Pabrik Pupuk Organik 2

buku pupuk organik granul
Baca juga: Video Membuat Pupuk Granul | membuat pupuk organik sendiri | Mesin Cacah Kompos | Pupuk Organik, Pupuk Kimia, dan Pupuk Hayati | Tata Letak Mesin Pabrik Pupuk Organik | Bagan Pabrik POG | Permentan No. 70/2011 tentang Pupuk Organik, Pupuk Hayati dan Pembenah Tanah | Lampiran 1 Permentan No. 70/2011 | Lampiran 1 Permentan No. 70/2011

 


Posting ini melengkapi posting-posting sebelumnya tentang pupuk organik. Posting ini fokus pada mesin dan tata letaknya di pabrik pupuk organik. Skalanya juga lumaya besar. Mesin-mesin yang digunakan untuk memproduksi pupuk organik pada prinsipnya sama seperti posting yang lalu, yaitu: pan granulator, pengering, ayakan, tetapi ditambah dengan mixer dan pengemasan.

Selain mesin-mesin tersebut perlu juga disiapkan ruangan atau tempat untuk menampung bahan baku dan produk jadi. Gudang bahan baku diletakkan dekat dengan proses yang pertama, yaitu pencampuran bahan. Gudang produk jadi diletakkan dekat dengan proses yang terakhir, pengemasan.

mixer
Mixer

Peralatan yang pertama adalah mixer untuk mencampur bahan. Cara kerja mixer ini pada prinsipnya mirip dengan mixer yang sering dipakai oleh para ibu rumah tangga. Bahan-bahan dimasukkan ke dalam mixer sesuai dengan komposisi-nya. Penggunaan mixer ini penting karena dalam skala besar tidak mungkin pencampuran dilakukan secara manual.

pabrik_pupuk_organik05.jpg

pran granulator
Pan granulator

Bahan yang sudah tercampur kemudian dilanjutkan ke proses granulasi menggunakan pan granulator. Bahan dipindahkan dengan menggunakan ban berjalan (belt conveyor) secara perlahan-lahan. Di dalam pan granulator ini bahan diberi perekat agar terbentuk granul.

pan granulator dan mixer
Pan granulator

Setelah granul terbentuk dengan ukuran yang diinginkan selanjutnya dilanjutkan ke proses pengeringan. proses pengeringan menggunakan mesin pengering tipe rotary dryer. Mesin ini berupa tabung panjang yang dilengkapi dengan screw di dalamnya. Di ujung tabung diletakkan burner. Suhu dan kecepatan putaran tabung disesuaikan dengan kebutuhan.

pengering
Mesin pengering

burner
Burner

Setelah melalui burner dan pupuk sudah kering, selanjutnya dilewatkan ke sebuah tabung lagi untuk pendinginan dan pengayakan. Bentuk dan ukuran mirip dengan tabung untuk pengering. Di bagian ujung terdapat kawat ayakan dengan ukuran lubang tertentu. Granul akan keluar dari ayakan ini dan langsung ditampung dengan karung.

ayakan


DOWNLOAD PUPUK ORGANIK

Silahkan didownload resources yang mungkin Anda perlukan juga:

  1. Buku Petunjuk Pupuk Organik Granul
  2. Buku Petunjuk Teknis Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT): Padi Sawah Irigasi
  3. Petunjuk Teknis Uji Mutu Pupuk Organik
  4. Standard Mutu Pupuk Organik
  5. Kompos
  6. SNI Dolomit
  7. Kompos Limbah Kakao
  8. Petunjuk Lapang PTT Padi
  9. Budidaya Padi Sehat
  10. Brosur Budidaya Padi Sehat
  11. Brosur Kompos Jerami
  12. Pengelolaan Lahan untuk Budiaya Sayur Organik
  13. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati
  14. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  15. Analisis Biologi Tanah
  16. Juknis Mutu Pupuk Organik
  17. Menuju Pertanian Lahan Kering Lestari
  18. Pembuatan Kompos-Balittanah
  19. Pemupukan Berimbang
  20. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  21. Petunjuk Pengambilan Sampel Tanah untuk Analisis Biologi Tanah
  22. Compost Quality TestGermination Index Method
  23. Compost and Soil Conditioner Quality Standards 2005

Daftar bahan lain yang bisa didownload: Download Di Sini
Cara mendownload: Klik dua kali pada link yang akan didownload. Kemudian ikuti perintah selanjutnya. Kalau ada iklan yang muncul, klik aja iklannya atau langsung ke SKIP ADD yang ada di pojok kanan atas.

Advertisements

Comments are closed.