Modul SGS Bermain dengan PowerPoint

Modul 1. Surat Cinta

“Katakan dengan bunga” itu dulu. Sekarang jaman digital, segala sesuatu dapat di-digitalkan, termasuk mengungkapkan isi hati.
Di Modul 1 ini kamu akan membuat presentasi untuk mengungkapkan isi hati dengan cara digital. Slide sederhana dan diberi latar belakang musik.
Sambil membuat ‘Surat Cinta’, kamu mempelajari dasar-dasar membuat presentasi dengan PowerPoint

Surat Cinta

Modul 2. Kata Mutiara

Prinsipnya masih sama seperti di Modul 1, tetapi di Modul 2 ini kamu akan belajar menambahkan ilustrasi gambar/foto untuk presentasi. Ilustrasi tidak saja memperindah slide, tetapi akan memperjelas isi presentasi. Di sini kamu juga akan belajar sedikit tetang prinsip desain presentasi yang baik, meliputi komposis warna, bentuk, posisi dan ukuran/volume.
Kata Mutiara

Modul 3. Membuat Album Foto Digital

PowerPoint menyediakan satu fitur khusus untuk membuat album foto digital. Mudah digunakan, cepat, dan hasilnya memuaskan. Kamu dapat menambahkan teks, clipart, ilustrasi musik, dan lain-lain untuk memperkaya album foto digital.

Modul 4. Brosur

PowerPoint memang bukan program grafik design, tetapi dengan sedikit kreatifitas PowerPoint dapat digunakan untuk merancang brosur kegiatan. Memang tidak seleluasa program grafik design, tetapi cukup cepat dan hasilnya tidak mengecewakan.

Brosur

Modul 5. Karakter Kamu

Permainan untuk mengetahui karakter seseorang. Di modul ini akan banyak dipelajari tentang penggunaan hyperlink dalam slide PowerPoint. Hyperlink membuat slide presentasi lebih interaktif. Hyperlink tidak hanya ke file/slide PowerPoint saja, tetapi dapat ke alamat website, email, atau file-file lain.

Karakter Kamu

Modul 6. Melihat Film di PowerPoint

Salah satu kemampuan PowerPoint adalah dapat memainkan file multimedia di dalam slide show. PowerPoint menggunakan Media Player untuk memainkannya, jadi semua file multimedia yang didukung oleh Media Player dapat dimainkan di dalam slide PowerPoint. PowerPoint versi 2003 mengalami beberapa peningkatan kemampuan dalam menjalankan file multimedia, antara lain: pause, rewind, dan zoom.
Kemampuan ini dapat memperkaya presentasi yang kamu buat. Presentasi tidak hanya melulu teks saja tetapi diperkaya dengan ilustrasi, musik, sound, dan movie. Sangat menarik.

Melihat Film di PowerPoint

Modul 7. Tebak Gambar 1

Beberapa tahun yang lalu di salah satu station televisi ada kuis SIAPA DIA. Ide latihan di modul ini meniru kuis di acara tersebut. Pemirsa diminta untuk menebak foto seseorang yang ditampilkan sebagian-sebagian.
Sambil membuat permainan tebak gambar ala kuis SIAPA DIA, kamu belajar dasar-dasar efek animasi PowerPoint. Fitur ini merupakan salah satu fitur unggulan PowerPoint dibandingkan program aplikasi presentasi yang lain. Fitur ini mengalami banyak perkembangan dibandingkan versi-versi sebelumnya.

Tebak Gambar 1

Modul 8. Tebak Gambar 2

Di Modul 8 kamu akan mempelajari efek animasi lebih banyak lagi. Permainannya juga sangat menarik, yaitu menebak gambar. Banyak orang yang salah ketika menebak gambar ini. Coba saja sendiri kalau tidak percaya.
Bagian paling sulit dari modul ini adalah membuat gambar garis-garis, bukan membuat animasinya.

Tebak Gambar 2

Modul 9. School is Cool

Satu lagi kelebihan fitur efek animasi di PowerPoint. Satu elemen presentasi dapat diberi lebih dari satu efek, bahkan banyak efek sekaligus.
Di modul ini penggunaan efek animasi sedikit lebih rumit daripada modul-modul sebelumnya. Hasilnya luar biasa.

School is Cool


Linkterkait:

  1. Daftar Isi
  2. Modul SGS Bermain dengan PowerPoint
  3. File-file Contoh SGS Bermain dengan PowerPoint
  4. Contoh Modul 4 SGS Bermain-main dengan PowerPoint
  5. Contoh Modul 2SGS Bermain-main dengan PowerPoint
  6. Contoh Modul 1SGS Bermain-main dengan PowerPoint
  7. Contoh Trik Animasi

Baca bukuku di Google Books:


Buku ms word buku ms power point Trik Efek Animasi PowerPoint sgspowerpoint

Buku MS Office lain:
MS Excel Office download gratis

One response to “Modul SGS Bermain dengan PowerPoint

  1. trims, sdh saya donlut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s