Kehebatan Jamur Pelapuk Putih

JPP cawan

Phanerochaete chrysosporium

Salah satu keistimewaan jamur pelapuk putih (JPP) adalah kemampuannya dalam mendegradasi lignin secara total menjadi CO2 dan H2O. Kemampuan ini tidak dimiliki oleh mikroorganisme lain. Percobaan-percobaan di laboratorium yang dilaporkan di jurnal-jurnal ilmiah internasional membuktikan hal ini.

JPP memiliki enzim-enzim yang dapat mendegradasi lignin, antara lain adalah: laccase, lignin peroksidase, dan Mn peroksidase. Enzim-enzim ini adalah oksidator yang sangat kuat. Enzim ini dapat memecah lignin. Seperti yang kita tahu lignin adalah makromolekul yang sangat komplek dan sangat kuat. Lignin adalah senyawa pelindung, sehingga sangat kuat dan sangat resisten.

Kemampuan unik JPP ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Misalnya saja yang sudah luama zekali dilakukan adalah untuk mendekomposisi bahan organik yang banyak mengandung lignin. Kemudian digunakan untuk biopulping, biobleaching, dan mendegradasi bahan-bahan pencemar berbahaya.

JPP di dalam botol


JPP ini ditumbuhkan tanpa sterilisasi media dan tanpa tambahan nutrisi

Sebagian isolat JPP sangat mudah ditumbuhkan. Dengan sedikit modifikasi metode, JPP dapat ditumbuhkan pada bahan lignoselulosa tanpa perlu disterilkan dan tanpa media tambahan. Setelah dia tumbuh, isolat JPP akan tetap tumbuh dan jarang sekali terkontaminasi. JPP tahan terhadap berbagai macam gangguan, misalnya: kekeringan. Jika dikeringkan dia akan dorman, apabila ada air dia akan tumbuh lagi. Juga tahan terhadap berbagai macam perlakuan fisik. Misalnya saja, jika dicacah/grinder. Apabila masih lembab dia akan segera tumbuh lagi. JPP juga bukan mikroba kontaminan/pengkontaminan. Artinya dia tidak suka mengkontaminasi mikroba lain.

Luar biasa. Subhanallah.


Artikel saya tentang pemanfaatan jamur pelapuk putih:
BIOLOGICAL PRETREATMENT OF LIGNOCELLULOSES WITH WHITE-ROT FUNGI AND ITS APPLICATIONS: A REVIEW


PC di TKKS

Biopulping TKKS dengan PC siap dibuat pulp.

Advertisements

16 responses to “Kehebatan Jamur Pelapuk Putih

  1. mhn diinformasikan di mana dan berapa harga isolat murninya bisa diperoleh pak? terimakasih

  2. assalammualaykum
    pak saya mau nanya, mengenai cara isolasi aspergillus niger di alam,??.. saya mencoba untuk digunakan fermentasi pakan,. karena di tempat saya untuk membeli jamur tersebut tidak efektif, jauh… .

    saya coba dengan substrat nasi, yang di tanam di tanah kebun ..
    terima kasih ..

    • wa’alaikum salam. klo aspergillus mesti diidentifikasi dulu pakai mikroskop. Kalau cuma pakai nasi, bisa macam-macam yg tumbuh. Banyak jamur aspergillus yang beracun. Bentuknya mirip-mirip.

  3. pak, saya punya ide untuk mengembangkan stater yoghurt bentuk serbuk, tapi bingung cara mengeringkannya,.. di pabrik pake alat otomatis freeze drying.. kira-kira secara sederhana di lapangan pake apa ya, yang tekniknya mirip-mirip kaya gitu….
    mohon pencerahannya, jika saya keringkan lendirnya di freezer pake lemari es, ntar permukaan nya di kerok apa sama prinsip kerjanya ???

    terima kasih

    • freeze dryer prinsipnya didinginkan dan divacuum airnya. Kalau dimasukkan ke freezer, cuma membekukan saja. Bisa jadi kristal esnya membunuh stater yogurt.

  4. artikel pak isroi sangat bermanfaat. bagaimana saya bisa dapat jamur pelapuk putih ini pak ? apa bisa saya beli bibit atau suspensi nya pak ? mhn info nya. . tks.

  5. gimana cara mendapatkan jamur pelapuk putih tersebut? dan berapa harganya?

  6. Mohon bantuan penjelasan singkat aja. Bagaimana Proses jpp omphalina sp dapat menghentikan bau busuk limbah cair.

  7. maaf mau tanya, apakah jamur pelapuk putih tsb adalah jamur tiram?

    makasih sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s