Pasar Gede Magelang: Toko Pertanian yang Lengkap

Banyak hal yang menarik di dalam Pasar Rejowinangun ini. Selain yang sudah aku sebutkan di posting terdahulu, salah satunya adalah pedangan kebutuhan pertanian. Di dalam pasar ini ada pedangan saprodi pertanian yang sangat-sangat lengkap. Keperluan standar petani seperti: pupuk, obat-obatan, dan benih/bibit tersedia di sini. Ini sih di tempat lain juga banyak…… eeee….jangan komentar dulu sebelum aku ceritakan yang satu ini.


Baca ini juga: Pasar yang Bersih Tanpa Lalat | Makanan Khas Magelang | Toko Benih Pertanian


Uniknya di toko ini adalah menjual hampir segala macam benih tanaman. Terutama yang berupa biji-bijian. Murah dan lengkap lagi. Bahkan tanaman yang sedikit asing ditelinga pun ada di sini. Benih-benih yang sangat umum sudah jelas ada seperti: benih segala macam cabe, tomat, sawi pahit, sawi putih, caisim, kol, kacang panjang, kacang merah, kacang koro, dan lain-lainnya.

pedangang benih

benih pertanian

Pedangang benih pertanian dengan tumpukan benih di dalam ember-ember besar.

Untuk yang mau beli ketengan, penjualnya sudah menyediakan benih-benih sayuran dalam ukuran kantong kecil. Harga per kantongnya cuma Rp. 1000 perak. Ada macam-macam lagi, seperti: berbagai macam sayur, lalu ada kemangi, kangkung, bayam, dan lain-lain.

benih kantongan

benih kantongan
Benih yang dikemas dalam kantong-kantong kecil, per kantong cuma Rp. 1000,-.

biji jati lokal
Beberapa benih yang istimewa seperti benih jati lokal. Benih ini dijual kiloan. Kualitas jati lokal lebih bagus daripada jati hasil kultur jaringan.

Lalu ada biji yang agak aneh namanya, yaitu Peron. Biji ini biasa digunakan untuk mencari ikan. Biji ini disangrai lalu ditumbuk bareng dengan makanan ikat, seperti cacing. Lalu disebarkan ke sungai. Dalam beberapa saat ikan-ikan akan lemas dan muda ditangkap. Biji ini agak sulit memperolehnya, karena pohon-pohonnya tumbuh dilereng-lereng sungai Elo, yang letaknya membujur di sisi utara Kota Magelang. Biji-biji ini dimakan oleh kelelawar dan dikumpulkan di tempat-tempat tertentu. Anda yang suka cari ikan, coba pake biji ini.

biji peron untuk cari ikan
Biji peron untuk mencari ikan.

Advertisements

39 responses to “Pasar Gede Magelang: Toko Pertanian yang Lengkap

  1. mas, ada benih pule gading ga ya? kalau ada aku mau donk

  2. Ada benih sorgum (jawa :canthel) pak?

  3. Saya berminat untuk membuka kios alat pertanian sejkaligus menjual benih sayur dan buah di daerah pinggiran Jakarta.
    Mohon informasinya, kalau saya mau jual benih sayuran dan buah bagaimana cara memperolehnya ?
    Terima kasih.

  4. Dewi Puspitasari

    saya punya petani binaan yang menanam kacang koro, kami berniat untuk menjual benih, apa toko anda menerima penjualan benih dari kami atau tidak? Mohon jawabannya terima kasih

  5. Assalamu’alaikum. Mas, saya mau tanya tentang herbisida yang efektif untuk membasmi Gulma (rumput,alang2,daun lebar, dll) karena saya pusing ngurusin gulma yang cepat sekali tumbuh. Tolong balas di japri ya..makasih infonya. Wassalamualaikum

  6. mas,,,, maaf saya minta gambar untuk macam2 benih sayuran yang lengkap…….

  7. kl sy mau psn benih sayuran caranya bgmn?Trs apa ada pembelian minimalnya?Kl sy mau benih ketengan rata2 beratnya berapa trs harganya per benih berapa?

    • Benih sayuran apa yang dicari, di pasar kebanyakan benih lokal, ada juga yang import.
      Harga benih yang sudah diplastikin kecil-kecil, sekitar Rp. 3000-5000/kantong. Silahkan saja kontak via sms di nomor yang ada di sisi kiri blog ini.

  8. aku nardi . mau tanya sama pak manto, ada jual biji jeruk sitrum , kalau ada 1 kg berapa??
    dan pak manto tokonya berada dimana???
    ini dari maluku, aku tunggu ya

  9. pak manto saya udin dari ambon mau tanya biji jeruk sitrum dimana saya bisa dapatkan biji jeruk sitrum

  10. bisa order ga nih ke batang

  11. ass. salam kenal utk mas joko. utk herbisida gunakan yg mengandung IPA glifosat. Dijamin gulma yg dimaksud akan mati. Luas lahannya brp? Kalau berminat herbi dimaksud sy siap bantu. mhn konfirmasinya, mksh

  12. salam kenal pak saya ika dikaliurang mau tanya biji sayuran import ada p j?klo romain,lolorosa,oregano,rosemerry d g ya pak?

  13. jual biji sorgum tdk Pak?

  14. Salam kenal, saya dari kalimantan selatan nama saya yadi mau nanya kan polybag sawit, karet, mangkok/amplung getah karet dan kepala pompa/sprayer tabung bekas botol sprite merek vanvin, apa ada jual kalau ada berapa harga dan ongkos kirim kekalimantan selatan, terima kasih.

  15. saya mau tanya dimana ya tempat jual hidrogel di magelang?

  16. Obat2n pertanian ad gk om

  17. Saya ingin membeli benih seledri bemby kemasan kaleng

  18. boleh tanya ttg biji peron gak ya…? klo ada yg jual saya mau beli

  19. itu fotonya kok di display..? tu bijinya spt buah kopi pohonnya merambat seperti pohon sirih,,buahnya gelantungan spt anggur atau buah dompyong,,biasanya cara ngelolanya dikeringkan sampai benar2 kering lalu di jual kiloan,,,klo digoreng( sangrai) aromanya spt bumbu pecel ( kacang ) klo dicampur dg cacing trus buat cari ikan mantap banget tu pak..tlg klo ada infokan ya…q

  20. oh..yang itu ya…Dulu sih banyak tumbuh di pingir kali elo Magelang. Coba kontak ke Manto yang nomornya ada di samping kanan. Mungkin masih ada yang jual. Sekarang pasarnya kebakaran, jadi toko-tokonya pindah semua.

  21. nomer yg bs saya hub brp ya…?

  22. Made Adhi Susila

    Mas, saya tertarik dengan biji buah peron itu, disini sudah susah nyarinya, untuk jalankan hobby, cari belut dengan racun alami…hehehe…bisa bantu nyarikan ? hubungi via telp berapa mas ?…tks

  23. Whaaa… ternyata memang ada ya pasar yang jual benih 1000. Ini kalo ga salah tahun 2008 laporannya ya mas, kalo sekarang pasti harganya naik ya.

  24. Mantabs tokonya Gan. Main2 ke toko kami ya. Untuk informasi lengkap klik disini

  25. Ada biji kacang kacangan tidak ya

  26. Mohon maaf, saya ingin bertanya, apa tempat ini masih ada ya? Tepatnya dimana?

  27. saya mau beli buah peron, kira2 bagaimana teknisnya y.. berapa harganya..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s