Rhizobium Sahabat Kacang-kacangan

scan0001bDunia ini sungguh luar biasa menajubkan. Ternyata ada tanaman yang bersahabat kental dengan mikroba. Mereka hidup rukun saling berbagi dan saling membantu. Bahkan mereka sangat setia kawan. Mereka adalah kacang-kacangan yang bersahabat dengan Rhizobium.


Baca juga: Pupuk Kimia, Pupuk Organik, dan Pupuk Hayati

Tanaman kacang-kacangan atau legum adalah tanaman yang unik. Contoh tanaman kacang-kacangan adalah kacang tanah, kedelai, Mucuna, kacang merah, kacang koro, dan lain-lain. Cobalah Anda cabut akarnya, bersihkan tanah-tanahnya, coba amati baik-baik akarnya. Biasanya ada bintil-bintil kecil di akar-akar tersebut. Kalau anda coba pecah bintil akar tersebut biasanya berwarna merah.

bintilo1b
Bintil akar yang dipisahkan dari akar tanaman kacang-kacangan.

Di bintil akar inilah sahabat kecil kacang-kacangan hidup. Namanya Rhizobium sp. Mahluk kecil ini hidup menumpang di akar kacang-kacangan. Sungguh baik hati, sang kacang pun dengan senang hati menyediakan tempat tinggal, bahkan makanan untuk sahabat kecilnya ini.


Rhizobium sp yang dilihat di bawah mikroskop dengan pembesaran 30.000 kali.

Sebagai gantinya, karena sudah diberi tempat dan makanan, Rhizobium sp membantu kacang-kacangan untuk mendapatkan sari makanan N atau nitrogen. Sari pati makanan atau istilahnya hara Nitrogen adalah salah satu makanan utama tanama-tanaman. Kebutuhan pupuk terbesar adalah untuk pupuk N (berupa urea atau ZA).

bintil02
Bintil akar yang aktif berukuran besar dan bewarna merah jika dipecah (kiri), bintil akar yang tidak aktif berwarna pucat dan kecil.

Nah, Rhizobium ini memiliki kemampuan luar biasa yang tidak banyak dimiliki oleh mikroba lain, yaitu kemampuan untuk menambat N langsung dari Udara. Seperti kita tahu bahwa kandungan utama udara adalah gas nitrogen yang lebih dari 70%. Meskipun melimpah tanaman tidak bisa langsung menyerap N dari udara. N tetap harus diserap dari akar. Untunglah, ada Rhizobium yang membantu tanaman kacang-kacangan mendapatkan N dari udara.

Ternyata persahabatan Rhizobium dengan tanaman kacang-kacangan ini sangat kental sekali. Pertama, Rhizobium hanya mau bersahambat dengan kacang-kacangan. Selain kacang-kacangan dia tidak mau membantu menambatkan Nitrogen. Setia kawan sekali ya…

Kedua, di dunia jasad renik ini ada banyak jenis Rhizobium, demikian pula ada banyak jenis kacang-kacangan. Ternyata setiap jenis kacang-kacangan juga memiliki sahabat Rhizobiumnya sendiri-sendiri. Misalnya kacang tanah varietas A, dia memiliki Rhizobium strain A juga. Kalau ada Rhizobium lain, kacang-kacangan tidak mau, demikian pula sebaliknya. Mereka benar-benar sahabat sejati yang tidak bisa dipisahkan.

rhizobium02
Rhizobium sp yang tumbuh di dalam media agar cawan.

Ulah manusia seringkali membuat persahabata ini jadi berantakan. Pola budidaya yang kurang bersahabat dengan lingkungan, seperti penggunaan pupuk kimia yang berlebihan, obat-obatan tanaman seperti fungiisida dan lain-lain akan membuat rhizobium merana. Tanaman kacang-kacangan yang banyak diberi urea, biasanya sedikit mengandung rhizobium atau rhizobiumnya tidak aktif. Demikian pula tanaman yang sering diberi fungisida, rhizobium pun akan kelenger juga.


Download literatur gratis: Download di sini | Recomended site: Gudang Ebook Gratis

donwload ebook gratis microbiology

About these ads

9 responses to “Rhizobium Sahabat Kacang-kacangan

  1. Hm…
    salah bentuk simbiotik mutualisme yang lain, ya, pak…

  2. Pingback: ‘Mahluk Halus’ di Akar Tanaman « isroi

  3. Pingback: ‘Mahluk Halus’ di Akar Tanaman « Yog4tam4’s Blog

  4. wah memang ternyata pupuk paling bagus tetep pupuk alami yaw… tapi kalau pupuknya kimiawi kacangnya masih sehatkan??

  5. wah gambarnya lengkap banget ada foto nya juga.. wah source yang valid dan cocok buat reference..

  6. Pingback: biofarm laboratoris » Mahluk Halus’ di Akar Tanaman

  7. wah gan klw emg si Rhizo cm maw ame kacang2′n alesan na ap dunk..?

  8. Sudah di produksi di Indonesia lho!!

  9. kalo gitu gak usah pake pupuk banyak2 ya
    aku salut sama persahabatan rhizobium dan kacang hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s