KELAPA KOPYOR 99.99% KOPYOR

Hari ini saya mengikuti seminar rutin di Lab. Ciomas. Saya tidak akan membahas isi seminarnya, tetapi makanannya. Satu hal yang sangat istimewa di lab. Ciomas ini adalah suguhannya: ES KELAPA KOPYOR.

Kelapa kopyor adalah buah yang eksotik, susah dicari, dan karenanya menjadi mahal. Tidak semua kelapa bisa menghasilkan kelapa kopyor. Sebenarnya kelapa kopyor adalah pohon yang ‘sakit’. Buah kopyor adalah buah yang gagal dan tidak bisa ditanam untuk menghasilkan pohon kelapa. Karena bakal lembaganya melayang-layang dan tidak bisa berkembang menjadi tanaman. Oleh karena itu tidak pernah ada kelapa kopyor yang bisa ditanam.


Suguhan es kelapa kopyor yang bikin ketagihan.


Foto-foto diambil dengan menggunakan kamera HP. Mohon maaf jika kurang jelas.


Informasi & pemesanan bibit hubungi:
Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia
Jl. Taman Kencana No. 1, Bogor 16151
Telp.: 0251 – 8327449/8324048/8324048/
Fax: 0251 – 8328516
Email: office@ibriec.org atau komers@ibriec.org
CP: Bp. Mad Soleh (081280112444) dan Bp. Imron R.(081513364738),


Kelapa kopyor banyak diminati tidak hanya karena susah diperoleh, tetapi juga karena citarasanya yang khas. Saya susah mengambarkan dengan kata-kata bagaimana cita rasa ini. Buahnya empuk tidak seperti buah kelapa biasa. Ada rasa gurih-gurihnya. Ada rasa lemaknya. Citarasa ini menempel di lidah dan bibir. Rasa ini benar-benar murni, tanpa ada tambahan citarasa sintetik. Es Kelapa Kopyor hanya dibuat dari daging buah kelapa kopyor, air kelapa, es, gula pasir, dan sedikit garam. Rasanya luar biasa. Bikin ketagihan.

Atas dasar hal di atas Dr. JS Tahardi (Pak Jimmy) mencoba untuk mengembangkan cara/teknologi perbanyakan tanaman kelapa kopyor dengan metode kultur embrio. Pak Jimmy sekarang sudah pensiun. Saya hanya bertemu sebentar dengan beliau. Apa yang saya sampaikan di sini adalah cerita dari teknisinya dan peneliti yuniornya.

Pak Jimmy meneliti kelapa kopyor sudah sejak tahun 80-an. Berkali-kali gagal dan hampir putus asa. Kelapa kopyornya belum ketemu, kepala Pak Jimmy sudah ‘kopyor’ duluan. Sampai pada suatu ketika beliau bisa menghasilkan beberapa tanaman kelapa kopyor. Total waktu yang diperlukan kurang lebih 11 tahun. Teknologi terus diteliti dan Pak Jimmy berhasil mengembangkan teknik produksi tanaman kelapa kopyor dengan kultur embrio.

Banyak orang yang berusaha mengembangkan teknologi ini. Tetapi tidak banyak yang berhasil. Bahkan Balai Penelitian Kelapa (Balitka) Menado pun sampai sekarang belum berhasil mengembangkannya. Rasanya hanya lab Ciomas ini yang sudah bisa memproduksi kelapa kopyor skala besar.

Hebatnya kelapa kopyor Pak Jimmy ini adalah dijamin kopyor. Kalau Anda menanam kelapa kopyor secara tradisional tidak ada jaminan akan berbuah kopyor dan kalaupun berbuah hanya beberapa butir saja. Pohon kelapa kopyor di kebun Ciomas sampai saat ini 99.99% kopyor. Dalam satu pohon dipilih buah yang mana saja, hampir selalu diperoleh kelapa kopyor.


Kebun kelapa kopyor di lab. Ciomas. 99.99% Kopyor.

Saat ini lab. Ciomas sudah memproduksi bibit kelapa kopyor dari kultur embrio dalam skala komersial. Banyak sekali permintaan bibit kelapa kopyor meskipun harganya relatif mahal dan harus dipesan dalam jumlah besar. Lab. Ciomas sampai kewalahan memenuhi permintaan ini. Kendalanya antara lain adalah prosesnya yang tidak mudah, pohon induk terbatas, dan waktunya yang lama. Waktu yang diperlukan dari mulai pengambilan embrio hingga bisa ditanam kurang lebih 2 tahun. Lumayan lama.

Kalau mau beli bibit pun harus indent. Pesan sekarang, kira-kira tahun depan baru bisa diperoleh tanamannya. Itu saja kalau ada. Cara pesannya mudah sekali. Tinggal pesan berasa jumlahnya dan tidak perlu membayar uang muka. Setahun lagi jika sudah tersedia bibitnya, Anda akan dihubungi oleh bagian komersialisasi tentang pesanan Anda ini. Kalau Anda masih tertarik silahkan bayar dan barang akan dikirim. Kalau Anda membatalkan permintaan pun tidak apa-apa, karena pembeli yang lain sudah menunggu.

Berminat? Silahkan pesan sekarang sebelum kehabisan.
Es klapa kopyor


Informasi & pemesanan bibit hubungi:

Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia
Jl. Taman Kencana No. 1, Bogor 16151
Telp.: 0251 – 8327449/8324048/8324048/
Fax: 0251 – 8328516
Email: office@ibriec.org atau komers@ibriec.org
CP: CP: Bp. Mad Soleh (081280112444) dan Bp. Imron R.(081513364738)


About these ads

46 responses to “KELAPA KOPYOR 99.99% KOPYOR

  1. Moh. Isa Idris

    Gimana cara pesennya?Kalo meu ngadain kerja sama, prosedurnya gimana?Saya bekerja di Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Grobogan, dan kebetulan membidangi Komoditas Kelapa dan OPTnya. Sering saya tanya jawab dengan petani dan masyarakat tentang kelapa. ternyata mereka sangat berharap dapat mengembangkan tanaman kelapa kopyor. Untuk Tahun 2009 saya mengusulkan adanya Kegiatan Pengembangan Tanaman Kelapa Kopyor. Usulan saya tersebut telah disetujui oleh Kepala Dinas dan BAPPEDA. Tapi saya masih bingung bagaimana caranya memperoleh Bibit yang tepat dan harus bekerja sama dengan siapa dalam menangani masalah Teknis Budidayanya?

  2. Silahkan hubungi kontak person yang saya cantumkan di bagian bawah artikel tersebut.

  3. Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!http://www.infogue.com

    http://kuliner.infogue.com/kelapa_kopyor_99_99_kopyor

  4. Teddy S Sofyan

    Mohon informasi tatacara mendapatkan bibit kelapa kopyor, lokasi kami di Cigombong Bogor, ada peternakan kambing pe dan ikan nila.
    wasalam
    H Teddy S Sofyan

  5. Silahkan menghubungi
    Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia
    Jl. Taman Kencana No. 1 Bogor
    Telp. 0251 – 324048/327449
    Menghubungi Bagian Komersialisasi dengan Bp. Sumaryono, Bp. Edi Sahlan (Edo), Bp. Afini, atau Wibik G.

  6. pesan minimal berapa? berapa harga satuannya? kalau pesan 5 bibit boleh nggak ya? Kalau boleh saya pesan 5 bibit.

  7. Saya mau tanya kalo mau beli buahnya saja bisa ga, karena ayah pedagang minuman kopyor satu minggu bisa menghabiskan rata2 80 butir kelapa kopyor, kami sering susah mencari pemasoknya, walaupun kami punya pemasok tetap tapi barangnya tidak selalu tetap datangnya sedangkan penjualan kami tetap sekitar 80 butiran tiap minggu. Terima Kasih

    • mba.,., klo boleh tau di daerah mna yea? sya mau menawarkan kelapa kopyor mba kebtulan di madura juga banyak budi daya kopyor mba

  8. bagaimana cara penanaman kelapa kopyor yang benar agar buahnya benar-benar kopyor, dan berapa harga bibit per bijinya

    • Harga bibit terakhir saya diberi tahu sekitar Rp. 350 rb per polybag umur 1 – 2 tahun. Harga bisa berubah-ubah, untuk kepastiannya bisa ditanyakan ke alamat yang sama di link: http://isroi.wordpress.com/promi/
      Agar bisa mengeluarkan 99% kelapa kopyor:
      1) kualitas bibit harus varietas kopyor murni
      2) ditanam terisolir dari kelapa normal dengan radius beberapa ratus meter.
      3) ditanam dalam jumlah cukup banyak, misal: 1 ha. Jadi bukan hanya satu batang saja.
      semoga membantu.

  9. berapa harga bibit kopyor per bijinya dan bagaimana cara penanaman yang benar agar hasilnya 100 % kopyor

  10. saya mau tanya, boleh hanya beli 1 atau 2 pohon saja buat koleksi?

  11. pak,

    mohon info untuk nomor yang bisa di hubungi ya?
    untuk nomor yang tercantum tidak bisa di hubungi

  12. Kalau boleh tahu, berapa pohon bisa ditanami dalam 1 hektar ? Berapa harga bibit tersebut kalau dalam jumlah yang banyak?
    Terimakasih.
    Salam.

  13. saya 1th yang lalu pesen bibit kopyor ,kata pihak balai suruh tunggu nanti di hub via telp kalau bibit sudah siap, no hp saya 08156901975, terimakasih………………………

    • Memang begitu, Pak. Penyiapan bibit memakan waktu 2 tahun sampai bisa ditanam. Dan, biasanya sudah over booked. Mungkin Pak H. Syefuddin bisa menelpon lagi, apakah pesanannya sudah siap atau belum? Karena kalau tidak diambil akan diberikan ke pemesan berikutnya.

  14. pak saya tertarik sekali dengan bibit kelepa kopyor tersebut.harga tiap satu bibitnya berapa? cara pembeliannya bgaimanaa?

    • Silahkan hubungi nomor kontak yang ada di atas. Pemesanan mesti ident karena banyak sekali yang pesan dan kapasitas produksinya terbatas.

  15. mengapa ditanam harus jauh dari tanaman kelapa lain (terisolasi)? dan mengapa harus di tanam dalam area luas ?

    • Karena kelapa penyerbukannya adalah penyerbukan silang. Jadi bisa saja terjadi penyerbukan dengan kelapa yang bukan kopyor dan hasilnya kelapa yang bukan kopyor.

  16. umur berapa kelapa kopyor sudag mulai berbuah?

  17. pesan 10 bibit pak ,bu

  18. Kontak langsung ke nomor yang di atas

  19. sampai berapa tahun umur produksinya pak ?, sampai matinya kelapakah

    • Ada dua macam, yang kelapa dalam kalau tidak salah 5 tahunan baru berproduksi, tapi umur produksinya bisa lama sekali. Sedangkan yang kelapa dalam setahun dua tahun sudah bisa berproduksi. Silahkan kontak ke alamat yang di atas untuk lebih jelasnya.

  20. Reblogged this on suaramapia and commented:
    siapa yang suka barang barang begitu ini

  21. bagaimana cara penanaman kelapa kopyor yang benar agar buahnya benar-benar kopyor, dan berapa harga bibit per bijinya bagai mana apakah bisa tanam bibit tersebut dipapua pegunungan kah atau ngak bisab dan tempat panas bisa atau ridak ini

    • Cara penanamannya yang benar adalah harus terisolir dari kelapa yang lain. Karena pada bunga kelapa terjadi penyerbukan silang. Selain itu bibitnya mesti benar-benar kelapa kopyor. Untuk info pemesanan silahkan kontak langsung ke alamat yang di atas.

  22. pak, harga bibit klp kopyornya brp? & brp min order?..hasil bs brp buah kopyor per bulan per pohon pak?

  23. Alhamdulillah pesanan 100 kopyorku dah jadi tinggal ngambil di Bogor, smg 4 tahun lagi panen, thanks all.
    wass
    bambang

  24. minimal pesen berapa?tempat tinggal saya di malang jawa timur

  25. pak is, wkt kuliah dulu saya pernah ngobrol dg mas gieks katanya bisa kultur embrio kelapa kopyor, ini prospek banget, tp sampai skrg saya tdk tahu kelanjutannya, mgk nyari bibit kopyornya yg susah.

  26. Totok Setyarta

    Sy berniat pesan bibit kelapa kopyor. berapa harga per satu an nya? Tks

  27. Mas mau nanya ciri bibit tanaman kelapa kopyor dengan bibit kelapa biasa apa mas ya… mungkin ada spesifikasi yang menonjol,takutnya sudah beli bibit mahal2 ternyata bukan bibit kelapa kopyor. terima kasih

  28. Supriyadiyansyah

    Pak kenapa tlpnya g aktip…?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s