Gambar dan Efek Animasi yang Tidak Perlu


Unduh Gambar Bergerak untuk presentasi PowerPoint:


Banyak orang mencari gambar-gambar animasi untuk ‘mempercantik’ presentasinya. Mereka berfikir dengan menambahkan gambar animasi, presentasi menjadi lebih menarik, menjadi jelas, terkesan canggih, dan lain-lain. Bahkan pernah saya menemukan ada orang yang menampilkan gambar animasi hanya sekedar pamer bahwa dia jago membuat presentasi. Maklum saja, karena dia baru saja bisa menggunakan MS PowerPoint dan teman-temannya banyak yang belum bisa. Pernah juga saya melihat presentasi yang full gambar animasi, tetapi terkesan norak.

Baca
Bukuku di
Google Books

Ibarat gadis kampung yang ingin terkesan cantik. Dia membeli make up dan memakainya. Bibirnya penuh lipstik tebal, pipinya merah merona, alisnya tebal, bulu matanya lebat, dan pipinya seperti di ‘dempul’. Kira-kira cantik ngak ya….??????

Ini mirip dengan presentasi yang ‘menor-menor’ itu. Banyak presentasi yang tidak pas memakai gambar animasi. Beberapa kesalahan umum penggunaan gambar animasi antara lain:

  1. Gambar animasi tidak ‘nyambung’ dengan isi presentasi
  2. Misalnya saja, isi presentasi tentang budidaya padi. Di dalam slide tersebut dipermanis dengan gambar animasi mobil. Apa hubungannya padi dan mobil???

  3. Gambar animasi terlalu menarik perhatian dan mengaburkan pesan utama presentasi
  4. Kadang-kadang gambar animasi terlalu besar, terlalu banyak bergerak, atau terlalu menyolok, sehingga perhatian orang justru tersita oleh gambar animasi tersebut.

  5. Gambar animasi terlalu banyak
  6. Ada orang yang menambahkan gambar/efek animasi di setiap slide. Ada juga yang memberi efek animasi di setiap bagian isi slide. Design semacam ini justru malah banyak makan waktu yang ngak perlu.

  7. Animasi tidak kompatibel dengan versi MS PowerPoint yang digunakan
  8. Seringkali seorang presenter hanya membawa file di dalam flasdisk. Ketika file tersebut dijalankan di komputer orang, ternyata banyak animasi-animasi yang ngak jalan karena versinya beda. Gagallah presentasi itu hanya gara-gara slide sering hang.

Ada nasehat sederhana untuk membuat presentasi: KISS: Keep It Simple, Stupid.

Fokus pada isi presentasi dan audien. Design, animasi, efek-efek yang lain harus mendukung isi pesan utama ini. Bukan mengaburkannya. Design presentasi yang baik akan membuat audien memahami isi presentasi, dan betah mendengarkan, melihat, dan menyimak presentasi. Contoh berikut ini adalah contoh presentasi yang sangat-sangat sederhana, tetapi sangat efektif. Silahkan didownload.

Simple is beautiful

Semoga bermanfaat.

Link terkait:



Baca bukuku di Google Books:


Buku ms word buku ms power point Trik Efek Animasi PowerPoint sgspowerpoint

Buku MS Office lain:
MS Excel Office download gratis

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s