MEMBUAT POC SENDIRI DENGAN BIANG POC. Bagian 1.

 

auksin

sitokinin

giberelin


Baca juga Membuat Pupuk Organik Cair: Bagian 1 | Bagian 2 | Bagian 3 | Bagian 4

DOWNLOAD PROSEDUR PEMBUATAN POC DENGAN BIANG POC | Buku Panduan Pembuatan POC | ZIDDU | SCIBD | Contoh perhitungan bahan baku
Revisi Petunjuk Pembuatan POC dengan Biang POC: Dokumen awal | Revisi 1 | Revisi 2 | Revisi 3
Download: Petunjuk Pemakaian Langsung Hormon Tanaman.



 

Penggunaan pupuk organik meningkat tajam beberapa tahun terakhir ini, tidak hanya pupuk organik granul (POG) tetapi juga pupuk organik cair (POC). POC memiliki manfaat sinergistik dengan POG. Aplikasi POG sendiri tanpa aplikasi POC biasanya kurang memberikan hasil yang memuaskan. Dengan apliasi POG yang dibarengkan dengan aplikasi POC, hasil tanaman lebih terlihat nyata dan bisa dilakukan full organik, tanpa penambahan pupuk kimia sama sekali.

POC memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan POG. POG lebih berperan di tanah: memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. POC berperan langsung pada tanamannya. POC disemprotkan ke daun dan akan langsung masuk ke sistem metabolisme tanaman. Kandungan hara yang ada di dalam POC akan langsung diserap oleh tanaman. Demikian pula kandungan hormon tanaman juga akan langsung berfungsi begitu memasuki sistem metabolisme tanaman. Karena itu aplikai POC lebih cepat terlihat daripada aplikasi POG.

POC bisa diaplikasikan untuk semua jenis tanaman. Selain dikombinasikan dengan POG, aplikasi POC juga bisa dikombinasikan dengan pupuk kimia.

Usaha POC

Usaha/bisnis POC nampak bergairah seiring dengan meningkatnya penggunaan POC oleh petani/pekebun. Kalau kita lihat di toko-toko pertanian ada banyak sekali merek POC yang dipasarkan. Mulai merek-merek yang terkenal sampai merek-merek yang biasa-biasa saja. Beberapa merek POC sudah cukup lama eksis dan sudah diakui oleh petani. Namun, demikian banyak bermunculan merek-merek baru. Ini semua menunjukkan bahwa bisnis POC memang cukup menjanjikan.

Bisnis POC sedikit berbeda dibandingkan bisnis POC. Ada beberapa keunggulan bisnis POC dibandingkan bisnis POG, antara lain:

  1. Modal yang dibutuhkan relatif lebih kecil.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha/bisnis POC jauh lebih kecil daripada usaha POG. Usaha ini bisa dilakukan mulai dari skala kecil (rumah tangga). Alat-alat yang digunakan pun lebih murah. Dengan modal beberapa ratus ribu saja sudah bisa memulai usaha pembuatan POC.

Bandingkan dengan modal yang dibutuhkan untuk membuat POG, mesin-mesin POG skala terkecil paling tidak membutuhkan investasi sekitar 50 juta. Mesin-mesin yang biasanya digunakan di pabrik, biaya investasinya satu line sekitar 200-300 jt.

  1. Peralatan dan mesin yang dibutuhkan relatif lebih sederhana dan murah.

Dibandingkan dengan POG, mesin-mesin yang digunakan untuk memproduksi POC sangat sederhana. Dalam skala kecil, pembuatan POC bisa menggunakan peralatan rumah tangga yang mudah diperoleh di pasar-pasar. Peralatan utamanya adalah drum-drum untuk menampung POC. Peralatan-peralatan lain adalah peralatan pendukung. Harga peralatan dan mesin pun jauh lebih murah daripada mesin-mesin untuk pembuatan POG.

  1. Proses pembuatan lebih mudah.

Proses pembuatan POC lebih sederhana daripada proses pembuatan POG. Ada banyak sekali cara pembuatan POC, salah satu proses pembuatan POC yang banyak digunakan adalah pemasakan dan fermentasi. Proses pembuatan POC yang menggunakan proses pemasakan/ekstrasi umumnya lebih cepat (satu hari), sedangkan yang melalui proses fermentasi bisa sampai beberapa minggu.

  1. Skala produksi bisa kecil atau sampai besar.

Proses produksi POG yang cukup ekonomis kapasitas terkecilnya sekitar 2 ton/hari. Kapasitas ini sulit diturunkan lebih rendah dari itu. Kapasitas yang umum

Sangat berbeda dengan skala produksi POC. POC bisa dibuat sesuai kebutuhan dan keinginan kita. Kapasitas 1 liter per hari pun bisa, sampai kapasitas 2000 liter per hari pun tetap bisa. Meskipun hanya 1 liter per hari, tetap bisa memberikan keuntungan.

  1. Margin keuntungan besar

Margin keuntungan POG kecil, oleh karena itu bisnis POG akan menguntungkan jika dilakukan dalam kuantitas yang sangat besar. Pabrik POG umumnya menerima order sekitar 3000 ton. Jika kurang dari itu rasanya kok kurang menarik secara ekonomi.

Ini sangat berbeda sekali dengan margin keuntungan POC. Margin keuntungan POC sangat besar sekali. Saya pernah menyaksikan sendiri di sebuah pabrik POC yang cukup besar, harga jualnya hingga 13 x, HPP produksi-nya. Ini sangat luar biasa, karena POC itu laku keras di pasaran. Jika dikurangi dengan HPP, biaya overhead, pemasaran, dll. Margin keuntungan POC tetap sangat tinggi.

Metode & Resep Pembuatan POC

Ada banyak sekali metode dan resep pembuatan POC yang sudah dilakukan oleh banyak orang. Umumnya resep dan metode ini adalah ‘rahasia perusahaan’ masing-masing. Tetapi kalau bisa saya kelompokkan: pemasakan atau ekstraksi dan fermentasi. Tetapi metode fermentasi yang paling banyak digunakan. Sebagai contoh, fermentasi urin di peternakan sapi, fermentasi ekstrak tanaman, dan lain-lain.

Yang membedakan kualitas satu POC dengan POC yang lain umumnya terletak pada komposisi dan jenis bahan yang digunakan. Oleh karena itu, kerahasiaan resep ini sangat dijaga, karena menjadi salah penentu daya saing POC itu di pasaran. Resep pembuatan POC bisa sangat beragam dan kadang-kadang agak ‘aneh-aneh’. Misalnya, saja dengan meramu berbagai macam kencing binatang. Mulai dari kecing sapi, kencing domba, sampai kencing kelinci. Ada yang menambahkan madu, royal jelly, dan lain ramuan herbal lainnya.

Membuat POC dengan Biang POC

Membuat POC sendiri seperti yang saya uraikan sebelumnya membutuhkan pengetahuan tentang resep dan metode pembuatan POC. Tidak jarang kita perlu melakukan ekperimen sebelum mendapatkan formula POC yang benar-benar unggul. Ini membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Ada cara yang lebih mudah untuk memulai usaha POC, yaitu dengan menggunakan biang POC. Biang POC bisa dibeli dan bisa diolah menjadi POC kita sendiri. POC yang dibuat dengan biang POC sudah memenuhi dengan kualitas standard. Keuntungan pembuatan POC dengan biang POC antara lain:

  1. Cepat, karena tidak memerlukan proses pembuatan terlebih dahulu, hanya perlu mengencerkan dengan dosis tertentu.

  2. Murah dan mudah, karena tidak memerlukan investasi peralatan dan prosesnya juga singkat dan sederhana.

  3. Customisable. POC yang dibuat bisa disesuaikan dengan kebutuhan, jenis tanaman, tempat, komoditi dan lain-lain. POC bisa diperkaya dengan beberapa bahan tambahan (lihat di uraian selanjutnya).

Meramu POC dengan Suplemen Tambahan

POC yang dibuat dengan biang POC memiliki kualitas standard. Meskipun begitu POC ini sudah bisa dijual atau dipakai sendiri dengan hasil yang cukup memuaskan. Namun, di dunia bisnis sebuah produk harus memiliki keunggulan dan keunikan agar bisa menang dalam persaingan. Di sinilah seninya membuat POC dengan biang POC.

Dalam point 4 di atas telah saya sebutkan bahwa pembuatan POC dengan biang POC adalah customisable, artinya bisa diubah-suai dengan keinginan kita. Agar sebuah POC memiliki keunggulan dan keunikan, POC perlu diberi ‘suplemen’. Suplemen ini bisa bermacam-macam, tergantung hasil analisa pasar yang kita lakukan.

Ada beberapa variasi dan pengembangan POC:

  1. POC plus Hormon Tanaman.

  2. POC plus pestisida nabati

  3. POC plus biofertilizer

  4. POC khusus untuk komoditas tertentu: POC Sawit, POC Sayuran, POC buah-buahan, dll.

Bahan-bahan tambahan yang bisa digunakan untuk memperkaya POC:

  1. ZPT atau homon tanaman:

    1. Auksin

    2. Sitokinin

    3. Giberelin

    4. Kolkisin

  2. Asam Humat

  3. Pestisida nabati

  4. Mikroba biofertilizer:

    1. penambat N non simbiotik

    2. penambat N simbiotik

    3. pelarut P

    4. perangsang tumbuh tanaman (PGPR)

Memulai Bisnis POC

Bisnis POC cukup mengiurkan (saya akan tambahan di posting-posting yang lain). Segera lakukan sekarang jika tidak ingin ketinggalan dengan yang lain. Jangan jadi pengekor saja, kita baru mulai ketika orang lain sudah berjalan cukup jauh. Dengan mulai lebih awal, kita bisa belajar lebih cepat dan maju lebih cepat. Tunggu apa lagi.

Panduan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dengan Biang POC – GRATIS

Buku Kompos
Klik di sini untuk mendownload gratis buku ini.

About these ads

63 responses to “MEMBUAT POC SENDIRI DENGAN BIANG POC. Bagian 1.

  1. Assalamu’alaikum. Sdh lama saya ‘mbatin’, knp lbh dr 300an judul postingan Bpk mulai awal 2008 sdikit skali yg brkaitan dg pmbuatan POC. Kalaupun ada itu mnggunakan bahan baku yg relatif ‘ekslusif’ yg hanya ada di wilayah2 tertentu spt limbah PKS, pabrik gula & Etanol. Smoga kdepan tulisan2 Bpk akan lbh mampu mmberdayakan para petani agar lbh mandiri serta mampu mnjadikan petani sbg subyek, bukan hanya skedar obyek. Amin. Maju Terus. Terima Kasih

    • Wa’alaikum salam. Biasanya saya menulis apa yang sedang saya kerjakan atau saya pelajari. Untuk POC memang agak sedikit unik. Sebagian besar resep-resep POC yang saya tahu adalah ‘milik orang’. Jadi tidak mungkin saya sampaikan ke publik. Saya juga berharap petani bisa maju dan berkembang. Petani bisa memenuhi sebagian kebutuhannya sendiri dan tidak terlalu bergantung pada pihak luar.

  2. Pingback: MEMBUAT POC SENDIRI DENGAN BIANG POC. Bagian 2. « Berbagi Tak Pernah Rugi

    • Mas, sorry saya buka bag 2 ga sempurna filenya tapi saya bisa sedikit paham apa yang di maksud pada bag 2 ini, yang saya tahu Mas pernah buat demplot di daerah Karawang gimana struktur tanah sawahnya, bisa di bantu untuk formula yang tepat POC di tambah dengan apa ya? biar hasilnya panen memenuhi harapan sehingga petani merasa puas pakai POC nya.
      Thanks Mas
      salam, Ahmad

  3. Pingback: MEMBUAT POC SENDIRI DENGAN BIANG POC. Bagian 4. « Berbagi Tak Pernah Rugi

  4. maju terus petani, jangan hanya beli pupuk pabrikan mandirilah dengan pupuk pupuk organik

  5. izin bookmarks bos…untuk bahan pertimbangan…

  6. Akhirnya ketemu juga situs yg saya kira berguna sekali, saya jadi sangat tertarik nih membeli produk pak Isroi (Tanpa L)
    kalau formula per produk, misalnya POC untuk singkong yg diperlukan di awal pertumbuhan yaitu perangsang akar, untuk semanggka ngegedein buah dll, bagaimana pak

    • Selamat datang Pak Iwan K, semoga bermanfaat untuk Pak Iwan.
      Memformulasi POC untuk komoditas tertentu memang perlu seni tersendiri. Saya sedang siapkan tulisan untuk itu. Kalau untuk singkong berarti komposisi hormon yang berfungsi untuk merangsang perakan diperbanyak. Semua hormon ditambahkan, tetapi komposisi-nya saja yang diatur agar sesuai untuk perbanyakan akar dan pembesaran umbi. Selain itu ditambahkan juga hara yang merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman.
      Sedangkan untuk buah semangka yang perlu ditingkatkan perbandingannya adalah hormon yang merangsang pertumbuhan vegetatif (pembungaan/buah) dan perbesaran buah.
      Saya tidak bisa memberikan komposisinya di sini, tetapi saya akan berikan garis besarnya via japri. Silahkan ditunggu saja. Karena saat ini saya sedang berada di luar kota. Semoga membantu.

  7. Pingback: Membuat Pupuk Organik Granul « Berbagi Tak Pernah Rugi

  8. Mhon izin copy pastentya pak,,Isroi, untuk di msukan dlm facebook saya,,,supaya lbih manfaatnya buat orang lain.

  9. Pingback: MEMBUAT POC SENDIRI DENGAN BIANG POC. Bagian 3. « Berbagi Tak Pernah Rugi

  10. Pak Isroi, mau tanya tentang bahan tambahan untuk pembuatan POC yaitu pestisida nabati. Apa sajakah jenis pestisida nabati itu Pak dan apakah Pak Isroi juga jualan pestisida nabati ? Matur suwun Pak …

  11. Pingback: MENGHITUNG PRODUKSI BIOETANOL « Berbagi Tak Pernah Rugi

  12. Pingback: Bioetanol dan Pupuk Organik Cair « Berbagi Tak Pernah Rugi

  13. Pingback: Rahasia Membuat Biofertilizer « Berbagi Tak Pernah Rugi

  14. Pingback: Pengendalian Hama dan Penyakit dengan Pestisida Nabati « Berbagi Tak Pernah Rugi

  15. Pingback: Daftar Tanaman untuk Pestisda Nabati « Berbagi Tak Pernah Rugi

  16. Pingback: Tanaman Pestisida Nabati: Tuba alis Jenu alias Derris elliptica Bth. « Berbagi Tak Pernah Rugi

  17. Pingback: Tanaman Pestisida Nabati: Tembakau (Nicotiana tobacum L.) « Berbagi Tak Pernah Rugi

  18. Pingback: Tanaman Pestisida Nabati: Biji Bengkoang (Pachyrhizus erosus) « Berbagi Tak Pernah Rugi

  19. Pingback: Tanaman Pestisida Nabati: Mindi (Melia azedarah L.) « Berbagi Tak Pernah Rugi

  20. Pingback: Tanaman Pestisida Nabati: Sirsak (Annona muricata L.) « Berbagi Tak Pernah Rugi

  21. Pingback: Pengendalian Hama dan Penyakit dengan Pestisida Nabati « Berbagi Tak Pernah Rugi

  22. Pingback: Daftar Tanaman untuk Pestisda Nabati « Berbagi Tak Pernah Rugi

  23. Saya tertarik untuk mencoba POC untuk tanaman sawit, dan budidaya perikanan, mohon di informasikan harga berikut aplikasinya, melalui email saya.terima kasih.

  24. Pingback: Biang POC (Pupuk Organik Cair) « Berbagi Tak Pernah Rugi

  25. Pingback: Formulasi POG Premium « Berbagi Tak Pernah Rugi

  26. Bisakah POC disuntikkan ke baglog jamur tiram ? apakah akan meningkatkan produksi jamur?. Adakah komposisi khusus utk jamur apabila membuat POC sendiri dengan menggunakan biang POC?.

  27. haturnuhun kang isroi ….

  28. ass. memang untuk membuat poc sendiri adalah merupakan cita cita saya sejak awal saya menjual poc. sekarang syukurlah saya sudah ketemu dengan biang poc yang bisa saya perbanyak sendiri. tentunya saya akan beli dulu biang poc yang ada sama bapak dan itu pasti, tunggulah saatnya dan mohon informasinya lebih lanjut mengenai cara pengemasan, dimana tempat membeli botol dan bagaimana dengan ijinnya

  29. Pingback: Pupuk Organik, Pupuk Hayati, dan Pupuk Kimia « Berbagi Tak Pernah Rugi

  30. Pingback: MEMBUAT BIOETANOL DARI LIMBAH BUAH-BUAHAN | Berbagi Tak Pernah Rugi

  31. Copy pastye dengan bung khairil Anwar, bagaimana kondisi di Cacaban apa tidak diguyur lahar dingin, insyaallah mau berkunjung ke Magelang dalam waktu dekat.

  32. Setelah membaca artikel Pakde lsroi, saya tertarik ingin membeli biang poc untuk tanaman saya. Bisakah anda membantu saya agar saya bisa membuat POC untuk aneka macam tanaman saya. Trims.

  33. mohon petunjuk yg jelas cara pembuatan
    ZPT atau homon tanaman
    1 Auksin
    2. Sitokinin
    3. Giberelin
    4. Kolkisin
    apakah bisa biang hormon di kembang biakan ?
    mohon petunjuk nya> trims

  34. mohon ptunjuk pmbuatan hormon…mtr nuwun

  35. untuk membuat POC dengan BIANG POC itu di campur dengan air bisa trims

  36. Mas isroi sya mau tanya,gmn crany ngilangn bau poc dri urine sapi yang sya buat.

    • Dengan cara difermentasi biasanya baunya sedikit berkurang. kalau dihilangkan sama sekali rasanya sulit. Atau sedikit ditambahkan asam, asam bisa mengurangi bau poc.

  37. Kang Isroi kami dari Malang Jatim kemarin Kita udah kontak sama Magelang untuk pesan/beli beberapa macam t ZPT ,ternyata Kang Isroi masih ke Swedia, namun pemesanan tetep kami lakukan.sebenarnya kami mau tanya tentang kandungan prosen atau ppm dalam kemasan 100 ml Colchisine kang Isroi,karena kita tahu amat sensitif.,tlg kl tidak keberatan kasih kami petunjuk teraman pemakaian yang effectif untuk perendaman stek singkong sebagai pengganti radiasi…tks

  38. mas, apa ad hormon buat perangsang pohon salak biar tetap berbuah banyak pada saat tidak musim salak??? terimakasih…

  39. mas, apa ad hormon buat perangsang pohon salak biar tetap berbuah banyak pada saat tidak musim salak??? terimakasih…

  40. assalamualaikum, saat ini kami sedang uji coba penggunaan zeolite granular pada tanaman. Apabila pada saat pembuatan granular menggunakan POC dan molase sebagai perekat apakah akan ada nilai tambah ?

  41. ass..wb.mas apakah biang poc bisa di pake untuk ternak ayam sayur

  42. budisurya1@yahoo.com

    ada poc yg di campur dg urine dr sapi , kelinci dan lain2 . kalo tdk pny urine hewan , apakah urine manusia bagus untuk di buat poc? krn saya prnh baca , ada seseorang yg sekarang kerjanya kalo di rumah, urine nya dia tampung krn bagus untuk pupuk. mohon penjelasannya mas isroi

  43. Selamat malam pak,saya dari bandung ingin belajar bertani organik,pada saat lihat di internet bapak membuat pupuk POC,boleh kalau saya di beri tahu cara membuat pupuk POC itu?

  44. Ass.mas kalau biangnya sdh kita perbanyak,nah sekarang berapa konsentrasi dalam tangky 14 lt kita kasih berapa ml.o ya sekalia kalau hormon colchisine sudah tercampur dalam pembuatan POC dan mengenai kulit apa efeknya bisa kena penyakit kulit spt apa yg mas tulis.sekalia sy udah order dan akan sy kembangkan di daerah saya.trimkasih

    • Wa’alaikum salam. Dosis penyemprotan adalah 5-10 ml per L air. Untuk 1 tangki 14 L tinggal dikalikan saja.
      Dalam konsentrasi rendah colhicine tidak apa2 terkena tangan atau kulit.

  45. Ass.mas sy akan meramu biang poc.biar lbh jelasnya Perhitungan pada tabel bahan baku antara biang poc dan tambahan hormon spt yg telah di download sudah pas/dapat di modif lagi sesuai dng jenis tanamannya.trimakasih

    • Wa’alaikum salam. Tabel itu hanya contih saja. Banyak variasi yg bisa dibuat untuk tanaman tertentu atau komoditas tertentu. Tetapi perlu percobaan dulu.

  46. Ass.Mas untuk biang POC nya ada masa exp tdk .txs konformasinya

  47. Ass.Tapi kalau sudah kita racik jadi POC ada ma exp sampai kapan txs.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s