Membuat Pupuk Organik Sendiri

Baca juga: Video Membuat Pupuk Granul | membuat pupuk organik sendiri | Mesin Cacah Kompos | Pupuk Organik, Pupuk Kimia, dan Pupuk Hayati | Tata Letak Mesin Pabrik Pupuk Organik | Bagan Pabrik POG | Permentan No. 70/2011 tentang Pupuk Organik, Pupuk Hayati dan Pembenah Tanah | Lampiran 1 Permentan No. 70/2011 | Lampiran 1 Permentan No. 70/2011

 


sampuldepantumbnail
Membuat pupuk organik baik yang powder atau granul tidak sulit tetapi juga tidak mudah. Pupuk organik granul dapat dibuat dalam skala kecil atau pun dalam skala besar. Kalau mau anda pun bisa membuatnya sendiri.

Bahan-bahan untuk membuat pupuk organik granul umumnya terdiri dari dua bahan utama, yaitu:
1.Bahan Organik utama: kompos dan/atau
2.Bahan-bahan tambahan: gambut, fosfat alam (P), dolomit (Mg), kaptan, zeolit, dan lain-lain.


Kompos atau Pupuk Kandang

kompos

kompos

Kompos dan pupuk kandang merupakan bahan baku utama. Kompos bisa dibuat dari bahan-bahan organik apa saja, seperti: sampah organik, sisa jerami, sisa tanaman, limbah agroindustri dan lain-lain. Pupuk kandang sebenarnya juga kompos, tetapi bahan baku dasarnya adalah kotoran ternak. Semua kotoran ternak dapat dibuat pupuk kandang, seperti kotoran sapi, kotoran ayam, kotorang kambing, bahkan kotoran manusia juga bisa. Yang perlu diperhatikan adalah semua bahan-bahan ini harus dikomposkan terlebih dahulu. Bahan-bahan organik yang masih ‘mentah’ tidak bisa dijadikan sebagai bahan baku pupuk organik.

Bahan lain yang cukup mudah diperoleh adalah humus yang ada di penampungan-penampungan sampah. Umumnya sampah-sampah sudah ditampung selama bertahun-tahun. Sampah-sampah organik telah mengalami dekomposisi. Humus ini dapat diambil dan dijadikan sebagai bahan baku pupuk organik. Masalahnya humus ini bercampur dengan sampah-sampah non organik yang perlu dipisahkan terlebih dahulu. Masalah berikutnya adalah kemungkinan terkontaminasi logam berat atau bahan-bahan beracun lainnya.

Bahan kompos atau pupuk kandang dikeringkan terlebih dahulu. Pengeringan bisa dilakukan dengan cara yang sangat sederhana: dijemur. Dapat juga dengan dikeringkan menggunakan mesin pengering. Hanya saja cara ini perlu dipertimbangkan biayanya, karena menggunakan bahan bakar solar atau minyak tanah. Pengeringan dilakukan sampai kadar air kompos di bawah 15%.

Kompos yang sudah kering selanjutnya dihaluskan. Tingkat kehalusan yang baik untuk pembuatan granul adalah 80 – 100 mesh. Penghalusan kompos menggunakan hammer mill (mesin penepung) atau mesin cacah. Di bagian ujung mesin itu diberi saringan ukuran 80 – 100 mesh.

mesin_cacah02
Contoh mesih penghalus kompos seperti gambar di bawah ini. Mesin ini bukan seperti mesin cacah kompos biasa. Mesin ini didesain secara khusus agar dapat menghaluskan kompos dengan cepat dan hasilnya halus. Meskipun tampaknya kecil, mesin ini kapasitasnya 2 ton kompos kering per hari.


Fosfat Alam

Fosfat alam merupakan salah satu pupuk fosfat alami karena berasal dari bahan tambang. Fosfat alam mengandung fosfat yang sangat bervariasi. Fosfat alam yang bagus mengandung fosfat alam (P2O5) lebih dari 30%. Umumnya kandungan fosfat alam sangat rendah bahkan kurang dari 20%. Fosfat alam yang baru ditambang ada yang berupa batuan yang keras dan ada juga yang lunak.

Jika akan menggunakan fosfat alam sebaiknya diteliti dahulu kandungan fofatnya. Saran selalu mengirimkan sampel fosfat alam ke lab untuk setiap pengiriman fofat alam. Khususnya jika fosfat alam yang berasal dari dalam negeri, karena kandungan fosfatnya sangat bervariasi. Jangan sampai anda dikomplain karena kandungan fosfatnya kurang dari spek.

Jika memungkinkan pesan fosfat alam dengan tingkat kehalusan 80 – 100 mesh. Tetapi kadang-kadang orang juga menjual fosfat alam yang kasar jadi perlu dihaluskan terlebih dahulu. Menghaluskan fofat alam bisa menggunakan hammer mill atau mesin penepung.


Dolomit

Dolomit adalah salah satu sumber hara Mg yang juga alami. Dolomit mirip dengan fosfat alam dan sering ditemukan di tambang yang berdekatan. Dolomit juga dipesan dengan kehalusan 80 – 100 mesh.


Kaptan

Kaptan lebih sangat mirip dengan dolomit. Kaptan tidak memiliki hara makro. Penggunaan kaptan lebih banyak sebagai bahan pengisi dan untuk meningkatkan pH.


Gambut

Gambut merupakan sumber bahan organik selain kompos. Gambut bereaksi lebih masam daripada kompos. Gambut juga tersedia melimpah dan mudah didapat. Gambut sebaiknya dipilih gambut yang tua. Seperti bahan baku yang lain, ukura kehalusan gambut antara 80 – 90 mesh.

gambut
Penambangan gambut


Zeolit

Zeolit bukan merupakan sumber hara utama, tetapi zeolit memiliki sifat khusus yang dapat meningkatkan KTK (Kapasitas Tukar Kation) tanah.


Bahan Tambahan Lain

Untuk meningkatkan kualitas pupuk organik dapat ditingkatkan dengan menambahkan bahan-bahan pengaya lain, seperti: ekstrak tanaman tertentu, bahan-bahan hasil fermentasi, atau pun pupuk organik cair.


Komposisi Bahan

Tidak ada rumus baku untuk membuat pupuk organik granul. Umumnya kompos merupakan bahan utama dengan komposisi lebih dari 60%. Sisanya adalah bahan-bahan tambahan lain. Ukuran 80 – 100 mesh adalah ukuran untuk pupuk organik granul. Tetapi jika pupuk organiknya bukan granul ukuran ini bisa diabaikan.


Buat Sendiri Aja

Meramu pupuk organik tidak sesulit yang diduga. Meskipun sekarang banyak dijual pupuk organik, alangkah baiknya jika membuat sendiri pupuk organik tersebut. Petani-petani yang cukup memilikimodal dapat membuatnya sendiri. Petani yang kurang modal bisa patungan untuk membuatanya, misalnya melalui kelompok tani atau gapoktan.

pupuk organik granul

Untuk membuat pupuk granul lihat di posting berikut ini:
Membuat Pupuk Granul
granul


Download buku yang lebih lengkap silahkan klik di sini: Daftar Buku Gratis.

Untuk sementara link-link di bawah ini tidak berfungsi, silahkan gunakan link yang ada di atas.

DOWNLOAD PUPUK ORGANIK

Referensi lain yang mungkin juga Anda perlukan. Rekomendasi link: Free Ebooks.
buku gratis

  1. Buku Petunjuk Pupuk Organik Granul
  2. Buku Petunjuk Teknis Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT): Padi Sawah Irigasi
  3. Petunjuk Teknis Uji Mutu Pupuk Organik
  4. Standard Mutu Pupuk Organik
  5. Kompos
  6. SNI Dolomit
  7. Kompos Limbah Kakao
  8. Petunjuk Lapang PTT Padi
  9. Budidaya Padi Sehat
  10. Brosur Budidaya Padi Sehat
  11. Brosur Kompos Jerami
  12. Pengelolaan Lahan untuk Budiaya Sayur Organik
  13. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati
  14. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  15. Analisis Biologi Tanah
  16. Juknis Mutu Pupuk Organik
  17. Menuju Pertanian Lahan Kering Lestari
  18. Pembuatan Kompos-Balittanah
  19. Pemupukan Berimbang
  20. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  21. Petunjuk Pengambilan Sampel Tanah untuk Analisis Biologi Tanah
  22. Compost Quality TestGermination Index Method
  23. Compost and Soil Conditioner Quality Standards 2005

Daftar bahan lain yang bisa didownload: Download Di Sini
Cara mendownload: Klik dua kali pada link yang akan didownload. Kemudian ikuti perintah selanjutnya. Kalau ada iklan yang muncul, klik aja iklannya atau langsung ke SKIP ADD yang ada di pojok kanan atas.

About these ads

47 responses to “Membuat Pupuk Organik Sendiri

  1. Pingback: Membuat Pupuk Organik Granul « isroi

  2. Pingback: Video Pembuatan Granul dengan Pan Granulator « isroi

  3. Pingback: Mesin Cacah Kompos untuk Pupuk Organik Granul « isroi

  4. informasinya sangat mambantu

    tetapi ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan

    1.untuk membuat “pupuk organik sendiri” komposisi yang dibutuhkan untuk masing-masing bahan perbandingannya berapa?

    2.apakah ada bahan tambahan lain yang ditambahkan untuk merekatkan pupuk organik tersebut, soalnya setau saya kalo tanpa bahan perekat apakah bisa rekat (menjadi granul)?

    3.kalo granulnya dibuat ukuran 1-2 cm3 kira-kira bisa nggak? soalnya saya ingin mengetahui tentang kemampuan slow rillisnya di dalam tanah?

    4.kalo bahan kompos atau gambutnya saya ganti dengan serbuk gergaji bagaimana?? apakah hasilnya juga bisa granul????

    5.ada expire datenya gak?????

    TERIMA KASIH

    wank_keren_ozumaki@yahoo.com

    mohon balasannya

  5. Pingback: Pabrik Pupuk Organik 2 « isroi

  6. Pingback: Praktek Membuat Pupuk Organik Granul « isroi

  7. Untuk Bung Awang

    1. Komposisi terserah yang membuat pupuk organik
    2. Umunya untuk membuat granul perlu perekat, tetapi ada juga yang tidak perlu perekat.
    3. ukuran granul bisa dibuat sesuai keinginan dari 2 mm sampai 2 cm juga bisa.
    4. serbuk gergaji bukan bahan organik yang bagus karena belum jadi kompos. Selain itu akan membuat granul jadi besar-besar dan kasar.
    5. Jika semuanya bahan organik bisa disimpan dalam waktu yang lama sekali dalam kondisi kering dan tidak lembab. Expired jika ada perubahan kandungan hara yang signifikan.

    Semoga membantu.

  8. Pingback: Beberapa Mesin untuk Membuat Tepung Bahan Organik « isroi

  9. Bgaimana cara mengolah limbah kopi(kulit/sepah buah kopi) serta kotoran ternak(sapi,kambing atau ayam) menjdi pupuk organik,yg lbih efesien dan praktis..?Tolong d jelaskan secara rinci dan detail..!
    Terimakasih…
    Dari:wwwfauzi_chemeng@yahoo.co.id

    • Caranya sebenarnya sama saja dengan bahan-bahan organik yang lain. Kotoran sapi adalah yang paling mudah. Kulit kakao memang lebih sulit, karena kandungan lignin yang agak tinggi, tetapi mudah juga kalau dilakukan. Kalau ada kulit kakao juga (biasanya ada kopi ada juga kakao) bisa aja ditambahkan dalam pembuatan pupuk organik. Kalau menjelaskan secara detail banget, terus terang, ngak ada waktu untuk menuliskannya. Kalau Anda mengumpulkan tulisan-tulisan di blog ini dan disusun secara berurutan, saya yakin Anda bisa membuat pupuk organik sendiri.
      Karena caranya mudah dan peralalatannya cukup sederhana.
      Semoga membantu.

      isroi

  10. Pingback: HAMA DAN PENYAKIT TUMBUHAN UNSRI poenya masto2n :: Pupuk Organik, Pupuk Hayati, dan Pupuk Kimia :: April :: 2009

  11. Pingback: Pupuk Organik, Pupuk Hayati, dan Pupuk Kimia « ISROI

  12. Assalamu,alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Kepada Bapak yang kami hormati, sebelumnya saya mengucapkan terimakasih atas kesediaan bapak dalam memberikan ilmu tentang cara-cara membuat pupuk organik.
    Pak, saya mau tanya alamat Bapak di mana? maksud dan tujuan saya adalah ingin belajar bagaimana cara membuat pupuk organik. atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
    dari: Widiyanto Email: yantow@ymail.com atau widi_smart@telkom.net
    Wassalamu,alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

  13. ifan musyarief

    mas is, saya mau tanya kalau pupuk kompos ditambah dengan zeolite perbandingan idealnya berapa? dan kalau saya tidak salah baca bahwa zeolite hanya mengikat sementara dan akan melepaskan pupuk sesuai kebutuhan tanaman, dengan penambahan zeolite akan menghemat pemakaian pupuk dong…………..

    • Zeolit hanya sebagai bahan tambahan saja. Pupuk organik harus komposisi utamanya adalah kompos/pupuk kandang, > 60%. Sisanya adalah bahan-bahan tambahan salah satunya adalah zeolit ini. Zeolit memang bisa meningkatkan nilai KTK tanah, bukan pupuknya lho. Karena cuma tambahan jadi jumlahnya juga sedikit, kurang dari sepertiga dari total massa pupuk organik. Jumlah yang paling baik, saya juga tidak tahu. Karena untuk tiap komposisi bisa saja berbeda-beda. Itu hanya ancer-ancer saja.

  14. mas isroi,,,,
    ak mu nanyak tentang teknologi alternatif,,,
    knpa mas isroi g mengulas tentang bidang otomotif????

    mas,,,kalu mas jd pembicara di seminar nasional jurusan teknik mesinq mau g???
    mhon bantuannya,,,

    karna berbagi itu g akn pernah rugi,,, ;)

    silakan hubungi
    ato g krim cp mas aj k nomer itu,,,nti saya hubungi,,,

    mhon bgt bantuannya,,,
    suwun,,,,

    • Selamat berkunjung ke blog saya, semoga bermanfaat.
      Seperti tag blog saya: Berbagi Tak Pernah Rugi. Kalau ada yang bisa dibagi akan saya bagi. Sayangnya, saya bukan ahli otomotif. Saya orang biologi, sama sekali tidak tahu tentang dunia otomotif, mesin, dan sejenisnya. jadi tidak ada yang bisa saya bagi, bukan tidak mau berbagi.
      Terima kasih atas kunjungannya.

  15. sangat membantu untuk menanbah pengetahuan………….

  16. terima kasih atas informasinya,blog bapak sangat membantu kita. kita juga baru memproduksi pupuk organik lengkap yang berbentuk granule. saya boleh tahu alamat dari pabrik pak isroi? kalau diijinkan kita mau berkunjung ke pabrik bapak.

  17. Apakah mas isroi sudah dibawa ke lab.Adakah unsur hara yang hilang setelah menjadi granul dan jika di bandingkan pupuk kandang,bagaimana perbandingan hara antara granul dengan pupuk kandang

    • Proses granulasi tidak merubah kandungan unsur hara bahan organik. Perubahan komposisi kandungan hara umumnya disebabkan oleh penambahan bahan-bahan lain. Misalnya saja penambahan perekat yang berupa kapur semen yang lebih dari 10% akan sangat mengurangi kandungan hara di dalam pupuk organik. Perubahan komposisi sangat tergantung pada komposisi bahan-bahan penyusunnya.

  18. …dan berapa lama mikrobanya bisa bertahan hidup setelah menjadi granul

    • Mikroba banyak mati jika dikeringkan dengan suhu tinggi. Beberapa bahan tambahan juga bisa mengurangi populasi mikroba. Lama hidup mikroba tergantung pada mikrobanya. Ada yang mikroba yang membentuk spora dan bisa hidup dalam kondisi kering sampai lama sekali. Tetapi umumnya sedikit mikroba yang dapat hidup dalam kondisi kering dan dalam waktu yang lama.

    • Dalam kondisi yang ideal, mikroba akan bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama. Tetapi jika disimpan dalam kondisi kering (kadar air kurang dari 10%) dan disimpan di gudang yang panas. Mikroba akan berkurang secara gradual. Sedikit sekali mikroba yang bisa bertahan hidup hingga lebih dari 1 tahun. Umumnya 6 bulan sudah sangat berkurang sekali populasinya.

    • Dalam kondisi yang ideal, mikroba akan bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama. Tetapi jika disimpan dalam kondisi kering (kadar air kurang dari 10%) dan disimpan di gudang yang panas. Mikroba akan berkurang secara gradual. Sedikit sekali mikroba yang bisa bertahan hidup hingga lebih dari 1 tahun. Umumnya 6 bulan sudah sangat berkurang sekali populasinya.

  19. pupuk jus

  20. pak Isroi, saya memasukkan ke dalam ember sisa2 buah sirsak, satunya lagi jambu biji. Masing2 saya beri Em4, lalu saya tutup rapat. 1 minggu, berbau tape. Apakah rendaman saya ini sudah jadi pupuk. Bagaimana komposisinya. Terima kasih

    • Sebenarnya kalau buah-buahan difermentasikan yang terjadi adalah fermentasi etanol/alkohol. Karena secara alami di dalam buah-buah tersebut sudah ada yeast. Oleh karena itu baunya jadi seperti tape. Saya rasa ini bukan pupuk organik, tapi ya…tape yang ada tambahan beberapa bahan lain. Kandungan tertingginya saya rasa alkohol. Kalau pupuk organik (cair misalnya), kandungannya asam-asam organik dan mungkin hormon tumbuhan.
      Tapi untuk membuktikannya coba diaplikasikan ke tanaman, tanaman semusim saja. Lalu lihat reaksinya, apakah ada tanda-tanda dapat merangsang pertumbuhan atau justru malah mematikannya.
      Semoga membantu.

  21. Mohon dapat diberi daftar mesin cacah dan harga serta cara pemesanan, thx

    Regards

    Frans Suharno

  22. mas..IS…….gmn cara memanfaatkan sampah rumah seperti sisa sayuran dll..dan saya punya sampah seperti kulit sisa buah2han gmn cara menjadikan pupuk organik terima kasih banyak

  23. Mohon dapat diberi daftar mesin cacah untuk kapasitas 4 ton dan mesin granulnya harga serta cara pemesanan, thx

  24. mas isroi berapa harga mesin pencacah atau hammer mill nya?..thanks

    • Harga tergantung kapasitas dan kualitasnya. Kalau bahan yang mau dicacah sederhana tidak keras seperti pupuk kandang kering atau kompos kering, yang ukuran UKM sekitar 10-15jtan. Perlu tanya ke workshopnya untuk tahu harga pastinya sekarang.

  25. mengapa kita harus pakai pupuk organik gan????
    kan sudah ada pupuk kimia yang lebih praktis dan daya menyuburkanya lebih baik daripada pupuk organik. aku sudah membuktikanya gan…
    dengan pupuk kimia lebih cepat, praktis dan higienis.

    • Saya rasa pendapat itu bertolak belakang dengan kenyataan di lapangan.
      Selama 3-4 dekade pertanian kita menggandalkan pupuk kimia, akibatnya baru terasa saat ini. Kesuburan tanah menurun drastis. Buktinya, penggunaan pupuk kimia semakin lama semakin meningkat, tetapi produktivitas menurun. Di tanah-tanah marginal, penambahan pupuk kimia tidak berarti apa-apa.
      Masalahnya, salah satunya adalah karena kandungan bahan organik tanah menurun drastis. Andaikan kandungan bahan organik tanah sekitar 5% sja, tanaman tidak perlu pupuk kimia. Tanah pertanian kita sekarang kandungannya 1-2% saja.
      Pupuk kimia dibuat dari bahan-bahan yang tidak terbarukan, semakin-lama semakin mahal. Kalau tidak disubsidi, petani tidak akan sanggup beli pupuk.
      Karena itu, solusinya adalah denganmembuat pupuk organik sendiri.
      Lebih baik, lebih murah, dan lebih ramah lingkungan.

  26. thaks yooooo
    sangat membantu””””

  27. oya boleh tanya apa buah mangga yang sisa dapat dimanfaatkan menjadi pupk organik.

  28. Mantap sy suka blogx .Salam dr Tambarana …POSO

  29. mas, membuat pupuk organik dari limbah bubuk kopi dan limbah daun teh ditambah EM 4 bisa ga? gimana carannya mas? kebetulan saya bekerja di warung kopi jd limbahnya banyak, mohon petunjuk cara membuatnya. Trimakasih

  30. Mas, sy punya ternak sapi sejumlah dua puluh ekor, kotorannya belum dapat sy oleh menjadi pupuk organik secara baik, yang selama ini kami olah secara sederhana dan kalau hujan kami kesulitan untuk menjemurnya kami bertempat di pegunungan yang sering turun hujan, maksud sy hasil pupuk itu agar bisa berbentuk butiran dan maksud sy lebih lanjut bisa dipasarkan di lingkungan kami, mengingat daerah kami daerah pertanian. untuk itu mohon iformasinya dan petnjuknya, trim sebelumnya

    • Coba saja pakai PROMI untuk membuat kompos. Salah satu peternakan sapi di banyuwangi selalu memakai PROMI. Jika mau dibuat pupuk granul memang perlu mesin pupuk granul. Silahkan download bukunya.

  31. Pingback: LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PERTANIAN NOMOR : 70/Permentan/SR.140/10/2011 TENTANG PUPUK ORGANIK, PUPUK HAYATI DAN PEMBENAH TANAH | Berbagi Tak Pernah Rugi

  32. Pingback: PERATURAN MENTERI PERTANIAN NOMOR : 70/Permentan/SR.140/10/2011 TENTANG PUPUK ORGANIK, PUPUK HAYATI DAN PEMBENAH TANAH | Berbagi Tak Pernah Rugi

  33. Pingback: Membuat Pupuk Organik Sendiri | Berbagi Tak Pernah Rugi

  34. Pingback: Bagan Pabrik Pupuk Organik Skala Industri | Berbagi Tak Pernah Rugi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s