MEMBUAT POC SENDIRI DENGAN BIANG POC. Bagian 3.

 

auksin

sitokinin

giberelin


Baca juga Membuat Pupuk Organik Cair: Bagian 1 | Bagian 2 | Bagian 3 | Bagian 4

DOWNLOAD PROSEDUR PEMBUATAN POC DENGAN BIANG POC | Buku Panduan Pembuatan POC| ZIDDU | SCIBD | Contoh perhitungan bahan baku
Revisi Petunjuk Pembuatan POC dengan Biang POC: Dokumen awal | Revisi 1 | Revisi 2
Download: Petunjuk Pemakaian Langsung Hormon Tanaman.


 

Seni Menentukan Harga

Setelah menemukan formula POC yang ToP MarKoToP, langkah berikutnya adalah menentukan berapa harga POC ini mau kita jual. Ada banyak strategi menentukan harga, saya hanya tahu beberapa strategi saja. Pilih strategi yang paling cocok dengan POC Anda dan target pasar Anda.

Berdasarkan Biaya/Modal

Dari tulisan sebelumnya kita sudah bisa hitung berapa biaya yang diperlukan untuk memproduksi POC. Masukkan sekalian biaya investasi dan biaya overheadnya.
Setelah ketemu angkanya, kita tetapkan berapa keuntungan yang kita harapkkan dari produk POC ini. Misalkan saja 20%.
Harga jual POCnya adalah
jika keuntungan dihitung dari harga pokok:
= Modal + (20% x Modal)
Jika keuntunga dihitung dari harga jual
= Modal /80%

Contoh perhitungannya. Misal biaya pokoknya adalah Rp. 25,000
Harga jualnya
= Rp 25,000 + (Rp 25.000 x 0.2)
= Rp 25,000 + Rp 5.000
= Rp. 30.000 per liter
Atau
= Rp 25.000/0,8
= Rp 31.250 per liter

Berdasarkan harga pasar

Seni menentukan harga yang relatif mudah. Kita lakukan survey harga POC yang ada dipasaran. Misalkan kita peroleh harga tertinggi, harga menengah, dan harga tertinggi. Sekalian di survey juga POC yang paling laku dikisaran harga berapa. Atau berapa harga POC kompetitor kita.
Dari data2 ini kita bisa tentukan berapa harga jual POC kita ini. Bisa saja di harga sedikit lebih rendah dari harga kompetitor. Atau disesuaikan dengan daya beli konsumen target kita.

Berdasarkan Tambahan Keutungan Konsumen yang Memakai POC

Saya lebih suka strategi ini, meskipun relatif lebih sulit dan penuh tantangan. Sebelum melakukan strategi ini, kita perlu melakukan riset terlebih dahulu. Perlu ujicoba sampai diperoleh data yang sangat meyakinkan. Dan kita juga harus yakin dengan kualitas POC yang kita buat. Strageti ini juga perlu biaya, waktu, dan tenaga yang tidak sedikit.

Misalkan saja, setelah kita melakukan ujicoba ternyata aplikasi POC kita bisa meningkatkan keuntungan petani/konsumen hingga 25% daripada cara yang sebelumnya mereka pakai. Jika kita bisa meyakinkankan petani/konsumen, maka mereka tidak akan keberatan jika 5% dari keuntungan itu digunakan untuk membeli produk POC kita. Kedengarannya mudah, tetapi para prakteknya sangat menantang. Berani mencoba.

Sebagai contoh, petani biasanya mendapatkan pendapatan kotor dari usaha taninya sebesar Rp. 10 juta. Setelah memakain POC pendapatannya naik menjadi Rp. 10Jt x 1.25 = Rp. 12.5 juta. Jadi wajar jika kita hargai POC kita Rp. 0.5 jt untuk seluruh pemakaiannya, sebut saja 10 L. Jadi per liter harga POC-nya adalah Rp. 50rb.

Strategi ini seringkali memberikan keuntungan paling besar, tetapi kesulitan dan tantangannya sebesar keuntungannya.

Panduan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dengan Biang POC – GRATIS

Buku Kompos
Klik di sini untuk mendownload gratis buku ini.

About these ads

15 responses to “MEMBUAT POC SENDIRI DENGAN BIANG POC. Bagian 3.

  1. Yes PertaMax !!!!
    kaLo saya pake strategi merusak harga. Biarin aja untungnya keciL yang penting
    1. di setiap toko ada barang saya
    2. di setiap rumah ada barang saya
    3. di setiap pekebun ada barang saya
    4. Berbagi Tak Pernah Rugi… hehehehe
    5. dst
    caranya gimana ? Cuma satu aja
    MARKETING ATTACK.

  2. Assalamu’alaikum Pak Isroi. Semoga tulisan ini bs mjd motivator bg kami utk berani mencoba produksi POC. Pak mohon dijelaskan 1#Apa asam humat dan kolkisin itu? 2#Apakah Biang POC & suplemen yg ditawarkan tsb ada masa kadaluarsanya? 3#Bagaimana spesifikasi produk Biang POC tsb, mengandung mikroba atau tidak. Terimakasih

    • Wa’alaikumsalam.
      1. Asam humat adalah ekstrak dari kompos atau bahan organik yang telah melapuk (humus, gambut, batubara muda, dll). Sebenarnya selain asam humat ada juga asam fulvat. Asam-asam ini berperan seperti hormon pada tanaman, dapat merangsang perakaran dan pertumbuhan tanaman. Coba googling dengan kata kunci: humic acid fulvic acid.
      Kolkisin juga hormon yang merangsang perakaran.
      2. Biang POC bisa bertahan sampai satu tahun. Kalau humic acid dan hormonnya bisa lebih dari satu tahun. Belum pernah ada yang kadulawarsa sampai luamaaa banget (>1 tahun), jadi belum tahu batas maksimal waktunya.
      3. Data-datanya akan disampaikan lengkap. Ditunggu saja. Biang POC ini tidak mengandung mikroba biofertilizer (kalau ini yang dimaksudkan). Mikroba-mikroba yang lain sih ada, tetapi bukan untuk biofertilizer.
      Semoga bermanfaat.

  3. Terimakasih Pak atas jawabannya.

  4. Wah saya kurang setuju sepenuhnya dengan Marketing Attack. Klo pake banting harga juga ngga bakal habis2nya. Kita banting harga, orang lain juga bisa banting harga. Toh biaya produksi POC ini ngga besar2 amat. Yang ada kita2 yang bakal mati dilindes pabrik POC yang lebih besar (dan tentunya lebih efesien).

    Dan memang produk yang beginian harusnya Direct Selling melalui petani, tidak disebarkan ke toko2 dengan alasan supaya cepat habis. Klo disebarkan ke toko, end user bakal dapat harga yang sudah ditambahin margin lagi sama pedagang. Ujung2nya harga kita ngga lebih murah daripada kompetitor kita yang punya kapasitas produksi kurang lebih sama dengan kita. Karena pedagang akan menyesuaikan harga produk kita dengan harga pasar.

    Klo mau punya image murah, satu2nya cara Direct Selling.

    • Mati diLindes Pabrik POC.. yah gak papa toh.. kaLo ada yang mampu memproduksi Lebih Murah (Efisien) “BUAT APA MEMBUAT?”
      Mana yang lebih Murah?
      Make Or Buy ?

      berbagi tidak pernah rugi.. jika semua orang pasang harga mahal.. insya 4JJ produktivitas Negara jadi Lambat naik. begituLah kira kira.

  5. Pingback: Membuat Pupuk Organik Granul « Berbagi Tak Pernah Rugi

  6. Pingback: MEMBUAT POC SENDIRI DENGAN BIANG POC. Bagian 2. « Berbagi Tak Pernah Rugi

  7. Pingback: MEMBUAT POC SENDIRI DENGAN BIANG POC. Bagian 1. « Berbagi Tak Pernah Rugi

  8. Pingback: MEMBUAT POC SENDIRI DENGAN BIANG POC. Bagian 4. « Berbagi Tak Pernah Rugi

  9. Pingback: Biang POC (Pupuk Organik Cair) « Berbagi Tak Pernah Rugi

  10. assalamualaikum, maaf pak isroi, saya mau tanya biang pocnya kok mahal banget? kira2 biang poc itu mengandung bakteri ap? tp mngkn peroses pembuatannya dirahasiakan yaaa

  11. @sukhoi 150. Setuju dengan modifikasi “Dibutuhkan sentuhan ekonom dan IPA untuk mampu demikian.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s