Prosedur Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dengan BIANG POC. Revisi 2.

Documen ini adalah Revisi dari document sebelumnya: Revisi 1.

Klik di sini untuk mendownload file ini: Dokumen awal | Revisi 1 | Revisi 2

15 responses to “Prosedur Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dengan BIANG POC. Revisi 2.

  1. ass.mas roi gimana caranya membuat biang poc?limbah bioethanol saya sudah saya bikin pupuk cair ion organic 200 watt.saya menggunakan biang EM4.apakah ada biang yang lebih bagus atau ajarkan saya membuat biangnya dong mas roi…thanks

  2. mas isroi…saya mau tanya seperti mas faruk saya juga menggunakan limbah bio ethanol (dari buah – buahan)pertanyaan saya, bagaimana untuk mengentalkan dan memberi warna lebih khas lagi ?harus saya tambah apa agar pupuk saya bisa merangsang pertumbuhan akar,daun batang dan buah.sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    • Biasanya POC yang dibuat dari limbah atau dengan bahan-bahan alami warnanya coklat tua atau kehitam-hitaman. Agak sulit bila mau diubah ke warna lain. Kecuali kalau warna dasarnya agak jernih atau tidak terlalu tua bisa dibuat men jadi warna lain. Banyak pewarna yang bisa digunakan, sebagian ada yang alami, seperti daun jati untuk warna merah, atau warna biru (lupa nama tanamannya).
      Menurut saya, sebaiknya lebih cocok pakai warna alami, apalagi labelnya pupuk organik. Kalau warnanya meriah, spt: merah, kuning, hijau, atau unggu. Terkesan tidak alami bin organik lagi.
      Pengental seperti: wong tani, ratu biogen, atau yang lainnya, maksudnya? Banyak bahan pengental yang saya tahu, seperti: tepung tapioka dan xanthan gum.

  3. ass.mas roi, saya mau tanya, bagaimana cara membuat/komposisinya hormon tanaman unggul (hantu) atau SO dengan menggunakan hormon-hormon yg mas roi jual. Terima kasih, tlg dibales ke email saya

    • Wasslm. Kalau produk orang ya…saya tidak tahu. Yang paling tahu pak Jimmy Hantu sendiri. Produknya kan warnanya putih & kental. Berbeda konsepnya dengan Biang POC. Biang POC dibuat dari ekstrak tanaman yang difermentasi, jadi warnanya natural (coklat kehitaman). Sedangkan zpt diekstak dari beberapa bahan.

  4. Ass Wr Wb apa Khabar Pak Isroi Mungkin masih ingat. kebetulan saya sedang membuat lahan uji 100% organik terhadap bawang merah dan sawi putih saya order Biang POC,ZPT dan Probiotik tolong resepnya disertakan dalam paketnya Insya Allah Saya kirim Dokumentasinya.

  5. ass. mas isroi gimana caranya agar microba yang ada di poc saya tidak mati?kalau sekiranya terkena matahari apakah microba yang ada di poc mati?bagaimana mengetahui kalau microba yang ada di poc kita banyak yang mati?sebelumnya saya ucapakan banyak terima kasih

    • Wa’alaikum salam. Saya juga belum bisa membuat mikroba stabil di dalam POC, kalau di biofertilizernya sediri sih tidak ada masalah. Namun, memang ada kesulitan jika dicampurkan dengan POC. Umumnya POC yang mencantumkan mikroba biofertilizer di dalamnya hanya sedikit atau bahkan sering tidak ada mikroba biofertilizernya.
      Cara untuk mengetahuinya mesti dengan analisa laboratorium. POC diambil sampelnya, kemudian ditumbuhkan pada medium khusus biofertilizer, nanti bisa dilihat apakah mikroba biofertlizernya masih hidup atau tidak.
      Orang punya cara masing- masing untuk mempertahankan mikroba, salah satunya dengan menurunkan pH POC-nya.

  6. Mas Isroi. Tolong bantuin saya dengan menjawab pertanyaan saya : Bagaimana caranya membuat larurat berkadar 10 mg / 100 ml ?. Betulkah dengan melarutkan semisal : 1 gram diencerkan dengan 10.000 ml (10 liter) air ?. Terima kasih sebelumnya.

  7. ass wwb maaf pak saya lagi kesulitan mencari pigmen pewarna pupuk hayati warna kuning apa bapak bisa bantu.posisi saya di gresik. makasih pak wass

  8. Info cara pembuatan POC sangat bermanfaat sekali bagi petani Pak. Namun bagi Anda yang kebetulan tidak ingin repot membuatnya kami memiliki produk bagus yaitu Hormon tanaman dan POC Jantan Jimmy Hantu:
    Silahkan mampir: http://www.tanipedia.com/search/label/Pupuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s