PROMO: Pupuk Organik Cair

Budidaya pertanian organik mulai marak akhir-akhir ini. Banyak faktor yang menyebabkan pangan organik mulai dilirik orang. Pertama, karena kesadaran masyarakat akan produk yang sehat (healty food). Terutama yang bebas residu bahan-bahan kimia berbahaya. Meningkatnya kesadaran akan kelestarian lingkungan juga memicu munculnya pangan organik.

Promo pupuk organik

Sebelumnya kami telah membuat biofertilizer plus biodecomposer untuk mendukung pertanian organik/semi organik, yang kami beri nama PROMI. Namun, Promi ini belum sepenuhnya bisa menggantikan kebutuhan pupuk kimia. Karena tuntutan petani dan masyarakat, kami mencoba untuk mengembangkan pupuk cair yang dikombinasikan dengan Promi. Pupuk cair ini kami beri nama PROMO atau akronim dari Promoting Organic.

Promo bekerja sinergis dengan Promi. Dengan menggunakan kedua macam pupuk organik ini, yaitu Promi untuk membuat kompos dan Promo sebagai pupuk cairnya, kami bisa melakukan budidaya padi tanpa menggunakan pupuk kimia sama sekali. Produktivitas padi yang dihasilkan sedikit di atas padi dengan pupuk kimia. Kami sudah melakukan uji coba di beberapa tempat, salah satunya adalah di Kab. Kerawang, Kalimantan, dan Jawa Timur.

Pupuk organik cair PROMO

Penggunaan PROMO

Cara menggunakan Promo adalah sebagai berikut:
1. 10 – 12 ml Promo dilarutkan ke dalam 1 liter air dan diaduk hingga larut sempurna
2. Masukkan ke dalam sprayer.
3. Semprotkan ke seluruh permukaan daun hingga basah merata.
4. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum jam 10 siang

Untuk tanaman tahunan/perkebunan penyemprotan dilakukan setiap 14 hari sekali atau setiap 2 minggu sekali. Sedangkan untuk tanaman pangan/hortikultura dilakukan setiap 10 hari sekali.

Kami sangat berharap apa yang kami hasilkan ini bisa membantu petani dalam melakukan budidaya padi organik. Atau minimal membantu petani mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia. Banyak sekali sumber daya yang ada di sekitar lahan petani yand dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik/kompos.

Advertisements

62 responses to “PROMO: Pupuk Organik Cair

  1. Mohon tanya berapa harga PROMO pupuk cair,apakah juga ada kemasan besar ?

  2. waksssss… salut Pak dengan PROMOnya 🙂

  3. berapa harga dari kedua pupuk tersebut, dimana saya dapat membelinya jika saya tinggal di Kediri Jatim.

  4. Singgih Bachtiansyah

    agak melenceng sedikit dr topik,
    Bagi yg membutuhkan kemasan botol2 plastik dan jerican untuk pupuk cairnya, saya adalah produsen dr botol2 dan jerican plastik tersebut mulai dr 100 cc s/d 1 ltr.
    hubungi saya di 021-68603909 atau email ke : bastianbstn@yahoo.com

  5. wah..saingan nih..
    saya produsen pupuk cair organik, kepadatan mikroba sangat tinggi, khusus untu perkebunan. harga cuma 65 rb/ltr, untuk 1 ha perkebunan tanaman keras cukup 4-5 ltr aja. harga belum diskon dari saya lho..

  6. Bersaing secara sehat tidak apa-apa, justru akan semakin memacu kita untuk menghasilkan produk pupuk cair yang lebih baik lagi.

  7. Pupuk Promo apakah sudah ada dipasarkan di Medan ( Sumut ) dan berapa harganya.

  8. saya podusen pupuk ion organik cair, bagi sapa ajah membutuhkan silahkan hubungi saya
    081 32x 3333 x6.
    pupuk produksi saya mampu menyalakan lampu 200 watt
    sangat baik untuk segala tanaman. harga perliternya saya jual 30 rb per liter

  9. Yth, pak Isroi
    Mohon info cara memperoleh dan harga PROMO di Jakarta Barat.

    Tks pak.

  10. berapa haraga promo dan promo perbotolnya pak? untuk menjadi agen ada diskonnya gak pak? mohon penjelasannya yang lengkap pak, kalau bisa kirim ke email saya saja

  11. Jawaban lewat japri saja.

  12. mohon informasi harga dan dimana bisa diperoleh dimedan.Apa sdh ada agen di medan?Bagaimana bila kita bekerja sama untuk menylurkan promo dan promi.Tksh,Ilyas tarigan Medan

  13. Untuk informasi harga penjualan dll saya jawab lewat japri

  14. saya di Sleman mohon info berapa harga dari kedua pupuk tersebut, dimana saya dapat membelinya. Terima kasih

  15. saya mempunyai kebun kopi dengan luas satu hektar berisi 3000 tanaman kopi, saya ingin memberi pupuk secara praktis yang mana langsung saya aplikasikan ke tanaman.
    1. mohon penjelasan memakai pupuk promi atau promo karena saya bingung memilih yang mana antara dua produk ini dan bagaimana tahapan pemberian pupuknya.
    2. dimana saya mendapatkan produk ini dan berapa harganya untuk wilayah semarang dan lampung barat daerah sumber jaya.

  16. Sebenarnya untuk pemakaian pada tanaman tergantung pada kondisi tanaman dan tanahnya sendiri.
    Pengalaman kami, Promo sudah diaplikasikan ke kebun kakao yang dalam kondisi rusak/rugi. Mungkin pengalaman ini bisa dijadikan contoh untuk aplikasi Promo pada kopi. Karena kami belum memiliki kesempatan mencoba pada kopi secara luas.

    1. Promo diencerkan dengan takaran 5 – 20 ml/liter air.
    2. Larutan Promo disemprotkan secara merata pada daun tanaman sampai basah. Untuk satu ha kakao kurang lebih membutuhkan 5 – 8 liter Promo/ha. Sedangkan untuk sawit TM 1 membutuhkan kurang lebih 8-9 liter Promo/ha. Untuk kopi dosisnya bisa menggunakan dosis untuk kakao.
    3. Penyemprotan dilakukan pagi hari sebelum jam 9.
    4. Penyemprotan diulang setiap 3 minggu sekali.
    Perlu juga dilakukan sanitasi kebun dan lain-lain.

    Sedangkan untuk menambah bahan organik tanah, dapat dibuat rorakan di dekat pokok tanaman/dibawah tajuk. Sisa-pangkasan, daun kering, atau kulit kopi bisa dimasukkan ke dalam rorakan tersebut agar menjadi kompos. Jika kondisi lahan cukup kritis dan miskin bahan organik dapat ditambahkan Promi untuk mempercepat proses pengomosan dan bertindak sebagai biofertilizer. Per ha kuran lebih memerlukan 5 – 8 kg Promi. Promi diencerkan dengan air dan disiramkan ke dalam rorakan tersebut.

    Pemupukan dilakukan seperti anjuran. Jika tanaman cukup sehat, dosis pupuk dapat dikurangi secara bertahap hingga kurang lebih 50% dari dosis semula.

    Demikian, semoga bermanfaat.

    isroi

  17. bos bisa gak tlg alamat e-mailnya.

  18. apakah ada alat yg bisa membuat kotoran sapi jadi kompos,secara cepat 1jam bisa menghasil kan berapa ton?dimana kami bisa beli

  19. Dear Pak Isroi,
    Saya sudah pernah membaca dari tulisan- tulisan Bapak tentang Promi dan Promo untuk bahan pengomposan namun saya belum berhasil untuk mendapatkannya di beberapa toko pertanian untuk itu saya mohon agar bapak dapat memberikan alamat yang lengkap.
    Selain Promi dan Promo untuk komposter apa kah ada bahan untuk meningkatkan kwalitas bahan pestisida organik.
    dan satu lagi saya mau tanya apakah ada yang membudidayakan tanaman pestisida nabati seperti nimba dan lainya serta bagaimana saya bisa membeli bibit- bibit tersebut dari Medan.
    Demikian terimakasih
    Herbin Kaban
    Petani Karo- Sumut

  20. Dear Pak Isroi,
    Saya sudah pernah membaca dari tulisan- tulisan Bapak tentang Promi dan Promo untuk bahan pengomposan namun saya belum berhasil untuk mendapatkannya di beberapa toko pertanian untuk itu saya mohon agar bapak dapat memberikan alamat yang lengkap.
    Selain Promi dan Promo untuk komposter apa kah ada bahan untuk meningkatkan kwalitas bahan pestisida organik.
    dan satu lagi saya mau tanya apakah ada yang membudidayakan tanaman pestisida nabati seperti nimba dan lainya serta bagaimana saya bisa membeli bibit- bibit tersebut dari Medan.
    tolong informasinya ke Email Saya ” kaban_431@yahoo.com
    Demikian terimakasih
    Herbin Kaban
    Petani Karo- Sumut

  21. Aslm,pak isroi,bagaimana cara membuat pupuk cair ini pak?terimakasih

  22. saya tinggal ditangerang, bagaimana saya bisa mendapatkan produk PROMI ? bagaimana saya bisa mengaetahui japri anda ? Trims

  23. Saya telah membaca beberapa tulisan bapak, saya salut dan saya ingin dijelasakan bagaimana cara penggunaan nya pada sawah, tambak, kebun tanaman semusim, apakah saya tetap menggunakan pupuk kimia atau tidak, kalau iya berapa kadar pengurangannya tiap tahun kalau saya menggunakan promo, terima kasih.

  24. Pa, tolong bantu ajarin bikin pupuk cair, bahan utama dari limbah produksi bioethanol berbahan molases, kalo kita produksi bioetanol 200 lt/hari, maka limbahnya bisa 1500 lt/hari. Terima-kasih atas bantuannya.

  25. Pak, saya mau bikin bioethanol sekala rumah tangga, tolong ajarkan cara membuat pupuk cair dari limbah bioethanol berbahan molases.Terimakasih atas bantuannya.

  26. Parsaoran Hutabarat

    Saya tertarik, apakah produk ini sudah sampai di JAMBI ? dan Tokok mana ?

  27. apa promi bisa digunakan untuk menanggulangi penyakit colletotrichum pada bawang merah

  28. minta contat person

  29. Yth pak Isroi,
    sy saat ini sdg coba bikin kompos dgn Promi, dr bhn jerami (skrg br 10 hari), utk tnmn padi musim berikut, utk sawah sktr 4.000 m2.
    Mohon ptunjuk lbh lnjut pnggunaan Promo, baik kbutuhan jml maupun cara pmakaian, utk satu musim…
    Mohon dpt dbls ke alamat e-mail.
    Wass… dan tmksh.

    • Selamat datang di blog saya. Saya senang sekali, semoga berhasil menggunakan pupuk organik full. Kuncinya begini, semua jerami yang ada di sawah dikembalikan lagi ke sawah sebagai kompos. Teman saya yang sudah terbiasa membuat kompos dengan promi hanya mengkomposkan dalam waktu 3 minggu saja langsung pakai. Penyebaran kompos setelah olah garu ke2.
      Sedangkan untuk promo digunakan pada saat pembibitan sampai masak susu. Sudah ada petunjuknya. Akan segera saya upload. Insya Allah..

  30. salam, anda telah ujicoba di kerawang, tepatnya di wilayah( desa) apa ya?

    • Bukan saya yang di kerawang, tatapi teman yang di sana. Kalau tidak salah di lahan sawah pesantren LDII, luasnya mencapai 100 ha. Lokasi tepatnya tidak tahu.

  31. maaf sebelum nya bapak ibu….
    saya berasal dari pasaman sumatra barat.di pempat saya tinggal dan mungkin jg hampir d seluruh pelosok neri ini para petani kita kesulitan tuk dapatkan pupuk, kalaupun ada itu harganya selangit dan petani tidak bisa membelinya….
    saya mau tanya harga nya perliter,trz klo cocok saya mau jadi agen atau distributor tuk pasaman barat khusus nya..gmn ketentuan nya dan apakah produk ini sudah berizin resmi,tuk kelansungan dan kebaikan semua.tk’s
    di tunggu penjelasannya secepat mungkin
    karna ini sangat di nantikan petani kehadirannya…

  32. pak, untuk perkebunan karet, bagai mana cara menggunakannya & saya berdomisili di kabupaten kotabaru, kalimantan selatan. dimana saya dapat memperoleh produk bapak. mohon informasinya. thank`s

  33. pak, minta informasi detail tentang produk Promo dan Promi dan bagaimana cara mendapatkan atau pemasarannya apakah ada lowongan bekerjasama?. Saya alumni IPB tahun masuk 2002 lulus 2006. Berminat dan bertekad serta berjuang demi kesejahteraan petani.. hidup petani indonesia…

  34. Kebiasaan petani adalah lansung menerapkan kotoran ayam mentah sebagai pupuk dasar. Bisakah PROMI membantu proses dekomposing jika hanya disemprotkan pada pupuk kandang mentah tersebut lansung di lahan. Kami ingin menerapkannya di lahan singkong seluas 10 hektar di Sulawesi.

  35. Mas Isroi, bolehkah pupuk organik cair PROMO saya campurkan / di spraykan ke pupuk organik granul ?
    – dimanakah saya boleh mendapatkan mikrob untuk pupuk
    – bagaimana cara membiakkan mikrob tersebut, apakah dapat dibiakkan..?
    Mohon bantuannya..matur suwon MAS …

  36. mhon info utk mendapat promi tsb,, apa sdh dpasarn?

  37. apakah promo bisa di inject langsung melalui peralon ke dalam akar biar lebih efisien diserap tumbuhan ?

  38. harganya berapa pak?

  39. Salam Pak Isroi…apa bedanya PROMI dgn Pobiotik Tanah di halaman Jualanku..Trims..

    • Promi adalah aktivator pengomposan yg sudah diperkaya dg mikroba biofertilizer. Bentuknya curah/padatan.
      Klo probiotik tanah isinya berbagai macam mikroba. Bentuknya cair.

  40. Pak Isroi,
    Saya tertarik dengan hasil uji coba bapak pada tanaman kakao,
    Untuk memperbaiki produsen kakao di sulawesi selatan tepatnya di kabupaten luwu utara, kondisi kakao di luwu utara suda jarang buah dan gampang mati tanaman kakao, sehingga petani jadi lesu dan frustasi,
    Mohon data lengkap mengenai cara pemupukan cair ini, promo dan promi,
    Kalau bisa tolong di email ke herman.pallo@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya pak
    Semoga kita bisa bermitra membantu petani di luwu utara,

    Salam
    Dari anak petani,
    Herman

  41. Pak saya perlu promi untuk pembuatan kompos dimanakah bisa mendapatkannya ..saya tinggal di padang dan saya mencoba mencarinya di seluruh toko pertanian yang ada di padang tp tak satupun yang menjualnya. Saya ingin mencobanya kemudian menshare kannya dianggota kelmpok perempuan kami, selain bernilai ekonomis juga bermanfaat bagi kesehatan masyarakat akibat asap yang ditimbulkan dari pembakaran sampah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s