Akhirnya Dapat Approval dari ShutterStock

Lihat galery foto-foto saya di Shutterstock.com ini: Isroi.

Saya suka memotret dari dulu. Hanya suka saja, foto-foto dikumpulin di hardisk, dipamerin di FaceBook, Blog, atau Instagram. Ada sebagian foto-foto yang saya cetak dan dipajang di album foto. Profesor-profesor pembimbing saya dulu saya kasih kenang-kenangan foto-foto ini. Lama-lama foto-foto ini menumpuk di hardisk. Lalu buat apa. Teman saya yang kebetulan juga suka foto-foto memposting sebuah artikel tentang ‘jualan foto on-line di Shutterstock.com. Menarik juga pikir saya. Saya coba ikuti saran-saran dia. Saya membuat akun di Shutterstock, mengisi semua data-datanya dan mulai mengupload beberapa foto.


Foto saya di shutterstock yang paling laku adalah foto ular cobra.

Eh…lha kok ndelalah semua foto-foto saya ditolak. Padahal foto yang saya upload sudah saya pilih-pilih foto-foto yang terbagus menurut saya. Sempat males upload lagi. Di email penolakannya ada keterangan kalau foto saya tidak mengikuti ‘guide line’ dari Shutterstock. Saya coba baca link ini. Saya coba cermati satu per satu. Lalu saya siapkan beberapa foto lagi dan upload lagi. Setelah sehari lagi, saya dapat email penolakan lagi. Ampun dah….

Kegagalan ini semakin membuat saya penasaran. Masak gagal maning gagal maning. Lalu saya pilih sembarangan foto. Yang penting mengikuti ‘guide line’. Saya coba upload. Tapi akun saya ‘off’. Semprul tenan….

Shutterstock meminta saya untuk memasukkan beberapa data lagi. Termasuk data Kartu Kredit. Gombal tenan. Lha wong saya tidak pernah pakai Kartu Kredit. Kebetulan saya pernah dapat hadiah kartu kredit dari sebuah bank yang belum pernah saya aktifkan dan belum pernah saya pakai. Singkat cerita, saya aktifkan kartu kredit itu dan saya coba untuk login lagi ke Shutterstock. Eh.. data-data saya di-approve dan saya bisa upload foto-foto lagi.

Setelah kegagalan yang bertubi-tubi, saya coba ikuti lagi guide line dari Shutterstock. Saya siapkan satu dua foto. Lalu saya upload.

Eng…ing…eng…. sehari kemudian saya dapat email kalau beberapa foto saya disetujui. Upload lagi….ditolak lagi dan disertai alasan penolakan itu. Saya belajar dari komentar-komentar penolakan ini. Lalu saya bongkar-bongkar lagi file-file foto lama saya. File foto RAW-nya. Lalu saya coba olah ulang dan saya upload lagi.

Sekarang persentase foto saya yang disetujui sudah semakin besar. Saya lebih hati-hati ketika menyiapkan foto sebelum meng-upload foto-foto ini.

Target saya sekarang adalah upload foto sebanyak-banyaknya. Saya bongkar-bongkar file-file lama. Saya mulai memotret-motret lagi objek-objek yang kira-kira bisa dikirim ke Shutterstock. Tapi sekarang saya lebih banyak memotret pakai HP saja. HP sekarang kameranya sudah canggih-canggih, untuk level tertentu tidak kalah dengan kamera DLSR.

Target berikutnya belajar memasarkan foto-foto di Shutterstock. Saya perlu belajar dari orang-orang yang sudah sukses berjualan foto di shutterstock. Pasti ada rahasia-rahasianya dan ada trik-triknya.

Saya tidak punya target muluk-muluk akan tajir dari jualan foto di shutterstock. Laku saja sudah senang. Saya yakin, ini akan bisa menjadi pasif income. Yah… ibaratnya ‘coba-coba’ berhadiah.

***
Saya coba-coba untuk membaca di forum-forum diskusi Shutterstock.com. Cari-cari bagaimana menjual foto dan membaca kisah-kisah sukses fotografer yang mendapat $ dari jualan foto di Shutterstock.com. Alkisah ada satu anggota contributor Shuttersctock yang punya penghasilan sampai ribuan dollar. Tapi, ada rahasinya. Dia menceritakan kalau dia mendapatkannya setelah aktif selama 10 tahun dan mengupload 1500 foto lebih. Nah…loh.. Dia sudah gabung sejak tahun 2015 dan saat saya cek foto di gallerynya sudah mencapai angka 1540.

Sepertinya saya mesti bersabar dan yang penting di tahap awal ini adalah upload-upload, foto lagi, upload lagi foto lagi upload lagi. Begitu seterusnya.

***

Selamat menikmati foto-foto saya. Kalau Anda suka dan membutuhkan silahkan dibeli dari Shutterstock.

Daisy flowers at night

stock photo, shutterstock

64 responses to “Akhirnya Dapat Approval dari ShutterStock

  1. Andrian muhamad yusup

    Mas kalo udah di approve itu tahap selanjutnya apa ya? Oh ya sebelumnya Terima kasih buat artikelnya bermanfaat bagi saya yg pemula di bidang ini 🙏

    • Kalau sudah di-approve ya upload dan upload terus. Jualan foto pakai pihak ketiga ibaratnya cari uang recehan. Sekali foto diunduh dapat uangnya cuma US$ 0,3-0,5. Di website stok foto itu ada ribuah atau mungkin jutaan foto. Jadi untuk memperbesar peluang foto didownload ya harus banyak-banyak upload foto.
      Baca-baca juga forum shutterstock contributor untuk mendapatkan tip dan trik dari contributor yang sudah sukses. Ada yang menceritakan kalau dia mendapatkan > US$ 100 per bulan setelah upload 1500 foto. Foto-fotonya sih biasa-biasa saja, tapi banyak banget. Baca juga tip dan trik dari shutterstock untuk foto-foto yang laris.
      Selamat berfoto ria.

  2. jadi harus punya credit card?

  3. apakah setelah kita diapproved saat awal, maka foto kita selanjutnya bakal lebih mudah untuk diapprove gan?

  4. Bentuk file nya apa om?
    Terus ukuranya brp?
    Yg sesuai aturan sutterstock

  5. Itu motretnya pake tambahan lensa makro juga gan?

  6. Mas siang kalo sdh di aprove cara upload ny gimn y

      • Devi Rina Lestari

        mas kalo sudah di approved apakah perlu di upload ulang? cara uploadnya gimana?

      • Kalau fotonya sudah diupprove, tinggal ditunggu saja untuk muncul di daftar foto kita. Bisa dilihat di halaman website shutterstock contributor di tab/menu Portofolio.

    • Mau nanya ni bang,, foto yg saya upload di aprove 4 buah ni dari 15 foto yg saya upload,, nah pertanyaan nya, itu baru ada ke isi dollar nya berapa lama ya? Soalnya penasaran juga saya foto dah di aprove tp dollar masih 0.0 aja hehehe apa harus masuk list publish set dulu apa ya bang?

    • Mau nanya ni bang,, foto yg saya upload di aprove 4 buah ni dari 15 foto yg saya upload,, nah pertanyaan nya, itu baru ada ke isi dollar nya berapa lama ya? Soalnya penasaran juga saya foto dah di aprove tp dollar masih 0.0 aja hehehe apa harus masuk list publish set dulu apa ya bang?

      • Kita baru dapat uang kalau ada yang download/membeli foto kita. Kalau tidak ada yang membeli ya tidak akan ada dollar yang masuk. Perbaiki dan lengkapi saja bagian Descripsi, category, dan keywords. Itu penting banget. Untuk informasi saja ya… saya sudah upload hampir 1000 foto. Saya baru dapat $ setelah upload ratusan foto.

  7. Pingback: Foto Ularku yang Paling Laku di Shutterstock | Berbagi Tak Pernah Rugi

  8. Bagus2 oms fotonya, buat yg blm di terima bisa di upload ke lapakfoto oms, siapa tahu cuan

  9. Kak mau tanya foto nya itu gak boleh diedit
    Apa boleh diedit

  10. assalamualaikum mas,,, saya suka foto meski pake hp saja, saya sudah upload foto tapi di tolak semuanya,,hadeww..Image contains excessive noise, film grain, compression artifacts, and/or posterization. bingung mas… gmn ya… maklum masih newbe..perasaan saya jernih,,,maksudnya gmn sih mas itu

    • Kalau fotonya terlalu banyak noise, defect atau cacat yang lain pasti akan ditolak. Coba pakai resolusi terbaik, lalu olah sedikit dengan Lightroom, dan disimpan dengan resolusi terbesar. Jangan pakai applikasi foto editor lain yang ada di HP, karena akan menurunkan resolusi dan meningkatkan noise.

  11. Mas mau naya nih aq kan dah login ke shutterstock,trus dah upload foto…tp statusnya masih pending blm direview…trus kpn ya kita hrs masukin data2 kaya kartu kredit atau yg lain2nya, soalnya waktu daftar cm ngisi email trus kaya data diri gt & langsung upload gt aja…

    • tunggu saja, kalau baru mulai biasanya perlu waktu. Bisa seharian atau dua hari paling lama. Kalau sudah sering biasanya di hari yang sama sudah direview. Nanti akan ada jawaban atas review-nya apakah diterima atau ditolak. Ditolak biasa. Pelajari alasan penolakannya. Ulang upload lagi.

  12. mas kalo masih pending itu gimana ya? apa harus ada yg perlu diubah lagi? dan waktu pending nya sangat lama sampai 5 hari, apa emang begitu?

  13. Ada tips foto lewat HP agar diterima SS gak mas? Makasih sebelumnya

  14. Mas, kalau foto kita sudah di approve itu tandanya sudah laku gitu ya?
    saya sudah beberapa foto di approve, tapi saya belum aktifkan paypall nya.
    mohon pencerahannya ya
    terima kasih 🙂

    • Foto yg lalu akan muncul di halaman dasboard kita. Ada petunjuk di kanan atas yg menjelaskan berapa banyak foto yg sudah dijual dan nilainya berapa.
      Sudah diapprove artinya diterima untuk ditampilkan di website ShutterStock, blm tentu laku. Saya upload kira2 300 foto baru ada yang laku.

      • mas izin bertanya, saya sempet baca lupa dimana kalo foto udah di approve otomatis dibeli oleh pihak shutterstock, kalo berdasarkan statement itu harusnya kalo sudah approve ada angka di dollar nya kan ?
        foto saya ada yang sudah approve tetapi sudah seminggu dollar mya masih 0
        gimana mekanisme sebenarnya mas?

      • Pengalaman saya, foto kita tdk dibelo shutterstock, jadi tidak akan nambah jadi $1. Klo setiap diapprove dapag $1 gurih banget. Saya sudah upload 1800 foto.

  15. Hai mas salam kenal, saya newbie di dunia microstock. Mau tanya,
    1. Apakah saat edit foto harus lewat pc/laptop ya biar lebih kelihatan apakah editannya sudah ok? Saya coba edit lewat aplikasi HP (Snapseed, Adobe Lightroom) tapi tetap aja ditolak padahal (menurut saya) sudah ok dan kalau di-zoom ga pecah gambarnya.
    2. Kalau kita upload gambar yang sama beberapa kali apakah bisa? Takutnya nanti reviewer-nya bosan lihat gambar itu-itu terus hahaha

    • Salam kenal juga. Edit foto sebaiknya di PC atau Laptop, karena resolusi gambarnya akan banyak berkurang ketika dikerjakan dg HP meski menggunakan Lightroom. Saya nggak tahu apakah versi LR mobile yg berbayar bisa menyimpan gambar dg resolusi tinggi. Ukuran gambar yg besar salah satu dasar besarnya ukuran cetaknya yg bagus. Klo di HP biasanya resolusinya rendah dan bagus klo dipakai dg perangkat mobile saja.

      Adminnya akan mengecek foto termasuk kesamaan dg foto2 yang lain atau pun foto yg pernah kita upload. Kalau mirip banget atau obyek yg sama hanya beda sedikit akan ada pesan di komenternya kalau foto kita terlalu mirip dg foto yang lain.

  16. Jadi intinya apa ini bang. Biar mudah di approve? 😀

  17. bang salama kenal ada beberpa pertanyaannya:
    1. kalo payout itu harus pake akun paypal ya?
    2. akun paypal itu bisa pakai nomor kartu debit lokal?
    3. kalo udah di aprproved itu biar dapet terjualnya gimana ya?
    4. kalo hasil editan dari lightroom gitu pilih komersial atau editorial ya?
    semoga dijawab sama abang makasih.
    5. payout minimum ituapa ya?

    • 1. Sementara ini saya pakai Paypal, karena hasilnya lebih banyak buat bayar online.
      2. Saya pertama kali buat pakai VCC, trus setelah punya CC sendiri ganti pakai punya sendiri.
      Nariknya pakai rekening BCA
      3. Saya nggak pakai trik apa2, cuma optimasi di judul dan kata kunci.
      4. Saya pilih editorial, blm pernah coba yang komersial
      5. Jumlah nomonal yg bisa ditarik ke rekening kitaz Saya pilih di $30

  18. malam mas, foto saya udah ada yg di approve 1. lalu itu di diamkan saja atau gimana?

  19. perlu kesabaran, keuletan yang tinggi buat bisa di approve nih

    • Klo sudah tahu aturannya akan lebih mudah untuk di-approve oleh admin shutterstock

    • Ikuti saja aturannya. Tidak sulit kok. Saya sudah upload 1000-an foto. Ditinggal saja. Jarang promosi. Alhamdulillah, ada juga yang download foto2 saya. Uangnya cukup untuk berlangganan WP dan Google setiap tahunnya. Jadi sebagian biaya2 aktivitas on-line bisa terpenuhi dari situ.

  20. wah pengalaman dan ilmu yang bagus mas. saya baru akan mulai menggeluti dunia shutterstock. semoga bisa sukses. salam sehat mas.
    anyway, ada referensi objek apa aja yang bagus untuk difoto mas?

    • Setahu saya mesti pakai kartu kredit yang bisa diterima di sistem Shutterstock. Biasanya saya pakai VCN (Virtual Credit Number). Banyak yang jual VCN. Bisa dicoba.

      • Gimana caranya dapatkan VCN.Apa BRI bisa??mohon penjelasan

      • CC-nya dari VISA atau MASTER CARD yang berlaku internasional. Kalau tidak belu VCN saja dari Marketplace.

      • KK utk VCN kita bisa dptkan dimana? Ada rekomendasikah? Makasih.
        Blognya bagus , sangat membantu👍

      • Cari di Marketplace saja. Banyak yang jual kok. Tapi untuk informasi saja, saya sekarang sudah punya CC sendiri dari salah satu bank Nasional (VISA), jadi sudah tidak pernah pakai yang itu.

  21. Muhamad Daenuri

    Punya saya kok cuma ada paypal sama alat pembayaran digital lainya? Ngga ada option credits card?

  22. Bang ajarin saya juga di shuterstock🙏

    • Kapan2 saya buat tulisan lagi tentang Shutterstcok foto pakai HP. Jaman sekarang memotret tidak mesti pakai kamera DSLR dan edit di PC untuk bisa dapat foto yang bagus. Modal HP saja sudah cukup. Insya Allah.

  23. wahh makasih kak sharingnya…
    saya juga newbe… upload pertama di tolak,,sampai beberapa kali dan akhirnya ada 1 fot yg di approve itu saja sudah senang,,,semoga saja ada pembeli yang tertarik,,,

  24. kalo di SS minimal payout berapa ya..?

Leave a comment