About

myself


Cerita singkat tentang diriku.

CV-ku

MyPersonality

Segala puji bagi Allah, Tuhan Seluruh Alam. Dialah yang Maha Besar, Maha Agung dan Maha Berkuasa. Ditangan-Nya lah tersimpan semua kunci-kunci rahasia yang ghoib dan yang nyata.
Salam dan sholawat semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, para sahabat, dan seluruh pengikutnya yang setia.

Memang bukan barang aneh kalau ada orang yang sukanya coret-coret. Apalagi untuk anak balita yang baru mengenal pensil, corat-coret amat menyenangkan baginya. Saya pun dulu juga begitu, tetapi entah mengapa hobby itu masih bertahan hingga sekarang. Malah corat-coretnya semakin amburadul lagi.

Bagi saya corat-coret itu memberi kenikmatan tersendiri. Setiap garis, setiap lengkung atau setiap huruf memiliki arti yang dalam. Hatilah yang menggerakkan tangan untuk mencorat-coret. Seperti apa jadinya tak jadi soal yang penting adalah rasa yang dicapai ketika luapan hati mengalir lewat tinta pena. Semua informasi dan rangsangan yang masuk melalui pancaindera bercampur di hati. Luapannya berubah menjadi tinta warna-warni yang menggores lewat tarian jari-jemari.

Dulu saya suka corat-coret di mana saja, di buku, di tembok, di pohon, di kertas, di kayu. Sekarang jaman sudah berubah. Telah lahir adik bungsu dunia, Dunia Maya. Kini jari-jemariku menari-nari di atas keyboard dan mouse, bukan lagi memakai tinta. Huruf-huruf, kata-kata, dan kalimat yang aku tulis terbang mengelana di dunia baru ini. “Hello, World”. Tulisanku menembus lorong waktu dan tempat.

Ini adalah website Blog pribadiku. Di sini kutuangkan semua ide-ide, gagasan, uneg-uneg, ‘grundelan’, aktivitasku, penelitianku, dan tentunya dukungan untuk buku-buku yang aku tulis. Khusus untuk buku-buku yang aku tulis, anda bisa membaca sinopsis, sampel bab, dan contoh-contoh yang ada di dalam buku. Di sini kusediakan pula beberapa tip dan trik komputer yang sempat aku buat. Mungkin juga beberapa tutorial singkat tentang penggunaan suatu program.

Akhirnya hanya kepada Allahlah aku menyembah dan kepada-Nya aku akan kembali. Semoga website ku ini ada manfaatnya.

Salam,

isroi
Cerita singkat tentang diriku.


Contact me at:

isroi93@gmail.com
Foto by Erwin Adi Hartono

134 responses to “About

  1. 🙂

  2. salam kenal. saya bangga dengan anda begitu banyak tulisan. tapi saya bingung anda ahli apa ya? ya komputer, ya pertanian, ya jamur ya bio. buku agama belum ada ya? saya baru nulis beberapa buku (10 judul) itupun buku resep masak (teknologi pangan) dan satu buku yang agak tebal. semoga saya bisa nyonto anda. dapat pula kunjung ke blog saya di ptp2007.wordpress.com atau nhidayatfamily.multiply.com

  3. Assalamu’alaikum.
    Salam kenal, Pak Nur Hidayat. Saya juga salut sama Bapak. Tidak banyak lho dosen yang suka ‘ngeblog’. Buku bapak sudah sangat banyak, buku yang saya tulis baru beberapa biji saja. Seharusnya saya yang belajar sama, Bapak.
    Komputer itu hoby saya, pak. Dari hobby itu iseng-iseng saya tulis 7 buku. Kalau tentang pertanian itu karena hoby dan kerjaan, Pak. Kebetulan saya diminta jadi pemandu teknologi prima tani Deptan. Kerjaan saya, saya tuangkan di buku itu. Nah.. kalau jamur itu ya… ada yang kerjaan ada yang sambilan. Kalau kebetulan sedang ke lapang saya sering mengambil jamur yang saya temui.
    Kalau buku agama saya belum berani, Pak. Tanggung jawabnya dunia akhirat. Takut saya.

  4. alamat mas sudah saya cantumkan di blg saya. tapi tidak pakai nama perseorangan melainkan saya tulis pertanian dan jamur. agar yang tertarik langsung mengakses. kalau nama kawatir sekedar iseng ini siapa. boleh tidak? atau pakai nama? saya manut lho. silahkan cek di ptp2007.wordpress.com. o

  5. saya pengen jadi penulis buku 🙂
    makanya saya ngeblog untuk belajar nulis dulu

  6. Salam kenal,
    Nulis saja, terus. Nulis itu ketrampilan dan bisa dilatih, kok.
    Saya pernah dapat nasehat dari pak Mabrur, Pemimpin Umum Ummi Group. Katanya: untuk menjadi penulis cuma tiga resepnya:

    Pertama: membaca
    Kedua : membaca
    Ketiga : membaca

    Semoga nasehat ini juga bermanfaat untuk Anda.

  7. salam.
    punya artikel tentang tandan sawit? saya lagi butuh. jika punya tolong konfirmasinya.
    salam
    nur

  8. salut untuk anda. saya aja g lolos seleksi proposal pkm kampus.

  9. salam,
    punya artikel tentang tongkol jagung?
    aq lagi susun skripsi tentang limbah ini! mohon bimbingannya

  10. saya salut dgn anda saya ada proyeksi untuk masuk investor dari Austrlia dan Jerman. untuk ethanol

  11. assalamualaikum
    pak artikel sudah saya terima, makasih banget ya/ oia salam kembali. saya ketemu mahasiswa saya yang email ke bapak. saya memang di teknologi industri pertanian bukan teknologi pangan. hanya teman-teman saja yang membawa saya masuk ngurusi PATPI. ya untuk memperbanyak teman dan wawasan.
    sekali lagi makasih ya
    wassalam
    nur hidayat

  12. ass.wr.wb.

    salam kenal, saya salah satu mahasiswa ugm yg saat ini sedang belajar master di universitas tempat Prof. taherzadeh mengajar.

    senang membaca tulisan anda.. Keep up a gudwork!!^^

  13. Salam kenal juga. Sampaikan salam saya untuk Prof. Mohammad.

  14. Ass.wr.wb
    apa kabar mas roi ? masih ingat dengan aku tdk ?
    temen kuliah di fabio unsoed dulu. seneng bisa jumpa lagi, walo lewat tanya oom google, udah terkenal kok dak ajak2 to !
    gimana kabar teman2 alumni fabio unsoed 2003, bila da kabar aku ikut di informasikan dong !
    ato kita bisa kontak trs di dunia maya ini, via YM, skype, Gtalk ato apapun….
    mudah2an mas roi mau bales surat singkatku ini…..
    Wass. wr.wb.

  15. salam kenal, saya mahasiswa teknik sipil universitas mercu buana. saya cuma mau bilang kalau saya salut sekali dengan anda. beberapa waktu yang lalu saya telah membaca beberapa tulisan anda. sekali lagi saya katkan salut untuk anda. seandainya saya seorang yang berduit pasti penelitian bapak akan saya danai tapi sayang saya seorang mahasiswa biasa ha…ha…ha…
    sekali lagi sukses buat anda…

  16. Dede Saifulloh

    Ass. Pa kbr mas is? mdh2 msh inget ma aku, tmn kuliah di unsoed, angkatan 95. mo tanya neh, kira2 tenologi alternatif apa yang bisa disampaikan dan diterapkan buat anak SD. kebetulan saya ngajar anak SD di kota Cilegon. Mdh2an kita bisa ketemu, thanx. Wass

  17. Ass. salam kenal, saya Nasir dari Jakarta. Saya tertarik dengan isi blog Anda yang banyak membahas tips dan trik praktis dunia IT. Ini jelas terobosan yang sangat bagus mengingat kebanyakan orang-orang kita pengennya yang praktis2 aja, serba cepat dan tak perlu teori. Salut deh buat Anda.
    Salam silaturahim saya, saya undang Anda juga ke ranah blog saya di http://dokternasir.web.id
    Trims, Wass

  18. Ass wr. wb. salam kenal, saya sangat tertarik tulisan/artikel mas Is, bahkan beberapa (maaf) sudah saya copy tanpa permisi. Mimpi sederhana saya, mengolah sampah/limbah perumahan tempat saya tinggal (Pekanbaru) menjadi kompos, sekaligus juga membantu petugas pengumpul sampah mendapat tambahan penghasilan dari kompos tersebut. Empat bulan terakhir ini secara sendiri saya sudah mengkomposkan sampah rt dengan satu aktivator, tapi merepotkan harus menambah ini itu.
    Bagaimana sih cara memperoleh PROMI ? saya tunggu. Terima kasih
    Wass

  19. Ternyata mas Is penulis juga ya….. semoga terus berkarya yang bermanfaat 😉

  20. wekk.. salam kenal pak.. senang bisa kenalan ama orang yg jago nulis (banyak buku jadinya lagi).. wow keren.. Thx

  21. assalamualaikum… bagaimana kabarnya is? eh pak isroi.. tak sengaja aku buka2 album fabio 93. subhanalah sdh jadi penulis ya.. kami ikut senang… bagaimana kabarnya dek heppy? momongane piro?kuangeen lama ndak ketemu. kami msh di mataram, membersamai suami, mudahan setelah pemilu nanti pulang ke jawa, suami renc s3 di ugm wae.. sekalian pulang kampung. salam kangen buat dek heppy. aktivitasnya skr dimana?

  22. blogwalking…

    salam kenal pak 😀

  23. dimagelang yah?? salam kenal dr temanggung 😉

  24. salam kenal dari Pekanbaru, pak..

  25. Salam kenal juga, inbox emailnya penuh, coba di cek, karena email saya tidak bisa masuk.

  26. OH..iya, pak…maaf..Jika berkenan…mohon dikirim ke email yang ini saja, pak.. “aan_802@yahoo.com”

    Terima kasih atas bantuannya, pak

  27. Emailnya masih belum bisa juga, ya, pak ?
    Mohon dikirim ke aan_802@yahoo.com atau di syelviaputriutami@yahoo.com

    mohon maaf jadi merepotkan, pak…
    Terima kasih sekali lagi atas bantuannya..

  28. Roiiiiiiiiiiiiiiii eh pak Roi kelingan gak sama aku…e mail mu dunk tak add ke Gladiool ’92 rame lho…..piye…

  29. assalamualaikum
    saya pengin kontak langsung, adakah nomor hp yang dapat saya hubungi? ini perlu cepet, saya mau konsultasi pembuatan kompos jerami dengan promi, untuk para petani di banjarnegara, terima kasih

    syaefurrahman
    0811872356
    atau aiagallery@yahoo.com

  30. assalamu’alaikum wr. wb.
    mas, aku pengin ngumpulin temen2 pesma yang dulu plus takmirnya dulu. niatnya sih minggu pertama bulan puasa ini. sabtu minggu. Tapi nggak tau nih…

    Gimana kabar Royyan?

    minta no hp nya ya mas. sekalian no telp temen2 yg lain seperti mas iwan…

    wassalamu’alaikum wr. wb.

  31. saya ingin mendapat informasi mengenai harga :

    pan granular diameter 3m dan
    rotary dryer diameter 1 panjang 11 m dan 15 m
    untuk di Malang Jatim, tolong info kan syarat dan kondisi nya

    wasslam

    hidayat – 0888 0335 7786, 08585 301 3626

  32. salam kenal. ndak sengaja masuk kesini ketika masu lihat gambar kledung, buah kesukaan saya yang kini tak pernah lagi aku dapati.

  33. Assalamualaikum, sya mo tanya soal promi. apa sama dengan POC yang telah ada? soalnya saya pernah pake POC yang dari jogja (MLM) tapi hasilnya ga memuaskan.
    trus gimana cara mendapatkan promi. terima kasih

  34. assalamualikum.
    gmn kabarnya is?aku dah satu bulan di jepang, jadi kangen ama temen 93 nih. dah pada sibuk apa

  35. assalamualaikum..
    sy ikut tergerak dan prihatin dengan adanya bahan kimia yang sudah merajalela di tubuh2 qt..
    sy ingin mengembangkan tanaman pertanian dengan pupuk yang sudah di temukan dan di publikkan oleh saudara2 ini.. tolong sy d kasih tau untk detail penggunaan dan brp costnya.. skalean d hitungkan untuk transport nya.. sy d madiun.
    smoga ini juga bisa sya aplikasikan unt dunia pendidikan, yaitu bhn unt menjelaskan ke murid2 bahwa gmn cara kita kembali menyayangi alam.. tidak semata hnya money oriented..
    bisa bls di a.ifano@yahoo.co.id
    syukron katsir..

  36. Pak Isro…banyak sekali informasi yang dimuat di blog ini sangat bermanfaat. Saya juga telah mencoba dan mensosialisikan beberapa bagian kepada masyarakat di sulsel. Kesimpulannya, mereka sangat antusias terutama biogas. Namun, saya belum mendapatkan biogas yang berasal dari kotoran sapi di jadikan bahan bakar genset. Maksudnya Pak, bagaimana caranya untuk merubah genset yang tadinya berbahan bakar bensin menjadi biogas yang dihasilkan dari kotoran sapi? Bila bapak tidak keberatan, dapat juga menyampaikan kepada saya mengenai cara-caranya. Mudah-mudahan dengan ini, masyarakat di pedesaan bisa untuk mengaplikasikannya.
    Skali lagi terima kasih Pak.
    Bila ada waktu, saya kepingin untuk bisa bertatap muka dan bicara langsung dengan bapak.
    Salam
    Saut

  37. Assalamualaikum…

    he… pak, saya ai. kuliah di fak. peternakan UNRAM.

    saya orang yang “sembarangan mencari ilmu” pak. maksud saya, saya tertarik semua bidang ilmu. ada yang comment tentang bapak di blog tentang kebingungannya untuk nentuin bapak ahli apa? saya menemukan kesamaan disini pak.

    maksud saya pak, mengendalikan diri untuk fokus dalam tiap ilmu gmna ya pak? saya sering terjebak dan terpaku pada satu pikiran trus bosan kalo udah temuin jawabannya.

    tapi sayangnya sering lupa untuk memikirkan yang lain.

    Mohon komentar dan sarannya pak. soalnya sya sering bermasalah dgn itu.

  38. Wa’alaikum salam,

    Selamat datang di blog saya, semoga bermanfaat.

    Saya juga tertari dengan banyak ilmu. Saya tertarik dengan komputer, teman-teman saya menjuluki saya manik komputer. Karena kalau sudah duduk di depan komputer bisa ngak berdiri-berdiri. Saya juga suka tanaman. Kalau stress biasanya saya ‘ngelus-elus’ tanaman. Saya juga serius belajar tentang komputer dan tanaman.

    Saya mencoba untuk selalu serius di bidang yang sedang saya tekuni atau saya kerjakan. Waktu pertama belajar komputer sebenarnya saya tidak banyak tahu tentang itu. Tetapi pekerjaan menuntup saya untuk bisa komputer. Saya mencoba untuk serius dan fokus pada komputer ini. Hasilnya adalah saya sudah menulis 7 buku tentang komputer. Waktu nulis buku yang pertama (tentang VB), programing saya tidak tahu. Jadi saya belajar sambil nulis buku.

    Ketika saya diminta untuk menjadi pendaping petani, saya mencoba untuk serius dan fokus pada pertanian. Saya belajar tentang pertanian ke ahlinya, Pak Haji Zaka – seorang petani teladan. Rangkuman hasil belajar saya itu saya jadikan satu buku (Buku Budidaya Padi Sehat).

    Waktu kuliah sebenarnya saya ‘orang lapang’ dan aktivis di kegiatan mahasiswa. Waktu saya mulai penelitian saya harus ‘masuk lab’. Saya mencoba untuk serius dan fokus pada penelitian. Saya penelitian 8 bulan, hampir tiap hari nginap di lab. Saya nikmati itu semua.

    Sebenarnya saya hanya fokus di bagian ilmu yang sempit saja, yaitu: mikrobiologi lebih fokus lagi pada mikologi.

    Jadi kata kuncinya adalah serius dan fokus pada apa yang sedang dikerjakan. Jika sedang tertarik dengan sesuatu serius dan fokus. Jangan setengah-setengah, nyebur saja sekalian.

    Semoga bermanfaat.

    isroi

  39. Silahkan menghubungi Pak Edwi 081380074372 untuk biogas

  40. kulonuwon mas isroi.
    makasih sebelunya atas tulisannya, berangkat dari desa dan kembali ke desa itu yang harus kita tuju, karena aku juga orang desa yang selalu diinjak oleh kebijakan yang tidak berpihak, aku sebenarnya pengen belajar banyak tentang pertanian organik terutama membuat kompos,referensi sudah ada tapi saya belum pernah lihat langsung atau praktek, apa lagi sekarang lagi sibuk nyusun TA, jadi belum sempat kemana-mana. kapan-kapan saya ingin belajar lebih jauh tentang pertanian organik.

  41. Asl wr. wb. salam kenal, saya sangat tertarik tulisan/artikel mas Is, bahkan beberapa (maaf) sudah saya copy tanpa permisi. Saya ini bakul Soto yang gak mau stop belajar, blog mas Is salah satu tempat saya belajar mulai sekarang, mimpi sederhana saya, mengolah sampah/limbah sisa warung saya menjadi kompos, sekaligus juga membantu turut menjaga kesehatan alam. Empat bulan terakhir ini secara sendiri saya sudah mengkomposkan sampah tapi belum memuaskan, kudu bayak belajar lagi.

    saya juga jadi pingin belajar bikin blog seperti mas Is, biar bisa bagi2 informasi ke yang lain juga. Makasih banget mas atas inspirasinya!
    Wass

  42. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat.
    Di jogjanya di mana? Saya juga di jogja lho…

  43. mas isroi, saya tinggal di balikpapan kalo mau pesan promi sampe di kotaku berapa per kilo, terima kasih

    ready

  44. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Pak, saya mau tanya mengenai perbedaan kandungan bahan organik dan C-organik tanah? Di literatur sering disebutkan bahwa kandungan bahan organik yang ideal dalam tanah mineral adalah 5%. Berapa kadar C-organik pada tanah yang mengandung bahan organik 5%. Ini saya perlukan untuk menghitung kebutuhan pemberian pupuk organik per hektar bila, hasil analisa tanahnya menunjukkan kadar C-organiknya 1% ingin saya naikkan jadi 2%. Terimakasih.
    Wassalam.

    • Rasanya kalau mau menaikkan kandungan C dari 1% menjadi 2% rasanya sulit dilaksanakan. Cara menghitung secara sederhananya begini. Kita hitung dulu volume tanah. Misal: kedalaman 0.5 m dan luas 1 m2, berarti volumenya 0.5 m3. Trus dihitung/dihitung BJ tanah. Setelah itu diukur kandungan C organiknya. Dari sini kita bisa tahu berapa kebutuhan C organik untuk setiap peningkatan 1% dari semula. Langkah berikutnya hitung berapa C organik yang ada di dalam kompos yang akan kita berikan. Dari sini kita juga bisa tahu berapa kebutuhan kompos untuk meningkatkan kandungan C organik dalam tanah menjadi 1% lebih tinggi. Setelah itu kalikan dengan 10.000 (karena 1 ha = 10.000 m2). Perkiraan saya mungkin bisa mencapai 25 – 30 ton/ha atau 2.5 – 3 kg/m3 sawah.
      Kalau sawahnya cuma sepetak 1 x 1 meter dan letaknya di pinggir jalan mungkin tidak masalah. Tetapi kalau sawahnya 1 ha perlu 6 truk kompos, ini baru masalah. Dan mungkin tidak ekonomis untuk petani.
      Jadi kadang-kadang teori tidak selalu bisa dilaksanakan di lapangan. Berfikirlan lebih realistis.
      Semoga bermanfaat.

  45. Terimakasih atas penjelasannya. Seperti kita ketahui bersama bahwa sebagaian besar tanah pertanian kita sudah miskin bahan organik, dan sekarang sedang digalakkan penggunaan pupuk organik untuk mengembalikan kesuburan tanah. Yang ingin saya tanyakan, apa nilai tambah penggunaan pupuk organik dalam bentuk granul dibandingkan dengan penggunaan pupuk organik yang tidak melalui proses granulasi? Bukankah reaksi pupuk organik dalam tanah itu lambat? Sehingga dengan proses granulasi reaksinya akan lebih lambat lagi. Terimakasih.

    • Granulasi dibuat untuk memudahkan transportasi dan aplikasi. JIka untuk diaplikasi sendiri saya lebih suka yang bentuk serbuk/powder tanpa granulasi. Reaksi pupuk organik memang lambat. Tetapi saya rasa tidak ada perbedaan yang signifikan antara bentuk granul dengan serbuk dalam dosis yang sebanding. Perbedaannya akan terlihat jika kuantitinya berbeda jauh.
      Semoga bermanfaat.

  46. Aku kesasar di tempat yang benar. Alhamdulillaah…
    Tukeran link, yuk!

  47. Assalamu’alaikum Wr. wb.

    Salam kenal pak, saya juga lagi coba2 belajar nulis ee..tiba2 google membawaku ke situs Bapak. Alhamdullilah. Pak saya pernah coba minta cekkan kandungan unsur NPK dan Mg pada Boiler Ash pada pabrik Kelapa sawit ternyata hasilnya lumayan significan. Dan sudah dicoba ke tanaman sawit dewasa tetapi karena baru beberapa bulan enggak tau hasilnya. Lagi pula saya orang teknik. Bapak punya pengalaman tentang ini. Saya ada buat article tentang Boiler Ash ini di Situs saya kunjungi ya Pak.

    Wassalam

    • Kalau abu boiler rasanya kandunga yang tinggi hanya K, sekitar 30%. Tetapi kalau kandungan N rasanya sudah tidak ada lagi, demikian pula untuk P juga kecil. Abu boiler memang biasa digunakan sebagai tambahan hara K di perkebuna sawit. Tanaman sawit adalah salah satu tanaman yang banyak membutuhkan unsur K, sehingga aplikasi abu cukup bagus pengaruhnya terhadap sawit.
      Semoga bermanfaat.

  48. mohon informasi tentang harga tongkol jagung kira2 berapa sebagai bahan baku bioetanol. tolong dibalas sebagai referensi Tugas akhir. terima kasih

  49. tolong informasi tentang harga tongkol jagung per satuan berat secara umum atau diwilayah jatim, sebagai referensi tugas akhir. terima kasih

  50. Dewi lukitaningsih

    salam kenal pak…. kebetulan bukan kebenaran he..he.. saya sedang mencari granul, maka ketemu web blog anda… saya bergerak di bidang pupuk organik cair dengan merk dagang Bio Super Active sedang giat2nya dengan pupuk granul. Bila ada waktu silakan berkunjung di web blog saya di luki2blog.wordpress.com Terima kasih

  51. Dewi lukitaningsih

    Ass wr wb
    Terima kasih pak atas kunjungan balasan dan masukannya Insya Allah akan saya perbaiki…. maklum gaptek pak….
    Oh ya pak satu lagi…. saya minta ijin untuk mengambil tulisan bapak tentang “membuat pupuk organik granul” yang kami pakai sebagai referensi.
    Matur nuwun ….. Wass ww

  52. Assalamu’alaikum
    Saya salut dg blog p.isroi. Begitulah kiranya blognya peneliti yaa…Beberapa topik saya baca untuk tambahan bahan kuliah.
    Ternyata rumah di Yk? Dimana? Saya dari YK. Tapi sekarang saya ada di Universitas Tanjungpura Pontianak. Bidang saya Teknologi Pangan, tapi karena di sini belum ada FTP, tapi masih jadi satu di Fak Pertanian jadi sekarang lebih banyak ke Pasca Panen.
    Saya baru belajar nulis di blog. Kalo bpk ada waktu bisa tengok. Masih “polos”…. mgk bpk ada info kalo pengin belajar desain2 blog untuk pemula?
    Btw, suami sy jg dari Unsoed tapi mgk kakak kelas jauh, karena dia angk 87. Tapi masih satu almamater yaa….*he’eh*
    Salam kenal dari kami. Semog

  53. Assalamu’alaikum
    Saya salut dg blog p.isroi. Begitulah kiranya blognya peneliti yaa…Beberapa topik saya baca untuk tambahan bahan kuliah.
    Ternyata rumah di Yk? Dimana? Saya dari YK. Tapi sekarang saya ada di Universitas Tanjungpura Pontianak. Bidang saya Teknologi Pangan, tapi karena di sini belum ada FTP, tapi masih jadi satu di Fak Pertanian jadi sekarang lebih banyak ke Pasca Panen.
    Saya baru belajar nulis di blog. Kalo bpk ada waktu bisa tengok. Masih “polos”…. mgk bpk ada info kalo pengin belajar desain2 blog untuk pemula?
    Btw, suami sy jg dari Unsoed tapi mgk kakak kelas jauh, karena dia angk 87. Tapi masih satu almamater yaa….*he’eh*
    salam kenal dari kami, semoga bisa saling menginspirasi.
    Wasslamu’alaikum wr.wb.
    Salam kenal dari kami. Semog

  54. selamat malam..
    saya mau bertanya apakah kualitas bioetanol yang dihasilkan dari bahan baku selulosa (jerami/tongkol jagung) memiliki kualitas yang sama secara keseluruhan dengan bioetanol yang dihasilkan dari bahan baku molases? tolong dibalas karena butuh data untuk membuat tugas akhir.
    mohon juga perbandingan kualitas dari kedua bioetanol dari bahan baku keduanya jika ada.
    terimakasih..

  55. assalamualaykum,
    sepertinya blogroll sudah penuh,.
    saya kebagian tempat tidak yha??

    Salam kenal dr saya Pak!
    Aseli Magelang juga, tetangga kampung
    dgn bang Sinyoegie,.

    fastabiq blogging!^^)

  56. assalamualaikum….
    alhamdulillah ketemu mas isroi di dunia maya, jadi silaturahim tetap terjalin
    piye kabare mas…..tinggal dimana sekarang…?

  57. salam kenal bang isroi…
    kula saking magelang raya…

  58. Mas, kalo kajian untuk pembuatan arang dari pelepah sawit ada nda?

    Please info ASAP

    Thanks & Regards,
    Rani
    sec-nsg@cbn.net.id

  59. Assalaamu’alaikum…
    terimakasih pak atas info-infonya..
    insya Allah sangat bermanfaat…

  60. salam kenal mas dari cah magelanng-raya

  61. cara uji aktivitas yeast gmn?

  62. Bambang Rusiantono

    Salam kenal mas, alamat tinggal dimana?

  63. semoga tulisan mas isroi memberi manfaat bagi dunia pertanian dan kita semua….

    salam,

    admin-pupuk ajaib

  64. Assalamu’alaikum Wr.Wb. terima kasih atas tulisannya, saya bangga punya adik angkatan yang banyak nulis buku, salam untuk keluarga. Wassalamu’alaikum wr. Wb

  65. Assalamu ‘alaikum wr.wb.
    Salam kenal mas Isroi…. Perkenalkan saya asli Bantul, ngajar kimia di SMA N 1 Simo Boyolali (SMA-nya mas SUnarso Sahlan sang penyair, dulu teman seangkatan kuliah ya?). Sekarang belajar di MST UGM (walaupun mungkin terlalu tua di sana, karena teman kuliah masih imut-imut dan masih fresh).Tiap hari wira-wiri Boyolali-Jogja kadang Bantul dst.
    Jujur saja saya sering mampir di blog ini, karena saya tertarik tentang bioetanol dan sampah/limbah. Saya ingin berguru kepada mas Isroi…. Maaf saya pernah posting artikel mas di blok saya tapi nggak izin dulu.
    Saya harap mas Isroi bersedia mengajari saya tentang rencana tesis saya. Trims, disambung lain waktu.
    Wassalamu ‘alaikum wr.wb.

    email : soewardjie@yahoo.co.id
    Blog :
    http://www.suwardjie.co.cc
    http://www.suwarji.co.cc
    http://sman1simobyi.wordpress.com

  66. yudi suryanto

    assalamu’alaikum
    artikel tentang fermentasi sekarang kok pake password ya pak? saya kemaren tanya tentang ragi, bisa direplay ke email saya
    terimakasih
    wassalam
    yudi

  67. Mas Isroi,

    bagaimana sih cara nulis yang bagus,
    dan bisa diterbitkan ?
    mohon bantuannya

    trims

  68. Pak Isroi!!!! iseh koyo mbiyen pasuryane… bedane wis dadi penulis langka di negri gosip. mampir!!!

  69. ahmad bin hashim

    salam isroi,

    saya begitu tertarik dengan setiap idea dan ilmu yang anda turunkan didlm ruangan anda dgn tampa rasa lokek, terima kasih sekali lagi kerana anda sudi berkongsi ilmu demi memajukan anak bangsa anda didlm arus pertanian yang semakin mencabar

  70. salam isroi,
    saya tertarik dengan situs Anda, izinkan utk menjadikan situs Anda dalam link saya.
    Kebetulan saya bergerak di manajemen dan sy pernah ada client kelompok petani.
    Terimakasih sudah berbagi ilmu dengan kami.
    Semoga Allah membalas kebaikan Anda.

  71. Selamat buat Isroi..
    Ternyata memang garis-garis yang sudah ditentukan olehNya pada setiap diri manusia, teramat sulit ditentukan oleh siapapun..
    Sekali lagi selamat untukmu…

  72. Lukmanul Hakim

    Assalamu’alikum …

    Subhanallah, punya blog juga nggih P’ Isroi
    Sedang mencari info tentang jamur, eh ternyata mampir ke blog P’ Isroi. Met menjalankan amanah di HMP nggih P’. Semoga HMP kedepan bisa lebih baik dan berprestasi

  73. Salam kenal, maaf dan terima kasih… tulisannya saya link di Blog saya

  74. salam knal pak isroi,
    saya banyak dapat informasi dari blog bapak.
    terimakasih.

  75. Saya tertarik membudidyakan sorgum manis tetapi masih pusing dengan pemasaran biji/tepung. Apakah Bapak mempunyai kenalan/informasi yang dapat membeli hasil panen berupa biji/tepung sorgum dan berapa biasanya harga pasarnya???
    terimakasih
    Buat teman-teman yang ngeblog disini tolong juga infonya ya…..

  76. Untuk pakan ternak bijnya saya dengar kurang bagus karena kadar tannunnya yang agak tinggi sehingga agak menghambat pertumbuhan berat badan ternak. Adakah yang mempunyai info mengenai hal ini?????

  77. Ass.Wr.Wb.,

    Pak terima kasih untuk informasi mengenai fosfat alam granul (FAG) diaktivasi mikroba. Saya ingin coba buat sendiri Pak, mohon arahan dan bantuan Bapak untuk pertanyaan saya sebagai berikut:
    1. Macam-macam bahan organik yang dapat digunakan sebagai nutrisi mikroba apa saja? Mungkin sebagai gambut yang cukup sulit di daerah saya
    2.Berapa presentase komposisi bahan-bahan penyusun FAG yang ideal/standar?
    3. Apabila saya ingin menambahkan unsur hara mikro dan zat perangsang tumbuh baiknya menggunakan bahan apa?
    4. Apa yang dimaksud dengan P total, P tersedia, P larut air seperti yang tertera pada tabel karakteristik fosfat alam Bapak?

    Sekian dulu dari pertanyaan dari saya Pak, mohon maaf merepotkan. Terima kasih banyak untuk jawabannya. Semoga Allah membalas kebaikan Bapak dan ilmunya selalu barokah dan bermanfaat.

    Wass.Wr.Wb.,
    -Rina-

    • Wass.
      Pertanyaannya bayak sekali. Mohon maaf tidak semua pertanyaan dapat saya jawab. Karena beberapa informasi bukan milik saya dan saya tidak berhak untuk menyebarluaskannya ke publik.
      P total adalah kandungan P dalam bentuk P2O5 total dalam fosfat alam.
      P larut sitrat adalah p yang terekstrak dengan asam sitrat dalam fosfat alam.
      P larut air adalah p yang bisa larut di dalam air dalam fosfat alam.
      Umumnya P total > P larut sitrat > P larut air. P larut sitrat menjadi salah satu parameter bahwa P tersebut mudah diserap oleh tanaman.
      Semoga bermanfaat.

  78. asslmualaikm

  79. asslmualaikm,maaf,nama saya muhammad afif pak,say tertrik sekali tentang pembuatan bioethanol dengan menggunakan mesin destilasi,tapi kan sulit sekali di aplikasikan dalam skala rumah tangga,apakah ada mesin destilasi yg mudah di buat oleh masyarakat,khususnya msyrkt menengah kebawah?????????????????wasslam

    • Wa’alaikum salam.
      Distilasi sebenarnya adalah proses klasik yang mudah dibuat. Zaman dulu para ilmuwan muslim sudah bisa melakukan distilasi ini. Sekarang para pengrajin ciu di banyumas dan bekonang juga menggunakan alat distilasi yang sangat-sangat sederhana. Saya pernah melihat alat distilasi yang dibuat dari bambu. Memang ada kelemahannya, dan etanol yang keluar juga masih banyak kandungan airnya.
      Saya sedang memcoba membuat alat distilasi yang sederhana dan murah. Kapan-kapan diposting.Insya Allah.

  80. Salam Kenal pak dari saya, wah saya sangat kepingin menjadi seperti anda. Banyak tulisan2 yang sangat bermanfaat. saya Juga buat Blog tapimasih amatiran. Tapi cita2 mengembangkan daerah saya menjadi motivasi utama untuk beribadah. Semoga dapat terjalin silaturahim pak. makasih …..

  81. Assalamu’alaikum..
    Pak Isroi, blognya penuh harta karun. Kalau boleh saya minta izin menyimpan link blog bapak di blogroll saya. Terima kasih sudah diizinkan mampir 🙂
    Wassalamu’alaikum wr wb.

  82. Ass. wr. wb.,

    Mas Isro’i mohon informasi teknologi untuk lahan gambut. Mengingat potensi lahan gambut di Indonesia cukup luas. Apakah promi bisa dimanfaatkan sebagai amelioran pada lahan gambut? Trimakasih atas segala tanggapan dan informasinya.

    Wass. wr. wb.

    Supriyanto

  83. Assalamualaikum
    salam kenal Pak Isroi
    subhanallah isi blognya lengkap dan bermutu
    saya rial dari bandung…mohon izin kalau tulisannya saya jadikan referensi dan saya masukkan linknya juga ke blog saya di organikganesha.wordpress.com
    terimakasih untuk berbagi

    rial aditya

  84. Blog Bapak lengkap ttg ilmu yang sedang saya pelajari..
    Saya mohon izin menggunakan tulisan Bapak sebagai referensi dan blog Bapak akan saya link dari blog saya methonx.wordpress.com

    Salam, Meyta

  85. mau tnya pak waktu hidrolisis terbaik selulosa menjadi glukosa oleh trichoderma berapa hari y pak.dari literatur kebanyakn, cz aq lg susun skripsi.thx u

    • Saya belum pernah melakukan hidrolisis langsung dengan trichoderma. Kalau hidrolisis dengan enzim selulase (bisa dari trichoderma atau aspergillus) biasanya 24 jam. Semoga membantu.

  86. Assalamualaikum,
    Suatu anugerah luar biasa bisa mengenal Bapak, walaupun hanya sebentar. Tetapi melalui blog ini perkenalan itu dapat terus berlangsung. Bukan hanya studi pustaka yang saya dapatkan di blog ini, tapi juga motivasi untuk terus berkarya walaupun kemampuan saya terbatas.
    Terimakasih telah menjadi sumber inspirasi untuk saya dan banyak teman yang lain.

  87. Tolong informasi berikut:
    1. Detail design alat produksi bioethanol 4000L/hari
    2. Genotip strain ragi yang digunakan fermentasi

    Tolong balas via email ya. Terima kasih banyak

    • Jawaban:
      1. (mohon maaf informasi tersebut tidak bisa diberikan cuma-cuma)
      2. Yeast yang dipakai adalah Saccharomyces cereviseae.

      Semoga bermanfaat.

  88. Bang, kita dari Medan, butuh sorghum untuk penelitian. Kami butuh tepungnya, tapi tepungnya sulit didapat di medan, dan karena tidak familiar. Bisa berbagi info, bagaimana saya mendaptkan tepungnya?
    saya sangat yakin, mudah-mudahan, sesaat orang-orang paham akan nilai gizi, potensi economi sorghum ini,
    Suatu saat tepung ini adalah prospek bisnis utama. Tolong infokan secepatnya ya bang,

    • Tepung sorgum memang sulit di dapat di pasar tradisional. Yang nanam juga masih sangat jarang. Saya hanya tahu penyedia bibit sorgum unggul, yaitu Puslitbangbun (Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan) yang ada di Jl. Tentara Pelajar, Bogor. Mungkin mereka juga jual tepungnya. Atau kalau tidak yang menyediakan adalah Balit Sereal di Maros, Makasar. Informasi itu yang bisa saya berikan.

  89. mertamu ,salam kenal mas isropl , racun tikus langsung ijin kopas,aku berlangganan mas, ini kujungan balasan lo. makasih sapeyan mampir, kalau tidak saya gak tahu anda .berbagi ilmu yang bermanfaat. aku buat link ya,atau tuker linkdeh.

  90. salam kenal mas,…..izin meraup ilmu disini boleh gak????

  91. Mas Isroi,

    Salam Kenal,
    Apakah bisa kami diberikan referensi untuk kultur mikroba probiotik tanah ?

    Salam
    Slamet

  92. maap Pa Roi,saya membuat POC unsur carbon organik hannya 1,5 untuk meningkatkan karbon organiknya harus ditambah bahan apa, trms

    • Bahan-bahan yang bisa meningkatkan c organik: asam humat, sedikit molases, dll. Saya rasa yang penting pengaruh di tanamannya signifikant, meskipun c organiknya rendah.

  93. Ass, Wr.Wb. Saya bangga dan simpati dengan bung ISROI (tanpa L), menerapkan ilmu padi. Saya mau membuat ekstrak lamtoro untuk bahan penelitian mahasiswa. Minta tolong detail cara membuat ekstrak lamtoro. terimakasih atas bantuannya. Darwin

    • Asslm. Ekstrak lamboro mau diambil apanya? Ada banyak cara mengextrak untuk penelitian, bisa pakai pelarut polar atau yang non polar. Kalau hanya pakai air saja, yang zat extratif yang larut air saja yang akan keluar. Bisa juga pakai methanol.
      Untuk extraksinya bisa pakai soxhlet. Orang kimia atau analis kimia tahu alat ini. Atau tanya bung Google.

  94. salam kenal ..

  95. Salam,
    Terima kasih, senang bisa menemukan blog ini, sangat bermanfaat apalagi untuk orang seperti saya yang sehari2nya selalu berurusan dengan bakteri, jamur dkk.

  96. selamat siang mas
    salam kenal sebelumnya.
    saya mau membuat industri alkohol skala rumahan mas. bisa mohon bantuannya untuk cara pengolahan limbah nya sehingga bisa menjadi pupuk organik.
    terima kasih mas

  97. terus berkarya dan produktif bagi bang Isroi

    mari majukan pertanian dan pupuk
    indonesia 🙂

  98. salam kenal …assalamualaikum ….semoga allah yang membalas kebaikan ilmu bapak….dan sy ingin penjelasannya membuat presentasi dgn tehnik button…suwun …wassalamualaikum wr wb

    • Mudah saja, Button atau tombol digunakan untuk melakukan aksi/perintah tertentu. Caranya mudah: klik menu insert>shapes>action button. Pilih buton yang dinginkan. Ada beberapa pilihan,misalnya kembali ke slide sebelumnya, maju satu slide, atau menuju ke slide yang sudah ditentukan. Fungsinya mirip dengan link. Button juga bisa digunakan untuk membuka program lain, menjalankan macro, dll. Selamat mencoba.

  99. salam kenal Mas iro

    Saya tertarik sekali dengan postingan anda tentang pengolakan TKKS menjadi Pupuk Organik.
    Saat ini saya sedang belajar membuat Pupuk Organik dari TKKS, tapi masih bingung Biostaternya pake apa Ya mas?? dan apa perlu penetral untuk hama di TKKS tersebut.

    Trimakasih

  100. saya juga ingin mengucapkan salam kenal….

  101. mas isroi,, saat ini mas posisi dimana?? saya sudah kirim email, mohon dijawab ya mas, trims

  102. ass, alhamdulillah….. ada yang berani pasang tag ” berbagi tak pernah rugi”, umumnya di dunia ‘maya?’ sekali klik saja untuk berbagi ilmu akan nanya “wani pirooooo?. salam kenal dan selamat berbagi ilmu terus mas, semakin di bagi ilmunya, bukanya semakin habis, malah sebaliknya makin di tambah buanyak sama Allah….amin.

  103. met mlm all

  104. Asallamualaikum pak saya dini, saya mahasiswa analis kesehatan, pak saya mau minta Saran untuk judul tugas akhir bidang mikologi .. Mohon bantuan Nya pak .. Makasihh

  105. Pingback: 1000 | Berbagi Tak Pernah Rugi

  106. assmlkm.pak saya tertarik beli biang poc apa bisa diaplikasikan ke tanaman air .begitu juga dng hormon auksin nya terima kasih .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s