Buku Tamu

Selamat datang di blog saya. Semoga bermanfaat.
Silahkan tinggalkan jejak, agar saya tahu Anda pernah berkunjung.

533 responses to “Buku Tamu

  1. sippp mas isroi tanpa L hehehe,,,jd pingin pulkam nie, baca artike kmu mas, update trus ya tetang magelang atau foto2 kotaku yg terbaru…makasiih

  2. Salam kenal dr petani lereng gunung raung

  3. Muhamad eko itomo

    Alo bang Isroi salam kenal yah… Saya sangat tertarik dengan isi Website anda, benar2 menambah ilmu. Sepertinya anda master pupuk bang :)… hehehe. Bang mau tanya nih, Bisa gak sih pupuk yang untuk tanaman darat di terapkan di Aquascape ? pengen coba kompos + tanah di jadiin pupuk dasar pada aquascape, maklum bang dana cekak tapi pengen maen aquascape…
    atas pencerahannya saya ucapkan terima kasih.

    • Saya belum pernah bekerja dengan tanaman-tanaman air. Jadi tidak bisa banyak memberi saran. Namun, pada dasarnya kebutuhan nutrisi untuk tanaman air sama seperti pada tanaman darat. Mestinya kompos bisa dijadikan pupuk dasar untuk tanaman air. Kalau pupuk kimia mungkin tidak bisa, karena sebagian pupuk kimia larut dalam air dan kemungkinan bisa mengganggu ikannya. Semoga membantu.

  4. Yudha Budi Santosa

    Terimakasih artikelnya utk menambah pengetahuan saya sbg petugas lebersihan.

  5. boleh minta gambar skematik mesin cacah untuk pembuatan pupuk organik? Salam dari medan.

  6. bagus terus berkarya semoga sukses amin

  7. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh….salam kenal mas Isroi , terima kasih atas semua ilmunya…..Jazakallohu khoiron katsiron…..

  8. Budi triyono,se.

    Bagus sekali.salam sukses dari bawen.trimakasih

  9. slmt mlm pak isroy,saya herman dari kampar,riau.saya ingin menanyakan bgaimana cara fermentasi urine sapi dgn promi.dan brpa dosis promi untuk 100 ltr urin.trima kasih pak.

  10. salam kenal….
    ini sangat berguna bagi saya dan murid saya di SMK-SPP putra jaya stabat-kab. Langkat SUMUT.

  11. asalamualaikum pak Isroi, salam kenal sy mo nanyak klo mo bikin pupuk organik kayak petroganik dengan bahan baku bukan dari kotoran sapi/ayam bisa gak ya bahan apa saja, makasih

  12. Bismillah.
    Orang yg pandai bersyukur kepada manusia, hakikatnya ia pandai bersyukur kepada Alloh.
    Jazakallohu khoiron.
    081313973456

  13. yth. bapak Isroi.
    mohon informasi mengenai harga dan tempat penjualan enzim lipase.
    bahan enzim tersebut akan saya pergunakan untuk penelitian.

    terima kasih pak isroi atas bantuannya.
    salam hormat dari julianto di kalimantan barat

  14. basuki mowogeni

    maturnuwun referensinipun,,,
    mantab asiknya berbagi ilmu.

  15. sangat membantu

  16. Ass Mas Isroi,
    Salam kenal dari saya pak Jarwo calon pensiunan PNS pada september 2014
    Saya baru saia memberi komentar dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada mas Isroi pada tulisan tentang sejarah penemuan PROMI, untuk itu mohon dengan hormat jawaban lengkapnya dari mas Isroi, .
    Terima kasih atas jawabannya
    Pak Jarwo- Kalibata, Jakarta Selatan

    • Assalmu’alaikum wr wb.
      Selamat berkunjung ke blog saya Pak Sudjarwo. Semoga bermanfaat.

      Saya belum pernah mengkomposkan cocopeat. Biasanya cocopeat langsung dipakai tanpa pengomposan terlebih dahulu. Mungkin yang menghambat pertumbuhan adalah kandungan tannin di dalam cocopeat ini.

      Promi bisa saja digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan tannin ini. Mikroba decomposer yang ada di Promi akan menguraikan tannin dan senyawa ‘racun’ lainnya. Selain itu di dalam Promi juga terdapat mikroba yang bermanfaat untuk tanaman (biofertilizer). Jadi pemakaiannya tidak perlu dikomposkan sampai benar-benar jadi kompos, tetapi cukup dikomposkan kurang lebih seminggu atau dua minggu saja. Setelah itu bisa langsung dipakai ke tanaman.

      Dosis penggunaan Promi adalah 1 kg untuk 1 ton bahan. Jadi kalau bahannya ada 10 ton hanya membutuhkan promi sebanyak 10 kg. Yang perlu diperhatikan adalah pencampurannya agar Promi bisa tercampur merata ke dalam bahannya. Pemesanan Promi bisa ke Bu Haji Erna 08134524262.

      Semoga bermanfaat Pak Sudjarwo dan semoga sukses dengan pertanian organik Anda. Silahkan kalau ada yang ingin ditanyakan lagi bisa via email.
      Wasslamu’alaikum wr wb.

  17. Assalamu’alaikum

    Terima kasih banyak Mas isroi, artikelnya sangat bermanfaat.
    Mohon izin untuk copas ya ….
    Semoga Barokah. Aamiin

    Jazakalloh khoiron katsiron

    Wassalam

  18. Assalamualaikum, artikel maupun tutorialnya sangat menginspirasi kami untuk migrasi ke pertanian organik.

  19. go green

  20. Salam kenal Pak Isroi
    Nama saya : Harliyus
    Profesi : Petani di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat
    Minat : Ilmu Pertanian terapan untuk peningkatan hasil pertanian baik secara kuantitas maupun kualitas
    Blog : Belum punya
    Media Sosial : Facebook Harliyus Chaniago

    = Terima kasih atas ilmu dan pengalaman yang sudah Bapak bagi =

  21. mawlana bariqlana

    manab bgt tuch info’a,tntu’a bgi smua ptani husus’a saya pribadi.di tgu info sljut’a thk’s , , , ,

  22. artikelnya seru-seru apalagi yang artikel video hantu itu. Salam kenal gan 🙂

  23. Artikelnya seru-seru apalagi yang video hantunya. salam kenal ya gan 🙂

  24. sy mau jg tuh rumah

  25. salam kenal dr Jambi

  26. Terima kasih banyak Mas isroi, artikelnya sangat bermanfaat.

  27. Assalamu’alaykum. Indahnya berbagi memberi manfaat untuk orang lain. Petani sejahtera. Indonesia kaya.

    _GO GREEN

  28. Salam kenal mas Isroi, saya pemerhati masalah lingkungan sangat tertarik dengan alat pemrosesan bioetanol mohon informasi harga alat, trim mas

  29. Salam kenal..
    Isi Blognya bagus-bagus dan bermanfaat..
    Edisi Desember 2013 ini, kami juga menyajikan mengenai “Mencipta Energi Alternatif dari Barang Terbuang”..
    Artikelnya bisa dibaca di http://majalahbisnisglobal.co/mencipta-energi-alternatif-barang-terbuang-1613.html
    Terima kasih..

  30. Assalamu’alaykum mas Isroi….
    Artikel yang sangat membantu bagi petani kita…..mudah-mudahan tetap memberi manfaat bagi petani kita.
    Pupuk cair yang cocok untuk tanaman jahe merah agar pertumbuhan rimpangnya cepat besar dan berkwalitas dan proses gimana ya mas?Wassalamu’alaykum

  31. assalamualaikum…..salam kenal mas dari saya temanggung, petani baru belajar, tinggal dimana magelangnya mas ?

  32. terima kasih pak isroi atas informasinya, semoga Allah SWT memberikan keselamatan, kesehatan dan kemuliaan, amiiin.
    salam hormat by Julianto, Pontianak – Kalimantan Barat

  33. Assalamualaikum Wr Wb…salam kenal ya

  34. Assalamualaikum….
    salam kenal pak isroi…..
    saya tertarik dengan artikel bapak yang berjudul: meramu pestisida nabati untuk pertanian organik… saya saat ini sedang mencoba membuat pestisida nabati, saya mu bertanya pak, apakah ada bahan alami/organik yang bisa membuat pestisida itu tahan lama disimpan karena pestisida yang saya buat kalau sudah 3 hari sudah mengeluarkan bau tak sedap (seperti bau busuk), ada juga yang dipermukaanya dtumbuhi jamur putih-putih,

    terimakasih….

  35. Blog nya keren pak 🙂

  36. Salam kenal Pak, semoga produknya akan terus jadi andalan petani dan menyebar ke seluruh nusantara.
    Dari Ridwan di Pangkalpinang – Bangka

  37. salam kenal pak, saya tertarik dgn proses bioetanol..skrg saya mo tanya nih kan lignoselulosa dihidrolisis dgn asam hsil filtratx kemd difermentasi..nah bukannya filtratx itu msh asam?apakh bs mikroba menfermentasi krn kondisi asam?klo misalnya filtratnya saya netralkan dulu dengan NaOH trus bgmn cara memisahkannya?apakah bs hanya disaring aja…terima kasih pak atas jawabannya..klo bisa dikirim ke email saya ya pak..tks (r4f1k4_07@yahoo.co.id)

  38. Berapa lama pupuk hayati efektif dalam tanah dan pupuk hayati terbagus apa ya?

  39. Pa Isroi, sy sangat tertarik dg kiprahnya berbaur dan menjadikan sampah sbg bagian dari hidup anda. blh dong sy ikut berbagi sekitar mslh persampahan di Indonesia.
    Tlg info pak, berapa banyak sampah yg dihasilkan setiap org/harinya

  40. assalamu’alaikum wrwb.. apa kabar pak.. smg selalu sehat sejahtera serta keluarga. alhamdulillah saya sudah selesai pak, terima kasih semuanya pak

    • Wa’alaikum salam wr wb. Alhamdulillah, kabar baik. Selamat Ya. Sudah lulus ya? Semoga barokah. Semoga kpn2 kita bisa ketemu lagi. Amin.

  41. Salam kenal Pak Isroi,
    Kami sedang mencari mesin kompos untuk TKKS, saya lihat ada gambar mesin pengering-pencacah-Compossing di blog anda, apakah itu untuk proses TKKS. Mohon informasi lebih lengkap, terima kasih.
    Salam…..Rasiman

  42. yunita Iswandari

    Salam kenal, saya pns, baru seneng tanam-tanam sayuran, ingin belajar membuat pupuk organik, terimakasih referensinya sangat bermanfaat.

  43. aslmlkm matur suwun mas sharing infonya saya itu kepengin bertani buat masa pensiun nanti tapi mengawalinya dari mana bingung maaf latar belakang bukan petani tapi suka dg pertanian mohon bimbingannya mas sekali lagi matur suwun

  44. Asslamualaikum,,,
    Saya sangat tertarik dengan teknologi tepat guna yang anda tawarkan, saya Rudy, dari bandung, ingin bertukar informasi ttg pemanfaatan energi tepat guna khususnya untuk IKM/UKM, mungkin di blog bapak ini ada yang tertarik dengan teknologi tepat guna untuk pengeringan padi atau beberapa hasil pertanian yg harus menggunakan BBM kita dapat menggantinya dengan campuran biomassa dengan batubara atau dengan biomassa saja. teknologi yang kami tawarkan adalah gasifikasi, untuk keterangan lengkap mungkin bisa menghub, rudysaputra@yahoo.com.
    mudah-mudah bisa bermanfaat bagi petani atau pengusaha kecil dengan energi murah dan aman, saya telah menerapkan untuk pengeringan : padi, tembakau, pabrik tahu/tempe dan yang memerlukan steam untuk pemanfaatan yang lainnya.
    wassalam
    rudy

  45. terima kasih.. sangat bermanfaat tuk saya

  46. saya jual Arang cangkang sawit yang saya miliki sekitar 500 ton.
    Saya sudah melakukan uji lab di kampus Institusi Teknologi Surabaya (ITS), sbb:
    Moisture 3,49%
    Ash 1,82%
    Volatile Matter 4,24%
    Fixed Carbon 90,45%
    Calori kcal/kg 5.402
    Saya berproduksi di Sampit – Kalimantan
    Untuk informasi harga langsung hubungi saya via email andiono.nugraha@yahoo.com atau 081336000589
    THX

  47. terima kasih informasinya, salam hormat by julianto kalimantan barat

  48. agung widiyanto

    salam kenal mas isroi, saya pengguna promi untuk pembuatan kompos, dari bahan limbah pabrik gula, promi hasilnya bagus.

    • Selamat Mas Agung. Semoga semakin sukses pembuatan komposnya dan bisa mengurangi penggunaan pupuk kimia.

      • agung widiyanto

        mau tanya mas isroi, untuk blotong tebu, di campur bahan apa biar menghasilkan kompos yang bagus?

      • Blotong bisa dicampur dengan pupuk kandang atau sampah daun2an.

      • agung widiyanto

        dah habis 1 kwintal promi, mas alhamdulillah lancar, bahan bakunya yang telat, untuk mempercepat pengkomposan gmna ya

      • Alhamdulillah. Semoga semakin sukses & lancar.
        Bahan yg dikomposkan apa? Saat ini perlu waktu berapa lama?
        Coba diimprove pelan2.

      • agung widiyanto

        bagus mana mas, promi dengan acticomp

      • agung widiyanto

        apa keunggulan promi dengan acticomp

      • Sama saja. Cuma Promi diaplikasikan satu kali. Kalau acticomp 2 kali.

      • agung widiyanto

        kalau dah habis 1 ton promi aku akan ke bogor menemui mas isroi

      • Saya tunggu kedatangannya.

      • agung widiyanto

        kompos matang yang bagus, kadar airnya berapa % mas, dan apakah mikrobanya akan mati bila kompos yang telah jadi di jemur diterik matahari biar kering

      • Kadar air tidak ada patokan. Klo baru dibuat masih cukup tinggi 45-60%. Kalau untuk aplikasi <25% (dijemur matahari). Pengerikan akan sampai kering kira2 15% akan mengurangi populasi mikroba. Kalau sampai kering sekali <10%, sebagian besae mikroba akan mati. Tetepi tidak mati semua.

    • agung widiyanto

      bahannya dari blotong tebu, saat ini 1 bulan baru jadi… mas roi, kemarin ngolah bahan baku 40 ton, sekarang saya tingkatkan jadi 60 ton.. maaf permintaan terus naik..

      • Blotong bentuknya halus, sehingga rongga udaranya kecil atau kurang. Untuk mempercepatnya bisa menambahkan bahan2 lain yg agak kasar (daun, rumput/yg ada di pupuk kandang, dll). Lalu atur dan kendalikan kadar airnya. Jangan terlalu basah atau bahkan kering. Terlalu basah akan mengurangi kandungan udara pada blotong. Coba saja, semoga bisa sedikit mempercepat proses pengomposannya. (Y)

      • agung widiyanto

        mau tanya mas,:
        1. aplikasi promi untuk blotong baiknya di campur air apa pasir?
        2. untuk tes kompos pake kecambah, tanah, bahan kompos apa dibasahi air?
        3. kalo ada pelatihan pembuatan kompos saya siap di undang

      • 1. Tergantung kadar air blotong. Kalau basah sekali jangan pakai air.
        2. Kompos harus basah dg kadar air sekitar 65%. Kalau komposnya kering biji tdk akan berkecambah.
        3. Siip

      • agung widiyanto

        pak isroi ini hasil lab, blotong dengan dekomposer promi..
        PH = 1:2,5
        H20= 0,3
        Karbon atau nitrogen = 8, bahan Organik =32,27 %, Phospor = 1,94 %,kalium 0,14 %, kalsium 2,99%magnesium= 0,44% kapasitas tukar kation 41,57%..

      • Terimakasih, Pak Agung. Ada data yg perlu sedikit dikonfirmasi. Antara lain, pH, kadar carbon atau nitrogen. Untuk pH mestinya dekat dg angka 7. Tidak mungkin 2.5 karn sangat rendah sekali. Kemudian nitrogen rasanya tidak mungkin sampai 8. Paling 1-3%. Yang lain sih bisa bervariasi.

    • agung widiyanto

      pak isroi, ini hasil tes perkecambahan kompos saya dari 20 biji kacang hijau, dia atas tanah 20, bahan, 16, kompos 20

      • Pak Agung,
        Saya ulangi datanya:
        tanah 20
        bahan 16
        kompos 20

        Berarti yang dikompos sama dengan yang ditanah. Menurut saya kualitas komposnya bagus sekali.
        Selamat, Pak.

      • agung widiyanto

        tanya lagi pak isro boleh?
        1. kompos setelah jadi saya kasih pengkaya pupuk hayati bermikroba, apakah mempunyai pengaruh di tanaman?
        2. tinggi rendahnya tumpukan kompos apa berpengaruh pada proses fermentasi?
        3. waktu aplikasi promi di campur molase apa lebih bagus?

        Saat ini saya jadi buronan petani, banyak petani yang memburu kompos saya…. bulan ini saya coba tingkatkan kapasitas menjadi 80 ton sekali olah.

      • 1. Penambahan mikroba akan perpengaruh ke tanaman. Saya sudah mencoba beberapa kali dan beberapa teman juga sudah mencobanya sendiri. Namun, kadang-kadang pengaruhnya juga tergantung pada jenis mikroba yang diberikan. Secara umum penambahan mikroba berpengaruh terhadap kualitas kompos dan responnya terhadap tanaman.

        2. Tinggi rendahnya memang ada pengaruhnya, untuk skala besar tinggi yang disarankan adalah 1.5 meter. Untuk skala kecil 0.5-1 meter. Jika terlalu tinggi atau terlalu lebar, bagian tengahnya bisa bereaksi anaerob. Jika terlalu rendah, suhunya kadang-kadang tidak bisa naik tinggi.

        3. Menurut saya sama saja, molases hanya gula saja. Memang penambahan gula akan lebih baik untuk mikroba. Gula adalah makanan mikrobanya. Cuma tidak selalu akan mempercepat proses pengomposan.

        Selamat, Pak. Semoga tercapai targetnya. Silahkan kontak saya lagi jika ada yang ingin ditanyakan.

    • agung widiyanto

      slamt hari raya idhul fitri, mau nanya lagi.. saat ini saya sedang mengolah blotong baru yang panas karena langsung dari pabrik.. kisaran 70 derajat celcius.. apakah mikroba promi mati?

      • Selamat Hari Raya juga. Blotong yg masih panas dan langsung diaplikan Promi tidak akan membunuh semua mikroba Promi. Sebagian mungkin ada yg ‘pingsan’, ketika suhu turun mikrobanya akan tumbuh lagi. Silahkan dicoba.

      • agung widiyanto

        gimana kalau kompos di tambah dengan hormon2?

      • tanya lagi pak isroi:
        1. mengapa blotong yang di kasih promi kalo dah jadi warnanya hitam.

      • Tidak hanya blotong. Tlethong sapi, jerami, tankos, daun dan sampah juga berwarna hitam setelah jadi. Saya juga tidam tahu jawabannya mengapa.
        Sama seperti pertanyaan mengapa langit selalu biru, kenapa tidak merah atau hijau saja.

  49. Terimakasih Mas Isroi…Artikelnya sangat bermanfaat

  50. Assalamualaikum, mas isroi,
    salam kenal, hafidh
    ada kiriman spesial juga lhooo
    http://hafidhmind.wordpress.com/2014/06/03/have-fun-with-liebster-award/ thanks

    • Wa’alaikum salam. Selamat berkunjung ke blog saya. Terima kasih undangannya. Saya ngeblog bukan untuk mendapatkan award. Saya cuma ingin nulis dan berbagi. Itu saja.

  51. assalamu’alaikum salam kenal pak, saya sangat tertarik dengan tulisan jenengan semoga banyak manfaat

  52. Ass Wr Wb …
    Alhamdulilah saya menemukan blog mas Isroi..
    Postingannya sangat bermanfaat & inspiratif … ( wlw blm seluruhnya saya baca )…
    ijin COPAS mas …
    Smg amal kebaikan mas Isroi akan meningkatkan derajat mas … amien3x…

  53. Assalamualaikum. Wr.Wb.
    Matur nuwun atas segala info yang tersedia. Ijin COPAS um..

  54. mau tanya mas.
    Saya dari Brebes jawa tengah, daerah kami terkenal penghasil bawang merah, tetapi hasil produksi semakin menurun dan kualitasnya berkurang, kami banyak menggunakan pupuk kimia, pertanyaan saya untuk tanaman bawang merah jenis pupuk apa yang tepat? dan kandungan apa saya yang harus terdapat pada pupuk bawang merah?

    • selamat datang di blog saya, Pak Saefudin. Semoga bermanfaat.

      Kualitas produk/bawang dipengaruhi banyak faktor. Pupuk hanya salah satunya saja. Mungkin saja disebabkan oleh daya dukung tanah yang menurun, iklim, bibit, teknik usaha tani-nya/budidayanya, dan lain-lain.

      Saya belum pernah terjun langsung menanam bawang. Tapi saya sering mendengar cerita dari petani-petani bawang di daerah Brebes. Petani bawang biasanya menyewa lahan, jadi bukan lahan sendiri. Mereka lebih berpikiran jangka pendek. Yang penting produksi tinggi, entah berapa banyak pupuk kimia yang diberikan. Meskipun mereka tahu itu tidak baik untuk tanah dan kesuburan tanah jangka panjang. Akibatnya daya dukung tanah menurun dan produktivitas maupun kualitas juga menurun.

      Saran saya kembali ke pupuk organik bisa membantu mengembalikan kesuburan tanah dan selanjutnya bisa meningkatkan produksi maupun kualitas bawangnya. Memang efek pupuk organik tidak bisa dilihat seketika, dalam satu kali musim belum tentu kelihatan signifikan efeknya.

      Pupuk organik/kompos/pupuk kandang yang sudah matang bener saya rasa akan bagus untuk mengembalikan kesuburan tanah. Dosisnya disesuaikan dengan kemampuan dan bisa dikombinasikan dengan pupuk kimia.

      Terus terang saya belum melihat kebutuhan unsur hara khusus untuk tanaman bawang. Pupuk umumnya terdiri dauri hara makro dan mikro. Saya tidak tahu, mungkin saja bawang membutuhkan unsur hara mikro/makro tertentu yang lebih banyak daripada tanaman lain.

      Strategi pempukukan lainnya adalah dengan melihat ketersediaan/kesuburan tanah di daerah Brebes. Ini harus dilakukan di laboratorium tanah. Kalau bisa diketahui bagaimana status kesuburan tanah di Brebes, bisa dirancang pupuk yang sesui untuk daerah brebes dan sesuai untuk tanaman Bawang.

      Demikian yang bisa saya sampaikan. Mungkin tidak bisa membantu secara spesifik. Tetapi minimal bisa memberi gambaran tentang pemupukan untuk tanaman bawang.

      Selamat datang kembali.

  55. Assalmualikum wr wb
    pak isroi salam kenal, sy tertarik dng asam humat, oiaa… kira2 asam humat ada tidak yang kandunganx bisa mencapai 80%< ? ,
    kalo ya…terbuat dari apa ?

    • Wa’alaikum salam. Silahkan dicari klo ada silahkan dshare ke saya.

      • sy kirim ke email bpk aja.
        sy suka menanam apa saja. sy pingin praktekan AH d kebun sendiri yg terkendala tanahx yg cepat kehilangan air hanya dlm wkt kira” 2-3 jam, jarang ada air kecuali air PAM (tpi bsa sy atasi dng tangki air 500 L+mesin diesel+pick up roda tiga), dan tdk ada drainase. pupuk kandang sudah sy tabur, klo sy perhatikan ada perubahan tapi rasax tdk terlalu signifikan (mngkin kurang banyak?), oleh krn itu sy tertarik ttg asam humat setelah sy baca artikel ttg AH dari berbagai sumber. Kira” Ada saran utk sy dng kondisi d atas ?
        tanaman yg sdh sy coba : cabe lokal, tomat, terong panjang dan bayam (bukan bayam cabut) “berhasil” walau biaya pengairan berat

  56. Thanks udh mau berbagi infonya ya,sangat bermanfaat!!! Mohon kunjungan baliknya ya gan,salam dari : http://tokoonlinegratis73.blogspot.com/

  57. Karena ini adalah buku tamu, ya saya isi aja buat silaturahmi L)

  58. terima ksih atas infonya, didaerah di mantiung Pandeglang,banyak tanaman singkong, jadi saya berminat untuk mengembangkan bio ethanol yang berbahan baku singkong, tapi saya keterbatasan modal dan ilmunya,

  59. assalamu’alaikum salam kenal pak Isroi, saya berterima kasih dengan tulisan bapak terkait pengolahan sampah dan penjualan hasilnya, semoga jadi amal…

  60. Salam Pak Isroi,
    Saya Fuad Amin, di Depok Jabar.
    ingin belajar untuk Proses pengolahan Sampah Pasar.
    Mohon Bimbingan step by step. termasuk biaya penyediaan tempat dan per mesinan yg di gunakan.
    kalau boleh mohon yang mudah untuk di pahamkan.
    salam dan terimakasih,
    Fuad Amin

  61. Baik Pak Isroi, mohon bagi alamatnya, insyaallah saya sempatkan mampir
    salam,
    Fuad Amin

  62. Terima kasih Pak Isroi, artikelnya sangat bermanfaat.

  63. terimakasih mas, blognya sangat membantu dalam pengerjaan tugas saya, yang mau saya tanyakan, kenapa ya kalo mau download gambar animasi ppt ko katanya udah dihapus pas masuk link adF.ly..
    terima kasih, ditunggu jawabannya

  64. Thomas Racharto

    Selamat malam Bp. Isroi…perkenalkan saya Thomas Racharto dari Banyuwangi, orang awam sebagai peminat untuk bisa melakukan inokulasi jamur fusarium sp sendiri (karena semangat berhemat) pada tanaman penghasil gaharu (Aquilaria Malaccensis) ;dari hasil perburuan saya di internet mendapatkan judul yg. sangat mengena “Media untuk pertumbuhan jamur: Media Kentang”..yang Bp. tulis …dari sinilah saya memberanikan untuk berkomunikasi dengan Bp. Dr. Isroi dengan….1 (satu) pertanyaan : mungkinkah eksrak fusarium sp. dikembang-biakkan di media PSA Bp. Isroi itu, berapa lama dan tetap murnikah untuk dijadikan inokulan yg. efisien dan efektif pada pohon penghasil gaharu tersebut.;
    Dengan keterangan Bapak .kiranya saya bisa ikut mendapatkan bagian dari prinsip Bapak “Berbagi tidak ada ruginya”…ngapunten Bapak Isroi…maturnuwun keterangannipun;
    Hormat saya….Thomas Racharto,

    • Media kentang adalah media umum untuk jamur. Mestinya bisa untuk menanam jamir fusarium dan jamur2 yang lain.
      Untuk mendapatkan kultur jamur yang murni ada prosedurnya sendiri. Masalah ini bukan hanya masalah media saja. Demikia pula untuk mendapatkan jamur yg efektif menghasilkan gaharu, ada cara2nya juga. Kalau di ilmu penyakit ada yang namanya postulat Koch. Postulat ini yang dipakai untuk mendapatkan kultur jamur yang efektif.

  65. Terimakasih Pak Isroi…hormat saya Thomas Racharto

  66. Assalamualaikum wr.wb
    Salam kenal pak Isroi… saya suka gaya bahasa tulisan bapak, simple, apa adanya dan menginspirasi. Semoga berkah.

  67. terima kasih dan sangat membantu, selalu bermanfaat bagi orla

  68. sere rohana napitupulu

    Terimakasih ulasan membuat kompos ,ditempat saya membuat kompos bahan bahan dari potongan rumput dan daun dari fasum (fasilitas umum) dan halaman, terimakasih Pak Isroi

  69. Machmud Abdul Karim

    Assalamualaikum wr wb
    Salam kenal mas isroi. banyak pengetahuan yg saya dapat dari tulisan anda.
    Mau tanya ada brp macamkah promi itu? Trims

    • Wa’alaikum salam. Salam kenal juga. Selamat datang di blog saya. Semoga memberi manfaat untuk Anda.
      Promi cuma ada satu macam. Tetapi di dalamnya ada tiga mikroba, yaitu: aspergillus, polyota, dan trichoderma. Informasi lebih lengkap tentang Promi silahkan kunjungi: https://isroi.com/promi/
      Selamat berkunjung kembali.
      Wassalam.
      Isroi

  70. AIYANGGA ALFARIDZI

    Sy tertarik dgn ulasan mengenai promi dan symau nanya apakah promi terrsebut dpt kami gunakan pada tanaman lada yg layu bahkan mati karena pembusukan akar dan dimana kami bisa dapatkan promi

  71. saya baru mulai bertani, rencana tanam pepaya california, dimana saya bisa mendapatkan bibit yang bagus dengan harga terjangkau ??

  72. Bang Isroi
    kenalkan saya (bambang)dari Cilacap,punya limbah serbuk gergaji dan hanya dibakar oleh Bapak saya karena terus menumpuk setiap harinya
    bagaimana dengan menggunakan Promi serbuk dan tatal kecil bisa jadi kompos, terimakasih

  73. Assalamua’laikum..
    Salam kenal dari saya, Ahmad di Martapura, Kalsel.
    Semoga ilmunya tambah diberkahi…

  74. assalamua’ikum..
    salam kenal mas isroi
    mau tanya nie…saya akan memproduksi kompos dari blotong (sisa produksi pabrik gula) supaya kualitas lebih bagus lagi bahan pengkaya apa yg harus sya tambahkan. sya ingin N=2%,, P2O5 = 4-5% K2O = 2%. tks bantuannya

  75. ass, mas Isro’ slm kenal…..saya tertarik ttg budidaya kultur spriluna , gmn ada pelatihannya ga..dimana, trus sy minat bibitnya bisa ga.., mas info terus ya ttg spirulinanya kalau sdh panen
    mohon jawaban

    • Wa’alaikum salam. Salam kenal juga.
      Mohon maaf, kami tidak mengadakan pelatihan budidaya spirulina termasuk penyediaan bibitnya. Selama ini masih untuk memenuhi kebutuhan kami sendiri.

  76. assalamualaikum Pak Isroi salam kenal…
    Blog nya sangat membantu dan menambah pengetahuan sya.. mksh ya Pak.

  77. Salam kenal Mas Isroi, saya akan mencoba membuat kompos jerami saat panen april nanti buat sawah orang tua di Jatiwangi Majalengkaa

    • Alhamdulillah. Jangan dibakar jeraminya. Selain itu untuk mengurangi penggunaan urea, sehari setelah panen langsung disebar benih orok2. Orok2 bisa menekan pertumbuhan gulma dan menambah kandungam N tanah.

  78. saya tertarik dengan promi nya pak. untuk mendapatkan promi wil jember di mana ya pak?

  79. trimakasih,,, inspiratif ….inovatif…go sucses..

  80. terima kasih info-infonya, saya sangat senang berkunjung di web ini, semoga tambah tambah maju. salam hangat dari toko grosir daster

  81. saya tertarik dengan beberapa tulisan bapak,terutama tentang bioetanol dari air kelapa,saya ingin mengetahui lebih jauh tentang itu,mohon referensi yang lebih luas,kalau bapak berkenan berbagi,,,,terima kasih pak

  82. Assalamu’alaikum,
    Salam kenal mas Isroi, terimakasih banyak artikelnya sangat bermanfaat.
    Mohon izin untuk copas ya… Semoga barokah…aamiin
    Jazakallohu khoiron..

    Wassalam,
    Jaya

  83. Assalamu’alaikum pak isro, mohon kirimkan file presentasi sampah dan limbah ke email julianto_sintang@yahoo.co.id. terima kasih dan salam hormat dari julianto kabupaten sintang – kalimantan barat

    • Wa’alaikum salam. File2 itu bisa didownload sendiri secara gratis di blog ini. Tdk bisa dikirim via email krn ukuran filenya yg besar.

  84. Assalamu’alaikum pak isro, kebetulan mampir diblognya pak isro dan saya lihat ada artikel tetang jahe..
    apakah juga mengadakan pelatihan budidaya jahe…??

    maryono

  85. Alhamdulillah artikel artikelnya sangat bermanfaat, saya simak terus.. mudah mudahan saya bisa belajar

    • Terima kasih. Selamat datang di blog saya, semoga bermanfaat. Silahkan berbagi dengan yang lain jika Anda merasa artikel di sini bermanfaat.
      Selamat berkunjung kembali.

  86. nelsonabsonybarus

    Senang bisa baca blog bung Isroi
    Sukses dan maju terusss

    Wassalam

    Nelson Barus

  87. sugeng wahyudi

    Alhamdulillah,, artikelnya sangat bermutu, banyak ilmu yang bermanfaat yang bisa diambil dari blog pak isroi.

  88. Mas. Saya suka blog nya. Karena menunjang pekerjaan saya dilapangan. Mendampingi petani.

  89. Di lampung selatan. Kalau ke bogor pingin ketemu.

  90. Terimakasih ilmunya pak isroi semoga berbagi ilmunya menjadikan ilmu yang bermanfaat yang tak terputus pahalanya. amin.

  91. Saya baru belajar tanam jahe….informasi dari tulisan bagus, bisa tamabah ilmu…salam kenal Pak.

  92. M Arif Biudiarto

    Assalsmu alaikum,,,
    Salam organik,,,

  93. Salam kenal bapak Isroi yang terhormat, kami sangat berterimakasih atas informasi blak-blakan yang ada di blog bapak ini. Kami selalu menunggu updatenya, terutama yang mengulas jahe secara tuntas

  94. Salam kenal pak isroi , maju terus dan semakin sukses pertanian & peternakan Indonesia

  95. Puji Teguh Santoso

    Bismillah.
    Assalaamu’alaykum Pak Isroi.
    Salam kenal.
    Terima kasih Pak telah berbagi.
    Jazakallahu khairan katsiiran.
    Semoga Allah menjaga dan memberkahi Bapak dan keluarga.

  96. Puji Teguh Santoso

    Bismillah.
    Assalaamu’alaykum Pak Isroi.
    Salam kenal.
    Terima kasih Pak telah berbagi.
    Jazakallahu khairan katsiiran.
    Semoga Allah menjaga dan memberkahi Bapak dan keluarga.

  97. tulus gunawan

    salam kenal pak Isroi…
    saya tulus gunawan dari Dairi Sumut, senang membaca tulisan2 bapak dan saya rasa sangat bermanfaat, terimakasih.

  98. Sy Mugik, Bondowoso Jatim.
    Salam kenal, trim infonya.
    Sy pingin tanam jahe gajah pd polybag, mohon saran terkait penyiapan media

  99. Assalamualaikum Pak Isroi
    Salam hormat untuk njenengan
    Blog nya bagus Pak

    Fitri

  100. Salam kenal Pak Isroi
    Saya Yanto dari Bangka-Belitung
    Blog bpk sangat bermanfaat buat saya. bisakah saya memesan bibit/stek batang pohon Tithonia Diversifolia kepada bapak ?

  101. Assalamualaikum..
    Salam kenal mas isroi tanpa L. Terima kasih telah banyak memberikan pencerahan.
    Saya mau nanya dalam pembuatan kompos apakah bakteri EM bisa disatukan tricoderma sp?

    • Wa’alaikum salam. Seingat saya di EM4 produksi songgolangit di kandungannya sdh ada trichodermanya.

      • Iya produksi Songgolangit.. Tp kalo sy baca di komposisi nya tidak ada. Atw sy yg kurang mengerti jenis bakteri nya yah? Sy mau mencoba bt kompos dr cocopeat. Sy diksh Decopalma (prima agrotech) bt dekomposernya, tp cmn sedikit jd sy mau tambahkan EM4. Apakah tdk akan bermasalah? Terima kasih

      • EM4 kan konon isinya 4 mikroba, produsennya pernah bilang 16 mikroba, salah satunya trichoderma. Cocopeat tdk perlu dibuat kompos jika akan digunakan sebagai media tanam. Cukup dibilas saja agar tanin (cairan warna coklatnya) berkurang. Klo mau buat kompos pakai bahan lainnya saja, kotoran ternak, daun, dll. Setelah jadi kompos baru dicampur dengan cocopeat.

  102. Salam kenal Pas Isroi…
    Saya Hendrik sangat senang membaca blog nya.. semoga sukses.
    Saya sangat tertarik ingin budidaya jahe, mohon bimbinganya…tks

  103. met siang mas iroi, senang ikut membaca blognya, gimana caranya untuk ikut belajar melihara tikus jepang,…..dimana q bisa mendapatkan bibit sekalian harganya maaf pemula…..terimakasih.

    • Selamat datang di blog saya. Semoga bermanfaat. Silahkan kontak ke Pak Manto 085643907204 / 08812977756 / 085729833549. Masih ada beberapa jenis tikus jepang yang dipelihara. Bisa minta bibitnya ke Pak Manto.

  104. salam kenal. senang baca blog ini karena banyak manfaat yang saya peroleh. mungkin di lain waktu saya ingin menjadikan blog ini sebagai salah satu sumber tulisan saya. Tentu saja dicantumkan link urlnya. Boleh khan?

  105. Assalamu alaikum pak, mau nanya kenapa ngak ada isinya mengenai buku
    Tanah Sawah Teknologi dan Pengelolaannya, yang ada cuman daftar isi, emang gitu aja, isinya bagus sampai ratusan halaman, apa bisa di download semua. bukunya bagus pak. terima kasih atas infox.

  106. Salam kenal pak isroi, saya mau nanya saya rencana menanam jahe, dimana didapatkan bienihnya yang bagus, selanjutnya menanamnya di karung, media yang bagus digunakan apa pak?terima kasih atas penjelasannya

    • bibit jahe yang bagus bisa beli di Balitro (balai tanaman rempah dan obat) Bogor. Media tanam sudah saya tuliskan. silahkan dicari dengan fasilitas pencarian.

  107. Selamat siang….salam kenal pak
    Saya zaka dr jambi,kemarin saya melihat video bapak tentang pengolahan limbah sampah kantong plastik yg ada d bantar gebang,jika bapak berkenan kiranya dapat memberikan informasi contact tentang pengolahan tersebut,karna d tempat saya masih belum ada untuk pengelolaan sampah seperti itu,mohon kiranya bantuan bapak untuk info lebih lanjut nya dapat d kirim ke email saya mahardikaenviron@gmail.com
    Terima kasih…..salam sejahtera

  108. Triastuti Rahayu

    Assalamu’ala ikum Pak Isroi.
    Salam kenal….saya Bu Trias Prodi Pend Biologi FKIP UMS Surakarta. Saya sangat tertarik dg biopulping. Pak Is punya bibit JPP kah? kalau ada, saya berkeinginan membeli.. Alamat email : triastuti.rahayu@ums.ac.id
    Terima kasih.
    Wassalam

    • Wa’alaikum salam. Mohon maaf saya tidak menjual JPP.
      Bisa kontak ke InaCC yang ada di Biologi LIPI Cibinong. Mereka mempunya koleksi JPP dan bisa dibeli kulturnya.

  109. Triastuti Rahayu

    Maaf Pak Is…ada nomor kontak yg di LIPI? LIPI mikrobiologi kah? Nuwun

  110. salam kenal

  111. salam bang,,saya suka sekali tulisan abang…bisa jadi inspirasi dalam hal penyuluhan

  112. Terima kasih atas berbagi ilmunya mas Isroi, salam dari relawan sampah Sidoarjo

  113. saya hendak mendapatkan info lebih lanjut mengenai bioethanol….. dapatkah saya menghubungin saudara secara langsung. Terima kasih.

  114. Kaya dengan inspirasi dapat lebih menunjang inovasi di bidang pertanian dan perkebunan. saya dapat banyak ilmu dari Blog Pa Isroi, terima kasih telah banyak membantu terutama dalam teknik penanaman dan pemupukan organik….Semoga Allah melimpahkan keberkahan atas ilmu yang telah disampaikan . dan menjadi amal shaleh di sisi Allah SWT.

  115. Halo mas Isroi, salam kenal sebelumnya.
    Mas, saya ini sangat tertarik sekali dan ingin memulai mengolah sampah, terutama sampah daun. Karena, Alhamdulillah pekarangan halaman rumah saya banyak sampah daunnya. Selama ini hanya dikumpulkan, ditumpuk, dan akhirnya diberikan ke tukang sampah di komplek saya.
    Saya bingung dari mana harus memulai mengolahnya. Langkah-langkah seperti apa saja yang harus saya lakukan. Saya sudah jalan-jalan di blog mas Isroi, tapi belum menemukan yang saya cari (mengolah sampah daun), saya juga sudah melihat channel video youtube mas Isroi. Namun kembali lagi saya masih bingung darimana memulainya. Semoga mas Isroi bisa memberikan pencerahan atas ketertarikan saya terhadap sampah daun.

  116. Pak Roy …. Blog yang menyenangkan ….
    Hasil metamorfosis sempurna dari Kos Falcon ke Masjid Fatimatuzzahra
    Terus berbagi ilmu pak Roy …

  117. Bagus Blognya …. Selamat dan sukses barokah selalu….
    Sebelumnya perkenalkan Saya Haryono Jogjakarta, ingin buka sesuatu untuk persiapan pensiun.
    Maaf mohon advicenya …. untuk prospek bagaiman antara jahe merah dan jahe gajah

  118. saya petani jamur tiram didaerah sukabumi ingin memanfaatkan limbah baglog jamur tiram utk pupuk organik ada yg bisa kasih saran? terima kasih

    • Sangat bisa sekali. Limbah badlog jamur tinggal dikomposkan sebentar saja, sy kira seminggu sudah cukup. Lalu dihancurkan dan dijadikan kompos/pupuk organik.

  119. Bapak benar bisa proses tkks menjadi biodiesel? Kami ada lahan sawit 1000ha dan kami siap mendanai kalo memang biodiesel yg dihasilkan sesuai dgn standard dan bisa digunakan untuk mesin.
    Silahkah hubungi saya 082254085085

  120. Berkat Banyak baca artikel bertanam jahe dari Pak Isroi, alhamdulillah saya punya 300 polybag tanam jahe sudah berumur 27 Hari masa tanam. tinggi tanaman jahe sudah rata2 75 cm.

  121. Terima kasih Pak Isroy, smg ilmunya jadi amal jariyah. harapan saya Pak Isroi bisa berkunjung ke tempat saya.

  122. Sarimun Hadisaputra

    Sangat bermanfaat utk petani spt sy sbg petani jamur tiram didaerah Sukabumi

  123. Assalamuallaikum wr.wb
    Terima kasih, atas semua ilmunya…..sangat bermanfaaat !
    Zazakallohu khoeroskasiro……..

  124. salam kenal mas…..,tulisan anda sangat membantu bagi saya, ini saya butuh POC untuk tanaman jahe bagaimana cara mendapatkannya berapa per botolnya, maturnuwun

  125. Assalamualaikum, pak.
    Syaa sangat tertarik dengan tulisan bapak
    Saya penasaran denga trichoderma harzianum pak
    1. Cara hidupnya bagaimana pak di tkks?
    2. Cara menyesuaikan antara kondisi lingkungan saat proses pengomposan tkk sehingga t. Harzianum dapat tumbuh?

  126. salam pak Isroi… kami petani jeruk di dairi sumut kewalahan dengan lalat buah yang memangkas produksi panen bahkan ada yang sampai gagal pak. yang mau saya tanyakan insek apa yang ampuh mengusir/membasmi lalat buah, mohon perhatian Bapak. makasih

  127. hi mas isroi. cuba lihat preciousplastic.com. bukan promosi. tolong spread the word
    thanks

  128. selamat sore mas, makasih info tentang jahenya, berhubung saya mau mencoba bertani jahe maka saya ingin banyak bertanya secara langsung, boleh saya minta email? untuk berkomunikasi, terima kasih banyak

  129. tq atas info, semoga bermanfaat buat petani

  130. Endi Soemarno

    Mas Isrol, terima kasih banyak share ilmunya

  131. Mas Isroi..
    Salam kenal.
    blog-nya menarik dan inspiring.
    sementara saya simpan alamat email njenengan (isroi93@gmail.com)
    semoga kedepan bisa silaturahim-baik via email atau langsung (saya di Bogor juga)

  132. Assalamu ;alaikum. mampir ke blog ini banyak manfaatnya. Salam kenal

  133. Endah Setyaningrum

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    saya panggil dik Isroi saja, karena ternyata kita satu alumni Fabio Unsoed Purwokerto. He he..
    terus berbagi Ilmu dik Isroi..saya sudah membaca beberapa artikelnya, bagus inspiratif, btw Bogornya di mana dik smg bisa silaturahim

    Terima kasih

    Wassalam

  134. assalamu’alaikum… salam kenal dari Heri di samarinda pak isro.. semoga ilmu2 yang bapak bagikan bisa bermanfaat buat semua dan jadi amal jariah buat bapak… aamiin ya Rabbal alamiin….

  135. salam kenal, sy suka dan pengin belajar pertanian agar warga kami tambahh sukses, mmakasih mas

  136. Assalamu’alaikum mas Isroi. SMA saya ikut sekolah adiwiyata. Tiap bulan banyak potongan rumput yang sia-sia dan banyak juga kertas-kertas tak terpakai. Pengin coba buat kompos dg promi sekalian ngajarkan ke anak-anak. Nanti bantu ya mas klo ada masalah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s