Tandatangan Dokumen dengan SmartPhone

Menandatangani dokumen-dokumen sekarang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan HP Smartphone. Aplikasi ini sangat memudahkan kita, terutama ketika sedang berpergian atau berada di lokasi yang jauh dengan dokumen yang harus kita tandatangani. Cara ini juga sangat bermanfaat jika akan mengirimkan dokumen tersebut via on-line, baik melalui email atau media sosial lainnya.

Kalau kita searching di Google Play atau Apple Store ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk menandatangani dokumen. Saya pernah mencoba beberapa aplikasi. Tetapi, pengalaman saya sendiri aplikasi yang sangat mudah digunakan adalah aplikasi yang dibuat oleh Adobe.inc.

Seperti yang kita tahu, Adobe.inc adalah pengembang format dokumen yang terkenal pdf (portable document format). Hampir semua dokumen digital saat ini banyak yang menggunakan format pdf. Adobe.inc mengeluarkan aplikasi atau softwere Adobe Acrobat untuk membuat dokumen pdf dan Adobe Acrobat Reader untuk membaca dokumen pdf. Dokume pdf juga bisa dibuat langsung dengan softwere office/pengolah dokumen lainnya, seperti MS Word, Google Doc, Oo Writer, Apple Pages dan lain-lain.

Aplikasi untuk menandatangani dokumen PDF dan mengisi formulir pdf namanya Adobe fill & Sign.  Aplikasi ini tersedia di Google Play dan Apple Store. Kelebihannya adalah aplikasi ini gratis, tidak perlu bayar lisensi atau pun berlangganan.

Caranya gampang saja. Pertama, install dulu aplikasi Adobe Fill & Sign. Download dan install dari HP Smartphone Anda.

Penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah. Bahkan tidak perlu belajar lama, kita bisa langsung menggunakan aplikasi ini. Setelah aplikasi terinstall di HP Smartphone Anda. Coba untuk membuka aplikasi tersebut.

Coba buka aplikasi tersebut. Kemudian buka dokumen pdf yang akan anda isi atau tandatangani. Kalau anda ingin menandatangani, ketik bagian dokumen untuk tanda tangan. Lalu ketuk ikon pena, akan muncul pilihan untuk memasukkan tandatangan. Coba buat tandatangan di kolom yang sudah disediakan. Coba beberapa kali sampai diperoleh tandatangan yang bagus sesuai dengan tandatangan anda. Adobe Fill & Sign menyediakan dua versi tandangan yang bisa kita pakai. Ada bisa mengatur besar kecilnya tandatangan dan merubah posisi tanda tangan di atas dokumen.

Untuk mengisi formulir, kita tinggal ketuk posisi isiannya. Lalu akan muncul kursor atau text box untuk menambahkan teks. Kita bisa isi teksnya. Mudah sekali.

Setelah selesai, kita bisa kirimkan dokumen ini melalui email, aplikasi percakapan (Whatsapp, Line, Telegram), kirim ke media sosial, cloud dan lainnya.

Saya sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Apalagi saat ini saya sedang bekerja di kebun  yang jauh dari keramaian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s