“Copy Darat” dengan Pengunjung Blog

Silaturahmi ternyata bisa dijalin dari halaman blog seperti ini. Sungguh menyenangkan sekali, ternyata dari banyak pengunjung blog ini ada beberapa orang yang bisa ketemu langsung. Istilah tepatnya ‘copy darat’. Rasanya agak sedikit aneh, senang, gembira, ‘surprise’. Agak sulit untuk mencari istilah yang tepat.

Ada banyak contohnya. Misalnya saya bertemu dengan Pak Nurmin di Medan. Waktu itu Pak Nurmin menanyakan tentang masalah kompos, kelapa sawit, dan pertanian organik. Dari komunikasi lewat internet, lalu berlanjut lewat telepon selluler (HP). Ketika saya ada kesempatan pergi ke Medan, saya coba hubungi Pak Nurmin. Jadilah kita bertemu di Bandara Polonia. Senang sekali rasanya.

Pak Nurmin (kanan) dan temannya mentraktir aku makan soto di Ruman Makan Sinar Pagi, Jl Sei Deli Medan.

Kemudian ada juga pengunjung dari Sulawesi , namanya Abu Umar. Beliau menanyakan juga tentang kompos dan biogas di kebun kelapa sawit. Komunikasi intensif berlangsung via internet/email. Kemudian ketika Pak Umar berkesempatan pergi ke Jakarta, beliau menyempatkan diri untuk berkunjung ke Bogor, ke laboratoriumku. Kami pun berdiskusi lama sekali. Bertambah lagi satu saudaraku.

Aku mendapat email dari seseorang yang mengaku dari Bandung, namanya Erwin. Erwin ini mahasiswa ITB asal Sumsel. Dari sini komunikasi lewat email terus berlangsung. Kebetulan orang tuanya punya usaha membuat pupuk organik dari limbah sawit. Akhirnya Erwin dan orang tuanya, Pak Karman dan Ibunya, berkunjung ke laboratorium untuk berdiskusi tentang pupuk organik dari limbah sawit. Saya senang sekali karena saya bisa saling bertukar pengalaman dengan Pak Karman sekeluarga.

Lalu ada juga seseorang yang sedang membuat pestisida nabati. Dia pingin mendapatkan tanaman Mimba. Kebetulan di kantorku ada beberapa tanaman mimba, akhirnya dia pun datang dan mengambil beberapa tanaman mimba.

Ada juga beberapa orang yang sedang penelitian bioethanol. Dia perlu literature, karena kebetulan saya punya banyak literature, dia pun datang ke lab untuk meminjam literature tersebut.

Ada lagi beberapa pengunjung dari Surabaya, Jatim, namanya Abu Muhammad. Beliau sedang mau mendalami tentang pertanian organik dan sedang semangat-semangatnya membuat blog tentang pertanian organik. Suatu ketika dia menyempatkan diri datang ke Bogor. Kita pun berdiskusi tentang pertanian organik. Sebagai salah satu perekat silaturahmi, Abu Muhammad memberiku sebuah buku. Buku yang sangat menarik sekali. Alhamdulillah.

Ada juga pengunjung yang mengaku dari Jatim. Namanya Ali Saifudin. Beliau seorang dokter hewan yang senang dengan dunia mikrobiologi. Kami pun banyak berdiskusi tengan mikrobiologi di internet. Sudan lupa sampai berapa banyak kami berdiskusi lewat internet.

Dalam waktu yang bersamaan, saya juga mendapatkan email dari pengunjung blog. Namanya Pak Shakri Abdullah, beliau mengaku berasal dari Malaysia. Beberapa kali kami berdiskusi lewat email. Suatu ketika saya mendapatkan email dari beliau, bahwa beliau akan ke Indonesia dan pingin bertemu. Saya beri nomor HP saya pada Pak Shakri.

Suatu saat saya menerima sms, tak disangka sms dari Pak Shakri yang mengabarkan bahwa beliau sudah berada di Indonesia, tepatnya sedang berada di Surabaya. Kebetulan waktu itu saya juga sedang di Jawa Timur yang letaknya tidak begitu jauh dari Surabaya. Tak disangka pak Shakri menyempatkan diri untuk datang ke tempatku. Yang lebih membuatku ‘surprise’ adalah beliau tidak datang sendirian. Beliau datang berempat, yang dua orang sama-sama pernah berkomunikasi lewat email: Ali Saifudin.

Pak Shakri Abdullah dari Malaysia.

Drh Ali Saifudin yang sedang kerja di Malaysia.

Saya sedang asik berdiskusi tentang pupuk organik, biofertilizer, dan kompsting dengan Pak Shakri dan Ali Saifudin. Yang sedang berdiri adalah Pak Nik Kamarazaman, General Manager Perkumpulan Pertanian Kelantang BHD, Kelantang, Malaysia.

Lewat blog ini juga aku bisa menjalin komunikasi dan tali silaturahmi dengan teman-teman yang sudah lama tidak ketemu. Sebut saja ada Yosep Parulian, teman SMA-ku yang sekarang kerja di Malaysia. Terus ada juga Panji, teman SMA-ku juga. Dan yang paling banyak adalah teman-teman kuliah dulu.

Sebut saja Sri Pamenang. Ketika dia ada kesempatan datang ke Bogor, Pamenang menyempatkan diri untuk main dan nginap di rumah. Senang sekali bertemu dengan kawan lama. Dari sini aku ketemu dengan Muh ‘Memet’ Amat yang sedang menyelesaikan kuliah di Yogyakarta. Lalu muncul lagi beberapa teman lama yang banyak sekali. Alhamdulillah.

Aku dan Muhamat dalam perjalanan ke Jawa Timur.

Masih ada beberapa pengunjung blog yang aktif berkomunikasi, tetapi belum ada kesempatan untuk ‘copy darat’. Ada pengunjung yang kemudian aktif kontak lewat telepon, sampai kuping ini panas kalau sedang berdiskusi dengannya. Ada juga yang aktif sms-smsan. Adalah tantangan tersendiri untuk menjelaskan sesuatu lewat sms.

Semoga teman-teman lain, para pengunjung blog bisa ‘copy darat’. Insya Allah.

5 responses to ““Copy Darat” dengan Pengunjung Blog

  1. Wow. mas isroi tinggal di bogor ya? dimana tepatnya mas? boleh tahu alamatnya? atau nomer kontak, agar saya bisa janjian kalo mau silaturahmi ke sana.
    bila tidak keberatan alamat dan telponnya di email saja mas.
    saya tinggal di bojong baru, bojong gede, kab. bogor.
    salam,

  2. Saya memang punya rumah di bogor, tetapi untuk sementara waktu saya tidak tinggal di bogor. Semoga kita bisa bertemu.

  3. insya allah pak kita bisa bertemu, terima kasih banyak atas diskusi2nya… senang rasanya bisa berkenalan lewat anda…

  4. pak saya juga ingin silaturahim dengan bapak.bila tidak keberatan sms aja alamat dan telpon bpak ke 021-93721795

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s