Sedikit cerita tentang diriku

self_portrait
Aku dilahirkan kurang lebih 35 tahun yang lalu di Magelang, sebuah kota kecil yang sejuk di tengah-tengahnya pulau Jawa. Aku menghabiskan masa kecilku sampai besar di kota kelahiranku. Sempat mengganggur selama satu tahun setelah lulus dari SMAN 1 Magelang. Bosan mengganggur kemudian aku melanjutkan kuliah S1 di Fak. Biologi UNSOED Purwokerto, Jurusan Biologi Lingkungan. Lulus enam tahun kemudian dengan predikat Sangat Memuaskan (IPK 3,11). Selama kuliah sempat menjadi asisten mahasiswa untuk 6 mata kuliah. Aktif di berbagai organisasi kampus maupun luar kampus, seperti UKI, UKKI, Senat Mahasiwa, Bioma, dan aktif di Fatimatuzzahra.

Setelah lulus S1 langsung melanjutkan S2 di Prodi Bioteknologi IPB Bogor, lulus 2.5 tahun kemudian dengan predikt Cum Laude (IPK 3.84). Aku menjalani kuliah sambil kerja, berjualan, dan menikah. Pernah berjualan kertas dan komputer, pernah juga kerja sebagai desain grafis dan kerja sambilan (partime). Bidang yang aku tekuni adalah mikrobiologi tanah (biofertilizer, biodecomposer, dan pupuk organik), dan saat ini menekuni bioetanol selulosa. Aku pernah bekerja sebagai webmaster selama dua tahun di LRPI dan saat ini bekerja sebagai peneliti mikroba di Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia. Beberapa hasil penelitianku yang sudah di-HaKI-kan antara lain: BioSP (pupuk fosfat, co-inventor), Promi (biodecomposer, co-inventor), ActiComp (biodecomposer, co-inventor) dan ActiComp Plus (biofertilizer, co-inventor). Hobiku menulis telah menghasilkan beberapa buku antara lain: SPK Visual Basic 6.0 (PT Elexmedia Komputindo), SPP Trik Efek Animasi pada PowerPoint (PT Elexmedia Komputindo), Trik Desain Presentasi dengan Power Point (PT Elexmedia Komputindo), SGS Bermain-main dengan PowerPoint (PT Elexmedia Komputindo, telah diterjemahkan dalam bahasa Malaysia), TT Membuat Video Klip dengan Windows Movie Maker (PT Elexmedia Komputindo), Tip Bekerja Lebih Efektif dengan MS Word 2003 (PT Elexmedia Komputindo), TT Membuat Movie dari Foto Digital (PT Elexmedia Komputindo), Kompos Limbah Pertanian (Penerbit Andi), Budidaya Padi Sehat (gratis), Pupuk Organik Granul, Sebuah Petunjuk Praktis (Gratis), Tutoral Jabref (Gratis), Buku Kompos (Penerbit Andi Yogyakarta).

Saat ini aku mendalami bioetanol di UGM, Prodi Bioteknologi. Di UGM ini aku aktif di Himpunan Mahasiswa Pascasarjana UGM dan teman-teman mempercayai saya untuk menjadi ketua HMP periode 2009-2010.
***
—2010—-
Alhamdulillah, akhirnya amanah di HMP sampai juga diujungnya.

***

Saat ini saya mencoba serius bener untuk mempelajari bioetanol selulosa. Aku belajar di Chalmers University of Technology dan Boras University, Sweden. Alhamdulillah, suvervisorku adalaha salah satu maestronya bioetanol selulosa, Muhammad Taherzadeh dan Claes Niklasson. Semoga semuanya lancar dan mimpiku semakin dekat.

***
–2014–
Alahamdulillah, akhirnya sampai dan selesai juga.

***
–2016–
Sudah lama tidak update halaman ini. Beberapa tahun terakhir ini adalah tahun-tahun yang luar biasa. Banyak tantangan, banyak cobaan dan banyak pengalaman baru.

Tahun 2015 saya memulai sebuah tantangan baru; yaitu mengeluti dunia per-bioplastikan. Tak terasa waktu terus berlalu dan banyak yang sudah aku alami.

Mimpiku; suatu saat nanti bioplastik ini benar-benar akan terwujud menjadi produk yang bisa dimanfaatkan oleh orang banyak. Bioplastik ini bisa mengurangi penggunaan plastik yang kurang ramah lingkungan. Semoga.

57 responses to “Sedikit cerita tentang diriku

  1. wesss….kerennn.
    semoga terus berkarya.

  2. multitalented dan genius !

  3. LUAR BIASA..INSPIRING…

  4. Asw. Pak, saya jadikan Bapak Isroy salah satu pengisi blogroll di blog saya. Saya masih pemula pak, mohon bimbingannya. Saya tertarik sama blog Bapak karena saya juga lagi seneng2nya sama biofuel. Terima kasih.

  5. Seagai sesama insan saya pro atas blognya

  6. PF, PF, PF, semoga sukses dan berhasil di BIOETHANOL, saya juga ingin ndulit elmunya. Salam

  7. pak isroi Bakat dari orok -> Pinter <-Anugerah Allah SWT

  8. Wah.. sangat banyak pengalaman ya pak Isroi. Semoga bisnisnya berjalan lancar.

  9. kl ga salah nyusun buku VB pake komputer jadul saya ya mas??hehehehe udah di pensiunkan sekarang CPUnya

  10. ass.wr.wb
    aku mengenal mas isroi itu ketika kuliah di unsoed…memang terasa sekali kalo bapak satu ini memang cerdas dan penuh dengan ide2 kreatif…aku kenal bapak ini ketika ikut IKAMA; ikatan keluarga magelang, yaitu ikatan mahasiswa magelang yg kuliah di unsoed..
    melihat dan membaca blog ini semakin membuatku kagum akan prestasi beliau…selamat berkarya terus mas…

    wass.wr.wb

    ilham andi w

  11. As. Wb.
    Salut ama bapak, kreatif, penuh ide and benar2 hidup dalam hidup. Bagi2 resepnya dong untuk jadi hamba Allah seperti bapak.

  12. Amin. Semoga cepat selesai mas Isroi dan kembali ke Tanah Air membangun Negeri. Banyak Anak muda Desa yang berangkat ke Kota bahkan jadi TKI ke luar Negeri karena susah cari makan di Desa. Mari kita Bangun Desa sebagai Sumber Pangan Nasional yang saat ini sedang porak poranda tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.
    Semoga…

  13. agung sudibyo

    disini saya juga berangan bisa memajukan pertanian di desa saya… saya sangat banyak terbantu dari halaman yang bapak muat di sini.. trima kasih banyak ya pak… moga tambah sukses

  14. asw.bapak isroi..
    saya termasuk orang yg mengagumi bapak, banyak sumber yg saya masukan ke skripsi saya yg berasal dari blog bapak..
    saya juga ingin mengikuti jejak bapak untuk bekerja di balai penelitian bioteknologi perkebunan indonesia..tapi belum ada pembukaan pak..
    saya meminta doa pak, agar bisa jadi seperti bapak..amiin..

    • Assalamu’alaikum wr wb.
      Terima kasih, semoga bermanfaat, semoga sukses dengan skripsinya, dan sukses pula dalam bekerja. Amin.
      Saya tidak tahu apakah ada pembukaan lowongan di bpbpi atau tidak.

  15. Mampir sebentar nih Pak….

  16. mampir di halaman abadi ahhhh

  17. Mas saya tertarik sama pemanfaatan molasses. saya kuliah di pertanian ugm. Molasses di sekitar jogja kira2 bisa di dapet dimana ya? apa datang langsung ke pabrik tebu di jalan solo?

  18. slamet yulistiono

    Wah..maaf pak Isroi..Ternyata sudah terjawab dengan sendirinya pertanyaan saya tentang Goeteborg dan aktifitas Bapak di sana? Semoga Bapak selalu sukses disana. Amin

  19. mahasiswa chem_eng

    waw… subhanallah kereenn bgt pak…. gimana kiat2 bisa bekerja sambil kuliah? hal yg blm pernah sya lakukan.. semoga sya bisa mengikuti jejak anda…

    • Saya kerja sambil kuliah karena kebutuhan. Jadi mesti cari cara untuk ‘ngisi perut’ sendiri dan keluarga. Jadi lakukan saja sebisanya. Insya Allah ada jalannya sendiri.

  20. bersyukur menjadi salah satu keluarga Anda dalam generasi Pak Dirman 🙂

  21. How lucky you are….sukses dan terus semangat…dan selalu down to earth!!…..

  22. Saya tertarik dengan cerita pupuk organiknya.
    saat ini saya bekerja pada sebuah yayasan di bidang pertanian khusus tanaman buah yakni membangun kebun buah untuk rakyat. selama 3,5 tahun mulai dari persiapan lahan sampai dengan berbuah yayasan kami yang mendampingi masyarakat. Saat ini wilayah operasional kami tersebar di 9 wilayah salah satunya di kalibagor belakang SMK pertanian adalah yang kami garap dengan komoditas kelengkeng itoh, insyaallah tahun depan sudah mulai penanaman.
    Mohon bantuannya cara membuat asam humat yang sederhana mengingat yang kami hadapi adalah petani dengan tingkat pemahaman yang berbeda-beda, sehingga nantinya petani dapat membuat sendiri. Rencana akan kami aplikasikan untuk tanaman buah.
    Terima kasih

  23. terima kasih atas konfirmasinya. Semoga petani inodensia semakin maju..

  24. saya adalah mahasiswa S3 sama seperti anda cuma bedanya anda masih muda yang sangat kreatif. Untuk bahan tugas akhir sy ingin mendalami tentang unsur K dan Si sebagai pupuk yg mempunyai efek terhadap ketahanan tanaman, serta penggunaan pestisida nabati asam jasamonat (JA). Apabila berkenan mohon informasi lebih lanjut tentang ketiga unsur tadi (K, Si dan JA), hasil penelitian maupun dalam bentuk produk serta cara aplikasinya.
    Atas bantuannya sy uapkan terima kasih

    • Selamat datang Bu Tety. Sebenarnya saya juga sudah tidak muda lagi. Rambut saya sudah banyak ubannya. Di kampus banyak temen-temen mahasiswa S3 yang lebih muda dari saya.

    • Bu Tety, saya tidak banyak mengkoleksi referensi pupuk K atau Si, apalagi asam jasamonat (JA). Di buku-buku tentang ilmu nutrisi tanaman banyak yang membahas tentang hara nutrisi untuk tanaman, termasuk K dan Si. K termasuk pupuk makro. Sedangkan Si jarang dianggap pupuk karena banyak tersedia di tanah. Namun, beberapa tahun yang lalu mulai ada ide untuk pemupukan Si, karena diketahui beberapa tanaman sangat rakus terhadap Si. Contohnya tanaman tebu. Cuma itu yang saya tahu. Klo literatur, sekali lagi saya tidak punya koleksinya.

  25. aslmkm warahamtullah…..
    saya mengagumi bapak, dan menyukai blok ini…sangat kreatif dan sangat berbagi dengan ilmu…banyak informasi yg saya dapati di blok ini…, semoga ini menjadi jalan ibadah..bagi bapak…aminn

  26. sangat tertarik juga dengan bioetanol sari selulosa ini… mau infonya pak, bisa belajar sama maestronya di sweden

  27. Bang bisa bantu masalah c organik?
    Dr berbagai ref aq baca semua nerangin bahwa c organik berasal dari sampah/kompos

    Padahal asap cair juga punya kandungan c organik??

    Yg mau saya tanyakan apakah fungsi dan peran c organik dari asap cair sama dengan c organik yg terbuat dari kompos
    Minta kontak’nya bisa??

    ¦¦¦¦‎​ ゜Ť є ŋ ģ Ķㄚㄩ ゜¦¦¦¦:)

  28. boleh saya minta email addnya pak?

  29. arif magelang

    ha ha ha bagi bagi doa sekalian buat ane biar jadi sukses di jalan ane… sampe ketemu di rumah lagi

  30. assalamualaikum, maaf Pak Saya Abdi Gunawan, Bioteknologi IPB angkatan 2013, Kalau tidak keberatan, Saya ingin berdiskusi terkait studi di BTK IPB via email. Terima kasih.

  31. abdigunawan.biologi45ipb

    Assalamualaikum, Maaf Pak Saya Abdi Gunawan Bioteknologi IPB angkatan 2013, Apakah Bapak bersedia untuk diskusi terkait studi di Biotek IPB via email ?. Saya terinspirasi dengan prestasi Bapak di IPB dan PascaIPB. Terima Kasih

  32. Purwanto gepeng

    Waduhhhhh bingung komentarnya ,habis pintere dipek dhewe……
    trims om, sangat bermanfaat, lanjuttttt terus. banyak yag terinspirasi.

  33. Orang hebat dan mau berbagi yang pernah saya kenal…Sukses selalu Pak..

  34. Salam kenal bapak..terima kasih infonya..sangat membantu untuk kelangsungan bumi pertiwi

  35. wah.. setiap cari materi buat tugas kuliah selalu berhenti di blog ini, rasanya semua yang saya butuhkan ada disini 😀
    sampai penasaran yang punya blog ini siapa, org mana, kuliah dimana dan terjawab setelah baca cerita ini..
    terima kasih pak, insya Allah pahala nya terus mengalir setiap ada yang membuka dan mengambil ilmu dari blog ini.. amin

  36. Mamtapp Banyak bukunya masih panjang karirnya 🙂 semoga sukses

  37. Thamrin Haro

    semoga inovasinya makin di berkahi Allah..

  38. indra cahyono

    Asslmkm pak Isroi,

    Pak, mohon bimbingannya untuk pembuatan pupuk organik granular limbah sawit (solid).
    Mohon kesediaannya.

    Terima kasih.
    Salam,

    Indra

  39. Salut pada anda yang kreatif dan penuh ide.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s