Pabrik Pupuk Granul yang Paling Sederhana


Mohon maaf, beberapa foto tidak bisa ditampilkan


buku pupuk organikBeberapa artikel tentang pupuk organik granul di blog ini cukup mendapatkan respon dari banyak pihak. Banyak yang menanyakan bagaimana membuat pabrik pupuk organik granul atau bagaimana memulai usaha pupuk organik granul. Sebenarnya kalau membaca buku saya: Pupuk Organik Granul, akan sudah terbayang alat-alat apa yang dibutuhkan dan kira-kira berapa biaya investasinya. Memang di buku tersebut tidak membahas masalah investasi dan perhitungan bisnisnya.
pengering

Menurut saya kalau memang sudah niat mau membuat pabrik pupuk organik granul, buat saja. Tentu sebelumnya perlu banyak hal yang harus dipertimbangkan. Pertama, masalah pasar atau ke mana pupuk organik ini akan dijual. Coba jalan-jalan, cari informasi, browsing di internet, tanya-tanya ke toko pertanian, kelompok tani, dan semua yang mungkin menjadi target pasar pupuk organik tersebut.

Pertimbangan kedua adalah masalah bahan baku. Bahan baku utama adalah bahan organik, seperti kompos, pupuk kandang, atau yang lainnya. Bahan baku kedua adalah perekat. Kira-kira bahan perekat apa yang tersedia, mudah didapat, dan cukup ekonomis harganya. Bahan berikutnya adalah bahan-bahan tambahan untuk pupuk organik granul, seperti: arang sekam atau sekamnya, kapur pertanian, dolomit, fosfat alam, gambut, zeolit, dan lain-lain.

Kalau dari dua pertimbangan di atas sudah cukup dan kesimpulannya: SANGAT MENJANJIKAN. Sepertinya Anda sudah cukup siap untuk membuat pupuk organik granul.

Langkah berikutnya adalah mencari lokasi pabrik, mencari mesin-mesin, dan mencari tenaga kerja. Dan yang tidak kalah penting adalah modal.

Saya ingin mencontohkan di sini sebuah pabrik pupuk organik granul dengan kapasitas cukup besar, tetapi semuanya serba sederhana. Saya berkesempatan untuk mengunjungi sebuah pabrik pupuk organik granul. Tempatnya di sebuah pingiran kota kecil (baca di desa), tempatnya sederhana, dan alat-alatnya juga sederhana.

Pabriknya hanya terdiri dari sebuah rumah sederhana luasnya kurang lebih 10 m x 10 m. Beratap genting dan tidak ada dindingnya. Ada halaman yang luasnya sekitar 200 m2. Halaman ini untuk menampung bahan baku: arang/abu, pupuk pupuk kandang. Di dalam rumah ditampung pupuk kandang, kapur, dan perekat.

Mesin-mesin yang ada hanya: sebuah pan granulator dengan kapasitas sekitar 1 – 2 ton per hari dan sebuah pengering berbahan bakar minyak tanah. Mesin pengering ini dibuat dari potongan-potongan drum bekas. Simple sekali. Tetapi mungkin kurang efisien. Untuk mengayak hanya digunakan ayakan sederhana, persis seperti ayakan pasir yang biasa digunakan oleh tukang-tukang bangunan.

Proses kerjanya juga sangat simple sekali:
1.Pupuk kandang di keringkan dan diayak.
2.Pupuk kandang halus dicampur dengan kapur, arang, dan perekat.
3.Bahan digranul dengan pan granulator.
4.Pupuk granul dikeringkan.
5.Pupuk granul diayak.
6.Pengemasan.

Prosesnya memang kurang efisien. Saya lihat banyak bahan baku yang terbuang. Tetapi pabrik kecil ini sudah bisa berproduksi dan menguntungkan. Kata pemiliknya mereka bisa memproduksi sekitar 1000 ton per bulan. (Terus terang sebenarnya saya kurang percaya dengan kapasitas dan kualitas pupuk granul yang orang ini katakan).

BTW, yang ingin saya sampaikan adalah membuat pabrik pupuk organik sebenarnya mudah. Tidak memerlukan peralatan yang canggih dan mahal. Dengan peralatan sederhana dan tempat yang sederhana sudah bisa memproduksi pupuk organik. Tinggal ‘sentuhan’ sedikit saja, saya yakin produksinya bisa meningkat dengan kualitas yang lebih baik.

Selamat membuat pupuk organik granul.


DOWNLOAD PUPUK ORGANIK

Silahkan didownload resources yang mungkin Anda perlukan juga:

  1. Buku Petunjuk Pupuk Organik Granul
  2. Buku Petunjuk Teknis Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT): Padi Sawah Irigasi
  3. Petunjuk Teknis Uji Mutu Pupuk Organik
  4. Standard Mutu Pupuk Organik
  5. Kompos
  6. SNI Dolomit
  7. Kompos Limbah Kakao
  8. Petunjuk Lapang PTT Padi
  9. Budidaya Padi Sehat
  10. Brosur Budidaya Padi Sehat
  11. Brosur Kompos Jerami
  12. Pengelolaan Lahan untuk Budiaya Sayur Organik
  13. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati
  14. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  15. Analisis Biologi Tanah
  16. Juknis Mutu Pupuk Organik
  17. Menuju Pertanian Lahan Kering Lestari
  18. Pembuatan Kompos-Balittanah
  19. Pemupukan Berimbang
  20. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  21. Petunjuk Pengambilan Sampel Tanah untuk Analisis Biologi Tanah
  22. Compost Quality TestGermination Index Method
  23. Compost and Soil Conditioner Quality Standards 2005

Daftar bahan lain yang bisa didownload: Download Di Sini
Cara mendownload: Klik dua kali pada link yang akan didownload. Kemudian ikuti perintah selanjutnya. Kalau ada iklan yang muncul, klik aja iklannya atau langsung ke SKIP ADD yang ada di pojok kanan atas.

About these ads

15 responses to “Pabrik Pupuk Granul yang Paling Sederhana

  1. wah bener-bener metode tepat guna mas…
    sing mesti murah tur manfaat

  2. Kita ini bangsa aneh ya? pejabatnya dibikin pusing tujuh keliling dengan masalah sampah. Petaninya juga pusing tujuh keliling dengan masalah pupuk yang selalu hilang dari peredaran. Padahal kalau ada pihak2 yang mau menjalankan idenya mas Isroi maka sekali dayung dua pulau terlampaui

    • Sampah bukan masalah yang sederhana, Mas Widodo. Masalahnya bukan sekedar memanfaatkan sampah untuk pupuk organik, tetapi jauh lebih rumit dari itu. Ini menyangkut masalah sosiologi, masalah budaya, masalah karakter bangsa, masalah korupsi, masalah dan semrawutnya manajemen sampah. Kita mulai saja dari yang bisa kita lakukan. Kata Aa Gym: mulai dari diri sendiri.

  3. Akan lebih baik bila dicampur tetes tebu min 2% biar lebih cepat efeknya.

  4. Pak Isroi,…saya mau membuat pabrik pupuk granul dengan bahan dari kotoran hewani( sapi,kambing,kelinci,unggas,)mohon petunjuk untuk pemasaran mungkin ada informasi baik harga dan syarat produk granul yang baik ? saya di kediri

    • Saya beberapa kali ke kediri. Setahu saya di sana sudah ada beberapa broker yang berkeliaran mencari POG. Kalau Anda serius pasti akan ketemu juga dengan pasarnya. Jawa timur merupakan salah satu produsen besar, karena di sana ada Petro.

  5. waa, gambarnya kok nggak ada ya :(

  6. Mohon penjelasanya,untuk bahan perekatnya pakai apa ya mas?trus takaranya berapa?
    Matur nuwun……

  7. pak saya punya banyak setok limbah jamur setelah pengomposan tolong kalau ada yang berminat hubungi no ini 085755833308 atau Bpk. slamet mulyono 0817383228

  8. saya ingin magang di pabrik pembuat pupuk organik sederhana. dimana sekitar jakarta yang dapat saya kunjungi? trim

  9. sblmnya terimakasih infonya mas.

    kalau boleh tau
    alamat pabrik tersebut dimana ya?

    sepertinya kami harus copypaste
    peralatan dll secara langsung

    oh ya izin untuk download materi anda di atas tks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s