Batik Klewer

Kalau Jakarta punya pasar tanah abang yang konon pasar grosir baju terbesar di asia tenggara, maka di Jawa Tengah punya pasar Klewer. Meskipun tidak segede pasar Tanah Abang, pasar klewer sangat ramai. Pasar ini adalah pasar grosir baju. Hampir model baju apa saja dapat ditemukan di sini.

Pasar Klewer = Pasar Batik

batik01

Salah satu yang khas di Pasar Klewer adalah batik. Pasar klewer adalah pasar batik. Image ini sudah melekat dan susah dipisahkan dengan pasar klewer. Kalau masuk pasar ini akan terlihat batik di mana-mana. Model dan coraknya bermacam-macam. Dan yang penting hampir setiap minggu ada model baru. Satu model tidak bertahan lebih dari satu bulan.

Banyak ciri khas batik jawa. Batik dari pesisir seperti dari Pekalongan memiliki motif yang berbeda dengan motif batik dari pedalaman, seperti jogja atau solo. Batik pesisir umumnya berwarna cerah dan banyak kombinasi warna. Batik dari solo berwarna netral dengan kombinasi warna-warna keluarga (analog). Tetapi menunjukkan kewibawaan, keangungan, dan kesatria, tatapi tetap sederhana, Njawani banget.
batik01

Seperti yang sudah saya sampaikan di depan, di pasar ini dapat ditemukan batik dengan motiif dari mana saja. Motif solo atau jogja banyak. Motif pesisiran pun banyak sekali.

Mode batik sekarang sangat beragam. Kalau jaman dulu hanya untuk ‘jarik’, sekarang digunakan untuk apa saja. Kemeja, celana, piyama, kolor, daster, gamis, baju koko, kaos, selimut, sarung bantal, dan lain-lain. Mulai dari baju bayi, anak-anak, remaja, hingga baju kakek-nenek.

batik01

Menyebar ke seluruh Indonesia

batik01
Batik pasar klewer dijual ke sekitar solo sampai penjuru nusantara. Para pedagang di SG, di sekitar alun-alun, di jogja, tanah abang, kulakan batik di klewer.

Menurut mbak Sarni, salah satu pedagang batik, batik dari kiosnya dikirim ke medan sampai makasar. Apalagi menjelang lebaran seperti ini, pesanan mulai membanjir.

Harga Super Miring, Kualitas Butik

batik01

Ini salah satu yang paling menarik di pasar klewer: hardanya super miring alias murah banget. Tapi ada catatannya juga: harus pandai menawar. Harga mulai sepuluh ribuan sampai lima puluh ribuan. Rasanya jarang banget yang harganya di atas 50rb. Sebagai contoh baju hem lengan panjang cuma 35rb. Ini yang kualitas bagus banget. Yang biasa-biasa saja cuma 25rb. Gile murahnya.

Batik dengan kualitas sama kalau di luar pasar klewer bisa di atas 100rb. Di solo grosir saja bisa dua kali lipatnya. Bahkan di toko-toko sekitar alun alun harganya tidak kira-kira. Maklum konsumennya beda.

Meskipun harganya murah, bukan berarti kualitasnya murah. Kualitasnya tidak kalah dengan batik dari butik: Danar Hadi misalnya. Kainnya halus, tidak luntur, dan kalau dipakai dingin.

Biasanya kalau lebaran para bos memberi hadiah baju lebaran. Tidak ada salahnya kalau lebaran ini memberi hadiah batik klewer. Selain harganya yang murah, kualitasnya pun bagus.

batik01

batik pasar klewer

batik pasar klewer

batik pasar klewer

batik pasar klewer

Batik Pasar Klewer

batik pasar klewer

batik pasar klewer

Batik Pasar Klewer

Advertisements

3 responses to “Batik Klewer

  1. Yuda cikali hs

    Boleh minta pin BBx?

  2. Harus kesini kalo sedang berada di kota solo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s