Brainstorming

Teknik brainstorming dipopulerkan oleh Alex F. Osborn dalam bukunya Applied Imagination. Istilah brainstorming mungkin istilah yang paling sering digunakan, tetapi juga merupakan teknik yang paling tidak banyak dipahami. Orang menggunakan istilah brainstroming untuk mengacu pada proses untuk menghasilkan ide-ide baru atau proses untuk memecahkan masalah.

Teknik brainstorming adalah teknik untuk menghasilkan gagasan yang mencoba mengatasi segala hambatan dan kritik. Kegiatan ini mendorong munculnya banyak gagasan, termasuk gagasan yang nyleneh, liar, dan berani dengan harapan bahwa gagasan tersebut dapat menghasilkan gagasan yang kreatif. Brainstorming sering digunakan dalam diskusi kelompok untuk memecahkan masalah bersama. Brainstorming juga dapat digunakan secara individual.
Sentral dari brainstorming adalah konsep menunda keputusan. Ketentuan dasar dari brainstorming adalah sebagai berikut:

  1. Tunda Keputusan. Jangan melakukan kritik terhadap setiap gagasan yang muncul. Jangan pula melakukan evaluasi terhadap gagasan tersebut. Gagasan dipilih setelah sekian banyak gagasan dilontarkan.
  2. Munculkan sebanyak mungkin gagasan. Munculkan gagasan sebanyak-banyaknya. Gunakan gagasan yang aneh dan lucu untuk merangsang gagasan-gagasan lain yang lebih baik.

Orang umumnya sangat hebat dalam menilai dan mengkritik. Mereka cenderung teralalu cepat menghambil keputusan, tanpa memberi kesempatan suatu gagasan berkembang. Banyak sekali contohnya. JK Rowling sempat ditolak oleh banyak penerbit ketika menawarkan kisah Harry Potter-nya yang sangat laris itu. KFC pernah ditolak berkali-kali sebelum menjadi makanan terkenal seperti sekarang. Percobaan Edison tentang bola lampu listrik telah diprotes oleh rektor sebuah universitas terkenal sebagai kesesatan yang disadari.

Jika Anda menggunakan teknik brainstorming dalam rapat, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Tuliskan permasalahan di papan tulis. Jelaskan masalah tersebut sehingga seluruh perserta rapat memiliki presepsi yang sama.
  2. Persilahkan hadirin menyampaikan gagasannya. Jangan ada kritik, sangahan, atau evaluasi, apapun alasannya.
  3. Munculkan sebanyak mungkin gagasan. Gunakan gagasan orang lain untuk merangsang gagasan kita sendiri. Gunakan gagasan yang aneh, nyleneh, liar, norak, dan berani untuk merangsang gagasan yang lebih baik.
  4. Setelah sejumlah gagasan diperoleh, lakukan evaluasi kritis terhadap gagasan yang ada. Pilihlah gagasan terbaik.
  5. Lakukan aksi untuk merealisasikan gagasan tersebut.
About these ads

15 responses to “Brainstorming

  1. Biasanya dalam hal apa brainstorming ini di gunakan?

  2. Orang memang banyak yang ga faham tentang substansi dari brainstorming. Saya dulu juga begitu. Yang saya ngerti brainstorming adalah curah pendapat yang berarti berdiskusi. Tetapi ternyata saya salah. Thanks alot tulisannya.

  3. mgkin akan sgt puas lgi bila dilampirkan refensinya dari artikl diatas…
    terima kasih…

    • Referensinya ada beberapa, salah satunya adalah buku ‘Seni Berfikir Kreatif’ dan ada juga di beberapa bukunya Edward de Bono. Saya lupa judul bukunya.

  4. Sangat efektif dalam menggali ide-ide kreatif, terutama orang iklan…. kata-kata ini sudah ga asing lagi bagi Creative Director, Art Director, Designer etc….. untuk mendapatkan sebuah ide yang mungkin hasil y bisa dilihat di tayangan televisi, koran dll

  5. yang dikemukakan itu apa termasuk kedalam kelompok classic brainstorming lalu apa ada jenis brainstorming yang lain – ditunggu penjelasannya ya.
    thanks.

  6. tengkyu mas,,
    sangat membantu buat sy, tpi apa bedax dgan NGT yg juga fungsix sama dgn brainstorming.. kira2 mana yg lebih efektif diantara keduanya…???

  7. thx ya gan,
    copas dulu
    bwt bahan tgs kul

    • Siipppp….!!!!
      ————————————————————————————————————————
      Vote my pictures at Metro Photo Challenge
      ————————————————————————————————————————

  8. Pak, thanks info brainstormingnya. Ini membantu dlm tgs kul akta 4 sya. Btw, minta referensinya? buku n pnulis siapa aja?Thanks a lot.

    • Sebagian saya ambil dari buku SENI BERFIKIR KREATIF, cuma saya lupa siapa pengarangnya. Saya rasa, Blog ini juga bisa dijadikan referensi.
      ————————————————————————————————————————
      Vote my pictures at Metro Photo Challenge
      ————————————————————————————————————————

  9. refrensi buku brainstorming apa ya?????/??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s