Peranan Bahan Organik Tanah

Bahan organik memiliki peranan sangat penting di dalam tanah. Bahan organik tanah juga merupakan salah satu indikator kesehatan tanah. Tanah yang sehat memiliki kandungan bahan organik tinggi, sekitar 5%. Sedangkan tanah yang tidak sehat memiliki kandungan bahan organik yang rendah. Kesehatan tanah penting untuk menyamin produktivitas pertanian.

bahan organik
Foto dari http://www.csiro.au

Bahan organik tanah terdiri dari sisa-sisa tumbuhan atau binatang melapuk. Tingkat pelapukan bahan organik berbeda-beda dan tercampur dari berbagai macam bahan.

Fungsi Bahan Organik Tanah

Bahan organik tanah menjadi salah satu indikator kesehatan tanah karena memiliki beberapa peranan kunci di tanah. Peranan-peranan kunci bahan organik tanah dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu:

a. Fungsi Biologi:
menyediakan makanan dan tempat hidup (habitat) untuk organisme (termasuk mikroba) tanah
menyediakan energi untuk proses-proses biologi tanah
memberikan kontribusi pada daya pulih (resiliansi) tanah
b. Fungsi Kimia:
merupakan ukuran kapasitas retensi hara tanah
penting untuk daya pulih tanah akibat perubahan pH tanah
menyimpan cadangan hara penting, khususnya N dan K
c. Fungsi Fisika:
mengikat partikel-partikel tanah menjadi lebih remah untuk meningkatkan stabilitas struktur tanah
meningkatkan kemampuan tanah dalam menyimpan air
perubahahan moderate terhadap suhu tanah

Fungsi-fungsi bahan organik tanah ini saling berkaitan satu dengan yang lain. Sebagai contoh bahan organik tanah menyediakan nutrisi untuk aktivitas mikroba yang juga dapat meningkatkan dekomposisi bahan organik, meningkatkan stabilitas agregat tanah, dan meningkatkan daya pulih tanah.

About these ads

20 responses to “Peranan Bahan Organik Tanah

  1. salam kenal mas,
    dari wong magelang

  2. bagaimana cara kita mengetahui BO tanah sudah cukup atau belum tanpa analisa lab pa? ada metode simple ga untuk pegangan para petani

  3. setiap tanah mempunyai unsur hara yang berbeda-beda.ada yang sehat/subur dan ada yang sebaliknya,yang mau saya pertanyakan: 1.Bagaimana qta tau klau tanah itu sehat atau tidak, sedangkan bagi sebagian orang (orang awam) tidak mengetahui secara pasti kondisi tanah yang akan ditanami?. 2. apakah pupuk organik yang qta buat sendiri akan mampu mengatasi hara tanah yang rusak karen trus-trusan ditanami/dipakai, sedangkan (lagi2 bagi orng awam) tidak mengetahui secara pasti apa-apa yg terkandung dalam pupuk oyang dibuatnya, berbeda dengan pupuk yang dibuat pabrik yang tentu saja sudah teruji coba.

    • Pertanyaan yang sederhana tetapi sulit menjawabnya. Semoga jawaban singkat ini cukup memuaskan.
      1. Saya jadi ingat waktu kuliah dulu. Dosen tanah saya pernah bilang begini; kalau dokter memeriksa orang sakit atau orang awam memeriksa, biasanya yang dilihat pertama kali adalah suhu tubuhnya. Kalau suhunya lebih tinggi atau lebih rendah dari 37oC berarti dia sedang sakit. Ternyata ini mirip juga dengan tanah, cuma tanah bukan suhu, tetapi pH. Kalau pH tanah lebih rendah atau lebih tinggi dari normal (sekitar 5-7) mungkin tanah itu sedang sakit juga. Cara melihatnya sebenarnya mudah saja, yaitu dengan melihat vegetasi/tanaman yang dapat tumbuh di tanah itu. Kalau tanamannya lebat berarti tanahnya sehat. Sebaliknya kalau tanamannya jarang dan tidak banyak atau bahkan tidak ada tanaman yang bisa tumbuh. Rumput aja ngak bisa tumbuh, berarti tanahnya tidak sehat alias sakit.
      2. Uji paling mudah adalah dengan uji biologi dengan tanaman. Tanaman tidak bisa ditipu dan tidak bisa disuap. Kalau pupuknya baik, tanamannya juga akan baik. Kalau pupuknya jelek tanamannya juga akan merana. Jadi cara paling mudah adalah dengan cara mengujinya langsung dengan tanaman. Kalau mau secara detail apa isisnya dengan cara yang mudah ya….sulit sekali.

  4. copy ya pak materinya buat praktek teman-teman di lab. Mohon info PROMI nya.Semoga ilmunya bertambah terus.Amiin.

  5. mau tanya cara membuat bioaktifator organik

  6. mas, saya mau bertanya masalah pengukuran kadar bahan organik di tanah sawah, saya mahasiswa yang sedang kuliah di lapang selama 2 bulan, para petani menanyakan bagaimana kondisi bahan organik pada tanahnya, apakah ada cara mudahnya? agar rekomendasi pemupukan organik, pupuk kimia, dan pengapuran dapat tepat?
    disini saya sulit untuk melakukan uji kadar B.O, karena keterbatasan alat,
    terimakasih sebelumnya

  7. apa sih pelapukan kimia dan unsur unsurnya

  8. Wah…..
    sdkit krang nih !!!
    masa lpuknya ????

  9. kak lantai hutan yang berhubungan dengan bahan organik itu sepperti apa sie

    • Maksudnya saya rasa bagian dasar hutan. Saya rasa semua dasar hutan berhubungan dengan bahan organik. Daun-daun atau sisa tanaman yang jatuh ke tanah di sekitar pohon akar menjadi sumber bahan organik bagi tanah itu.

  10. apakah pada hutan diperlukan pemupukan,,klw bahan organik seperti serasah yg jatuh pada lantai hutan bisa jd bahan organik???

  11. permisi, saya mau tanya. bisakah fungsi-fungsi bahan organik tanah digantikan dengan teknologi lain. kao misal bisa, tolong disebutkan apa saja itu?….trmksh…

  12. lam nal,,,, mw naxa niiee,,,,
    mengapa tanah yg ideal harus memiliki komposisi bahan organik 5%.
    padahal sudah di jelaskan bahwa bahan organik adalah peranan kunci didalam tanah., tetapi kok komposisinya sedikit sekali hanya 5 % sedangkan air 25%, udara 25%, mineral 45%?mengapa demikian?
    mohon dii balazz….

  13. salam !!!saya mau tanya ne pak
    Apa saja unsur2 yang terdapat dalam bahan organik?
    mohon dijelaskan pak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s