Limbah Pabrik Kelapa Sawit

pohon sawit

Kelapa Sawit


Download literatur tentang TKKS pdf
Klik di sini untuk mendownload literatur yang lain
Pemanfaatan limbah pabrik sawit untuk bioetanol


Indonesia saat ini adalah produsen CPO (crude palm oil) terbesar di dunia dan memiliki lahan sawit terluas di dunia. Luas areal kelapa sawit di Indonesia tahun 2007 menurut Dirjenbun, Deptan, diperkirakan mencapai 6.6 juta ha dan produksi CPO pada tahun tersebut mencapai 17.3 juta ton. Luas area dan produksi diperkirakan akan terus meningkat mengingat saat ini gencar dilakukan pembukaan lahan-lahan sawit baru, terutama di pulau Kalimantan dan Papua.

data luas sawit
 

Data luas area kelapa sawit dan produksi CPO Indonesia dari Dirjenbun.


 

pohon sawit TBS
 

Pohon kelapa sawit menghasilkan buah sawit yang terkumpul di dalam satu tandan, oleh karena itu sering disebut dengan istilah TBS (Tandan Buah Segar). Sawit yang sudah berproduksi optimal dapat menghasilkan TBS dengan berat antara 15-30 kg/tandan.

buah sawit
 

Tandan-tandan inilah yang kemudian diangkut ke pabrik untuk diolah lebih lanjut menghasilkan minyak sawit. Produksi utama pabrik sawit adalah CPO dan minyak inti sawit. CPO diekstrak dari sabutnya, yaitu bagian antara kulit dengan cangkangnya. Sedangkan dari daging buahnya akan menghasilkan minyak inti sawit. Varietas sawit dengan kulit tebal banyak dicari orang, karena buah sawit seperti ini yang rendemen minyaknya tinggi.

pabrik sawit
 

Neraca pengolahan sawit di pabrik kelapa sawit kurang lebih seperti gambar neraca massa di bawah ini. Dari setiap ton TBS yang diolah dapat menghasilkan 140 – 200 kg CPO. Selain CPO pengolahan ini juga menghasilkan limbah/produk samping, antara lain: limbah cair (POME=Palm Oil Mill Effluent), cangkang sawit, fiber/sabut, dan tandan kosong kelapa sawit.

neraca sawit
 

 

 

Limbah cair yang dihasilkan cukup banyak, yaitu berkisar antara 600 – 700 kg.

Dihasilkan pula serat dan cangkang yang mencapai 190 kg.

Fiber sawit

 

cangkang sawit
Cangkan sawit yang menggunung di pabrik kelapa sawit

boiler
 

Fiber dan cangkang umumnya digunakan sebagai bahan bakar boiler. Uap dari boiler dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik dan untuk merebus TBS sebelum diolah di dalam pabrik.

Limbah lain yang sangat besar jumlahnya selain limbah cair adalah tandan kosong kelapa sawit (TKKS) yang mencapai 230 kg dari setiap ton TBS yang diolah. Jumlah ini sangat besar dan menggunung di pabrik-pabrik kelapa sawit. Dulu TKKS langsung dibuat tanda dicacah terlebih dahulu. Perhatikan gambar di bawah ini yang menunjukkan banyaknya TKKS dari sebuah PKS (pabrik kelapa sawit).

 

Namun saat ini sebagian pabrik sudah mulai melakukan pencacahan terhadap TKKS yang dihasilkannya. Mesin cacah yang digunakan berkapasitas cukup besar dan jumlahnya beberapa buah.

mesin cacah
 

Mesin cacah TKKS.

tkks

Pencacahan ini dapat mengurangi volume TKKS dan memudahkan untuk pengolahan lebih lanjut.

 

Berdasarkan data dari Dirjenbun, potensi limbah TKKS ini sangatlah besar seperti yang ditunjukkan dalam grafik di bawah ini.

data tkks
 

Data perkiraan jumlah TKKS di Indonesia sejak tahun 2000-2009 berdasarkan data produksi CPO Indonesia.

Advertisements

128 responses to “Limbah Pabrik Kelapa Sawit

  1. mau tanya ni pak, kira2 ada gak yah mikroba atau limbah pertanian lain yang mengandung aatau mempu menghasilkan senyawa silikat (Si2O3), atau calsium oksida(CaO) baik melalui merubah kimia tertentu atau murni menghasilkan langsung tanpa berikatan dengan senyawa lain selain abu sekam padi. kalau air tebu itu mengandung ligninshulphatos gak? kebetulan saya adalah mahasiswa teknik sipil, dijepang telah ada sampah yang dihasikan melalui abu insinerasi hasil pembakaran sampah, jadi kadang saya berpikir, kira2 ada gak yah bahan alam selain bahan tambang yang ,mengandung silikat atau calsium oksida tersebut yang bisa di jadikan bahan baku produksi semen sehingga lebih ramah lingkungan. maaf nih sering curhat…

  2. maaf semen dari sampah, bukan sampah dari sampah…

  3. Lahan yang di Kalimantan dan Papua di buka untuk masyakat ga ya pa?
    per/ha berapa? hutan atau udah ada kelapa?
    thank’s

  4. Bpk, apakah saya bisa diberikan literatur tentang limbah sawit dan manfaatnya………kalau ada poto berikut spesifikasinya, thk.

  5. essy wulan dara

    salam kenal pak’. apakah saya boleh melihat literatur tentang pulp jerami yang telah bapak teliti. trims..

  6. pak mau tanya saya mau titip olah CPO menjadi olein kira kira 1 Ton CPO menjadi berapa ton Olein

  7. Punten pak saya lagi nyari literatur mengenai nilai ekonomi pemanfaatan limbah cair kelapa sawit. kalo boleh saya minta literaturnya yo pak…. makasih

  8. Sebenarnya banyak literatur yang tersedia secara gratis. Coba lihat di posting ini dan cari literatur yang dibutuhkan.
    https://isroi.wordpress.com/2009/01/10/tip-mencari-literatur/
    Semoga ketemu yang dicari

  9. pa saya ingin tau tentang palm acid oil????
    mohon bantuannya…

    • Silahkan dicoba untuk bertanya ke PPKS (Pusat Penelitian Kelapa Sawit), mungkin mereka mau menyediakannya. Searching di google dengan keyword: PPKS Medan Sawit

  10. pak mohon emailkan nama-nama perusahaan pengolahan kelapa sawit yang ada di indonesia. yang tau mohom email ke eka@ebenmedika.com

  11. kepada bapak / ibu yang tahu nama – nama perusahaan perkebunan sawit dan karet yang ada di indonesia, beserta alamat dan nomor HRD nya juga ya…..
    terimakasi……..

  12. terima kasih atas ilmunya …

  13. pak..mau tanya..foto diatas yg cangkang sawitnya menggunung itu posisinya dimana ya?kebetulan saya butuh banyak nih untuk diekspor ke jepang.bisa dibantu ga pak?email saya an@hush.com,saya bisa kasih komisi yg besar pak.tlg diemail ya pak.soalnya saya jarang masuk kesini.terima kasih banyak pak.

  14. pak saya bisa minta tolong untuk email kan alamat pengolahan kelapa sawit yang ada di wilayah indonesia karena saya membutuhkan limabah dari hasil penggilingan kelapa sawit tolong jika bapak tahu jelas beri tahu saya lewat email willychen25@yahoo.com terimakasih atas petunjuknya

    • Mungkin yang anda maksud adalah pabrik kelapa sawit. Di Indonesia ada kurang lebih 400 pabrik kelapa sawit. Lebih dari setengahnya ada di sumatera dan yang paling banyak ada di Riau. Kalau di Jawa barat cuma ada satu di Rajamandala Banten. Kalau mau langsung saja datang ke Riau, setiap tanya orang akan ditunjukkan pabrik kelapa sawit terdekat. Di Sumut juga ada banyak sekali, kebetulan saya sering ke pabrik di adolina, dolok sinumbah, gunung bayu, dan lain-lain.

  15. salam kenal pak..
    Saya ruly,mahasiswa ITM.
    Sedang menyusun tugas sarjana.
    Judul skripsi saya berhubungan dengan bahan bakar ketel uap power plant ptpn4 pabatu.
    dari pabrik saya belum peroleh komposisi kimia (carbon,hidrogen,nitrogen,oksigen,sulfur,moisture,dan ash),bapak punya data itu?
    terima kasih sebelumnya.

  16. ass..
    kebetulansya lgi buat tugas mengenai lembah pabrik..
    dan sya berminat dngan lembah ini..

  17. menurut gw makalahna kurang lengkap…..

  18. Perusahaan saya lagi membutuhkan cangkang sawit, bagi yang punya stock tolong kirim info ke: rakasi_99@yahoo.com

    Thanks

  19. mas bisa minta tolong
    alat yang digunakan dari cangkang dan serat sampai jadi listrik
    alat yang digunakan apa aja
    tolong kirim ke email saya
    iklanlokal@yahoo.com

  20. tlong ya bpk/ibu
    tlng tunjukin gambar pabrik yg menghasilkan limbah cair skalian dng alat2x n crax menghasilkan yach ????????????

  21. Salam kenal Bos
    Selamat Pagi

    Saya mau nanya limbah cair sawit cukup banyak, di lapangan dibagi berapa jenis? Bagaimana pengelolahannya? apa diperjual-belikan juga?
    terima kasih banyak informasinya Bos

  22. Ass. Wr. Wb.
    Saya sampaikan salam silaturrahim dan iringan do’a semoga Mas Isroi dan keluarga selalu dalam keadaan sehat-walafiat dan sukses dalam cita-citanya. Amin.
    Saya dahulu pernah menghubungi Mas Isroi dan telah memberikan banyak informasi yang berguna bagi penelitian saya. Sekarang saya minta izin ada mengambil gambar kelapa sawit dan gambar atau data lainnya yang bermanfaat. Sekarang saya memerlukan data tentang decanter cake, bagaimana tentang komposisinya dan kaitannya sebagai substrat untuk kemungkinan umpan cacing. Jadi lebih tepat ingin tahu karakteristiknya. Atas bantuannya bila ada data sangat saya harapkan bila tidak ada mohon nasehatnya. Semoga Allah, selalu memberkahi hidup kita dalam menempuh kejayaan dunia-akhirat. Amin

    • Wasslm. Terima kasih kembali.
      Sayangnya saya belum pernah bekerja dengan decanter cake. Decanter saya tahu, tetapi decanter cake saya belum tahu. Begitu juga tentang karakteristiknya. Mungkin ada teman lain yang lebih tahu. Cake untuk umpan cacing saya kurang tahu ya.., cake mirip dengan bungkil kelapa karakteristinya. saya rasa tidak jauh berbeda.
      Terima kasih atas doanya.

  23. saya mo tanya tentang limbah sawit,,kalau sudah menggunung seperti pada gambar,,dibuang dimana limbah tersebut,,apa tidak membahayakan lingkungan sekitar ?!

    apa limbah tersebut tidak bisa didaur ulang atau dimanfaatkan untuk bahan-bahan yang laen,,saya pernah denger kalo limbah cair dapat dijadikan pakan ternak<<apa betul ?!
    dan kalo limbah cangkang dapat dijadikan pupuk ?!

    terima kasih atas perhatiannya,,besar harapan saya untuk dibalas…

    • Limbah yang menggunung seperti itu pandangan yang dulu. Kalau sekarang rasanya sudah jarang. Karena TKKS sudah banyak dibuat kompos atau dibuang dengan cara opendumping.
      Saya belum pernah dengar kalau limbah cair bisa dijadikan pakan ternak. RAsanya kalau ternak makan limbah cair akan sakit perut bin mencret.
      Cangkang juga kurang bagus untuk pupuk, biasanya dijadikan bahan bakar.

  24. Salam kenal,

    Pak saya satrya ingin mengetahui salah satu no tlp pabrik pengolahan kelapa sawit. Saya saat ini sedang mencoba menjalankan supply cangkang untuk pabrik- pabrik di sekitar JABODETABEK. Dimohonkan informasinya. Trimakasih…

    Regard

  25. pak saya membutukan limbah kelapa sawit untuk saya buat sebagai dasar pembutan sabun, bisa di imformasikan ke saya limbah yang ada di sulawesi, papua

    • Saya tidak terlalu banyak tahu pabrik sawit yang di sulawesi. Setahu saya ada pabrik di Malili, cuma posisi tepatnya tidak tahu, karena saya baru mau akan ke sana.

  26. assalamualaikum.. salam kenal pak..
    pak saya mau tanya, apakah bapak punya buku, artikel, gambar, atau apapun yang diperlukan untuk membangun pabrik kelapa sawit, misalnya mesinnya apa aja, trus skema tata letak ruangannya,… demikian saya sampaiakn, atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih

    salam
    arif

  27. asslkum..
    pak,tulisannya bagus.
    pak,kalau bisa saya didkirimi pengolahan limbah cair industri kelapa sawit dan dengfan gambarnya pak!!
    makasi ya pak

  28. Saya berminat tentang decanter cake untuk di beli buat baja

  29. assailamuaikum.salam hormat,pak bisa tolong saya berikan info/alamat dan no.telp ttg pks-pks di sumut yang menjual cangkang sawit?karena saya mau berusaha dibidang ini.atas bantuan yg bapak berikan,saya ucapkan banyak terima kasih.

  30. Kami sedang mencari limbah cpo utk pembuatan sabun. Mohon info dari bapak

    Thanks

  31. ass.pak saya minta informasi tentang jumlah Boiler Ash (abu sisa hasil pembakaran Cangkang dan ampas) yang dihailkan dalam suatu pabrik kelapa sawit umumnya berapa banyak (ton atau kg) per hari atau per tahunnya. Makasih banyak Bpk..mhon Bantuannya.

    • Saya tidak punya informasi seperti itu. Karena tidak pernah menghitungnya. Kalau saya lihat di pabrik, tidak semua cangkang dan fiber habis dibakar. Ada yang sisa. Sebagai informasi saja, kadar abu sekitar 5 – 7%. Tingga dihitung saja, jika seluruh cangkang dan fiber dibakar semua. Atau misalnya sisa, juga bisa diperhitungkan. Semoga membantu.

  32. Masih ada limbah cair lain yang pada masa sekarang tidak dikelola dengan benar selain limbah cair (POME=Palm Oil Mill Effluent), yaitu Air Abu Boiler. yang sering dibuang ke Media Lingkungan Hidup melalui saluran pembuangan dan dilakukan ketika hujan turun untuk mengurangi volume kolam limbah.
    Air Abu Boiler seperti pada gambar diatas adalah air penyiraman sisa-sisa pembakaran di dalam Boiler yang mengandung Calsium Carbonate dan Soda Ash.

  33. Mohon bantuan pak, saya punya limbah kelapa sawit tapi tidak tau mau dijual kemana? terima kasih.

    • Ada yang pernah minta tankos, tatapi volumenya besar sekali +/- 10.000 MT/bln. Atau sama seperti limbah tankos dari 5 pabrik jadikan satu. Kalau sedikit sulit, karena harganya sangat murah. Yang besar ongkos angkutnya.

    • Siang,
      Apakah ada cangkang sawitnya ? Lokasi pabriknya dimana?Tolong Alamat dan No Tlpnya ya
      Thanks…

    • Saya mau menerima limbah sawit atau miko dalam jumlah 10.000ton. Klw bapak/ibu msh ada stok nya silahkan hub saya 089669150075, email riskihartasah@gmail.com klw bisa hub secepatnya

  34. ass.wr.wb. Saya sangat buta masalah PKS pak, Mohon informasi pak tentang limbah cair PKS, yang dimaksud dengan MIKO ( minyak Kotor ) PKS apa limbah cairnya pak yaaa, tolong beri rincian pak tampilan dari miko baik warna, kandungan yang ada dialamnya. apakah semua limbah cairnya mempunyai nilai ekonomis/adakah permintaan terhadap limbah cair tersebut.
    mohon bantunnya pak, terima kasih

  35. Minta info ya pak, Apa saja yang termasuk B3 dan limbah B3 yang dihasilkan unit PKS dan bagaimana penanganannya

    • Saya bukan orang amdal/lingkungan. Ngak hafal mana yg termasuk B3 mana yg bukan. Klo menurut saya sih limbah2 itu bisa diolah menjadi produk samping yg memiliki nilai jual. Bisa ditanyakan ke orang KLH yg lebih paham aturan2nya.

  36. yulia susantri

    pak saya mo nanya…
    senyawa apa saja yang terkandung dalam limbah cair kelapa sawit?mohon jawabannya ya pak…

    • Senyawanya ya …. macam-macam, saya ngak punya datanya. Biasanya yang diukur adalah COD, BOD, kadar minyak, total solid, total soluble solid. Kalau yang spesifik tidak tahu saya.

  37. maaf pak saya mau tanya apakah bapak jual abu kelapa sawit, ato mungkin bapak tahu dimana saya dapat beli abunya , terima kasih untuk infonya

    • Abu sekarang agak susah, karena pemerintah melarang pembakaran tankos. Yang masih sering membakar tankos pabrik di daerah kalimantan atau sulawesi yang jauh dari jalan raya.

  38. maaf pak,pabrik penghasil minyak kelapa sawit di sumatera paling banyak dimana & nama pabriknya apa???

  39. ada yang mau beli limbah sawit ga?kolam pertama

  40. untuk limbah apa yg anda ingin jual.

  41. Kami saat ini mencari limbah beku/cpo asam tinggi [pao/sludge oil] .Baik yang berwarna kuning maupun kecoklatan dlm jmlah bnyk,rutin segala kondisi.

    Aziz.yudhistira.sda@gmail.com

  42. bapak saya mau bertanya,,,
    kira-kira pabrik bapak akan menghasilkan limbah cangkang kelapa sawit seberapa bnyk dalam sehari.,…

    trimakasih….

    • saya tidak punya pabrik sawit, jadi saya tidak bisa menjawab pertanyaan itu.
      Tapi, ada bagan neraca pabrik kelapa sawit, bisa untuk memperpirakan banyaknya cangkang yang dihasilkan oleh sebuah pabrik sawit. silahkan cari pakai kotak pencarian yang ada di pojok kiri atas.

  43. pak apa yang dimanamakan limbah kelapa sawit yang disebut
    MIKO.

  44. mencari limbah sawit kadar asam 18-25….kalau ada call ke 0878888044333…..

  45. pak ijin copas ya! untuk Tugas sekolah adik saya….. boleh nggak boleh pokoknya makasih…. 😉

  46. Dengan hormat,
    Pak, boleh nggak saya minta contoh serat hasil cangkang/ serat sawit limbahnya?
    Kalau ada yang berkenanan saya mau minta contohnya.

    Terima kasih

  47. Mohon informasinya Bila saya membutuhkan Limbah kelapa sawit berupa Sabut dalam jumlah besar dan kontinue harus kemana untuk mencarinya ? terima kasih

  48. sore pak,saya mau tanya harga perton limbah kelapa sawit yg sering disebut “miko” itu harganya berapa ??
    Trima kasih banyak sebelumnya…

  49. Mohon informasi pabrik kelapa sawit yang menjual limbah CPO atau yang dikenal dengan nama PAO (Palm Acid Oil) atau PSO (Palm Sludge Oil) atau Miko (Minyak Kotor). Saya membutuhkan dalam jumlah banyak. Terima kasih.

  50. nama lainnya limbah “CPO” pak….
    ada info mengenai harga perton nya tidak pak???
    trima kasih..

  51. kita ada limbah miko pak per kg 3600 dan kita juga ada palm kernel shell ( cangkang kelapa sawit ) jika minat dan serius hub 085227574767 atau email yansah_97@yahoo.com TQ

  52. ada punya data nilai kalor limbah sawit kah pak?

  53. ak ngopy ya…..bwat referensi ajha. terimakasih n seangat

  54. Pak, mau bertanya tentang pabrik kelapa sawit (penghasil CPO). bapak ada data tidak tentang lokasi dan nama perusahaan peghasil CPO di daerah Riau, kalau bisa dengan kapasitas produksinya pak..
    data tersebut akan saya gunakan untuk tugas akhir saya pak, trims..
    kalau berkenan tolong di email ke nuraenib.h@gmail.com
    terima kasih banyak..

    • Riau adalah salah satu propinsi yang kebunnya sawit dan pabriknya paling luas dan paling banyak. Jalan-jalan saja ke sana, pasti ketemu banyak pabrik CPO.

  55. Pak saya mau tanya, apakah di pabrik pengolahan kelapa sawit bisa menjual limbahnya (sabut, cangkang, bijinya). kalau bisa mohon informasi prosesnya bagaimana. Terima kasih atas jawabannya.

    Salam Hari

    • Saya kira pabrik sawit mau menjual produk sampingnya seperti, cangkan, tankos, atau bungkil. Saya tidak tahu prosesnya, bisa ditanyakan langsung ke pabrik sawitnya. Banyak sekali pabrik sawit di P Sumatera, mulai dari lampung sampai ke aceh.

  56. ass.pak
    saya mahasiswa itm 06 sipil
    sbnrnya agak lari dr jalur saya
    akan ttpi kbetulan saya sambil bkerja d prusaahaan yg brgerak d bidang composting & pmanfaatan limbah sawit khususnya tankos mnjadi serat fiber”singkatnya saya betul betul dr nol mempalajari hasil olahan dr pks ini
    dan kbetulan prusahaan kami butuh orng teknik yg mngerti spek2 dasar d pks pak
    lbh lanjut ini alamat email sya tiomari11@yahoo.com or visit http://www.ptbmw-id.com
    terimakasih atas infonya

  57. assalmkm… maaf pak saya mau tanya.. kalo diprosesnya terutama di unit recovery tank, cara penentuan kadar buangan yang di buang ke final effluent dipatok darimana yah .. terutama untuk kadar air, sludge dan minyaknya … kebetulan skripsi saya terhambat olh sumber tsbt… terima kasih pak..

  58. Tan Ferdi Hartanto

    Selamat siang,
    Saya minta tolong informasi untuk bisa mendapatkan cangkang kelapa sawit untuk daerah kepulauan Riau.
    Terima kasih JBU.
    Tan Ferdi Hartanto.

    • Saya belum pernah ke kepri. Riau adalah salah satu sentra pabrik sawit, banyak pabrik sawit di sana yang bisa diminta atau beli cangkang sawitnya.

  59. malam pak isro saya bisa di berikan informasi perusahaan” pengolahan limbah kelapa sawit.lokasi saya di kutai timur.mohon info nya.tks

  60. salam kenal y pak .

  61. saya sedang mencari sisa minyak kelapa sawit yg sudah tidak bisa digunakan lagi, apakah bpk bisa kasih saya referensi harus menghubungi siapa? Terima Kasih.

    • Sisa minyak kelapa sawit yang dimaksud apa? Umumnya minyak goreng di Indonesia dibuat dari minyak sawit. Banyak sisanya dari rumah makan, misalnya dari KFC dll.

      • mba Dewi, Kalo limbah dari Pabrik pengolahan kelapa sawit berupa limbah cair diantaranya Minyak kotor (MIKO) saya ada .
        jika berminat silahkan hub 08164221966

  62. Hallo Pak Isroi,
    Terima kasih untuk artikel tentang Kelapa Sawitnya. Saya setuju dengan pernyataannya, “Berbagi Tak Pernah Rugi”, karena kita apa yang kita tuai akan selalu jauh lebih banyak dari yang kita tabur.

  63. Hallo Pak Isroi,
    Terima kasih untuk artikel tentang Kelapa Sawitnya. Saya setuju dengan pernyataannya, “Berbagi Tak Pernah Rugi”, karena apa yang kita tuai akan selalu jauh lebih banyak dari yang kita tabur.

  64. bisa gak kirimkan untuk spek miko yang standart jual

  65. Mantap infonya

  66. saya dari kelompok tani budidaya jamur merang, dalam hal ini bisa tidak limbah sawit diadikan media sebagai pengganti jerami yang memang di depok lahan pertanian sudah menyusut, kalau bisa bagaimana cara nya agar saya dapat memperoleh limbah sawit

    • Saya rasa bisa, karena saya lihat di tumpukan limbah sawit banyak sekali ditumbuhi jamur merang. Limbah sawit bisa dibeli di pabrik minyak sawit.

  67. Dimana dan caranya untuk membeli limbah kelapa sawit dan siapa yang bisa saya hubungi
    sekarang ini saya beralamat di depok

    • bisa beli limbah sawit di pabrik kelapa sawit, di jabar hanya ada satu di tangerang. paling banyak di sumatera dan kalimantan. bisa menghubungi pengelola pabriknya.

  68. abu hasil pembakaran fibere diboiler pabrik sawit kira2 bisa dimanfaat untk ap y pak. Trmksh.

  69. berapa kg steam untuk menghasilkan 1kw listrik dalam turbin uap Pak?

  70. pa boleh kah saya meminta peraturan pemerintah yang merang untuk melakukan pembakaran tandan kosong kelapa sawit? terimakasih

  71. Teguh Alfarisi

    Pak… limbah sawit yang masih bisa diolah untuk produk sampingan itu yang seperti apa yah? khususnya produk sabun batang cuci piring. Disini banyak yang pake, 5rb dapet 3 batang. Tapi produsennya masih di sekitaran sumut. Mudah-mudahan Bapak bisa membantu memberikan pencerahan tentang memanfaatkan limbah cpo menjadi barang yang bernilai jual. Kebetulan di tempat tinggal saya ada lebih dari 5 PKS.
    Terima kasih.

    • Limbah yang biasa diambil untuk bahan sabun adalam scum dari kolam 1 LCPKS.

      • Limbah scum di kolam satu… Saya memang belum pernah tanya langsung, tapi mungkin bapak mengetahui sedikit informasi tentang limbah tersebut. Maksud saya, apakah limbah tersebut biasanya masih di komersilkan oleh pihak pabrik? Dan bagaimana cara memanfaatkannya sehingga menjadi sabun. Mungkin ada proses tertentu sehingga limbah tersebut dapat digunakan untuk bahan sabun. Mudah-mudahan bapak bisa membantu.

      • Saya tidak tahu banyak. Limbah tersebutbsekarang sdh mulai dikomersialkan oleh pabrik. Cara membuat sabunnya silahkan dicari dibuku2 tepat guna yang bayak dijual ditoko buku.

  72. kalau limbah PAO yang bagus untuk digunakan sebagai biodiesel, yang kadar Free Fatty Acid-nya berapa pak?

  73. Assalamualaiku wrwb.
    Pak saya Yayak Sakti Setia Budi. saya mahasiswa tingkat Akhir di Institut Teknologi Indonesia jurusan Teknik Kimia. saya sedang menyusun Tugas Akhir Yang berjudul Pengolahan Limbah Cair Industri CPO. saya mau tanya pak, klo komposisi terbesar limbah cair industri CPO itu apa yah pak? krn saya butuh data senyawa apa saja yg dominan Untuk mencari Nilai CP untuk menghitung neraca Energi nya pak. Terima kasih atas bantuannya. saya menunggu replay bapak. Salam Hormat. yayak sakti setia budi

  74. Assalamualaikum, pak mau tanya klo mau beli POME nya bisa ?

  75. Pagi bos.
    Maaf nih sy Mau Tanya ?apakah benar ada undang undang dari KLH yang melarang pihak pabrik kelapa sawit untuk menjual limbah cair yang ada di kolam 1&2.
    Siapakah yang lebih berhak untuk mengelola limbah cair dari pks.masyarakat sekitar tempat berdirinya pks atau pihak pks itu sendiri.

  76. Mau tanya istri bpk berapa anak berapa makan sehari berapa kali tidur jam berapa cita2 pengen punya istri lg ndak pak?

  77. Kaalau mau beli sabut buah kelapa sawitnya dimana ya?

    Mohon bantuannya ya

  78. Boleh tidak minta nomor HP Bapak. Biar lebih gampang dan jelas komunikasinya. Banyak hal yang mau saya konsultasikan ke Bapak, dan mudah-mudahan shilaturahmi kita menjadi berkah. Saya TEJO di Ketapang Kalimantan Barat.

  79. saya dari Aceh alhamdulilah usaha home industri pengolahan cpo ke minyak sawit saya sudah berjalan.namun saya tak tau di kemanain ampas sisa getah dan gumm nya.kalo di buat sabun atau di buat lilin gimana caranya ya..??tolong kasi tau caranya ya.

  80. assalamualaikum pak, saya penelitian tentang limbah serat sawit, namun literatur tentang serat sawit/serabut sawit sulit di cari. mohon bantuannya jika bapak punya link tentang serabut sawit mohon d share ke saya pak, terimakasih.

    • Wa’alaikum salam. Saya rasa banyak literatur di Google Schoolar. Coba dicari dengan kata kunci: oil palm empty fruit bunches filetype:pdf. Semoga membantu.

  81. Selamat siang.salam kenal. Sy mw ty apakah PKS tdk boleh menjual lgsg limbahnya tp diberikan kuasa kpd koperasi atau badan hukum (Perusahaan) mhn pencegahannya.
    Klo ada dasar hukum atau teraturnya sudi kiranya berbagi info ke 9051m73@email.com terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s