Foto Diri Dari masa ke masa

Hidup melalui masa demi masa. Sejak di alam barzah kemudian lahir ke alam dunia. Dari kecil hingga menginjak dewasa dan menjadi tua. Setiap masa itu memiliki kenangan sendiri-sendiri. Kadang-kadang jika aku mengingat masa-masa itu aku sering tertawa sendiri. Ingat ketika masih kecil. Ingat teman-teman dulu. Mengingat masa lalu juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengevaluasi diri (mukhasabah). Dan mencoba merumuskan kembali apa tujuan hidup kita ini.

Ada banyak cara untuk mengenang masa-masa itu. Salah satunya adalah dengan melihat foto-foto dulu. Foto-foto yang membawa kenangan-kenangan masa. Mungkin saja foto-foto itu sudah kusam atau sudah kabur. Tetapi dengan melihat kembali foto-foto itu akan menggugah ingatan-ingatan yang terpendam. Aku tidak banyak memiliki foto-foto. Maklum aku dibesarkan dikeluarga yang biasa-biasa saja, jadi foto masih merupakan barang mewah bagi kami. Berikut ini beberapa foto yang masih ada dan masih sempat aku digitalkan.

Ini adalah foto saat kecil yang masih ada. Foto dilakukan di Foto Kawanku. Salah satu studio foto terkenal di kota Magelang. Sampai sekarang pun studio itu masih ada. Foto-foto di sini terkenal bagus dan awet. Kalau tidak salah mungkin umurku waktu kira-kira 6 tahun. Masih duduk di kelas satu SD, SD Impres Cacaban II. Dan keluargaku masih tinggal di kampung Jambon Wot,Cacaban Magelang.

Ini adalah foto yang ada di buku raporku. Masih ‘culun’ ya…. Aku ingat dulu kalau berangkat sekolah aku jalan kaki. Menyusuri kali bening, lewat gunung sukorini, baru sampai ke sekolah. Sekolahku agak terpencil. Banyak teman-temanku dulu yang kalau ke sekolah tidak pake sepatu.

Ini juga foto ketika masih SD.

Ini foto waktu SMP. Kalau tidak salah waktu itu aku habis sakit, makanya agak terlihat kurus. Yang gemuk cuma rambutnya aja. Aku sekolah di sekolah swasta, SMP Purnama. Jaraknya kurang lebih 5 km dari rumah dan aku berangkat sekolah naik sepeda. Kadang-kadang naik angkot. Lumayan juga waktu itu. Aku ingat waktu SMP aku punya gang yang jumlahnya kalau tidak salah 6 – 7 orang. Di mana sekarang engkau kawan, tak kudengar lagi kabarmu.

Foto SMP juga, foto yang ada di dalam raport.

Ini foto waktu SMA. Meskipun aku sekolah di SMP swasta, tetapi aku beruntung karena aku bisa masuk ke sekolah SMA 1, SMA paling favorite di kota Magelang waktu itu. Foto ini kalau tidak salah waktu kelas 2. Aku ambil jurusan A2 alias Biologi. Aku jatuh cinta pada biologi, bahkan sampai sekarang kerjaanku tidak jauh-jauh dari ilmu ini.

Foto ini diambil tahun 92 dengan menggunakan kamera saudara sepupuku. Tempatnya di kamarku.

Foto ini diambil waktu daftar ulang di Unsoed. Aku diterima masuk kuliah di Fak. Biologi Unsoed setelah 2 kali mengikuti UMPTN. Inilah jalan hidupku yang semakin memperdalam cintaku pada dunia biologi. Tak terasa aku kuliah di kampus ini cukup lama, 6 tahun. Terlalu cinta pada kampus J.

Masa-masa awal di kampus. Tipikal anak kos-kosan: kurus, rambut panjang, celana ketat, baju kucel. Kira-kira satu setengah tahun aku tidak potong rambut. Hidup sedikit amburadul sampai akhirnya Allah menuntunku sampai ke Masjid Fatimatuzzahra. Aku insyaf.

Aku sudah kembali ke jalan yang benar. Foto ini diambil di perpustakaan masjid Fatimatuzzahra. Aku habiskan sebagian besar masa kuliahku di masjid ini. Kurang lebih 5 tahun aku tinggal di masjid. Ini membawa perubahan penting dalam hidupku.

Fotoku di ijazah S1. Akhirnya lulus juga setelah berjuang selama 6 tahun. Alhamdulillah. Aku memiliki kesempatan untuk melanjutkan sekolah S2 lagi di IPB.

Foto di ijazah S2 ku. Lebih dewasa dan lebih tua.

Fotoku waktu kerja di LRPI. Pekerjaanku lebih banyak berhubungan dengan komputer. Di sini aku belajar banyak tentang komputer. Dan dengan komputer di foto itu aku menjelesaikan buku komputer pertamaku.

Aku bekerja di labku. Pekerjaan rutinku. Aku menikmati pekerjaan ini, meskipun kata orang kerjaan ini ‘kering’.

Pernah juga aku jadi sedikit gemuk. Kalau tidak salah berat badanku waktu itu 70 kg, padahal biasanya tidak lebih dari 63kg. Ini mungkin fotoku yang paling amburadul.

aku
Foto diambil tahun 2010

isroi berbagi tak pernah rugi
Foto diambil catur wulan pertama tahun 2013

isroi wisuda s3 ugm
Foto ketika wisuda S3 UGM bulan Oktober 2013

Dr. Isroi bioplastik sawit

Di lab mikroba tahun 2016

7 responses to “Foto Diri Dari masa ke masa

  1. Senyam senyum saya melihat postingan diatas…. Ada yang kurang Pak, foto pernikahan Pak Isroi dan Bu Isroi 🙂

  2. Saya tahu nama Anda malah dari majalah infolinux, tahun berapa ya kira2

  3. assalamualaikum
    salam kenal pak . saya soraya mahasiswa tingkat akhir teknik kimia unsri.
    saya sekarang sedang memulai riset mengenai bioetanol dan saya sudah membaca tulisan-tulisan bapak 🙂
    saya ingin bisa sharing dengan bapak , bolehkah saya meminta alamat email pak ?
    terima kasih sebelumnya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s