Azolla: Sumber Hara Nitrogen yang Terlupakan

Tanaman air yang kecil-kecil banget

azolla
[http://www.geo.uu.nl/]

Dulu waktu aku masih kecil, aku & teman-temanku sering main di sawah di belakang rumah. Mungkin jarang aku perhatikan, di sawah banyak sekali tanaman yang mengambang di permukaan air. Ada beberapa jenisnya. Setelah aku kuliah baru aku tahu kalau salah satu tanaman air ini sangat bermanfaat untuk padi, yaitu Azolla.

Azolla adalah tanaman air yang berdaun kecil-kecil dan pada saat-saat tertentu tumbuh sangat banyak. Warna daunnya bisa sangat hijau dan tebal.

azolla
[http://www.habitas.org.uk/]

Azolla bukan tanaman air sembarangan. Azolla memilikiSaya kemampuan yang tidak dimiliki oleh tanaman air lain, yaitu menambat nitrogen (N) dari udara. Udasa yang kita hirup > 75%nya adalah N. Sayangnya N ini tidak bisa langsung diserap oleh tanaman. Azolla – lah yang menambat N udara menjadi N yang bisa diserap oleh tanaman. Kandungan N di dalam Azolla sangat tinggi untuk ukuran bahan organik, bisa mencapai 4 – 5% dari berat keringnya. Bahan organik yang lain umumnya hanya < 2%.

Kemampuan Azolla untuk menyuburkan tanaman sebenarnya sudah diketahui sejak lama. Orang-orang China dan Vietnam sudah sejak abad 15 dan 17 sudah memanfaatkan Azolla untuk pupuk tanaman. Kini Azolla telah tersebar di penjuru bumi.

Annabaena azollae: Kawan karib Azolla yang menambat N

Azolla tidak sendirian dalam menambat N dari udara. Azolla bersimbiosis dengan gangang mikro yang namanya Annabaena azollae. Gangang ini tumbuh dan berkoloni di ruangan di bawah daun. Mereka inilah yang bekerja keras menambat N dari udara.

Annabaena sendiri juga unik. Dia akan menambar N jika memang benar-benar diperlukan. Dalam kondisi miskin hara N di perairan, Annabaena akan menambat N. Tetapi jika di lingkungan air tersebut ada N, dalam bentuk urea misalnya, maka Annabaena tidak/sedikit sekali menambat N.

anabaena
[www.search.com/reference/Anabaena]
Anabaena yang berperan menambat N. Bagian N yang aktif menambat adalah sel yang besar itu, namanya heterocyt. Jika di air terdapat amonium (dari urea), sel-sel heterocyt ini tidak ada, dan Azolla tidak bisa menambat N.

Jadi kalau mau nenanam Azolla di lingkungan sawah, jangan terlalu banyak, atau bahkan sama sekali jangan nemambahkan pupuk urea. Urea akan menjadi amonium dan amoniumlah yang membuat Annabaena tidak mau menambat N.

Pemanfaatan Azolla

azolla
[http://www.wikipedia.com]

Cara sederhana untuk memanfaankan Azolla adalah dengan menanam langsung ke persawahan. Sawah yang digenangi air ditabur bibit Azolla. Azolla yang tumbuh langsung dimanfaatkan untuk tanaman padi.

Cara lain adalah dengan menanam Azolla secara khusus di kolam. Penanaman Azolla perlu tambahan pupuk fosfat. Azolla yang tumbuh subur dapat dipanen secara berkala. Produksi Azolla bisa mencapai 3,8 kg/m2.

Kolam azolla
[http://www.acres-wild.com/]

azolla
[http://www.cfb.ie/]

Biomassa Azolla ini bisa langsung digunakan untuk memupuk tanaman. Langkah yang lebih baik adalah dengan mengkomposkan Azolla. Kompos Azolla memiliki kualitas kandungan hara yang lebih baik dari kompos dari bahan lain. Kompos inilah yang digunakan sebagai pupuk organik.

Azolla kering juga mengandung N yang tinggi, jadi bisa dimanfaatkan untuk meningkatkaan kandungan N pupuk organik.

Kendala Pemanfaatan Azolla

Azolla sebagai sumber hara yang kaya N sudah sangat lama diketahui. Pertanyaannya, kenapa tidak banyak yang memanfaatkan.

Saya tidak tahu pasti, ini hanya pendapat saya pribadi. Pertama, meskipun tampaknya mudah, menanam Azolla tidak selalu berhasil. Sekitar tahun 2006-08, saya pernah diberi bibit azolla unggul dari Batan. Setelah saya perbanyak sendiri, bibit ini aku berikan ke petani. Ternyata Azolla itu tidak bisa tumbuh lama. Beberapa bulan kemudian sudah habis tak tersisa.

Kedua, produksi biomassa azolla dalam skala besar memerlukan kolam-kolam yang luas. Ini problem tersendiri yang tidak mudah dipecahkan.

Meskipun demikian, menurut saya, Azolla merupakan salah satu sumber N organik yang sangat potensial. Azolla perlu digiatkan kembali di tengah-tengah maraknya penggunaan pupuk organik saat ini. Wallahua’lam.

Posted from WordPress for Android

Salah satu lembaga yang menyediakan Azola:

Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN)

Jl. Cinere Pasar Jum’at, Po.Box. 7043 JKSKL Jakarta 12070
Lihat alamat lengkap di link ini: BATAN Pusat Aplikasi Tenaga Isotop dan Radiasi

Link tentang azola di Batan AZOLA

About these ads

40 responses to “Azolla: Sumber Hara Nitrogen yang Terlupakan

  1. Assalamu’alaikum Pak Isroi, di kampung saya azolla tumbuh subur ‘tanpa dikehendaki’, tapi sayang masih banyak petani yg dg sengaja menghanyutkan azolla ke saluran irigasi atau dibuang di luar lahan. Apakah sudah ada hasil penelitian seberapa besar kandungan organik & hara yg dihasilkan oleh kompos azolla dg Promi sebagai decomposernya? Pengomposan azolla apakah masih perlu ditambah kohe atau cukup azolla saja. Terimakasih

    • Mungkin ygn dihanyutkan itu bukan azolla, mungkin gulma air yang lain. Yg namanya Azolla yg seperti di foto itu.
      Azolla sdh diteliti sejak lama sekali. Baik yang dikomposkan atau yg tidak memiliki pengaruh sangat baik ketanaman. Ada peneliti senior deptan yg melakukannya, cuma saya lupa namanya. Data-datanya coba nanti saya carikan di buku-buku.

  2. aku sangat awam, mau nanya tanaman air sering orang yang menyebutnya kayu apung itu pa juga bisa dijadikan kompos pa ada kandungan seperti azola

    • Sy tidak hafal nama daerahny. Klo tanamannya persis seperti itu berarti azolla, klo tdk ya bukan azolla. Tp semua tanaman air bisa dibuat kompos.

  3. mau tanya pak?saya sangat tertarik dengan metode bapak tentang azolla untuk digunakan pupuk organik,apakah bapak jual bibitnya?lokasi saya di lereng gunung lawu…makasih

    • saya tidak jual azolla. Yang ada di Batan Pasar Jum’at Jakarta. Mereka punya koleksi azola cukup banyak.

      • This is a good article for us. I am glad there is anyone could write like this. Because, it is very useful for our student to know more about the plants marvelous like Azolla could use to soil health and safe fertilizer for yield increasing plant. Good job master!!! Thanks. Wasalam

  4. Paka aya ingin sekali mendapatkan bibit azola tapi susah carinya dimana yang dekat dengan jakarta selatan terimakasih atas abntuannya

  5. Pak, bibit azolla di bogor dimana belinya?

    • saya tidak tahu, tetapi bibit yang bagus dikoleksi di Batan Pasar Jum’at.

      • Batan badan tenaga nuklir?… btw Pak, kalo azolla yang bagus itu yang jenis apa ya? saya tertarik azolla yang bisa buat tambahan pupuk organik dan makanan ikan. Mengenai azolla yang di batan itu apa azolla biasa ato sudah di modifikasi?

      • saya tdk tahu namanya, tetapi menurut mereka memiliki beberapa koleksi azolla terbaik. seingat saya ada brosurnya. coba cari di websitenya batan.

  6. thx pak tulisan sgt mmbantu, saya tertarik dgn tumbuhan ini n nantinya tumbuhan ini akn jdi objek pnelitian tugas akhir saya.
    adakah bpk mempunyai buku tntng tumbuhan ini, kalau ad blhkah saya tau judulnya? saya butuh untuk referensi,
    trims sblumnya

  7. beda enggak yah dengan moto iwak dalam bahasa jawa, kalo beda apa nama latin dan kandungan serta kelebihan moto iwak di banding tanaman lain? terima kasih sebelumnya

  8. ada beberapa jenis azolla pak, azolla mana yang kandungan proteinnya paling tinggi dibandingkan dengan azolla lain. menurut wikipedia, ada 7 spesies azolla. mohon pencerahan. terima kasih.

    • Sy tidak punya informasi kandungan protein azolla. Sy tdk tahu. Mungkin bisa ditanyakan ke Batan, krn setahu sya mereka yg intensif meneliti azolla.

  9. Bagaimana saya bisa mendapatkan bibit azolla yg ada di BATAN?
    boleh tau, bertemu dgn siapa disana?

    thx

  10. selamat malam pak..saya berencana mengadakan penelitian mengenai aplikasi azolla sp sebagai agen bioremediasi pada pemeliharaan lele dumbo dengan sistem tanpa ganti air,, skala lab pak…saya sudah mulai melakukan uji pendahuluan..dan ternyata azola yang saya tebar dengan berat 20, 40,60, dan 80 gram hanya bertahan sampai 4-5 hari pak..padahal masa pemeliharaan diharapkan sebulan pak..knapa ya pak azola ini tidak bisa tumbuh lama?

  11. ok pak.akan saya coba.trimakasih:0)

  12. assalamua’alaikum pak……..
    saya mahasiswa 8 agroteknologi di Universitas iskandar muda banda aceh (aceh)
    saya sangat tertarik dengan azola,,, dan saya ingin meneliti tentang azola untuk skipsi saya semester depan…
    dan saya ingin tahu bgaimana cara membuat judul tentang azola thdp padi

  13. Pagi…

    Saya ingin bertanya dimana saya bisa dapatkan bibit tanaman air azola ini..? Apakah di jual di toko tertentu.

    Saya tinggal di parung sawangan.

    Thx

    • Pagi juga, saya tidak tahu siapa yang jual, mestinya ada banyak di sawah-sawah. Atau coba tanya ke Batan Pasar Jum’at jakarta. Saya rasa tidak terlalu jauh ari Parung Sawangan, Depok.

  14. Mas Isroi boleh dpt no telp atau email Ir. Elsje L. Sisworo, M.Si, APU atau saya bisa call mas Isroi, bisa saya email ke mas Isroi? email saya novmailv3@yahoo.com, saya mengharapkan mendapatkan bibit Azolla. karena saya seach di web nya BATAN belum ketemu …

    http://www.batan.go.id/

    semoga saya dapat dibantu ya … ;)
    Terimakasih, andy

  15. Selamat pg Pak..

    Sy mw bljar buat pupuk organik cair untk tananan kakao, bahan ap yg bgus Pak supaya bsa jd POC NPK dn berapa takaran campurannya, dn gmana cara pembuatannya trus berapa cc POC vs 1ltr air,,??.Tolong di bantu ya Pak,, trim’s sebelumnya

    POSO

  16. hermuklis rahmadani

    Ass, mas apakah azolla yg telah diteliti batan telah sebar luaskan ke para petani ikan disekitar depok. jika belum saya bisa peroleh dimana (apakah diperjual belikan) di sekitar lebak bulus.
    Terima kasih atas informasinya.

  17. aslkm. pa, azolla yang di batan itu di perjual belikan apa tidak? saya mahasiswa mau meneliti azolla juga. terimakasih pa.

  18. Sekedar info untuk teman2, yang bingung cari alamat BATAN dan Azolla?. Pergi saja ke Jakarta dan cari terminal Lebak Bulus. Dari situ banyak kendaraan umum lewat atau ojek mangkal. Jarak sktr gak sampai 1 km.

  19. Azolla sangat kaya akan protein, asam amino esensial, vitamin (vitamin A, vitamin B12 dan Beta- Carotene), mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, zat besi, dan magnesium. Berdasarkan berat keringnya, mengandung 25 – 35% protein, 10 – 15% mineral dan 7 – 10% asam amino, senyawa bioaktif dan biopolymer. Komposisi nutrisinya membuat Azolla sangat efisien dan efektif sebagai pakan ikan, ternak, dan unggas.

  20. salam kenal mas isro’i,saya pembudidaya tanaman azolla microphylla di pati jateng,saya membudidayakan azolla karena begitu besranya manfaat pada azolla,memang sudah terbukti,selain untuk pupuk hayati azolla dapat kita gunakan sebagai pakan ternak ikan&unggas.saya ingin berbagi bagi yang membutuhkan bibit azolla untuk di budidayakan di daerah masing-masing,silahkan hubungi saya di nmr 085264608009
    terimakasih…!!!
    GO GREEN WITH AZOLLA…..!!!

  21. mas,apa kayu apu termasuk azolla dan apa bisa kayu apu dibuat pupuk dan poc,terima kasih dan good luck slu.

  22. Subhanallah azola luarbiasa peternakan ayam pelung saya harga jualnya jadi meningkat dengan azola harga pakan bisa di tekaan 35% kebal penyakit suara ayam semakin bagus tumbuh besar sehat bulu bening mengkilap terimakasih ya Allah kau berikan yang terbaik dengan melimpah ruahnya Azola dengan satukali tanam untuk seumur hidup 081319423014. Bandung Barat Ustadz Nandang Munajat Maqbul.

  23. apakah tumbuhan azolla bisa di dapat dari alam indonesia??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s