Hormon Tanaman: Auksin

“Ohne wuchstoff, kein wachstum” (F.W. Went)

auksin
Ungkapan Pak Went yang sangat terkenal ini artinya: “Tanpa zat penggatur tumbuh, tidak ada pertumbuhan”. Secara terminologi, para ahli fisiologi tumbuhan sudah memberi batasan-batasan definisi tentang zat pengatur tumbuh, growth regulator, hormon, dan hara (nutrient).

Zat Pengatur Tumbuh pada tanaman (plant regulator), adalah senyawa organik yang bukan hara (nutrient), yang dalam jumlah sedikit dapat mendukung (promote), menghambat (inhibit), dan merubah proses fisiologi tumbuhan.

Hormon tumbuhan (plant hormone) adalah zat organik yang dihasilkan oleh tanaman, yang dalam konsentrasi rendah dapat mengatur proses fisiologis tanaman. Hormon ditransportasikan dari bagian yang menghasilkan ke bagian tanaman yang lain.

Hormon tanaman dikelompokkan ke dalam lima kelompok, yiatu: auksin, giberelin, sitokinin, etilen, dan inhibitor. Masing-masing kelompok memiliki ciri yang khas dan pengaruh yang berlainan terhadap proses fisiologi tanaman. Hormon tanaman tidak bekerja sendiri di dalam tanaman. Pada kenyataanya hormon tidak berperan sendiri dalam pertumbuhan tanaman. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli membuktikan bahwa ada interaksi antar hormon yang mengatur pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Auksin

auxin
(http://www.plant-hormones.info/auxins.htm)

Auksin (auxin) berasal dari bahasa yunani yang artinya tumbuh. Adanya sesuatu zat yang dapat mengatur pertumbuhan ini awal mulanya diamati oleh Darwin dalam tahun 1897 dengan percobaan pengaruh penyinaran terhadap coleoptile (pucuk tanaman). Ketika penyinaran dilakukan pada ujung coleoptile, ujung coleoptile ini tumbuh mengikuti datangnya sinar. Hal ini menunjukkan bahwa adanya suatu zat atau senyawa yang mengatur pertumbuhan tanaman mengikuti datangnya arah sinar.

Pada tahun 1919 Paal melakukan percobaan dengan menggunakan potongan pucuk coleoptile yang membentuk kurvatur. Pertumbuhan tanaman yang melengkung ini menunjukkan adanya sesuatu yang mengatur pertumbuhan tanaman yang dihasilkan dari ujung coleoptile.

Tahun 1928 Went menemukan sesuatu zat yang berperan dalam pertumbuhan tanaman akibat phototropisme dan pertumbuhan lainnya. Went kemudian mengatakan ungkapan yang kemudian sangat terkenal: ‘ohne wuchsstoff, kein wachtum’. Hasil penemuan berikutnya adalah ditemukannya indole acetic acid (IAA) oleh Kogl dan Konstermans (1934) dan Thymann (1935).


Peranan Auksin


Berikut ini beberapa peranan auksin di dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman:

  • Merangsang perpanjangan sel
  • Merangsang pembelahan sel di kambium dan, dalam kombinasi dengan sitokinin dalam kultur jaringan
  • Merangsang diferensiasi floem dan xilem
  • Memacu inisiasi akar pada stek batang dan akar lateral dalam pengembangan kultur jaringan
  • Perantara dalam respon tropistic lentur dalam menanggapi gravitasi dan cahaya
  • Pasokan auksin dari tunas apikal menekan pertumbuhan tunas lateral
  • Penundaan penuaan daun
  • Dapat menghambat atau merangsang (melalui stimulasi etilena) daun dan pematangan buah
  • Dapat menginduksi pengaturan buah dan pertumbuhan pada beberapa tanaman
  • Terlibat dalam mengasimilasi gerakan menuju auksin yang kemungkinan disebabkan efek transportasi pada floem
  • Penundaan pematangan buah
  • Mempromosikan berbunga di bromeliad
  • Merangsang pertumbuhan bagian bunga
  • Mendukung (via produksi etilen) karakter betina dalam bunga dioecious
  • Merangsang produksi etilen pada konsentrasi tinggi

(diambil dari beberapa sumber: http://www.plant-hormones.info dan Wikipedia.

Info hormon tanaman hubungi Manto: 085643907204 atau klik di sini Auksin

About these ads

30 responses to “Hormon Tanaman: Auksin

  1. faktor yang mempengaruhi kerja hormon banyak sekali…
    peranan auksin tidak lepas dari zat lainnya.. sulitnya kalau dipengaruhi hormon endogen yang kita tidak tahu jumlahnya berapa… :)

  2. Assalamu’alaìkum. Banyak org pinter di negeri ini yg pndidikan n penelitiannya dibiayai oleh uang rakyat dr pmbayaran pajak. Tp sdikit dr mrk yg mau brbagi kpd rakyat. Sbagian besar lbh memilih kolaborasi dg pengusaha, dapatkan hak ekslusif & eksploitasi daya ekonomi rakyat. Ujung2nya rakyat hanya jadi penonton tanpa bìsa mdapatkan manfaat dr kpintaran mereka. Yg saya tau blog ini sangat bermanfaat bagi kemaslahatan rakyat. Maju terus Pak Isroi.

    • Wa’alaikum salam.
      Mungkin tidak semua seperti itu. Bagi saya yang namanya ilmu harus dibagi, saya berharap yang sedikit ini bisa menjadi penolong di akhirat kelak.
      Kalau bisnis ya tetap bisnis. Bisnis halal dan sah-sah saja. Saya juga melakukan bisnis dan berkolaborasi dengan pengusaha. Kita harus pandai-pandai menempatkannya pada posisi yang tepat, agar kita tidak terjebak sendiri di dalamnya. Terjebak di bisnis sampai lupa akhirat juga kurang baik.
      Do’akan saja, semoga saya tetap konsisten di jalan ini. Insya Allah.

  3. Semoga Allah selalu memberi kekuatan, tambahan ilmu yg bermanfaat, & kesabaran kepada Bapak agar Bapak selalu istiqomah dalam mengamalkan ilmu di jalan NYA. Amin amin ya robbal’alamin.

  4. Jd inget materi 12sma ne.XD nice blog, lam kenal. .

  5. saya sangat tertarik dengan topik ini, untuk itu, dimana saya bisa mendapatkan (membeli) hormon tanaman (auksin, giberelin, sitokinin, etilen, dan inhibitor) ini, atau bila memungkinkan saya membuatnya, bagaimana caranya, bahan-bahan apa yang mengandung zat-zat ini.
    sementara ini, saya bertani padi dengan cara konvensional, dalam arti masih tergantung pada pupuk kimia dan pestisida kimia. demi kemandirian, setahap demi setahap saya akan meralih ke pertanian organik. atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

  6. Trimakasih atas tulisanx yg benar2 berbagi ilmu yg cukup berkwalitas bagi sy dan semua saudara2 kita.ada sedikit pencerahan sy minta dari bapak,yaitu mengenai auxin yg terdapat pada air kelapa,bgmn cara mengekstrakx(mengambil patinya) dan bagaimana pengaruh mineral yg terdapat didalam air kelapa yg sudah tersimpan lama (airx sdh dibuka dr kelapanya br disimpan)

    • Saya belum tahu aukxin yang ada di dalam air kelapa dan tidak tahu juga bagaimana cara mengekstraknya. Saya rasa di dalam air kelapa tidak ada pati-nya.
      Hormon mudah rusak karena sinar matahari, jadi kalau sudah terbuka dan terkena sinar matahari, apalagi dibiarkan lama, mungkin sudah ada perubahan di dalamnya.
      Mohon maaf tidak bisa banyak membantu.

  7. kl saja org yg berilmu mau sedikit berbagi tentunya petani kita akan semakin sejahtera

  8. ijin copy pak…

  9. bagus2…..

  10. Pak Is, mhn sarannya. Saya nanam pepaya yg rata-rata umur 2 bln mulai berbunga. Yg membuat seneng tuch ketika batang kekar/besar, daun lebar proporsional dg btg; berbunga sedini mgkn tanpa gugur bunga akhirnya jadi buah; buah lebat, besar, terbentuk sempurna, cepat matang pohon dan manis. Kiranya hormon apa saja yg perlu diaplikasikan dan prioritasnya? Sekian pak, terima kasih.

    • Saya tidak tahu umur berapa yang paling muda pepaya mulai berbunga. Menurut saya yang penting tananaman berbunga pd umur normal. Kalau dipaksakan jadi seperti anak gadis puber dini.
      Hormon hanya salah satu faktor yg bisa mempercepat fisiologi tanaman, tetapi tidak memberikan nutrisi untuk tanaman. Untuk mempercepat pembungaan bisa diberi kombinasi dari hormon sitokinin, giberelin, auksin. Bisa dicoba dg perbandingan 2:1:1.
      Selain itu perlu diimbangi dengan pemupukan yang seimbang.
      Bisa juga diaplikasikan POC yang mengandung hormon tanaman.
      Semoga bermanfaat.

      • Ya pak, hormon pada tanaman ibarat hormon pd manusia ttp keduanya tetep bth nutrisi cukup dr ‘makanannya’. Biasanya pepaya umur 2 bln berbunga. Kl Colchisine bs utk lebatkan dan besarkan buah, pas sekali dg kebutuhan tanaman buah… Benarkah semua abu mengandung unsur K tinggi? Bagaimana dg silica? Krn pepaya mengandung potassium tinggi.

      • Beberapa abu memang mengandung K tinggi, seperti yg saya -30%. Silikanya juga tinggi, abu sekam padi silikanya tinggi jg.

      • Rohidin Bettay

        Mas Isro’i dosis perbandingan 2:1:1 brp ppm/cc ? Mohon penjelasanya mas Isro’i yg baik.

      • Maksudnya perbandingan volumenya/kosentrasinya, bisa cc bisa ppm atau %.

  11. ass.pa mau tanya bagaimana cara mempercepat pertumbuhan tanaman seperti jabon,saya mau coba persemaian,terimakasih

  12. aku klik sitokinin yg keluar ini, penjelasan auksin (judulnya) ?

  13. Pak saya mau tanya apakah bisa pemberian hormon tersebut di kombinasikan dengan hormon-hormon yang lain…..?

  14. assalamualakum wr.wb… pa is maaf, kl aplikasi auksin untuk tanaman padi di gunakan ketika umur berapa hari yaa… selang brapa hari di semprotnya.. bagian apa saja yg disemprotnya… trimakasih.

  15. auxin adalah zat perangsang tumbuh, bagai mana jenis perlakuan dan dosis yang kita pakai untuk pengecambahan beniih terung unngu, dan berapa waktu yang harus kita lakukan untuk pengecambahan benih terung ungu itu agars dapat berkecambah. mohon bantuannya ya pak……
    balas ke email saya…. terima kasih

  16. thanks ya ,sangat membantu mengerjakan tugas saya :)

  17. saya mau beli zpt yang bermerk BAP …
    apakah ada ,,
    jka ada berapa harganya,,,,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s