Membuat Bioetanol dari Gula Pasir

Jika anda kesulitasn mendapatkan tetes/molasses, bioetanol dapat juga dibuat dengan menggunakan gula pasir. Proses pembuatan bioetanol dari gula pasir pada prinsipnya sama dengan pembuatan bioetanol dari tetes tebu (lihat di sini). Yang perlu diperhatikan adalah kadar gulanya kurang lebih 14%. Jadi untuk setiap 1 kg gula pasir dapat ditambahkan kurang lebih 7.1 liter air.
Bahan-bahan lain yang bisa dibuat bioetanol antara lain adalah: nira tebu (air perasan tebu), nira sorgum manis (air perasan batang sorgum manis), nira kelapa (badeg), nira aren, madu, dan lain-lain.


DOWNLOAD BIOETHANOL

Silahkan didownload resources yang mungkin Anda perlukan juga:

Daftar bahan lain yang bisa didownload: Download Di Sini
Cara mendownload: Klik dua kali pada link yang akan didownload. Kemudian ikuti perintah selanjutnya. Kalau ada iklan yang muncul, klik aja iklannya atau langsung ke SKIP ADD yang ada di pojok kanan atas.

Handbook on Bioethanol: Production and utilization
bioethanol ebook download free gratis percuma

Biofuel for Transportation
bioethanol ebook download free gratis percuma

Panduan Membuat Distilator
bioethanol ebook download free gratis percuma

About these ads

27 responses to “Membuat Bioetanol dari Gula Pasir

  1. tolong bisa kasih tahu prosedur dan alat sederhana pembuatan bioetanol????
    dan bagaimana cara mengetahui kadar alkohol atau nilai oktannya????

  2. Salam kenal Kang Isroi
    Tolong kasih informasi mengenai Peralatan membuat bioetanol dari molase (yang sangat sederhana) untuk pemakaian sendiri (kapasitas hanya 8 liter/hari), berikut alat untuk burnernya petunjuk membuat alat destilasinya (yang sederhana).
    Terimakasih
    tolong dibalas ke email saya ya mas, Lagi butuh banget informasinya

    • Informasinya tidak mudah untuk disampaikan. Banyak sekali. Insya allah saya akan menuliskannya secara bertahap, atau saya akan menulis sebuah buku kecil agar lebih mudah untuk diaplikasikan oleh orang banyak. Doakan semoga terlaksana dan ditunggu saja.

  3. Muhammad Reza

    mas aku seorang mahasiswa PTN di cilegon Banten.
    aku sekarang lagi menyusun Rancangan pabrik dari molase..
    aku minta tolong dunx minta deskripsi proses pembuatannya secara lengkap bisa ngga??
    oia 1 lagi sekalian referensi tentang molasenya..
    terima kasih sebelumnya

  4. Muhammad Reza

    mas saya minta tolong dunx bantuin saya dalah hal pembuatan rancangan pabrik bioetanol dari molase..
    saya bingung alat-alat apa saja yang harus dipakai dalam hal pendirian pabrik ini..
    plus diagram alir proses dan P&ID nya
    pliz minta tolong yah mas…
    biar saya cepet lulus…

  5. Muhammad Iqbal

    Mas Berapa Nomr Telpon Anda Sebabnya Saya Ingin Konsultasi Tentang Cara Pembuatan Bioetanol Kepada Anda???

    makacih yaaahh….

  6. boleh dicoba pak………….

  7. mas,
    bole nanya tentang cara membuat gula pasir dari tebu?
    balas ke email saya ya , penting x nih
    makasi

  8. pak untuk destilasi dibutuhkan waktu berapa lama ya?
    terima kasih.

  9. pak untuk destilasi dibutuhkan waktu berapa ya?
    terima kasih.

  10. maaf pak mau tanya,,
    untuk skala Laboratorium jika kami menggunakan 250 gr gula pasir, apakah banyaknya ragi, air, dan urea serta NPK nya sama seperti bila menggunakan 1 kg gula pasir??
    dan untuk 1 kg gula pasir bapak menghasilkan berapa banyak etanol pak??
    terimakasih…

    • Beberapa saran untuk dosis pembuatan etanol
      1. Ragi = 0.5% dari konsentrasi gula
      2. NPK = 0.2% dari konsentragi gula
      3. Urea = 0.5 % dari konsetrasi gula

  11. maaf pak,,mau nanya..
    untuk produksi etanol dengan basis 1 Kg gula pasir,,dapat menghasilkan berapa L etanol?
    kemudian dibutuhkan destilasi berapa lama?
    jika untuk skala lab,misalnya dengan menggunakan basis gula pasir sebanyak 250 gr apakah sama perbandingan yest dll?
    terimakasih

    • Etanol yang dihasilkan kurang lebih 0.5 dari massa gulanya. Bisa dihitung dari rumus stoikiometrinya. Lama distilasi tergantung pada alat yang digunakan, berapa volumenya, dll.
      Perbandingan untuk yeast, NPK, dan urea, coba lihat di jawaban saya untuk komentar yang lain.

  12. Kalau memakai pemanis rasa bisa g ?

  13. pak, kalo komposisi gula 250 gr niranya brp?

  14. pak isroi, mohon dijawab, atau sya bisa menghubungi pak isroi untuk lebih lanjut, berapa nomor hape/ emailnya? sya butuh untuk tugas KIR saya

  15. Pak Isroi yang baik, saya mau bertanya :
    Bagaimana cara menghitung konsentrasi gula (dalam %)dan 1kg gula dengan 7,1 liter air menghasilkan berapa liter etonal 95 %?. Trims.

    • Kadar gulanya 12.34%. Kadar ethanol dalam cairan fermentasi teoritikalnya adalah 6.3%. Tp tdk ada fermentasi yang 100%. Klo fermentasinya bagus dptnya sekitar 6%. Kalau didistilasi jadi 95%, teoriticalnya adalah 0.537 liter. Begitu juga tidak ada distilasi yang 100%. Jadi kalau dpat setengah liter ethanol 95% sudah sangat bagus sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s