Mengomposkan Tandan Kosong Kelapa Sawit Tidak Sederhana

Pada posting sebelumnya saya menyampaikan tentang kemudahan-kemudahan mengomposakan tandan kosong kelapa sawit (TKKS)(klik di sini). Meskipun mudah pengomposan TKKS tidak sederhana. Pengomposan TKKS dalam skala pabrik memerlukan perencanaan dan manajemen yang baik agar bisa berhasil dilaksanakan.

Sebagai contoh, sebuah pabrik kelapa sawit dengan kapasitas terpasang 100 ton TBS/jam. Pabrik tersebut bisa mengolah kurang lebih 1000 ton TBS per hari. TKKS yang bisa dihasilkan kurang lebih 250 ton per hari. Jumlah ini sangat besar dan diperlukan manajemen yang baik untuk mengelolanya.

Peralatan yang dibutuhkan untuk mengolah TKKS ini antara lain adalah mesin pencacah kapasitas besar. Mesin cacah ini terdiri dari 3 atau 4 mesin, 1 mesin untuk cadangan. Kapasitas mesin yang besar berarti juga harga yang cukup mahal. Setelah dicacah TKKS harus dibawa ke tempat pengomposan. Misalkan saja jarak antara pabrik dengan lokasi pengomposan kurang lebih 5 km. Untuk membawa TKKS ini biasanya menggunakan dump truk. Satu dump truk bisa mengangkut kurang lebih 3.5 kg TKKS. Jadi kira-kira ada 72 rit dump truk yang diperlukan. Misalkan satu dump truk bisa 8 kali bolak-balik, ya…dibutuhkan 9 truk.

Pengolahan kompos berlangsung selama 6-8 minggu. Artinya lahan pengolahan kompos harus bisa menampung kurang lebih 250 x 8 x 7 = 14000 ton TKKS. Beberapa peralatan yang dibutuhkan di lokasi pengomposan antara lain adalah tractor loader kira-kira dua buah, plastik terpal penutup, instalasi pipa untuk penyemprotan, pabrik pengolah kompos (pengering, pencacah, pengemasan, dll).

SDM yang diperlukan juga cukup banyak. Saya rasa untuk pengolahan kompos ini harus ada seorang setingkat manajer kebun dengan beberapa orang asisten dan staf. Di lokasi pengomposan juga diperlukan laboratorium kecil untuk menguji/menganalisa kualitas kompos.

Itu baru sebagian kecil tentang manajemen pengomposan TKKS. Memang tidak sesederhana cara pengomposannya. Semoga bermanfaat.

3 responses to “Mengomposkan Tandan Kosong Kelapa Sawit Tidak Sederhana

  1. saya sangat tertarik dengan info kompos di blog ini…mudah2an bisa terus bertahan dan berkembang…
    mas isroi, mjjjjk,jjkkknhhsaya ingin membuat kompos dari serabut buah kelapa sawit (karena tidak perlu mesin pencacah). Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
    1. apakah proses pembuatanya sama dengan kompos TKKS
    2. aktivator apa yg baik saya gunakan, dan bisa didapat dimana?
    3. peralatan dan bahan yang digunakan apa saja?
    makasih banyak mas infonya…

  2. oya, sebelumnya minta maaf, surat terdahulu ada error ketikan diawalnya.
    mas, ada satu pertanyaan lagi:
    kalo ingin buat 100 kg serabut kelapa sawit harus gunakan berapa banyak volume aktivator dan air?
    makasih mas….

  3. mohon informasi berapa investasi yg dibutuhkan diluar sarana pendukung spt truck, loader, dsb
    jadi hanya peralatan pabrik 1/2 atau 1/4 dari kapasitas yg ada.
    saya tertarik sekali krn ditempat saya banyak sekali TKKS yg dibuang percuma.
    Terima kasih sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s