sumber energi terbarukan untuk dapat memenuhi kebutuhan energi alternative di PKS-PKS kami. Yang ingin saya tanyakan foto2 diatas alamat/lokasinya dimana ? krn saya akan memohon izin ke Direksi saya untuk melakukan studi banding ke tempat tersebut. terima kasih.

  33. Saya helmy, dari Malaysia,
    berminat tentang produk Bio Gas. saya ingin mendapatkan pengetahuan dengan lebih lanjut produk Bio gas dari tinja sapi ini dan termasuk harga ( Kos biaya untuk mendapatkan produk ini.

    untuk berurusan dengan lebih lanjut sila lah hubungi saya di talian telefon 603+89483117,9920. Faxsimili 603+89483837.

    Diharapkan saya boleh mendapatkan maklum balas ini secepat-cepatnya.

    Sekian terima Kasih

    • Selamat datang di blog saya.
      Saya tidak memproduksi biogas dari tinja sapi. Saya tidak punya banyak informasi biogas untuk saya berikan ke Anda. Mohon maaf.

  34. saya roni..

    artikel yg sangat bagus untuk pengembangan energi terbarukan.

    saya ingin menanyakan berapa banyak gas metan yang dihasilkan oleh 1 ton tkks

    mohon bantuan

    • Untuk konversi tkks jadi biogas saya tidak tahu rumus konversinya. Tetapi rasanya secara teoritik, stoikiometri, bisa dihitung dari persamaan reaksinya.

  35. Mas artikel tentang limbah sangat mambantu. Saya mau tanya artikel ini sama dengan dari alpensteel.com mohon info yg benar yang mana (untuk keleperluan penulisan di pustaka) nuwun

    pauliz-Instiper-Yogyakarta

  36. pak saya minta tolng bantui saya kirimkan say sebuah artikel mengenai teknik kimia……..
    kalau ada sekalian flowsheet nay ya??????/
    kirimkan ke alamt email saya

  37. berapa kilo gram steam untuk menghasilkan daya listrik 1kw dalam turbin uap? tolong bantuannya ya Pak. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s