Aplikasi Hormon Giberelin untuk Durian

Sebuah paper dari negeri Jiran Malaysia meneliti tentang aktivitas hormon giberelin pada pohon durian. Penelitian yang dilakukan sudah cukup lama, paper ini ditulis tahun 1992. Waktu aku masih sekolah SMA. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa aktivitas hormon giberelin ditemukan pada pembentukan bunga dan buah durian. Aktivitas tertinggi ditemukan pada pembentukan bijih buah durian kurang lebih 3 minggu setelah penyerbukan.

Dari hasil penelitian ini kemudian dilakukan ujicoba aplikasi hormon giberelin pada durian. Aplikasinya dilakukan kurang lebih enam minggu setelah penyerbukan, kira-kira buah duriannya masih berukuran kecil. Hasilnya, aplikasi hormon giberelin bisa mengurangi kerontokan buah, peningkatkan pembentukan buah dan meningkatkan bobot buah durian hingga 20-30%. 

Mamat, A., and A. Abd Wahab. Gibberellins in the developing flower and fruit of Durio zibethinus murr. 1990.

 

giberelin

Silahkan klik di sini: Giberelin untuk informasi pemakaian dan pembelian Hormon Giberelin.

13 responses to “Aplikasi Hormon Giberelin untuk Durian

  1. Oh baru tahu, itu cara menggunakannya bagai mana ya? apakah cocok untuk semua varian durian? Mohon infonya. Terima kasih

    • Giberelin dipakai untuk tanaman yang sudah berbuah, terutama yang mengalami masalah buah rontok karena masalah fisiologis. Aplikasinya 5-10 ppm disemprotkan langsung ke tangkai buahnya.
      Atau disemprotkan langsung ke buah yang masih pentil, berukuran kecil.

  2. Mas isroi saya petani padi, tanaman padi baru berumur 10 hst, dalam menghadapi musim kemarau biasanya sebelum padi bunting sudah mengalami kekeringan. Lokasi indramayu, mohon pencerahannya

  3. Untuk mempercepat pertumbuhan durian.. 2,bln hst baiknya aplikasi hormon/pupuk ap??

  4. Bibit durian ukuran 60cm, saya aplikasi kocor cairan gibberelin campur sama gandasil ijo dosis rendah. Pupuk makro dan mikro tetap wajib. Hasilnya, bibit tumbuh cepet ngacir, jauh ninggalin bibit duren yg gak aplikasi gibberlin dan gandasil. Di sini saya blom aplikasi pupuk kandang, nunggu pohon sampe tinggi 3 meter…

  5. Assalmu alaikum apakah hormon giberlin bisa mempercepat pembungaan pada tanaman cengkeh klo bisa gimana cara aplikasinya

  6. Fadjar Purwidigdo

    Buah durian belum masak tapi telah jatuh dan disimpan lama tetap bisa empuk buah nya kalaupun bisa empuk daging buahnya tetapi hambar. Apakah bisa di aplikasikah dg hormon Gibelerin ? Atau ada advis lain ?

    • Buah jatuh muda ada banyak faktornya. Buah durian adalah buah non klimaterik, jadi klo belum masak pohon tidak akan bisa masak jika diperam dan rasanya pasti hambar. Dicari dulu penyebab buah rontoknya apa? Kekeringan, hama atau penyakit bisa menyebabkan buah rontok. Kekurangan kalsium jg bisa menyebabkan rontok buah. Klo untuk aplikasi hormon giberelin bisa disemprotkan ke tangkai buah.

  7. Maaf mau tanya untuk durian yg sudah besar namun rontok sebelum masak bagaimana meng aplikasikan giberelin

    • Perlu dicek dulu penyebab rontoknya apa. Apakah karena hama/penyakit, atau karena masalah fisiologis. Misalnya, tumbuh tunas2 baru/fase vegetatif lagi. Klo pemakaian giberelin bisa dengan cara disemprotkan ke tangkai buahnya.

Leave a comment