Mengukur Kadar Bioetanol

alkohol_meterMengukur kadar bioetanol dalam cairan fermentasi adalah salah satu hal penting yang harus kita ketahui, jika kita ingin membuat bioetanol. Ada banyak cara untuk mengukur bioetanol. Mulai dari cara yang paling mudah, rumit, dan paling canggih. Setiap metode pengukuran memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Beberapa metode itu adalah analisis dengan GC (Gas Chromatography), HPLC (High Performance Liquid Chromatography), metode enzym, dan hydrometer. Tiga metode yang pertama sangat sensitif, dapat mengukur kadar bioethanol dalam konsentrasi yang sangat rendah, tetapi juga lebih rumit dan mahal. Metode enzym relatif lebih mudah dan murah dibandingkan dengan metode GC atah HPLC. Saat ini tersedia beberapa produk enzym kit untuk mengukur bioetanol. Tetapi metode ini masih cukup mahal untuk ukuran UKM atau rumahan. Metode terakhir adalah metode yang paling mudah, murah, tetapi juga kurang teliti. Meskipun begitu untuk ukuran UKM atau rumahan rasanya sudah cukup memadai.

Alat untuk mengukur kadar etanol tersebut juga dikenal dengan nama alkohol meter atau hydrometer alkohol. Alat ini sebenarnya digunakan dalam industri minuman keras (bir, wine) untuk mengukur kandungan alkohol dalam minuman tersebut. Di bagian atas alkohol meter tersebut dilengkapi dengan skala yang menunjukkan kadar alkohol. Prinsip kerjanya berdasarkan berat jenis campuran antara alkohol dengan air. Bentuknya seperti gambar di bawah ini.
skala_alkohol2
Skala pada alkohol meter

Ini adalah hydrometer alkohol paling murah yang saya dapatkan. Harganya kurang dari Rp. 100 rb. Sebenarnya ada juga alkohol meter jenis lain, harganya juga lain-lain tergantung kualitasnya. Hydrometer ex Jerman kualitasnya bagus dan ada yang dilengkapi dengan thermometer juga. Harganya sebanding dengan kualitasnya, kalau tidak salah di atas Rp. 250rb.

Pengunaan alkohol meter sangat sederhana. Pertama masukkan bioetanol ke dalam gelas ukur atau tabung atau botol yang tingginya lebih panjang dari panjang alkohol meter. Kemudian masukkan batang alkohl meter ke dalam gelas ukur. Alkohol meter akan tenggelam dan batas airnya akan menunjukkan berapa kandungan alkohol di dalam larutan tersebut. Mudah sekali kan…

Mengukur Kadar Bioetanol

Mengukur Kadar Bioetanol

ngukur_kadar_etanol

Bioetanol yang bisa diukur dengan etanol meter di atas adalah bioetanol yang sudah didistilasi dengan distilator. Alat distilator sederhana skala lab atau rumah tangga adalah seperti di bawah ini.

distilatorlab

Jika Anda membutuhkan mini distilator skala lab, silahkan klik di sini.


DOWNLOAD BIOETHANOL

Silahkan didownload resources yang mungkin Anda perlukan juga:

Daftar bahan lain yang bisa didownload: Download Di Sini
Cara mendownload: Klik dua kali pada link yang akan didownload. Kemudian ikuti perintah selanjutnya. Kalau ada iklan yang muncul, klik aja iklannya atau langsung ke SKIP ADD yang ada di pojok kanan atas.

Handbook on Bioethanol: Production and utilization
bioethanol ebook download free gratis percuma

Biofuel for Transportation
bioethanol ebook download free gratis percuma

Panduan Membuat Distilator
bioethanol ebook download free gratis percuma

Buku lengkap tentang fermentasi:
download gratis buku fermentasi

111 responses to “Mengukur Kadar Bioetanol

  1. mas isroi yang baok…
    aku mau nanya,,,
    apakah waktu akan destilasi hasil yang telah difermentasi dicampur dengan air dulu atau langsung aja didestilasi?

  2. mas,,maaf ya
    maksud saya tadi mas isroi yang baik

  3. mas, ada gak literatur tentang pengujian kadar etanol berdasarkan SNI?

    • Coba lihat di bagian panel pustaka yang ada di sisi kanan blog ini. Sudah ada contohnya dan bisa dibuat sendiri.

    • Menguji kadar etanol sudah ada sni-nya. Cuma nomornya lupa. Cari disitusnya BSN (badan standarisasi nasional). Kadang-kadang kita harus datang sendiri untuk mendapatkan copy sni-nya.

  4. mas isroi kemaren aq beli alkoholmeter yang kualitas paling rendah cuma 10 rb dan lumayan koq mas n kl mau cari bahan zeolit sintetis 3A dimana ya buat dehydrasi etanol agar bisa 100 %

    • Dulu saya dengar Kreatif Energi Indonesia mengecer zeolit sintetis. Saya lihat iklannya di majalah trubus. Coba cari di majalah trubus, saya rasa masih ada iklannya.

  5. mas isroi aku mau nanya % konversi (XA) dari ethanol berapa ya soalnya mau ngitung kecepatan reaksi

  6. maaf jika ada komentar ini di topik lain, apakah untuk menggunakan alkohol meter tersebut hasil fermentasi harus didestilasi terlebih dahulu? karena saya anak SMA dan harus dngn cepat mengetahui hasilnya, dan di sekolah saya tidak terdapat distilator, jadi saya kesulitan..mohon cepat ditanggapi, terima kasih.

    • Mengukur bioetanol dengan alkohol meter tenpa distilasi biasanya hasilya bias. Saran saya harus didestilasi dulu. Destilasi bisa dengan cara yang sederhana, meskipun mungkin ada yang terbuang. Coba lihat di menu pustaka di kolom sebelan kanan. Ada petunjuk bagaimana membuat distilator.

  7. air nira apakah fermentasi nira aren harus di ukur kadar gula nya bru bsa dilakukan fermentasi???
    dan apa beda nya dengan air perasan tebu???

    • Kalau mau coba-coba diukur pake ‘perasaan’ aja. Jangan takut untuk mencoba, fermentasi aja. Setelah itu lihat hasilnya…
      Selamat mencoba.

  8. @ harnum

    lebih baek beLi refraktometer gula seharga 900rb dr pd coba2, malah menghasilkan produk non efisien yang mungkin harganya maLah lebih dari 900rb. termasuk harga perasaan jengkeL yang menyebabkan stress lalu masuk rumah sakit krn kurang makan. hehehehehe

  9. mas mo nany ne,,
    alkoholmeter kan makeny klo ethanolny udh didestilasi. klo belum didestilasi, nentuin kadar etanolny secara kasaran gmana y??
    aq pernah baca, katany pake cara titrasi volumetri, menurut mas gmana???

  10. mo nany lg ne,,,
    aq pernah bc skripsi anak pertanian
    dy mmbuat etanol dari garut
    dan cara menghitung kadarny dgn cara spektrofotometri
    menggunakan cawan conway

    tp g ad bukti klo cara ntu bener2 bs dipakai
    buktiinny gmana y??
    kan klo destilasi jg butuh volume yg bnyk,,,
    trim’s

  11. Mau nanya juga nih,,,apakah sama dengan cara mengukur metanol???? atau ada cara lain yang lebih ideal dan praktis,,kemudian untuk alkoholmeter tsb apakah ada livetime nya,,maksudnya sampai dengan berapa tahun harus diganti,,atau harus di kalibrasi juga gak ya,,,
    mohon jawabannya

  12. @aini : wanjizz,ngakak gw!! wkaakakakakaaa…
    ask: bagaimana cara menghitung uap alkohol??
    ada rumus nya?? saya lg bikin alat,pake sensor TGS..thx

  13. mas aku mo nanya, berapa se hargane alkohol meter, cos aku habis mecahin …gamabarnya kayak di blog ini? plis ya jawab…i mohon

  14. mas, mau nanya.. bagaimana cara untuk mengetahui didalam suatu carian (ethanol misalnya) terdapat methanol? tks…

  15. Mas Isroi,
    Saya mau tanya cara mengukur kadar gula pada nira kelapa? apakah dengan alat ukur sederhana (mirip dengan alat ukur alkohol di blog ini) bisa? Dan satuannya apa? karena saya pernah coba ukur dengan alat yang seperti alat ukur alkohol (di blog ini) tapi saya bingung angkanya menunjukan dibawah 10% (yang dikukur nira kelapa/badeg).
    Tujuan saya nira kelapa tersebut akan di fermentasi untuk bahan pembuatan etanol.
    Terima kasih.

    Salam,

    Pramana

    • Alat seperti itu sering disebut piknometer yang mengukur kadar suatu bahan berdasarkan berat jenisnya. Hasilnya akan baik jika berupa larutan murni, kalau bahannya campuran hasilnya kurang akurat. Bisa juga menggunakan brix meter yang pakai metode difraksi cahaya. Seperti teropong, cuma harganya agak mahal, beberapa ratus ribu. Alat ini lebih akurat dan sering dipakai untuk melihat kadar gula nira tebu.

  16. Mas Isroi<

    Dan pada blog lain untuk bahan baku tetes tebu, saya baca pada blog ini bisa sampai 50% kadar gulanya. Itu maksudnya apa? dan diukur dengan menggunakan apa?
    Terima kasih.

    Salam

    Pramana

  17. Mas Isroi,
    Saya mau tanya cara mengukur kadar gula pada nira kelapa? apakah dengan alat ukur sederhana (mirip dengan alat ukur alkohol di blog ini) bisa? Dan satuannya apa? karena saya pernah coba ukur dengan alat yang seperti alat ukur alkohol (di blog ini) tapi saya bingung angkanya menunjukan dibawah 10% (yang dikukur nira kelapa/badeg).
    Tujuan saya nira kelapa tersebut akan di fermentasi untuk bahan pembuatan etanol.
    Dan pada blog lain untuk bahan baku tetes tebu, saya baca pada blog ini bisa sampai 50% kadar gulanya. Itu maksudnya apa? dan diukur dengan menggunakan apa?
    Terima kasih.

    Salam

    Pramana

  18. mas isroi aq pengen bgt nerusin usaha bioetanol tp sekarang dah kerja di salah satu BUMN jd waktu kurang dulu pernah berkecimpung, untung lumayan ya mas. mas di pabrik saya ada proses dehydrasi tp LPG yg di hilangkan airnya bahannya molecular sieve 3A 304 sama ya mas sama zeolit sintetis3A

  19. untuk mas diandra, info aja kemaren saya beli alkoholmeter di solo cuma 8 rb rupiah tp sudah mewakili mas.
    untuk yang tanya cara mengukur kadar etanol sblm di destilasi, bisa pake cara dengan piknometer yaitu berdasarkan berat jenisnya soale saya lulusan tekkim, pada prinsipnya mengukur kadar etanol berdasarkan berat jenis mau pake piknometer ataupun alkoholmeter sama ja.
    untuk yg cari buku literatur cara mengetahui kadar etanol dr berat jenis cari ja buku ” perry’s engenering hand book” untuk anak teknik kimia itu buku panduannya

  20. untuk mas pramana, sebenarnya yang digunakan untuk membuat etanol adalah bahan apapun yang mengandung glukosa atau monosakarida, kebanyakan bahan masih mengandung fruktosa atau disakarida maka untuk mengubah menjadi glukosa ditambah air (dihidrolisis) maka fruktosa menjadi glukosa tambah ragi atau yeast sacaromices serevicea menjadi etanol ni reaksi kimianya.
    C12H22O11 + H2O —> C6H12O6 + C6H12O6
    C6H12O6 —> 2C2H5OH + 2CO2
    SC
    MAKA SEMAKIN TINGGI KADAR FRUKTOSA ATAU GLUKOSA SEMAKIN BANYAK YANG TERKONVERSI MENJADI ETANOL.
    SELAMAT MENCOBA MAS

  21. MAS ISROI SORY DAH NAMBAH2, MAU TANYA MAS KALO KT SKALA RUMAHAN GA DA CUKAI BISA GA YA MASARKE PRODUK BIOETANOL KITA KE PABRIK2 BESAR, DA INFO GA MAS ISROI HARGA YG JUAL BIOETANOL YANG MURAH SAYA DAPETNYA YG HARGANE 10000/LT, N YANG BELI SKALA BESAR. MAS ISROI JUAL BIOETANOLNYA BRAPA YA N PEMASARAN DI DAERAH MANA KL BISA KT JOIN MAS, GMN MAS ISROI

  22. SAYA KEBETULAN LULUSAN TEKNIK KIMIA, PERNAH KERJA PRAKTEK DI PABRIK SPIRTUS N ALKOHOL DI JOGJA, PERNAH BISNIS BIOETANOL TP DL MSH SKALA KECIL DI PABRIK N UTAMANYA JUAL ETANOL YG 70% DI APOTIK N RUMAH SAKIT DI SOLO N SEKARANG KERJA DI KILANG BUMN. PGN NERUSIN BISNIS BIOETANOL TP WAKTU KURANG NI MAS, SAYA MSH MUDA 24 THN JD MSH RAGU2 MELANGKAH NI MAU KONSEN KERJA DL SOALE GAJI DAH LUMAYAN

  23. MAS ISROI TOLONG DITANGGAPI MAS, NI LG BUTUH MOTIVATOR UNTUK LEBIH BANYAK LAGI PENGETAHUAN TENTANG BIOETANOL, SAYA PERCAYA DI MASA DEPAN PADA SAAT HARGA MINYAK MENTAH MELAMBUNG TINGGI N PERSEDIAAN SUDAH MENIPIS,BIOETANOL SEBAGAI PRIMADONA BAHAN BAKAR YANG MUDAH DIBUAT N DIPRODUKSI, OK MAS

    • Terima kasih komentarnya Mas Wawan. Banyak orang memprediksi kalau bioetanol akan menjadi salah satu fuel penting di masa depan. Kita harus mulai dari sekarang dengan upaya yang bisa kita lakukan. Indonesia punya bayak resources untuk menjadi produsen bietanol dunia. Insya Allah.

  24. UNTUK YANG LAEN KT BISA TUKAR INFO PA PIKIRAN KITA TENTANG USAHA BIOETANOL, PA JOIN BISNIS BIOETANOL, SALING MENGUNTUNGKAN OK

  25. ok mas isroi

  26. @wawan setiawan
    dalam hal kerjasama ini apa yang anda demand? dan apa yang anda supply?
    semoga kita satu visi dan misi

    terimakasih
    salam

  27. mas sukhoi
    saya butuh bioetanol plg ga 96%, saya cari produsen yang harga bisa kompetitif n tempat tidak terlalu jauh sekarang posisi saya di cilacap, untuk mas sukhoi termasuk produsen pa distributor. ok salam kenal mas sukhoi pa kl mas sukhoi distributor kita bisa saling tukar info tentang produsen n harga bioetanol ok

  28. yang laen koq ga kedengeran yang laen pada kemana wae mas isroi skrg sibuk apa mas, msh berkecimpung di bioetanol kan mas

  29. mohon ijin beberapa waktu kepada mas Isroi untuk menggunakan bLog ini..

    @wawan
    saya bisa disebut calon produsen namun sekarang masih pilot project pak, sekitar 10L/hr kadar masih 90%, terkendala oleh metode distilasi yang masih tahap pengembangan. kapasitas yang telah terpasang dipabrik saya adalah setara 3ton singkong per batch atau setara 4000L/bulan/tangki. kapasitas potensial maksimal sekitar 12KL setara dengan 3 tangki terpasang dipabrik. kecuali kalo bangunan diperbesar lagi bisa lebih dari 12KL.
    mengenai harga tergantung dari Quantity. biasanya lebih banyak pesan maka harga jadi murah. karena ongkos simpan menjadi kecil dan bisa dihilangkan. apalagi dengan sistem kontrak pembelian, bisa lebih murah lagi pak. gambaran umum harga ethanol 99% di jakarta adalah 10rb/L. dan bisa turun menjadi 9rb/L jika memesan 50L. dan paling mentok sekitar Rp7400 untuk pembelian 300L. untuk informasi lebih lanjut mohon kirim email ke heruwiratno@gmail.com

    terima kasih
    salam.

  30. ok mas sukhoi ditunggu inovasi n produknya, saya mau distribusi aja soalnya dalam hal waktu saya kurang karena skr saya bekerja di salah satu BUMN di cilacap, kalo mas sukhoi dah bs produksi yang stabil n qualitas dah bgs bisa kirim email ke

    One_130704@yahoo.com

    ok mas sukhoi terima kasih atas infonya, untuk yang lebih lanjut bisa lewat email aja, kita sukseskan konversi ke bioetanol, posisi mas sukhoi dimana ya pa di jakarta

  31. untuk yang laen kita bisa saling tukar pengetahuan kita tentang bioetanol ini pa lagi kalo bisa dibisnisin, untuk mas isroi makasih untuk blog nya yang bisa kita gunakan untuk saling tukar info, mas isroi masih produksi bioetanol, pa cuma mengembangkan mas.

  32. untuk mas sukhoi bisa jg dikembangkan dengan tetes tebu mas harga jg agak miring n proses untuk menjadi bioetanol tidak terlalu sulit dibandingkan dengan singkong sukses untuk mas sukhoi ditunggu kabarnya ya

  33. posisi sy dJakarta, pabrik dSukabumi. kenapa singkong? karena untuk sementara ini singkong bisa digeber 100 ton / HA dan daun bisa djual untuk pakan ternak (karena kami juga akan menjalankan program penggemukan sapi, kambing dan ikan) dan pakan manusia, batang untuk kayu bakar, onggok bisa diekspor ke Jepang. sedangkan tebu sulit untuk menyamai produktifitas singkong dalam hal tonase. dan lagi pula bahan baku tebu belum terlalu siap sedia disana dan jauh dari pabrik akibatnya harga beli tebu lebih mahal dari singkong, efeknya margin keuntungan semakin kecil. untuk sementara ini singkong lebih siap sedia.

    mari kita sukseskan konversi bioethanol, demi bumi yang bersih, hijau dan yang terpenting pemerataan roda ekonomi.

  34. @wawan
    pak, emailnya MAILER DAEMON, alias gak bisa dikirim dari saya. punya email lain?

  35. ok mas sukhoi nanti coba tak cek dulu terima kasih, nanti tak email mas sukhoi dulu ok

  36. coba lagi ja mas mungkin salah penulisane, One_130704@yahoo.com

  37. @wawan
    saya sudah coba masih Mailer Daemon. coba pak wawan kirim ke heruwiratno@gmail.com.

  38. ok mas sukhoi dah tak coba kirim email da terkirim kl dah masuk bls ja ok

  39. mas sukhoi gmn dah masuk lum

  40. ok mas sukhoi dah masuk emailnya kosongan ya, mas isroi makasih sebelumnya,kl da perkembangan bioetanol yang saya tau saya masukin ke blog ini buat dinikmati semua pengunjung blog ini

  41. @mas wawan setiawan
    Mas sy juga produksi bioetanol,berbahan dasar tetes.
    tapi baru sekala kecil…
    berapa ltr/bulan bioetanol yang mas wawan butuhkan ??
    dan kadar brp ??
    utk info….saya produksi di ciamis JAWABARAT.
    Atu bsa email di apray.rai4@gmal.com

  42. mas ari kita ngomong di email ja mas, email saya One_130704@yahoo.com ok

  43. koq sepi bgt ya sekarang, da info bioetanol terbaru ga yang punya, bagi bagi donk infonya, mau update terus ni tentang bioetanol

    • Terima kasih telah setia berkunjung ke blog ini. Saya sedang mencoba menulis tentang yeast. Tetapi bahan-bahannya belum lengkap, jadi belum update lagi topik tentang bioetanol. Silahkan berkunjung lagi di lain waktu.

      • Mas isroi,

        di Jepang br diteliti ttg yeast u sampah pertanian & sampah RT shg produksi bioethanol bs lebih banyak.

        Mari kita cari bareng2. & Salam kenal ya ..

        saya baru belajar ttg bioethanol.

        fendie.as

  44. mas isroi saya mau tanya tentang metode analisa etanol pake HPLC…itu prosedurnya gimana ya mas…saya harus cari dimana???bingung ni???

    saya sedang penelitian dan dilab tu ada alat HPLC tapi pada ga tau untuk analisa etanolnya tu butuh reagen apa aja???
    mohon bantuannya mas terimakasih

  45. Terima kasih, Pak isroi, serta Pak sukhoi150 secara pribadi sangat membantu, semangatkan Indonesia untuk kemajuan bersama

  46. Mas…Sya mau tanya…Saya bingung dgn bntk alkohol meter. Yg sya beli bntknya seperti thermometer. Apa bntknya mmg spti itu?

  47. informasi di blog ini sangat membantu dan saya mohon ijin untuk menggunakannya sebagai referensi … terimakasih banyak buat penulis

  48. mas, numpang nanya…

    menurut mas (atau literatur yang mas tahu), alat analisis kaya alkoholmeter ini, perlu di kalibrasi gak ya?

    thanx a lot..:)

    • alkohol meter seperti ini sebenarnya hanya digunakan untuk mengukur campuran alkohol dengan air. Kalau untuk mengukur campuran alkohol hasil fermentasi hasilnya ngak valid, meskipun sudah dikalibarasi segala. Lebih bagus pakai GC atau HPLC.

  49. klo uji kadar etanol pake spektrofotometer UV,caranya gimana?n pake pereaksi apa aj?
    tlng dijwb y,mksh…..

  50. mas isroi..
    mau tanya nih..
    klo utk pengukuran kadar etanol pke alkoholmeter tu minim hasil distilasinya harus brp ml?
    makasih sebelumnya…

    • alkohol meter ada beberapa ukuran, ada yang untuk mengukur 1-15%, 30% sampai 100%. Kita gunakan sesuai dengan kisaran etanol yang akan diukur. Kalau kadarnya rendah di bawah 10%, pakai alkohol meter yang maks 15%.
      Volume yang diukur biasanya 100 ml. Tergantung pada tempat yang digunakan untuk mengukurnya.

  51. maf mas jadi bingung ^_^”.
    mas ny bilang “alkohol meter seperti ini sebenarnya hanya digunakan untuk mengukur campuran alkohol dengan air. Kalau untuk mengukur campuran alkohol hasil fermentasi hasilnya ngak valid, meskipun sudah dikalibarasi segala. Lebih bagus pakai GC atau HPLC”. brarti hasil fermentasi yang kemudian didestilasi (sec langsung tanpa adanya penambahan air, seperti yang mas bilang sebelumnya) akan menghasilkan destilat. untuk menghitung kadar etanol (destilat) g bisa pake alkohol meter dunk?

    • Alkohol meter seperti ini biasanya digunakan dlm industri pembuatan wine. Klo prosesnya mirip wine sih bisa saja dipakai. Atau bioetnaol hasil distilasi masih cukup valid.
      Tetaapi kalau untuk mengukur hasil fermentasi, misalnya fermentasi dari singkong, apalagi dari lignoselulosa hasilnya tdk valid.

  52. bantu jawab se kena nya ya mas.. hehe
    alkohol meter ini memiliki berat jenis sekitar 790 gram/L
    kalo dia di taro di larutan air pasti ngambang akhirnya menunjukkan angka noL karena air lebih berat maka air ada dibawah.
    kaLo di taro di larutan methanol bisa jadi tenggeLam menunjukkan 100% karena alkohol meter lebih berat dari methanol. mungkin itu yang dimaksud tidak VaLid. tidak cocok tidak pada tempatnya.. CMIIW

  53. mas, bisa g dkirim alkohol meter it? Atw gmana teknisnya. .

    • Sy sedang tidak di indonesia, tidk bisa membantu.
      alkohol meter setahu saya dijual di jogjakarta, semarang, jakarta, bogor. kalau di tempat lain saya tidak tahu

  54. saya lagi btuh bnget mas, alna uda dcari, lum ad djambi. . .

  55. owh, , makasih mas infonya. .

  56. Mau tanya kalo untuk beli hydrometer alcohol di jakarta dimana ya?

    Terima kasih dan salam hormat,

    Hendra

  57. mas uji alkohol dlm miras literatur dari mana?

  58. Saya mau tanyakan, tentang dasar penetapan parameter penggunaan etanol 80%,..??

  59. bagaimana cara menguji konsentrasi bioetanol setelah proses distilasi ??

  60. membeli alkohol meter dimana mas?

  61. Salam Kenal.. Sy doni Dari APBI (asosiasi pengusaha bioethanol indonesia) Saat ini kita sedang rembukan dengan pemerintah/esdm tentang bebas Cukai, alhamdulillah Sudah Tahap lanjutan, mohon berkenan agan aganwati bergabung di apbi@yahoogroups.com .. Untuk lebih jelas dpt menghubungi saya di rwahdi@yahoo.com Atau phone 087774592777. 081269410005

  62. Yang jual alkohol meter dijogja di mana ya mas?

  63. mahasiswa chem_eng

    Salam kenal…
    Saya kebetulan akan mengambil penelitian tntg etanol…
    nah, skrng lagi cari2 cara bwt menganalisanya,,,
    saya mau menanggapi comment nya mas Wawan Setyawan tentang ” untuk yg cari buku literatur cara mengetahui kadar etanol dr berat jenis cari ja buku ” perry’s engenering hand book”..
    Kalau boleh tau, dibagian mana ya mas di perry nya? kebetulan saya juga teknik kimia.. makasih..
    dari sekian banyak alat analisa, kira2 yg valid yang mana ya? untuk etanol dari hsl fermentasi whey..

  64. cibicabi_bios
    hmmmm, pencerahan habis baca blog mz.isroi…,thanks infonya…,ini saya lagi nyari cara untuk uji bioetanol pake metode titrasi…,mz.isroi punya literaturnya gak? tolong di balas ya…,makasih

  65. Siang mas Isroi.
    Saya numpang lewat nih.
    Saya butuh Alkohol meter yang biasa saja tapi di daerah saya sulit sekali mendapatkannya.
    Saya di NTB – Bima
    Apakah mas isroi / temen-temen sekalian tau dimana yg jual di NTB-Bima
    atau bisa sediakan untuk saya. ( saya beli dari temen2 )

  66. beli alkohol meter dmn ya?
    saya mahasiswa disalatiga

  67. Maaf mau tanya. saya membuat bioetanol dari rambutan, dan masih bingung bagaimana mengetahui kadar etanolnya. kalo untuk anak SMA seperti saya, cara apa yang paling mudah dan terjangkau untuk dilakukan? makasih..

    • @HiLda, Cara paLing mudah tapi tidak terjangkau, pakai ALkohoL meter LokaL atau Import. Cara yang paLing terjangkau tapi LowTek, pake timbangan haLus seperti timbangan teLor yang 1 kg. gunakan air Ledeng sebagai acuan 1L = 1kg. CMIIW.

  68. Assalamu’alaykum…mas mau tny.. beli alkoholmeter di solo tepatny dmn ya? alamatny dmn?

  69. met siank bg isroi
    baru2 ini saya melakukan fermentasi terhadap glukosa
    saya mw menanyakan , , ,setelah perlakuan fermentasi dilakukan saya mencoba mengukur kadar alkohol , , ,
    namun alat tdk menunjukkan ukuran alkohol , ,
    namun hanya mengambang dibawah ukuran 0%
    sebenarnya apa yg terjadi bg , ,alat yg salah atau bgaimana?
    @alat yg sya gunakan berharga 250rb
    mohon jawabannya bg
    trim kasih sebelumnya

    • Berapa persen gula yang ditambahkan. Hasil etanol bisa diperkirakan dari gula awalnya. Misalnya kadar gula awalnya 18%. Etanolnya kalau fermentasi berjalan baik kurang lebih 9%. Alkohol meter yg bekerja berdasarkan berat jenis hanya akurat untuk campuran alkohol + air. Klo untuk campuran fermentasi sering tidak tepat.
      Kemungkinan lain fermentasinya gagal dan yang dihasilkan asam.

  70. mau nanya gimana cara perhitungan etanol yang sudah di destilasi??

  71. agan isroi ni mau beli dmn ya alat nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s