Promi

Informasi Lengkap Tentang Promi

Aktivator PROMI
Link terkait:

  1. Sejaran Penemuan PROMI
  2. Artikel tentang PROMI
  3. Pengomposan Jerami dengan Promi
  4. Pengomposan Tandan Kosong Kelapa Sawit dengan PROMI
  5. Pengomposan Sampah dengan PROMI
  6. Pengomposan Sampah Kota Skala Besar untuk Pupuk Organik
  7. Mengelola Sampah Rumah Tangga di Perkampungan/Perkotaan
  8. Cara Mudah Mengolah Sampah Pasar
  9. Aplikasi Promi untuk Media Tanam Jahe
  10. Pengomposan Kulit Singkong dengan PROMI
  11. Pengomposan Limbah Kayu (serbuk gergaji, serutan dan serpihan kayu) dengan Promi.

Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia
Jl. Taman Kencana No. 1, Bogor
Telp. 0251 – 8327449
Fax. 0251 – 8328516
Email: ibriec@indo.net.id

Bisa menghubungi:
Bogor:

Ibu Eka (085711656103/087770643945)
Mad Soleh (081280112444)
Ibu Hj Ernawati 08134524262

Dr. Agus Purwantara
Dr. Isroi, MSi (isroi93@gmail.com)

Promi untuk daerah Sidoharjo dan Sekitarnya bisa menghubungi:

” Koperasi Mutiara Citra Berseri
Perum Mutiara Citra Graha D7 no.1
Desa Larangan,Kec.Candi Sidoarjo

CP ;
1. Bpk N.Chrisna 085101689978,
2. Bpk Hasan Amrullah 081332000455

Promi untuk wilayah Tulungagung Jawa Timur silahkan menghubungi:

Bp. Agung Widiyanto 081335581892 (Tulungagung)

Promi untuk wilayah Jawa Tengah silahkan menghubungi:

Sutriatmo 082330527919/087731283888 (Kendal dan Lampung)

Harga belum termasuk ongkos kirim.

Advertisements

273 responses to “Promi

  1. saya ingin memesan Promi 1 kg dan promo satu liter. Berapa biayanya termasuk ongkos kirim ke cirebon.Selain bank jabar apakah ada no rekening lain??BCA?

  2. Wirawan Ciptonugroho

    Saya tergolong baru mengerti tentang hydrolsis celulose, menurut saya teknologi hidrolisa selulosa adalah teknologi yang sangat luar biasa kalau kelak dapat dipakai secara komersial….
    Saya hanya ingin menyampaikan (mungkin juga sudah ada yang tau) tentang dua paper yang dipublished oleh Angewandte Chemie International baru2 ini tentang depolimerisasi selulosa dengan katalis asam heterogen (amberlyst) dalam larutan berionik (ionic solution)…Menurut saya artikel ini merupakan terobosan pd kasus hydrolisa selulosa. Dengan adanya katalis dan pelarutan dalam larutan berionik dapat mencegah penggunaan ‘harsh condition” seperti pengunaan larutan asam dalam konsentrasi rendah dan suhu operasi yang tinggi.

  3. Pak,apakah pupuk promo/promi bisa dipakai utk pengolahan tanah yg tandus ?dan apakah sdh ada distributor di daerah sumut?

  4. pak,apakah promi atau promobisa dipakai untuk pengomposan yang dilakukan di dalam tanah (bak pengomposan dilakukan di dalam tanah sedalam 1.5 m. Bagaimana cara pemesanannya dan cara pembayaran promi atau promo tsb?Apakah ada bank lainnnya?

    • Promi digunakan untuk aktivator pengomposan, sedangkan Promo adalah pupuk organik. Jadi promo yang digunakan untuk pengomposan. Pengomposan dengan Promi adalah pengomposan aerobik, akan lebih baik jika dilakukan di atas tanah. Pengomposan di dalam tanah cenderung anaerob atau mikroaerofilik (hanya ada sedikit oksigen). Proses pengomposan berlangsung lebih lama daripada pengomposan aerobik. Untuk informasi Promi atau promi silahkan lihat di sini: https://isroi.wordpress.com/promi/ . Semoga membantu.

      isroi

      • Aslam?

        Saya M. Sudirman dari Palembang,..

        Kami sangat tertarik dengan PROMI dan ingin membelinya, tapi mohon
        solusinya berapa banyak kami perlukan ?

        – Kami akan membersihkan lahan 1 Ha dengan boldozer, yang ditumbuhi
        semak belukar, alang-alang dan gulma.

        – bagaimana sebaiknya (semak belukar,alang2 dan gulma) ini
        dimanfaatkan untuk kompos?

        – apakah dikantongkan dalam plastik? atau membuat bak semen? atau
        lubang di dalam tanah?

        – Berapa banyak PROMI kami perlukan ? berapa ongkos kirimnya?

        – Ditunggu penjelasannya.

        Terima kasih banyak.

        Wassalam,

      • Assalamu’alaikum wr wb.
        Selamat datang di blog saya semoga bermanfaat.

        1. Alang-alang, daun-daun, dan tanaman yang berbatang lunak bisa dijadikan kompos. Proses pengomposan bisa dilakukan di atas tanah atau pun dipendam di dalam tanah. Pengomposan di atas tanah dengan ditutup plastik biasanya lebih cepat daripada pengomposan dengan cara dipendam di dalam tanah. Pertimbangannya biasanya adalah masalah biaya, waktu, dan keamanan. Kalau memang memungkinkan saya sarankan pengomposan dilakukan di atas tanah dengan cara ditutup plastik/terpal.

        Karena arealnya cukup luas 1 ha, tempat pembuatan kompos dari bahan-bahan ini bisa dipisahkan dalam beberapa tempat. Hal ini untuk memudahkan dalam proses pembuatan maupuan aplikasi komposnya.

        2. Batang kayu yang keras sebenarnya bisa juga dikomposkan, tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama dari bahan-bahan lain yang lunak. Kalau dalam proses pembuatannya dicampurkan dengan bahan-bahan yang lebih lunak, maka bahan lunak sudah jadi kompos, kayunya masih belum jadi kompos dan masih keras. Jadi untuk mudahnya kayu dipisahkan dari bahan lain yang lebih lunak. Pengomposan kayu-kayunya bisa dipendam dalam lubang.

        3. Dosis anjuran Promi adalah 1 kg untuk 1 ton bahan. Saya tidak tahu berapa bahan yang bisa dikomposkan di lahan Bapak. Silahkan diperkiran sendiri dan dikalikan dengan dosis Prominya.

        4. Mohon dibaca petunjuk pengomposan yang ada di blog saya. Permasalahan yang umum dihadapi adalah ketersediaan air. Bahan yang kering akan lebih lama dikomposkan atau bahan proses pengomposannya bisa gagal.

        5. Pemesanan, biaya kirim, dan lain-lain silahkan ditanyakan langsung ke alamat di bawah ini:

        Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia
        Jl. Tama Kencana No. 1, Bogor
        Telp. 0251 – 8327449
        Fax. 0251 – 8328516
        Email: ibriec@indo.net.id
        Facebook account: http://www.facebook.com/profile.php?id=100001376839280

        Kalau ada yang belum jelas, silahkan kirim komentar kembali.
        Wassalam.

  5. pak, numpang tanyain ke pak Wibik, berapa harga promi per kg, untuk pranko Palangkaraya, dan apakah ada perbedaan harga yang cukup besar antara kemasan kecil dan kemasan besar

    saya segera membutuhkannya,…
    steven

  6. Siang pak,…
    mohon informasinya, berapa banyak penyusutan kompos setelah matang (dengan memakai promi) dibandingkan dari awal (bahan hijau)?
    kami perlu untuk data budget pengeluaran pembelian promi, karena kebutuhan kompos kami sangat besar

    thanks

    steven

    • Rendemen komposnya kurang lebih 50-60%. Jadi dari 1 ton bahan bisa dihasilkan 0.5-0.6 ton kompos. Untuk jerami biasanya 50% sedangkan kalau untuk TKKS biasanya 60%. Kalau bahannya lunak dan banyak mengandung air, rendemennya semakin rendah. Semoga membantu.

  7. Mas kalau promi untuk kotoran sapi, apa sama aplikasinya pada jerami? Berapa dosisnya promo untuk tanaman padi? Di BPBPI apa sudah membuat pestisida organik? Apakah mas pernah mendengar/tahu tanaman untuk menyimpan air tanah, sehingga pada musim kemarau tidak kering? Soalnya di daerah saya pada musim kemarau tidak bisa menanam, apalagi padi. Terimakasih.

  8. wah aku pingin beli tapi promo gak bs kirim via udara dong mas…., promo akan bnyk membantu kawan2 petani sawit krn ppk mahal harga sawit ancurrrr

    • Memang itu salah satu kendala aplikasi Promo di kebun sawit. Tetapi kalau kebutuhannya cukup besar bisa dikirim melalui darat atau laut dengan expedisi truk. Ada cara yang lebih simpel, yaitu dengan memanfaatkan tankos yang melimpah di pabrik. Tankos diinokulasi dengan Promi, kalau di pabrik bisa menggunakan automatic sprayer. Tankos ini bisa dibuat kompos dulu atau langsung dijadikan mulsa di piringan sawit. Cara ini lebih simpel dan lebih murah. Memang mungkin hasilnya baru bisa dirasakan pada musin panen berikutnya.
      Silahkan lihat di sini:
      https://isroi.wordpress.com/2008/12/11/pemanfaatan-tkks-untuk-kompospupuk-organik-di-kebun-sawit/
      Semoga bermanfaat.

  9. Salam,
    Saya dari Malaysia, apa PROMI tidak menghadapi masalah jika melalui mesin x-ray di airport? Maksud saya kemungkinan funginya akan mati.

    • Salam juga,
      Promi pernah dikirim ke Malaysia, Kelantan, dan sejauh ini belum ada masalah. Sinar X-ray tidak terlalu kuat dan cuma sebentar, jadi tidak akan membunuh fungi.

  10. Mas, untuk pembuatan kompos pakai promi, kalau airnya pakai air hujan apa bisa, biar irit? Kalau bekas “dangkel” kacang tanah dicampur dalam pembuatan kompos, apa hara N
    masih ada? Sehingga memperkaya komposnya. Untuk penyemprotan padi pakai Promo waktunya sampai kapan, apa dari mulai habis tanam sampai padinya “njebul” atau gimana? Terimakasih.

    • Pake air apa saja bisa. Asalkan jangan pake air yang baracun, misalnya limbah industri B3. Di kebun sawit pembuatan kompos pake air limbah pabrik kelapa sawit, justru bagus sekali hasilnya.
      Pemakain promo sampai masak susu, jadi kira-kira sebulan atau satu setengah bulan sebelum panen.

      isroi

  11. Mas saya sudah membuat kompos pake promi sudah 3 hari, saya pake penutup dari terpal seperti karung pupuk kimia itu lho, kok di bagian luar terpalnya ada airnya seperti embun, apa itu wajar/bermasalah? Kalau promi langsung dipake untuk tanaman apa mikroba pelapuknya tidak mengganggu tanaman? Rencana saya mau pake promo+promi untuk memupuk semaian/benih padi apa bagus ya mas? Terimakasih

    • Air yang mengembun itu karena ada pemanasan dari dalam. Proses dekomposisi aerobik memang menghasilkan uap air. Tidak apa-apa. Untuk pembibitan saya sarankan pake Promo saja. Benih sebelum disebar direndam sebentar dengan Promo. Kemudian setiap dua minggu sekali disemprot pake Promo juga. Sebelum di tanam akar bibit padinya juga direndam dulu pake Promo. Promi digunakan untuk membuat kompos jerami. Sebenarnya Promi bisa saja dipakai langsung. Bakteri dekomposer tidak mengganggu pertumbuhan tanaman/padi, karena mikroba ini adalah mikrob saprofit. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil menanam padi organiknya.

  12. Mas, bikin kantor pemasaran cabang di medan dong. Kita mau beli kiloan. Kalau pesan ke bogor eh malah lebih mahal ongkos kirimnya. Ingin mencoba promo untuk pengurai kotoran ternak (kambing, sapi atau ayam) sebelum ditebar, karena selama ini kami tabur langsung tanpa permentasi. Asumsi kami bahwa, ditebar langsung lebih cepat kerjanya dan tidak buang-buang waktu, padahal kami tidak pernah memperhitungkan efektifitasnya.
    Untuk coba-coba, aku mau beli 5 kilo, bagaimana caranya mas?

  13. apa kabar.

    Saya ingin membeli Promi
    Alamat saya di Melaka, Malaysia.
    Tolong beritahu agaimana. Berapa ongkosnya.
    Ada tak wakil di sini.
    Terima kasih.

  14. siang, Dr.Isroi klo aplikasi promi untuk kotoran sapi spya prosesny singkat tdk terlalu lama wktunya 3-4 mggu, proses apakah yg bs mempersingkat proses pematangan pupuk tsb ? dlm pengalaman-promi-4 itu bs d golongkan dlm proses an-aerob bkn pak ? selain menggunanakn di tutup plastik apakah bs d pakai dlam satu wadah yg di tutup rapat? oia satu lagi apakah aplikasi promi bs dpakai ke kotoran kambing,ayam ?

    • Pengalaman yang di posting Pengalaman Promi 4 dilakukan dalam waktu sekitar tiga minggu. Kalau lebih cepat lagi saya belum bisa.
      Prosesnya areob meskipun ditutup, karena mikrobanya adalah mikroba aerob. Kalau anaerob akan muncul biogas/metan.
      Kalau dimasukkan bak atau reaktor tertutup akan menjadi fermentasi anaerob dan akan muncul biogas juga.
      Promi pernah dipakai untuk kotoran kambing oleh patani di Kroya, cilacap dan menurut mereka cukup berhasil dibandingkan dengan menggunakan aktivator lain.
      Semoga bermanfaat.

  15. Assalamu’alaikum,

    Salam kenal, Mas Isroi saya tertarik dan kepingin sekali membantu dan mencoba sendiri untuk membuat kompos dari jerami yang utamanya saya pengen nantinya untuk mensharing kepada para petani di kampung saya yang sering sekali saya diskusi bersama mereka tentang pertanian sekitar problem dan kendala yang selama ini mereka sering keluhkan kepada saya.
    Intinya saya pengen memberi solusi terutama dalam benak saya gimana temen saya ini bisa merubah padigma/problem tani, baik terutama bagaiman meningkatkan hasil panen dengan efisiensi biaya, maka saya mengajak/membantu mereka untuk sedikit demi sedikit mengunakan pupuk organik terutama kompos jerami/pupuk organik yang insyaalloh produksi sendiri dari kompos jerami di sawh mereka yang selam ini hanya jadi sampah tak berarti juga sebagai real answer good solution .
    Untuk itu sama mohon bantuan pencerahan serta support dari Mas Isroi dkk, sekaligus mau coba bikin kompos (trial) nanti saya share dan aplikasikan kepada teman.
    Pendek kata saya mau beli promi tersebut berapa harga dan ongkos kirim ke Jakarta.
    Sekian atas perhatian dan kerja samanya saya haturkan banyak terima kasih.

    Wasalam,
    @hmad

  16. indra.saptiama

    salam hormat,
    Saya sedang mendapat tugas pembuatan pupuk organik dari dedaunan kering, yang ada di sekitar kampus saya,saya minta saran dari mas,tentang,
    1.Jikalau saya membuatnya penempatannya dengan membuat timbunan di tanah (saya buat lubang 1x1x1) apakah bisa?
    2.apakah BPBPI menjual selain aktivator selain promi?
    3. Apakah aktivator promi dapat digunakan untuk anaerob dan aerob?
    4. Perlu berapa banyak promi yang saya harus gunakan untuk pembuatan pupuk organik ini?
    Terima kasih atas perhatiannya….

    • Beberapa saran untuk pengomposan daun-daun kering.
      1. Daun atau seresah yang lain sebenarnya sangat mudah dibuat kompos dibandingkan dengan bahan-bahan lainnya seperti batang atau ranting. Ada banyak cara pembuatan kompos selain yang saya tuliskan di blog ini. Salah satunya cara penimbunan. Cara penimbunan lebih cenderung pada proses pengomposan anaerob dan prosesnya berlangsung cukup lama. Lebih lama dari cara aerob. Kalau saran saya untuk sampah daun sebaiknya tidak ditimbun, tetapi dibuat gundukan di atas tanah (windraw). Asal dijaga kondisi yang optimum (kelembaban, dll) proses pengomposan akan berlangsung, meskipun tanpa diberi aktivator.
      2. BPBPI memiliki beberapa aktivator pengomposan (dekomposer) yaitu: Promi, ActiComp & ActiComp Plus, OrgaDed, dan SuperDec. Silahkan ditanyakan ke bagian penjualan di link berikut ini: https://isroi.wordpress.com/promi/. Di pasaran juga ada banyak-banyak sekali aktivator pengomposan, bisa dipilih dan dicari sendiri.
      3. Aktivator Promi hanya untuk pengomposan aerob dan termofilik (suhu tinggi).
      4. Dosis promi adalah 1 kg untuk 1 – 2 ton bahan baku. Kalau untuk daun mungkin bisa 2 ton bahan. Hasilnya kurang lebih 50% kompos atau separonya. Jadi kalau buat 2 ton bisa dapat 1 ton kompos basah. Kompos kering untuk pupuk organik (kadar air sekitar 15%), ya..jadinya sekitar 400 – 500 kg. Bisa dihitung sendiri.
      Semoga membantu.

      isroi

  17. tetapi jika saya tetap menjalankan secara anaerob , apakah promi masih bisa digunakan?lalu dekomposer lainnya seperti EM4,orgadec,akticom termasuk anaerob atau aerob?bagaimana sebaiknya metode dan dekomposer yang saya gunakan ??karena saya akan membauat 3 model pembuatan
    1. model 1, tanpa dekomposer
    2. model 2 dan 3 menggunakan dekomposer jenis yang berbeda.
    Bersama kelompok sayajuga sedang mencari metode yang terbaik untuk ketiga model tersebut.
    terima kasih.

    • Seperti yang saya sampaikan, mikroba di Promi, Orgadec dan Acticom adalah mikroba aerob. Jadi tidak bisa digunakan dalam proses anaerob.
      Semoga membantu.
      isroi

  18. terima kasih,sy baru membaca ulasan anda mengenai PROMI.dihalama berikut

  19. Salam,
    Saya sudah coba mengomposkan daun dan rumput dengan PROMI. yang jadi masalah karung plastik di gigit tikus. Apakah saya bisa memakai komposter plastik dimana lubang udaranya hanya terletak di dua sisi bagian atas dengan diameter 2 inchi ?.
    Atas perhatiannya banyak terima kasih

    • Lubang udara memang diletakkan di bagian bawah, karena bagian ini yang biasanya kurang udara. Kalau masalahnya tikus memang agak sulit. Salah satu alternatifnya adalah dengan menutup kompos dengan daun-daun. Cara ini memang bisa dilakukan, tetapi akibatnya bagian luar tidak akan terkomposkan dengan baik. Saya akan coba pikir juga cara lain yang lebih baik untuk mengatasi masalah tikus ini.

  20. Apakabar mas? Saya ingin tanya lagi..
    1. Di pengalaman-promi-4 itu berapa dosis promi dalam pengomposan kotoran sapi?
    2. Di bawah hasil kompos jerami dgn promi ditemukan koloni rayap. Khawatir menimbulkan problem lain di konstruksi bangunan, rayap ini akan diberantas dengan furadan. Apakah furadan itu akan menurunkan kualitas komposnya?

    Tksh, salam,

    • Kabar baik. Alhamdulillah.
      1. Untuk kotoran sapi dosisnya sama saja, untuk 1 – 2 m3 diberi Promi 0.5 kg. Tetapi tanpa pengenceran air. Kalau ada ditambah bahan-bahan yang bisa mengurangi kadar air dalam kotoran sapi. Sisa-sisa pakan sapi bisa ditambahkan.
      2. Koloni rayap ada mungkin karena suhu dibagian bawah tidak tinggi. Kalau suhu tinggi, biasanya tidak ada rayap. Atau mungkin di tanah yang kering yang biasanya ada rayap. Kalau di sawah tidak pernah saya temukan ada rayap. Justru ada yang bermasalah dengan tikus. Furadan kan juga antibiotik, kalau dicampurkan semua, jelas berpengaruh terhadap Prominya. Saran saya, dilakukan pembalikan saja, terutama dibagian yang ada rayapnya. Kalau terlihat kering ditambahkan air secukupnya.
      Semoga bermanfaat.

  21. Mohon penjelasan apa bedanya Promi dan Promo ?

  22. alhamdulillah jazakallahu ahsanal jaza’ amin

  23. kalo di tuban untuk dapat promi menghubungi siapa Mas !

  24. mas, apakar PROMI dapat dipakai sebagai aktivator dalam pengolahan urine? saat ini saya sedang melakukan pengolahan urine sapi menjadi pupuk organik cair dan mengalami kesulitan menemukan bahan aktivator yang berkualitas, pada awalnya saya menggunakan BIO TANI AGROTEK dan DEXTRANT produk dari PT. NUSA INDO AGROPERSADA tapi saat ini saya kesulitan untuk mendapatkannya.

    • salam kenal mas isroi, mas kuncoro…

      mgkn saya bisa bantu kebutuhan mas kuncoro,
      saya punya bahan organik yang bisa digunakan utk mengolah feses & urine sapi menjadi poc maupun kompos

      andy

  25. Sebetulnya saya pingin jual promi diwilayah yogya dan sekitarnya, dan saya punya pemikiran untuk membuatjaringan dengan teman seperti di yogya sendiri ada 3 lokasi (sleman 1,bantul 2,) klaten 3 lokasi dan sukoharjo 1 lokasi. Bagaimana seandainya Balai/Koperasi membuat standar harga juga jaringan tersebut dimanfaatkan oleh Balai/Koperasi agen oleh yang memerlukan promi tersebut. Sebagai perintis akan mempromosikan melalui berbagai media meliputi penyuluhan maupun spanduk dll.

  26. Muhammad Afini

    Yth. Mas Isroi
    Tolong dikoreksi harga yang berlaku saat ini untuk produk PROMI adalah Rp 17.050,-/kg loko Bogor. Selanjutnya Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan, juga mempunyai dekomposer lain seperti OrgaDec (decomposer untuk tandan kosong kelapa sawit dan limbah organik lainnya) dengan harga Rp 6.600,-/kg loko Bogor (perintis), Bioteks Rp 6.600,-/kg loko Bogor, Sludec (decomposer untuk limbah kertas) Rp 16.500,-/kg loko Bogor, dan Acticomp Rp 22.000,-/kg loko Bogor.
    Terima kasih.
    Salam,
    Muhammad Afini 0815-1036-2950
    Direct e-mail : komers@ibriec.org
    YM : komersial

  27. satria_impemi

    saya ingin memesan Promi 1 kg dan promo satu liter. Berapa biayanya termasuk ongkos kirim ke pekanbaru ( Riau ).Selain bank jabar apakah ada no rekening Bank lain??

  28. salam, jika jerami tang telah di kasih promi terkena air hujan dan becek. apakah reaksinya pak.

    • Jarang sekali terlalu basah, yang umum adalah kekeringan. Kalau basah sekali sampai dalam-dalamnya akan terjadi fermentasi anaerob. Kalau terjadinya di awal-awal pengomposan, kompos akan bau sekali.

  29. pak,adakah yang jualpromi diriau?

  30. pak kalau kami membeli dari jawa harganya jadi mahal, sementara satu karung kompos dijual dengan harga 12.000, jadi adakah bapak punya distirbutur sendiri di pekanbaru?

    • Saya tidak mengurusi penjualan, jadi silahkan ditanyakan ke CP di atas. Menghitungnya begini:
      Misalkan: harga Promi sampai di Riau Rp. 25.000/kg (perkiraan paling mahal). 1 kg untuk 1 ton, rendemennya 50%. Jadi dalam satu kg kompos biaya dekomposernya adalah rp.50/kg. Andaikan satu karung ada 25 kg. Jadi satu karung ongkos biodekomposernya hanya rp. 1.250. Silahkan dihitung sendiri apakah ekonomis atau tidak.

  31. Adrianus Henuk

    tolong saya dong.saya di timor-leste.sering juga ke Kupang NTT.saya mautanya.kalau di Kupang saya mau beli Promi di mana.rencananya saya mau coba.pengomposan pakai kulit kopi.ok ku tunggu.makasih.

  32. Adrianus Henuk

    helo rekan-rekan dimanapun berada,tolong saya dong,terutama di Kupang NTT.rencana aku mau buat kompos pakai Promi,kalau di Kupang ada nggak,agen PROMI,sebab saya tinggal di Timor Leste,k mksh.adrianus@landolakes timor-leste.net.

  33. mas, jika aku pesan promi dan promo per kemasan..aku ingin mencoba produknya..serius..posisi di grobogan jateng

  34. Siang Pak Isroi,
    Terimaksih atas ilustrasi biaya dekomposernya (ref 25 Jul 2009). Kebetulan saya memerlukannya.
    Ceritanya, melihat tumpukan jerami yang hanya dibakar atau diangkut orang entah kemana, saya sampaikan ide tentang Promi kepada seorang pimpinan masyarakat desa kami (Berkoh, Purwokerto). Tampaknya mereka tertarik dan minta saya mempresentasikan Promi lebih detail dalam pertemuan kelompok tani di kampung sini, 16 Ags yad.

    Saya tidak punya bahan apapun dan dgn ini saya mohon ijin memprint informasi tentang Promi dan dwnload video pembuatan kompos jerami dari blog ini untuk materi presentasi dimaksud. Terimaksih sebelumnya.

    Selain itu, salah satu alasan mengapa petani lebih suka membakar sampah jerami itu adalah agar dapat memusnahkan telur keong emas pengganggu tanaman padi mereka. Sekiranya ada input mas Isroi tentang alasan itu, akan saya teruskan kepada mereka.

    Tksh, salam..

  35. pak isroi yth. saya mau tanya aplikasi promo dan promi pd tanaman kedelai bagai mana? agar mendapatkan hasil panen yg maksimal.trima ksh ..

    • Promi digunakan untuk membuat kompos yang akan dipakai sebagai pupuk organik. Tentang cara pembuatan kompos silahkan lihat sendiri di posting lainnya. Silahkan gunakan fasilitas pencarian blog ini. Sedangkan aplikasi Promo dilakukan dengan cara disemprotkan. Promo digunakan untuk merendam bibit sebelum persemaian. Selama persemaian bisa disemprot 2 minggu sekali. Selanjutnya setelah tanaman mulai besar, penyemprotan dilakukan 2 atau 3 minggu sekali. Semoga bermanfaat.

  36. Saya ingin membeli promo sebanyak 5 kilo, alamat saya
    Selangor, Malaysia.
    Tolong berikan jumlah ongkosnya termasuk penghantaran.

  37. Maaf pak promi bukan promo

  38. pak isroi saya petani dr blora saya mau buat kompos dr ktoran sapi dng promi yg saya mau tanyakan . 1 apakah pengomposan harus dalam ruangan? bisa tdk langsung disawah ? 2 .apakah alas pengomposan harus dr semen atau plastik? trima kasih pak.

    • Pengomposan bisa saja di ruangan/ditempat yang dinaungi. Tidak harus di sawah. Dan alasnya tidak harus disemen atau gali seperti membua lubang. Caranya sangat sederhana sekali seperti yang di posting tentang pengomposan limbah sapi. Coba cari dengan keyword: sapi promi kompos.

  39. saya mau coba buat kompos dari kulit yang pertama dan yang kedua dari kulit kopi.pakai promi.apa bisa kirimkan.ke timor-leste.dengan harga nya berapa plus ongkos.kirimnya kesini.ok makasih

    • Silahkan kontak langsung ke bagian penjualan yang ada di atas. Mohon maaf saya tidak menangani penjualan dan blog ini hanya untuk informasi dan support. Terima kasih.

  40. setelah kita melakukan proses pengomposan dan komposnya sudah jadi, lalu nama apa yang tepat untuk kompos tersebut ? ada orang bilang pupuk organik… ada bilang kompos bio aktif, apakah nama ini ada kaitannya dengan pajak bila diperdagangkan?

    • Kompos adalah salah satu bentuk pupuk organik. Nama umumnya tetap kompos. Kalau diolah bisa menjadi pupuk organik. Nama kompos bioaktif kalau tidak salah dipopulerkan oleh Dr. Didiek HG sekitar akhir tahun 1990-an. Nama itu diberikan karena masih ada mikroba yang aktif/bermanfaat di dalam kompos yang sudah jadi. Nama kompos bioaktif ini memang melekat dengan BPBPI, rasanya belum ada pihak lain yang menggunakannya. Saya tidak tahu apakah ada aspek HaKI untuk nama kompos bioaktif ini. Coba ditanyakan langsng ke BPBPI. Semoga membantu.

  41. as. p asroi, saya mo menanyakan :
    1. Pemakaian promi pada TKKS tersebut apa terlebih dahulu harus dicampur dengan air dengan konposisi perbandingan berapa??
    2. Ada jawaban Bpk yg menyatakan bahwa limbah cair di PKS sangat bagus untuk proses pengomposan TKKS, penggunaan limbah yg mana yg dapat dipergunakan untuk pengomposan TTKS apakah limbah yg sudah dilakukan pencampuran dengan bakteri an-aerob atau limbah yg belum diberi bakteri dan berapa perbandingannya.
    Dan apakah TTKS yg sudah diberi limbah cair tersebut masih diberi promi
    Makasih atas perhatiannya.wass

    • Asslamu’alaikum wr wb.
      1. Ya, untuk pengomposan TKKS Promi dicairkan terlebih dahulu dengan air secukupnya. Untuk satu ton TKKS biasanya kami menambahkan sebanyak kurang lebih 500-600L air. Kalau TKKS-nya kering, air yang diperlukan semakin banyak.
      2. Jika lokasi pengomposan tidak jauh dari kolam limbah, penambahan limbah cair cukup baik untuk pengomposan. Penambahan limbah cair dilakukan sebelum penambahan Promi. Limbah cair yang biasa digunakan yang pHnya mendekati netral. Coba cek di kolam mana yang pHnya mendekati netral.
      Wasslamu’alaikum wr wb.

  42. Assalamualaikum..
    Pa Isro’i yth, seandainya seluruh jerami di lahan sawah (1 ha)dibuat kompos, di lahan tersebut dihasilkan 5,5 ton gabah kering panen, apakah akan dihasilkan kurang lebih 4 ton kompos. dan seandainya seluruh kompos diaplikasihan ke lahan tersebut apakah masih memerlukan tambahan pupuk buatan, kalau masih memerlukan pupuk buatan, jenisnya apa saja dan jumlahnya berapa? trimakasih…
    Wassalamu’alaikum wr wb.

    • Asslamu’alaikum wr wb.
      Ada yang pernah menghitung kebutuhan kompos untuk 1 ha sawah, kurang lebih 21 ton. Tetapi menurut saya ini tidak rasional, hanya hitung-hitungan di atas kertas. Satu ha dengan hasil panen 5.5 gabah kering, jerami yang dihasilkan kurang lebih 15 ton. Dan kompos yang dihasilkan kurang lebih 7.5 ton (50%). Jadi masih kurang jika mengacu pada perhitungan di atas. Saran saya sebaiknya menggunakan bagan warna daun untuk menghitung kekurangan pupuk kimia yang diperlukan. Bagan warna daun ini bisa diperoleh di dinas-dinas pertanian setempat.
      Semoga bermanfaat.
      Wassalam.

  43. slm,mas is,sy mau bikin kompos,tp bekas limbah jamur merang.gmn bs tdk,msh ada tdk kandungan2 unsur hara nya atau sdh hilang akibat di gas pk uap air mendidih,atau gmn??

  44. pak isroi…tapi kan bukannya bagian yang banyak lignin ada di daun ya, bukan di akar..
    saya takutnya kalo di bagian akar banyak sekali kandungan airnya, sehingga pengeringan nya sulit pak…
    Lalu waktu itu bapak bilang akarnya diekstrak…lho??bukannya alang2 tersebut yang saya bingungkan bagiannya kan dihidrolisis,,lalu kenapa bapak bilang diekstrak..itu bukannya beda jauh ya prosesnya??
    Trus juga pak,,untuk tahap akhir kan didistilasi ya pak…Saya juga bingung,,ada yang mengatakan lebih baik untuk menghasilkan yield yang tinggi, lebih baik kita melakukan evaporasi..
    Karena distilasi katanya terlalu rumit dan yield nya ?
    Kenapa pembuatan bioethanol tidak dievap saja daripada didistilasi??
    Untuk yang terakhir pak,,saya baca litelatur bahwa alang-alang jenis ‘switcgrass’ yang bisa dijadikan bioethanol..lalu saya meneliti alang-alang (Imperata Cylindica) yang berada di sekitar palembang-sumsel,,apa itu bisa pak??
    maaf ya pak banyak sekali pertanyaannya..
    Tolong mohon penjelasannya ya pak..
    dan ada tidak referensi literatur dari bapak tentang riset saya ini..
    tolong balas ya pak..

  45. pak isroi,
    saya punya em yang saya dapat dari temen. saya coba biakkan dengan siput. dimana 2 liter em4 saya tambahkan 1/4 kg gula pasir dilarutkan, dan 1 kg daging siput sawah ditambah 25 liter air.
    awalnya minggu pertama saya tidak tahan dengan bau siput yang menyengat. tapi tetap saya aduk ( kebetulan pakai ember ada tutupnya). sekarang memasuki minggu ke-2 telah terjadi permentasi yang makin sempurna. baunya berkurang 70% dan siputnya hancur kecuali bagian daging kerasnya belum.
    pertanyaanya adalah. apakah em saya ini siap di gunakan atau harus menunggu siputnya hancur sempurna.
    Rencananya em ini akan saya semprotkan ditanaman padi umur seminggu. mohon saran dan penyempurnaanya.
    sebelumnya ini saya lakukan karena siput sudah menjadi hama di lingkungan sawah kami. terimakasih

  46. Pingback: Video Pengomosan TKKS dengan Promi « Berbagi Tak Pernah Rugi

  47. Pingback: Penyemprotan Tumpukan Kompos TKKS dengan Limbah Cair « Berbagi Tak Pernah Rugi

  48. Mas ..

    Limbah sawit yg mas maksud itu apa air limbah sawit itu atau solid..

    makasih ya..

  49. Mohon penjelasan cara penggunaannya dan dosis / hektar

    • Promi digunakan untuk pengomposan jerami atau bahan-bahan organik lainnya. Sudah ada dosisnya dan cara penggunaannya. Silahkan di cari diposting yang lain. Terima kasih.

  50. met sore pak,
    saya aru aja baca berbagai banyak artikel Bapak tentang promi. Kebetulan saya ingin sekali bertani yang tek punya ternak yang tentunya butuh banyak pupuk Organik. Saya ingin sekali mencoba pengomposan sesuai petunjuk pada Artikel Bapak.
    Sadangkan saya di Boyolali, dimanayaa untuk mendapatkan Promi yang terdekat.
    Maaf ngrepotin tolong Emailkan jawabannya ya Pak.

    • Semoga artikel yg saya tulis bermanfaat. Di boyolali kan banyak sapi, bisa memanfaatkan kotoran sapi itu. Kalau tidak ada dengan kompos jerami saja sudah cukup memadai. Bisa ditambahkan pupuk organik cair (POC) untuk menutupi kebutuhan haranya. Memang agak sedikit repot untuk membuat kompos jerami, tetapi hasilnya akan sangat terasa jika sudah dijalankan.
      Untuk Promi saya kebetulan tidak menangani masalah pemasaran, jadi silahkan ditanyakan langsung via telp ke nomor-nomor di atas. Setahu saya ada yang pakai di Semarang, mungkin mereka bisa memberikan untuk Bapak, karena posisinya yang paling dekat.
      Semoga membantu.

  51. Pak isroi, saya mau menanyakan mikroba apa saja yang ada di dalam promo?. Berapa dosis promo yang disemprotkan pertanaman? bisa nggak digabung dengan mikroba pengendali hama yang juga disemprotkan?
    Terima kasih

  52. Pak isroi,saya mau tanya cara tes kandungan NPK pada pupuk organik.apakah ada alat untuk tesnya.terima kasih

    • Saya pernah lihat di iklan, tetapi belum pernah memakainya. Saya lupa lihat di pameran di mana.
      Biasanya analisa selalu dilakukan di laboratorium kimia.

  53. Mas yang baik

    Saya sangat awam dalam hal kompos mengompos. Saya baru sekarang tergerak ingin mengolah limbah rumah tangga organik yang ada di rumah saya karena RT di lingkungan saya sudah mulai kesulitan membuang sampah. Pertanyaan saya:
    1. Apakah PROMI bisa dipakai sebagai media membuat kompos dari limbah rumahtangga organik
    2. Tolong mas beri saya tip sederhana bagaimana cara membuat kompos dari limbah rumahtangga

    saya sudah cari2 lewat internet banyak cara dan membuat saya bingung.

    TK, mudah2an kita bisa lebih membuat lingkungan sekitar semakin baik.

  54. Pingback: Kompos Jerami untuk Solusi Kebutuhan Pupuk Petani: Murah, Mudah, & Cepat « Berbagi Tak Pernah Rugi

  55. pa Isro’i, saya berencana mengomposkan tankos skala besar, tetapi karena lahannya gambut, hanya dialasi semacam bahan plastik & tdk bisa menggunakan alat berat. berapa lama proses pengomposan tankos menggunakan promi? adakah teknologi utk pembalikan bahan kompos dg tanpa menggunakan mesin besat?
    terima kasih

  56. saya ingin belalanja promi secara online, bagaimana caranya pak?

  57. Mas Isroi,
    Saya mau tanya, apakah kompos pupuk kandang hasil fermentasi dengan Promi bebas dari hama Uret (orygtes) ? Kalau tidak, apakah ada caranya untuk membuat kompos tersebut bebas dari Uret, tanpa mengurangi mikroba baiknya ? Terima kasih sebelumnya.

  58. berapa lama promi bisa tahan apakah bisa digunakan setelah lewat masa kadalwarsa?

  59. saya mau mencoba mengomposkan isi perut ikan untuk pupuk, aktifator apa yang harus saya beli dan berapa lama prosesnya? apa harus terbuka atau tertutup dalam drum?
    kalau terbuka akan sangat bau dan kalau bisa tertutup tentu baunya jadi tidak ada, tolong petunjuknya.
    Daniel

    • Isi perut ikan dikomposkan secara anaerob saja. Dimasukkan plastik lalu ditutup rapat-rapat dan simpan sampai tidak berbau lagi. saya rasa tidak perlu ditambahkan aktivator sudah cukup untuk proses dekomposisinya. Cuma saya tidak tahu berapa lama waktunya sampai baunya hilang. Mungkin sebulan atau dua bulan. Kompos yang tidak berbau lagi menandakan dekomposisinya sudah cukup dan siap digunakan sebagai pupuk organik. Bau akhirnya seperti bau amoniak, tetapi tidak bau busuk seperti awalnya. Semoga bermanfaat.

  60. Terima kasih, Mas Isroi,
    satu lagi pertanyaan, PROMO atau PROMI yang harus saya beli?
    tolong infonya.
    Terima kasih atas jawabannya.
    Daniel

  61. mas bahan kompos untuk strawberry apa ya ? harga promi untuk bandung brapa ?

  62. mas sya punya usha jmur merang lksi d jember, proses pmbwtan jmr ni dri mdia jerami , nah proses budidaya jmur tu, jerami hrus d komposkan trlbh dhlu….!!!!!
    yg sya tanyakan pakah waktu pngmposan sya mnmbhkan promi tau promo tu bsa memperbaiki pertumbhan jmur merang tu sndri tau malah da resiko jika sya makai tuk budidaya jmur merang???
    Trims

    • Saya belum pernah mecoba mengkomposkan jerami dengan promi dan kemudian dipakai untuk media jamur merang. Memang jerami perlu dikomposkan sebelum dipakai sebagai media jamur merang. Namun, di dalam promi juga mengandung jamur lain yang ‘kurang bersahabat’ dengan jamur merang, yaitu Trichoderma. Kalau mau pakai Promi, proses sterilisasinya harus benar, sehingga semua trichoderma bisa mati.
      Semoga bermanfaat.

  63. Albertus Lape/bgr

    salam…!
    saya tertarik ingin membuat kompos/bokasi dgn makai promi sbgi dkmpsr, gini pa..sy ingin mencampur bhn orgnk dari sekam padi, kulit kakao, gedebok pisang,dan dedaunan yg basah dan kering + kotoran kambing. apa bisa difermentasikan.. dan hasilnya bagus atu tidak..?

    • Salam juga….!!!
      Bisa saja dicampurkan, akan tetapi sekam padi dan kulit kakao (terutama yang kering) sulit dikomposkan. Sebaiknya pakai kulit kakao yang masih basah dan tidak terlalu kering. Dan dicacah-cacah terlebih dahulu. Hasilnya??? ya dicoba saja, dan dilihat hasilnya.

  64. mas , beli PROMI di surabaya atau gresik dimana ya ?

  65. Pak Isroi, apakah promi dapat digunakan u/ fermentasi jerami yg nantinya akan diberikan sebagai pakan sapi. terima kasih.

    • Promi tidak bisa digunakan untuk membuat silase. Promi digunakan untuk membuat kompos jerami. Jadi, jeraminya akan hancur dan tidak bisa lagi digunakan untuk pakan ternak.

  66. Pak Isro’i, apkh Bpk jg mmpunyai pupuk organik yg brbhan aktif ektomikoriza? Namanya Pupuk apa? Hrus mnghbungi siapa jk sy mau beli?.

    • Saya tidak punya produk yang berbahan aktif ektomikoriza. Setahu saya yang produksi dulu adalah IPB, coba kontak ke PAU IPB. Mereka memiliki produk berbahan aktif ekotmikoriza untuk tanaman kehutanan.

  67. Pingback: Kompos Jerami: Mudah, Murah, & Cepat | Berbagi Tak Pernah Rugi

  68. Selamat siang mas Isroi..
    saya sedang melakukan pembangunan pemukiman di suatu pulau. Dari pembangunan itu akan menghasilkan limbah sisa bangunan seperti kayu, sampah harian, ada juga sisa pemotongan tumbuhan pohon dan bakau.
    yang saya tanyakan,
    – bisakah saya menggunakan Promi / Promo untuk mengomposkan sisa2 tersebut?
    – bagaimana cara yg ideal saya ambil untuk pembuatan kompos, dan
    – apakah saya bisa membuat kompos di sebuah pulau kecil (kira2 10 hektar)? apa ada pengaruh dari resapan air laut?
    terimakasih

    • Selamat malam, Selamat datang di blog saya. Semoga bermanfaat.
      Kayu keras apalagi yang kering salah satu bahan organik yang tidak mudah dikomposkan dan membutuhkan waktu lama. Kalau kayu-kayu tersebut dikecilkan ukurannya dan basah akan lebih mudah dikomposkan. Pengomposan bisa dilakukan di atas tanah dengan dicampur tanah humus dan bahan-bahan organik lunak lainnya agar proses pengomposannya lebih cepat. Kalau pengomposannya hanya kayunya saja, waktunya sangat lama untuk bisa jadi kompos.
      Saya belum pernah mengomposkan di pulau kecil semacam ini. Kalau pengomposannya di atas tanah, sepertinya resapan air laut tidak terlalu berpengaruh.
      Semoga bermanfaat.

  69. Ass.wr.wb….slm knl pak. Sy dr baganbatu (riau), m’punyai kebun sawit sluas krg lebih 10 ha dan brumur lebih dr 10 tahun. Bgmn aplikasi promo utk kondisi tanaman sawit yg tingginya lebih dr 4 meter? Krn mnurut saya, tdk mungkin aplikasi promo via penyemprotan ke daun. Trima kasih atas p’cerahannya.

    • Diencerkan dan disiramkan ke tanah disekitar akar yang aktif.

      • didik ahmadi

        Trima kasih atas p’cerahannya pak. Maaf saya krm p’tanyaan lagi krn saya pikir blm bpk jwb. Oya pak, utk dosis n aturan pengencerannya apakah ada di label produk? Utk lahan krg lebih 10 ha kira” brp byk promo dibutuhkan? Trima kasih pak.

  70. Ass.wr.wb…..slm knl pak. Semangat pagi. Sy, didik di baganbatu (riau). Bgmn aplikasi promo pd tanaman sawit yg tingginya lebih dr 4 meter? Krn dr yg sy baca sblumnya, bhw aplikasi promo disemprotkan ke daun lbh efektif. Mohon p’cerahannya pak. Krn sy berencana menggunakan promo di kebun sawit saya. Trima kasih sblumnya. Wassalam……

  71. Untuk budidaya Jamur Merang sebaiknya menggunakan PROMI atau PROMO guna membantu dalam pengomposan. Untuk PROMI ada jenis yang bertuliskan A, T, PL.. Apakah ketiga-tiganya juga bagus untuk pengomposan budidaya Jamur Merang. Mohon penjelasannya … Terima kasih.. Wassalam…

  72. Assalamualaikum Wr. Wb.. Mas Isroi…. Untuk budidaya jamur merang baiknya menggunakan PROMO atau PROMI. Pada video pengomposan jerami menggunakan PROMI dalam 3 jenis yang bertuliskan A, T, dan PL. Apakah untuk budidaya jamur merang juga menggunakan PROMI bertuliskan A, T,dan PL juga. Mohon informasi danpenjelasannya. Wasalam

    • Promi adalah aktivator pengomposan sedangkan promo adalah pupuk organik cair. Saya belum pernah mencoba menggunakan promo untuk budidaya jamur, jadi belum bisa memberikan saran.
      Kalau promi, krn kandungannya mikroba dan beberapa jamur di dalamnya adalah ‘musuh’-nya jamur besar. Kalau mau mengomposkan merang sebelum digunakan untuk budidaya jamur, mesti bener-bener pada saat sterilisasi merangnya.

  73. 1. Apa manfaatnya kapur saat saat pengomposan jerami, Kalau sudah menggunakan PROMI saat pengomposan jerami pd budidaya jamur merang, berarti apakah sudah tidak perlu lagi menggunakan media kapur….
    2. Mohon maaf 3 jenis tulisan A, T, dan PL pada PROMI belum dijelaskan ….

    • Kapur digunakan untuk menaikkan pH jerami dan memang penambahan kapur bagus untuk pertumbuhan jamur. Jadi kapur tidak bisa digantikan dengan Promi.
      A singkatan dari mikroba Aspergillus, T singkatan dari mikroba Trichoderma, dan P singkatan dari mikroba pelapuk.

  74. Ass.wr.wb….
    Apakah kalo sudah pake promo masih perlu pake pupuk kimia? Krn rencana saya ke depannya saya akan substitusi smua pupuk kimia ke pupuk organik utk kebun sawit saya. Bgmn dgn dosis per pohonnya? Trima kasih.

  75. mas isroi,
    sambil menunggu pesanan promi datang, saya mohon saran dan penjelasannya. sebelumnya saya membuat kompos dengan mencampur kotoran ayam, sisa sayuran dati pasar, seresah daun mangga, dan bekatul dengan aktifator mikro organisme lokal (MOL) yang saya bikin sendiri dan saya masukan kedalam bekas karung beras. tetapi beberapa hari kemudian menetes air dari karung yang baumya sangat menyengat dan ini berlangsung sampai 1 bulan dan akhirnya karung saya bongkar dan kompos ternyata belum jadi.
    apakah promi bisa mengatasi masalah bau dari air yang menetes jika saya ganti aktifatornya dengan promi? atau ada saran lain tentang pengomposan dengan karung bekas ini?

  76. Pak, saya mau pesen Promi tapi nomor hape-nya bagian pemasaran atas nama Edo yg dicantumkan diatas tidak bisa dihubungi.. Mohon diberi cp yang masih aktif. Mohon bantuannya. Terimakasih.

  77. Pak Isroi,

    Kalau Promi sudah kadaluarsa (terncantum dikemasan Maret 2012) apakah masih bisa digunakan untuk pengomposan ? Apakah berefek negatif bila langsung pada tanaman ? Saya masih ada sisa 10Kg, – beli dari balai penelitian Bogor kelupaan – karena nguli di rantau cukup lama, jadi gak sempat di pakai. Tolong juga info, apakah baik dan bagaimana caranya bila aplikasi langsung tanpa pengomposan untuk mengendalikan jamur akar putih dan jamur upas pada tanaman karet … efektif kah strain trichodermanya untuk jamur2 tersebut ? >>> bila berkenan tolong respon ke email ku.

    terima kasih atas bantuannya
    azhari

    • Sudah cukup lama ya kadaluwarsanya. Sebenarnya kami menghitung kadaluwarsa itu salah satunya dari populasi mikroba di dalamnya. Populasinya akan menurun dengan berjalannya waktu. Coba pak Azhari buka, apakah Prominya kering atau justru malah basah? Apakah berbau busuk atau tidak? Jika kering atau basah sekali apalagi berbau busuk, mungkin mikroba dekomposernya sudah sangat sedikit sekali populasinya. Artinya sudah tidak layak digunakan lagi.
      Jika tdk berbau busuk, meskipun agak kering atau basah, masih bisa digunakan lagi. Karena populasinya sudah menurun, dosis penggunaannya pun juga mesti ditingkatkan. Dosis anjuran untuk Promi adalah 1:1000, mungkin bisa ditingkatkan menjadi 1:500 atau 1:100 mengingat kadaluwarsanya sudah cukup lama.
      Silahkan jika ada yang ingin ditanyakan lagi, kontak ke saya via kolom komentar ini.

  78. Pak Isroi,

    Maksud saya yang akan digunakan langsung tadi tentunya yang belum kadaluarsa, saya akan pesan lagi ke Bogor …

  79. Pak Isroi,

    Terima kasih atas respon dan pencerahannya. Sebagai info, dari kemasan yang saya buka, ternyata masih seperti yang sebelumnya saya pakai untuk pengomposan terdahulu, dan sama sekali tidak berbau. Saya akan ujicobakan untuk aplikasi langsung pana tanaman karet yang terserang penyakit jamur akar putih dan jamur upas, karena dari referensi yang saya baca, trichoderma merupakan ‘jamur pemangsa JAP’ terbaik saat ini (?). Mohon pencerahan atau setidaknya menurut analisis dan pemikiran Bapak :
    1. Apakah efektif ketiga unsur dalam kemasan 1 Kg dicampur air 100 Ltr dan disiramkan pada pokok tanaman sebanyak 2 Ltr per pokok ?
    2. Apakah memungkinkan Promi digunakan untuk memperkaya pupuk organik ?. Rencananya, saya akan memupuk tanaman karet dengan pupuk organik “Petroganik” keluaran Petro Gresik yang diperkaya Promi. Cara yang akan saya tempuh “mengompos Petroganik dengan Promi” selama satu minggu sebelum diaplikasikan dengan perbandingan 1 Kg Promi yang diencerkan dengan air untuk 200 Kg Petroganik. Mungkinkah hasilnya akan mengubah granul Petroganik menjadi seperti tanah ?

    Pendapat Bapak sangat saya harapkan, karena jika memungkinkan (tentunya terkait baik / tidak baik / bermanfaat bagi tanaman) pemupukan akan menjadi lebih mudah, murah, efektif dan ramah lingkungan.

    Terima kasih atas pencerahannya,
    Azhari

  80. Pak Isroi,

    Saya sedang lakukan “pengomposan” petroganik dengan promi – saat ini menggunakan stok kadaluarsa (tanda fisik masih lembab dan tidak berbau) – dengan dosis 1Kg promi pada 1 karung (40Kg) petroganik. Saat ini telah satu minggu, masih berbentuk granul (saya membayangkan akan berubah menjadi remah seperti tanah).

    Tolong ya pak, jika sempat berikan komentar apakah menurut Bapak petroganik bisa / efektif diperkaya dengan promi untuk pemupukan sekaligus pelindung & pengendali jamur akar putih / jamur upas pada tanaman karet …

    Terima kasih atas bantuannya,
    Azhari

    • Pak Azhari,
      Promi bekerja pada kondisi lembab. kalau dicampur dengan petroganik yang kering tdk akan terjadi perubahan apa2 pada petroganik, apalagi kadar airnya cuma 10%.
      Saya sarankan dilakukan dengan cara seperti ini saja. Pertama basahi dulu pertroganik agar prominya bisa melekat ke permukaan petrogranik. Kemudian diaduk agar tercampur merata. Setelah itu langsung diaplikasikan ke tanaman karetnya, tdk perlu menunggu didiamkan beberapa saat.
      Semoga berhasil.

  81. Pak Isroi,

    Terima kasih advisnya. Saya asumsikan, bahwa petroganik akan efektif diperkaya dengan promi dan berkemungkinan trichodherma (koningii) berkembang lebih pesat. Yang sedang saya “komposkan” akan segera diaplikasikan pada pohon karet dengan cara dibenamkan pada pokok tanamam – kalau ditabur mungkin tricodhermanya akan mati … (?). Sedangkan pencampuran petroganik dan promi, saya akan coba dulu dengan cara mencairkan 1Kg promi ke dalam 100ltr air dalam drum plastik kapasitas 200ltr, kemudian memasukan petroganik sampai jenuh dan diaplikasikan ke pokok karet …. harapan saya, tricodherma akan berkembang dalam tanah dan dalam jangka panjang dapat melindungi / mengendalikan jamur akar putih yang saat ini menjadi momok bagi kami.

    Terima kasih Pak,
    Azhari

    • pak saya butuh promi buat pengoMPOsan tanah d sawah, yg saya mau tanyakan bagai mana cara pemupukan susulan susulan selanjutnya, dan cara perawatan,pemeliharaan padi total secara perlakuan organik,

  82. pak isroi, kalo mau beli promi di magelang tempatnya di mana ya?

  83. Assamualaikum wr. wb.
    Saya petani jamur merang yang memanfaatkan limbah sawah (jerami) yg selama ini dibakar dan limbah kapas.
    Bagaimana PROMI digunakan untuk pembuatan kompos sebagai media tumbuh jamur merang,
    trimakasih semoga bermanpaat

  84. Pingback: Cara Cepat Dan Mudah Membuat Kompos Organik Secara Aerob | Jurnal Agrikultur

  85. Pingback: Jerami Sebagai Pupuk Organik | Berbagi Tak Pernah Rugi

  86. Pingback: Hasil Analisa Kompos Jerami dan Nilai Haranya | Berbagi Tak Pernah Rugi

  87. Pingback: Video Pengomposan Jerami (YouTube.com) | Berbagi Tak Pernah Rugi

  88. Pingback: Petunjuk Pengunaan Promi untuk Jerami Padi | Berbagi Tak Pernah Rugi

  89. Pingback: Pembuatan Kompos Limbah Pabrik Kelapa Sawit dengan Promi | Berbagi Tak Pernah Rugi

  90. Pingback: Pembuatan Kompos dari Sampah dengan Promi | Berbagi Tak Pernah Rugi

  91. Pingback: Bagaimana Cara Cepat Membuat Kompos? | Jurnal Agrikultur

  92. Pingback: Bagaimana Cara Membuat Pupuk Kompos Dengan Cepat? | Jurnal Agrikultur

  93. Pak saya mau pesan promo Dan promi. Bagaimana caranya?
    Terima kasih. Wass. Udin. Bandung.

  94. Selamat siang pak Dr.isroi,mau nanya kalau untuk pengomposan kotoran ayam 1.apakah harus di tambahi air atau kah langsung di taburkan ke bahan.. Kalau di tambah air kira2 sampai basah secukupnya aja
    2.Apakah bisa di komposkan dengan cara di masukkan karung/zak
    Terimaksih bapak,saya akan praktekan di rumah jk saya berhasil akan saya teruskan ke sedulur tani di sini. Atas bantuan nya sy ucapkan terimakasih

    • Selamat siang juga.
      Kotoran ayam pedaging atau petelur. Klo pedaging biasanya ada sekamnya. Sekam memelukan waktu lebih lama untuk bida jadi kompos.
      1. Langsung ditaburkan saja lapis demi lapis. Penambahan air hanya diperlukan jika kotoran ayamnya kering. Penambahan air secukupnya saja. Klo terlalu banyak malah menimbulkan bau dan terjadi fermentasi anaerob.
      2. Dimasukka karung bisa saja. Karungnya dilubangi untuk memberikan aerasi dan karungnya juga ditumpuk biar cukup pemanasannya. Karung yg ditumpuk2 akan menimbulkan panas.
      Silahkan dicoba dulu. Kalau ada masalah, silahkan kontak lagi. Semoga berhasil.

  95. Ass. Mas sy sdh pakai promi pembutan kompos & pestisida nabati. Untuk kelompok binaan sy. Per masalahannya, mereka ingin buat kompos tp PROMIx sdh hbis jata dr pihak lembaga yg mengadakan SL kakao pd daerah sy. Untuk pemesanx ke wilayah SULTENG g mn.
    Perkilonya berapa-promi & ongkirx yg tngg siapa.

  96. Pak Isroi, saya ingin tanyakan apakah kotoran ayam yg di campur serbuk gergaji dgn perbandingan kotoran ayam 70% dan serbuk gergaji 30% mengunakan promi? dan bagaimana cara aplikasi nya,thx

    • Selamat datang di blog saya. Semoga bermanfaat.
      Kotoran ayam petelur atau pedaging?
      Kenapa ditambahkan serbuk kayu?
      Serbuk kayu lebih sulit dikomposkan drpd kotoran ayam. Demikian pula sekam padi juga lebih sulit dikomposkan. Pengomposan serbuk kayu dan sekam membutuhkan waktu yg lebih lama drpada kotoran ayam. Jika dibarengkan, kotoran ayamnya terkomposkan duluan.
      Dosisnya sama, caranya juga sama. Dimodifikasi sendiri dan disesuaikan dengan kondisi bahannya.

  97. ayam bertelur pak, tujuan mengunkan serbuk kayu karna baca2 di web bnyak yg melakukan pengomposan mengunakan serbuk kayu untuk menambah unsur N krn dari tumbuhan dan tujuan lain nya agar tdk terlalu susut karna untuk di jual sembali setelah jadi kompos

    • Saya rasa penambahan kayu tidak akan menambah kandungan N-nya. Kalau nambah bobot mungkin saja. Saya rasa kualitas kompos/pupuk kandang dari kotoran ayam petelur lebih bagus tanpa penambahan serbuk kayu.
      Silahkan dicoba saja. Kalau ada masalah jangan sungkan2, silahkan kontak saya lagi.

      isroi

  98. thx pak, dan untuk pengomposan dari KOHE bisa gak? dilakukan di tempat terbuka tanpa naungan hanya di tutup dengan terpal, dan brapa tinggi timbunan minimal slama proses pengomposan pak

    • KOHE maksudnya apa? KOHE = kotoran hewan. Kotoran ayam petelur juga kohe. Setiap kohe beda karakteristiknya.
      Pengomposan dengan PROMI tidak perlu penaung. Cukup ditutup terpal/plastik saja. Tinggi awal pengomposan 1.5-2 m. Lebarnya bisa sampai 3 m.
      Caranya pengomposannya ada di posting lain.

  99. kotoran sapi pak,, sy mw coba mulai mengomposkan kotoran sapi untuk 10 ton, tp lokasi nya belum ada naungan,,, masih berupa lapangan terbuka, jika mengunakan promi, perlu pembalikan tdk ya pak,

    • Pengomposan kohe dibuat secara berlapis2. Klo kotoran ternaknya basah, aplikasi promi jangan dilarutkan dengan air. Bisa dengan tanah atau bahan organik padat lainnya. Caranya ditebar selapis demi selapis dan ditutup cover compost. Pengonposan tanpa pembalikan. Hanya perlu dijaga kondisi nya saja.

  100. untuk suhu nya ideal nya di brapa celcius pak? dan jika suhu nya mencapai 70′c apakah microba nya tdk mati? untuk saat aplikasi pertama perlu di campur dan di aduk merata dgn promi nya gak pak? atau sesudah di tebar promi nya secara berlapis lgsung ditutup dan di tunggu slama 4 mngu tanpa pembalikan sama sekali,,,

    • Suhunya bisa mencapao >70oC. Cara paling praktis ditabur secara berlapis2 tanpa dicampur seperti mengaduk semen. Setelah ditutup perlu dikontrol secara berkala, bbrp hari sekali dicek apakah proses pengomposannya jalan atau tidak. Beberapa tandanya:
      – suhu meningkat
      – volume menyusut
      – warna dan texturenya merubah.

      Klo tidak ada perubahan berarti proses pengomposaannya bernasalah.

  101. thx pak, sory banyak tanya, ni yg terakhir pak 😀 untuk setiap minggu nya, sebelum kotoran sapi jadi kompos, lbh baik di lakukan pembalikan atau lbh baik di tutup terus sampai kompos matang? dan pada saat mulai pengomposan brapa kadar air nya pak, jika kotoran nya kadar air nya kekitar 30% apakah perlu di tambahkan air?

    • Tidak perlu dilakukan pembalikan. Pengamatan dilakukan cecara berkala, misalnya pengamatan suhu, kasar air, dan perubahan tinggi tumpukan. Jika proses pengomposan kurang berjalan bagus, perlu dilakukan pembalikan. Kompos ditutup terus sampai matang.

      • Kadar air 30% berarti kering. Perlu ditambah air. Penambahan air hingga kadar airnya 60%. Cek dulu kadar airnya yg benar.

  102. baik pak, saya sudah mengerti, nanti perkembangan nya akan saya info kan, promi merupakan biodekomposer sekaligus biofertilizer, saya ingin tau kompos yg sudah matang mengunakan promi, apakah bisa tergolong biofertilizer juga pak, dan saya mau order promi 50kg krm ke sumatra utara sama siapa pak?

  103. baik pak, sy sdh order 55kg, tujuan pengomposan saya utk di jual ke petani pak, dari segi bisnis utk menambah bobot KOHE sapi agar lbh baik di campur abu bakaran sekam atau serbuk gergaji atau ke dua2 nya pak,,

  104. pak, saya sudah lakukan pengomposan kotoran sapi seberat 4 ton menunakan promi, sudah 24 jam, tapi suhu nya blm naik, brapa lama kah suhu akan naik dari saat pengomposan di lakukan pak.

  105. saya tdk ukur, tapi setelah 30 jam saya ukur suhu nya di sekitar 45’C pak,, jika suhu tdk naik melebihi 50’c apakah proses dekomposisi nya berjalan dengan baik pak, saat ni bahan baku yg kita kumpulkan sdh 5 cold disel, yg di proses baru 1 karna sedang menunggu promi nya sampai minggu depan pak,,

    • Yg pakai Promi suhunya segitu? Berapa tinggi tumpukannya? Bgmana kadar airnya?
      Sebaiknya tinggi >1m dan lebarnya s/d 2m. Kalau panjangnya menyesuaikan.

  106. suhu nya di 45’C,tinggi tumpukan sekitar 1m dan kadar air 60% Pak, kira2 dgn keadaan begitu bagaimana proses pengomposan menurut pak isroi,thx

    • Kalau dari data tersebut, mestinya tidak ada masalah. Bagaimana cara menentukan kadar air-nya?
      Maaf, kalau saya banyak tanya tentang ‘cara’, karena saya tidak melihat langsung.

  107. di gempal air tdk menetes tapi tangan basah dan di lepas adonan tdk kembang pak,,, yg pasti kadar air di atas 50% pak, mmg agak sulit menghitung pasti kelebapan nya, krn saya tdk punya alat ukur kadar air,,

    • Saya pikir diukur bener kok angkanya bisa pas 60%??? Klo. Suhunya diukur atau dikira2.

      Membuat kompos sebenarnya sederhana dan tidak perlu dipikir terlali njlimet, malah bisa tidak jadi nantinya. Banyak yang sudah membuat kompos kotoran sapi dan cerita mereka kalau komposnya jadi bagus. Saya memang tidak lihat sendiri cuma diceritain via email.

      Coba tunggu bebrapa hari dulu, klo masih tidak naik mungkin karena terlalu basah atau sebaliknya.

  108. baik pak, saya gunakan termometer utk suhu, saya melihat di pengalaman promi 4, kompos yg di buat sangat sederhana, tumpukan nya juga tdk sampai satu meter,,, apakah utk menjadi kompos syarat mutlak suhu harus di kisaran 70’C pak? kotoran sapi yg saya gunakan, bukan yg baru pak, sudah berbulan-bulan menumpuk,, yg aroma bauk nya juga cuma sedikit..

    • Yang di pengalaman Promi 4, tinggi awalnya sekitar 1m. Lama2 turun, karena kotoran yg baru dan kandungan airnya tinggi.
      Suhu tidak mesti 70oC. Suhu hanya indikator aktivitas degradasi. Memang kompos promi umumnya tinggi sampai 70oC.

      Kotoran sapi yg sdh lama kemungkinan sebagian sdh terdegradasi. Mungkin suhunya tidak sampai tinggi sekali. Dicoba saja.

      Problem pengomposan yg sering muncul adalah jika kompos kering atau justru terlalu basah. Dijaga saja agar kadar airnya relatif konstan hingga kompos ‘matang’. Ciri2 kompos matang: suhunya sdh turun, kompos gembur, sisa2 rumput sdh lunak, tidak berbau.

  109. baru mulai beberapa minggu, tmpat kompos di gusur penduduk setempat, krna merela melarang KOHE masuk,
    http://s1259.photobucket.com/user/deni0501/media/IMG-20140522-01537_zpsa7de968a.jpg.html?filters%5Buser%5D=140468407&filters%5Brecent%5D=1&sort=1&o=3
    saya ingin tanya kan pak, jika saya mengunakan metode lain bisa gak ya,
    misalkan kotoran sapi saya isi ke dalam karung 50kg dan di dalam karung setiap ketinggian 20cm saya taburin promi secara berlapis smpai penuh saya ikat karung nya dan 1 bln ke mudian saya buka,, kira2 proses pengomposan bisa berhasil gak ya pak?

    • Kenapa digusur warga? Apakah ada masalah? Bau misalnya? Bau bisa diatasi dg asap cair coba semprotkan sedikit asap cair untuk mengurangi bau.
      Saya blm pernah mencoba yg skala kecil2 dengan karung. Kalau dimasukkkan karung kemungkinan permasalahannya panasnya tidak bisa tinggi. Kecuali karubgnya juga ditumpuk jadi satu.

  110. karna banyak lalat, padahal lalat yg datang bukan krn dari kohe kami, melainkan mmg sedang musim, tapi warga setempat mgkin mmg tdk senang pak,,dan slama proses berlangsung tdk perna mendapatkan suhu di atas 41’C, entah karna kohe nya bukan dari kohe baru, atau gmn..
    kompos yg sudah matang apakah di dalam nya masih hidup mikroba yg baik bagi tanaman pak seperti pupuk biofertilizer?

    • Coba pakai asap cair. Asap cair mengusir lalat dan mengurangi bau. Beli asap cair. Encerkan kira2 satu sendok untuk 2-3 liter lalu semprotkan disekitar lokasi pengomposan. Lalat akan pergi.
      Kohe yg sdg matang atau belum bisa dilihat scr visual. Susah sy menjelaskan, tp klo lihat sendiri mudah dikenali.

    • Kalau di awalnya ada mikroba biofertilizer, seperti Promi, mikrobanya masih ada. Tp di awalnya tidak ada. Mungkin saja ada, tp sedikit.

  111. apakah bapak menjual dekomposer selain promi..? saya membutuhkan superdec pak. jika bapak menyediakan saya ingin order pak. mohon balasannya pak. terimakasih.

  112. saya ingin pesan acticomp 1kg. kalau di kirim ke jogja kira2 berapa?

  113. Yth. Bpk Isroi
    Mohon penjelasan bagaimana cara membuat kompos kohe kambing dengan memakai Promi.Kohe kambing sudah saya kumpulkan,hanya menunggu arahan&bimbingan dr Bpk.Isroi.
    Terimakasih banyak

    • Yth. Pak M. Zumron

      Pada prinsipnya pengomposan kotoran kambing sama dengan bahan organim yang lain, yaitu pengomposan aerob. Hanya ada beberapa sedikit modifikasi.

      Dosis: 1 kg untuk 1 ton kotoran kambing.

      Caranya:
      1. Kotoran kambing yang baru dan masih basah/lunak langsung dikomposkan. Kotoran kambing yang baru lebih mudah dikomposkan daripada yang sudah kering/keras.

      2. Pengomposan dilakukan di atas tanah/lantai dan tidak dipendam.

      3. Promi diencerkan dengan sedikit air. Untuk 1 ton kotoran kambing, promi dilarutkan dengan 50-80 L air. Larutan semua bagian Promi.

      4. Letakan satu lapisan kotoran kambing dg tebal kurang lebih 5 cm. Siramkan secara merata dengan larutan Promi. Ulangi lapis demi lapis hingga semua kotoran kambing diberi Promi.

      5. Tutup kotoran kambing dengan plastik. Biarkan kurang lebih 3-4 minggu.

      6. Amati setiap minggu.

      Catatan:
      1. Jika kotoran kambing kering air yang diberikan lebih banyak, tapi jangan sampai basah sekali.
      2. Kompos yang sudah jadi ditandai dengan perubahan warna dan bau. Kompos yang jadi tidak berbau menyengat dan remah/mudah dihancurkan.

      Silahkan dicoba.

  114. Maaf pak, tadi diatas disebutkan di Purbalingga Jateng ada distributor Promi, apa saya bisa beli disitu? dimana alamatnya?

    • Yang jual di Purbalingga sudah lama tidak ada kontak. Saya tidak tahu apakah masih menjual atau tidak.
      Silahkan dicoba alamat yang di atas. Mungkin bisa memberikan tempat penjualan yang terdekat.

  115. maaf pak, kalau nutupnya pakai terpal bisa ga?

  116. assalamu’alaikum. pak Isroi mau tanya apakah bonggol/gedebog pisang bisa dijadikan kompos? kalau bisa bgmna caranya? trimakasih sebelumnya.

  117. Pak Isroi, mau tanya semoga ada hubungannya, maklum backgroundnya bukan dari pertanian. Saya ingin mematangkan cocopeat, agar bisa menjadi media dan pakan ternak hewan.
    Apakah promi ini bisa untuk mematangkan cocopeat? Dan apakah hasilnya aman?
    Terima kasih sebelumnya.

    • Pak Gatot. Untuk media tanam cocopeat rasanya tidak perlu dimatangkan dulu. Dicuci saja atau dibilas agar kandungan taninnya berkurang. Promi bisa ditambahkan untuk menambah kandungan mikroba biofertilizer. Kalau untuk pakan saya tidak yakin apakah cocopeat bisa atau tidak.

  118. Terima kasih penjelasannya, berarti cukup dengan dicuci atau dibilas saja.
    Sukses selalu pak.

  119. moh setiaji erfan

    Ass. Pak, saya mau tanya apakah promi ini jika ditambahkan ke limbah cair etanol vinasse sebagai pupuk organik cair tidak perlu lagi ditambahkan NPK dan untuk pemesanan dan pengiriman ke semarang gimana? saya muridnya bu ratna dewi kusumaningtyas. terima kasih

    • Perlu ditambahkan NPK (15 15 15) sebanyak 5% dan molases 2-5%. Itu hanya untuk menumbuhkan mikrobanya saja. Kalau untuk memenuhi standard permentan tetap perlu pengayaan lagi. Salam untuk Bu Ratna.

  120. moh setiaji erfan

    Pak Isroi, saya mau tanya pada cara pembuatan poc pada piont 3. Masukkan mikroba sesuai dosis. Untuk 1000 L: 10 kg Promi, 10 kg Rhiphosant, 10 kg mikroba pebambat N. apakah harus ditambahkan atau tidak dalam POC. Untuk pembelian Rhiphosant dan mikroba penghambat N dapat dibeli dimana dan harganya berapa.

    • Rhiphosant dan mikrona penambat N bisa dibeli di Koperasi Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan. Harganya saya tidak hafal. Kalau tidak salah harga Rhiphosant rp. 30rb per bungkua. Silahkan kontak ke alamat yang di atas. Terima kasih.

  121. Pingback: Bercocok Tanam di Teras Rumah (part 2) | Berbagi Tak Pernah Rugi

  122. mlm pak isroi..
    klu untuk di pekanbaru,riau.bgai mna cara mndptkn pupuk promi ya pak,apa ada agen nya pak.? kami di kampar,klpk tani sawit ingin memakai promi utk mmbuat pupuk kompos pak.
    trim’s pak isroi.

  123. kami mhn masukannya dari pak isroi.kmi mmpunyai kbn sawit di tanah perbukitan di daerah kampar riau.slma ini kmi hnya mmkai pupuk kimia,jdi tanahny mulai tandus.agar tanah nya subur kmbli,sebaiknya kmi perlu memakai hormon tanaman,merknya apa dan bgimana cara aplikasinya ke tnmn sawit.dan sebaiknya pupuk apa lagi yg prlu utk kebun kami,agar hasilnya lbh mksimal kmbli pak isroi.
    trim’s pak isroi.

  124. Pingback: Pengomposan Sampah Rumah Tangga dengan PROMI di Kendal, Jawa Tengah | Berbagi Tak Pernah Rugi

  125. moh setiaji erfan

    Pak isroi, saya mau tanya waktu proses fermentasi itu kok timbul ada ulatnya? padahal tempatnya sudah saya tutup, kemudian beberapa haro itu kok terbuka dan akhirnya timbul ada ulatnya. mohon penjelasannya Pak. Terima kasih

    • Bahan yang dikomposkan apa, pak? Sampah? Kalau sampah, beberapa sampah yang banyak mengandung protein memang menarik lalat. Ulat itu adalah dari telur lalat. Mungkin lalat bertelur sebelum sampahnya dimasukkan ke tempat pengomposan. Ulat itu adalah belatung yang menetas dari telur lalat.

  126. pak isroi sy buat POC dari kotoran kambing dgn aktivator promi perbandingan 1kg:1000L UNTUK DOSIS ke tanaman brp ml misalkan di aplikasikan ke cabe? langsung di kocorkan apa perlu di encerkan dulu?trims

    • Untuk pemakaian langsung Promi ke tanaman diencerkan terlebih dahulu dengan 100L air, baru kemudian disiramkan/dikocorkan ke daerah sekitar perakaran tanaman yang aktif. Kalau untuk tanaman semusim/kecil bisa diberikan dengan dosis 250-500ml per tanaman.

    • Tambahan info, Pak. Apakah bapak juga kirim sms ke Bu Eka? Dari informasi Bu Eka, 25 kg kotoran kambing + Promi + 1000 L air. Menurut saya ini sudah encer sekali. Sebaiknya POCnya difermentasi dulu satu atau dua minggu dan kemudian baru digunakan ke tanaman, karena sudah encer sebaiknya tidak perlu diencerkan lagi. Langsung dikocorkan saja. Untuk tanaman semusim bisa menggunakan 250-500ml per tanaman.

  127. pak kemaren saya buat kompos dari kotoran sapi dengan tumpukan lebar 1 m panjang 2 meter dosis promi 1 kg di tutup plastik mulsa tp panasnya cm di bagian atas bagian pinggirnya tidak panas, apakah itu normal pak? trims

  128. tingginya kira2 90 cm

  129. baru kemaren pak tgl 1 feb barusan saya cek cm di atas yang panas

  130. iya pak tadi saya sms bu eka.saya msh bingung karena baca di PENGOLAHAN KOTORAN SAPI MENJADI KOMPOS DAN PUPUK CAIR DENGAN AKTIVATOR PROMI 1kg promi: 1000-1500 L air. jadi saya ambil contoh itu.

  131. oya pak dari pengomposan kemaren ada sisa promi krg lebih 10 sendok.kalo di simpan dulu ga bermasalah prominya itu pak?

  132. Pingback: Video Pengomposan Jerami Full | Berbagi Tak Pernah Rugi

  133. Pingback: MOL Urine dengan Promi | Berbagi Tak Pernah Rugi

  134. pak bagaimana pengomposan jerami pake promi kalo jeraminya sudah basah kena hujan? apa perlu prominya di kasih air?

  135. Salam pak, saya ada ternak burung puyuh 180 ekor, dan sudah mulai produksi (bertelur), selama ini yang menjadi permasalahan saya yakni mengenai kotorannya. Kalau saya mau mengeringkan cuaca selalu saja tidak bersahabat, paling panas sebentar, terus mendung bisa sampai hujan. Akhirnya paling saya tanam saja di tanah dan saya kasih EM4. Maksud saya, apakah ada solusi dari bapak dengan produk Promi, dan apa yang sebaiknya saya lakukan jika menggunakannya, apa bisa dibungkus plastik diikat mati dan dibiarkan hingga waktu tertentu? Terima kasih atas jawaban Bapak. Salam. Pak Robi di Samarinda

  136. Ass..wr.wb Pak isroi
    Sya sdah pnya Promi&akan sgera mlakukan pengomposan jerami.ada bbrp hal yg ingin sya tnyakn…
    1.gmna cara menghitung bahan,apakh dri hsil gabahnya,apa prlu ditimbang dulu jeraminya?
    2.apakah hrz menggunakan cetakan dri bambu,atau bsa dgnti dgn yg lain.
    3.brp panjang plastik mulsa untk jermi 1-2ton.
    Sya tunggu pencerahannya,sblm&ssudhnya sya ucpkn terimakasih

    • Wa’alaikun salam.
      1. Diperkirakan saja. Bisa dari gabag yang dihasilkan. Kira2 1.5 s/d 2 x gabahnya.
      2. Cetakan dari apa saja. Yg penting bisa untuk mencetak. Tidak pakai cetakan juga tdk apa2, tapi tidak bisa ringkas hasilnya.
      3. Plastik untk 2m3 kira2 10 m plastik mulsa.

  137. Pingback: Penyakit Jahe: Bercak Daun | Berbagi Tak Pernah Rugi

  138. Pingback: Penyakit Jahe: Bercak Daun Helminthosporium | Berbagi Tak Pernah Rugi

  139. pak isroi,apakah promi bisa diaplikasikan/disemprotkan kesawah langsung dengan dicampur pupuk hayati?

  140. Pingback: Peningkatkan Pertumbuhan Jahe dengan Mikroba Trichoderma spp | Berbagi Tak Pernah Rugi

  141. Pingback: Penyakit Busuk Rimpang Jahe | Berbagi Tak Pernah Rugi

  142. Ass…P.Isroi
    Sya punya kotoran kambing tp sdh agak kering
    Serbuk gergaji dri phon kelapa
    Dan tentunya promi
    Mnurut bpk,baiknya bahan” tsb dikomposkan sja spt jerami/dibuat pupuk bokasi?

    • Wa’alaikum salam. Kotoran kambing bisa dibuat kompos, tetapi serbuk gergaji dari pohon kelapa agak sulit dikomposkan. Kandungan lignin di pohon kelapa sangat tinggi, ini yang membuat sulit dikomposkan. Jika ingin ditambahkan bisa saja, tetapi porsinya sedikit saja, paling banyak 25% saja biar komposnya tidak terlalu lama jadinya.

  143. Pingback: Bukti Ilmiah Trichoderma sp untuk Mengatasi Penyakit Jahe | Berbagi Tak Pernah Rugi

  144. Pingback: PETUNJUK APLIKASI PROMI UNTUK MEDIA TANAM JAHE | Berbagi Tak Pernah Rugi

  145. Pingback: Bukti Ilmiah Trichoderma sp untuk Mengatasi Penyakit Jahe – Bag. 2 | Berbagi Tak Pernah Rugi

  146. Pingback: Panduan Pembuatan Kompos Jerami dengan PROMI dari BPTP Jakarta | Berbagi Tak Pernah Rugi

  147. pak isroi promi apa bisa digunakan untuk mengomposkan batang jagung dan janggelnya tanpa diacacah dulu?klo bisa caranya apa sama seperti pengomposan jerami padi?trima kasih

  148. Assalamu ‘alaikum Pak Isroi
    Saya mau tanya apakah di kalimantan ada agen untuk produk bapak atau saya hanya bisa pesan melalui website ini.

    • Wa’alaikum salam. Untuk Promi blm ada agen yang menjualnya di Kalimantan. Silahkan kontak ke nomor yang ada di atas. Terima kasih sudah berkunjung.

  149. Sore Pak,
    Saya ingin bertanya mengenai pemasangan biogas dengan bahan bakar kotoran ayam untuk kandnag ayam dengan populasi 7000 per kandang dan jarak antarkandang 20 meter. Apa saja peralatan yang dibutuhkan untuk pemasangan biogas untuk kandang ayam? Ini buat kandang ayam ortu saya.
    Trims.

    • Sore juga, untuk pemanas bukan? Saya tidak tahu bagaimana instalasi pemanasnya. Yang saya tahu adalah pembuatan reaktornya saja. Reaktor biogas disesuaikan dengan kotoran yang dihasilkan. Bisa dibuat terpisah-pisah atau dijadikan satu buah yang besar. Reaktor ada beberapa bagian: bak pencampur untuk mencampur air dengan kotoran ayam sebelum masuk ke reaktor biogas, lalu reaktor biogasnya, dan bak pembuangan.

    • Sudah banyak yg membuktikannya. Riset jg sdh banyak dilakukan. Baik di Indonesia sendiri atau di LN. Blm pernah ada yang hasilnya setinggi yg dipromosikan itu. Yamg di YouTube hanya penyesatan saja.

  150. Pingback: Pengomposan Sisa Pangkasan Pelepah Sawit dengan Promi | Berbagi Tak Pernah Rugi

  151. pak kalo mau beli di daerah palem ang apa sudah ada? klw blm bagaimana carakami bs mendapat promi?

  152. maaf pak saya mau tanya.
    bagaimana pengaruh mikroba yang terkandung dalam Bioaktivator Promi untuk unsur hara C-organik N-total, P-total dan K?
    tks.

    • Untuk proses pengomposan bahan organik mentah, Promi akan menurnkan kandungan C-organik dari sekitar 60-40-an menjadi di bawah 20-30. Kalau Kandungan N total dan K total persentasenya akan sedikit meningkat.

  153. Pak kalo di pekan baru ada ga distributornya.trims

  154. Pingback: Cara Mudan Membuat Kompos Jerami untuk Pupuk Organik | Biang POC

  155. Pingback: Komposter Sederhana untuk Sampah Organik Rumah Tangga | Berbagi Tak Pernah Rugi

  156. Pingback: Inspirasi Bercocok Tanam di Rumah dengan Pupuk Kompos dari Sampah | Berbagi Tak Pernah Rugi

  157. Pingback: Komposter Sampah Organik Sederhana yang Tidak Pernah Penuh | Berbagi Tak Pernah Rugi

  158. Pak Isroi, untuk pemakaian skala rumah tangga apa bisa pengomposan daun dilakukan di tanah yang digali, dimasukkan tumpukan daun, disiram air dengan campuran promi?apa ada masalah kalau tumpukan daun terkena air hujan langsung?terima kasih

  159. Permisi Pak Isroi,

    Pada tanggal 29 februari 2016 Saya sudah transfer ke Rek. BRI Ibu Eka untuk pembelian PROMI 5 Kg,
    tetapi sampai sekarang belum ada kabarnya. Maaf, jadi kira” saya harus menghubungi siapa ya untuk
    konfirmasinya ?

    Terimakasih.

  160. Pak, kok produknya gak dijual di toko online aja (tokped, bukalapak, atau yg lain) supaya kita-kita belinya gampang.
    Kalau ke lamongan jawa timur berapa harga + ongkirnya?

  161. Assalamu’alaikum.wrwb. Bapak/ibu.. saya ingin membeli produk promi sbg program pengomposan potongan rumput/seresah daun agar tidak lagi dibakar.. produksi sampah hijauan bisa 4-5 truk kap 6 ton/hari.. please help.

  162. Aslmkm mas roi. saya didi. mas kalau buat kompos dari tanah gambut dengan promi bisa gak. bgm caranya. tks.

  163. Mat jmpa.mau tanya jal promi per kilo berapa.
    slm

  164. Bismillah, pak, untuk penjualan di wilayah lampung ada ndak?

  165. Pingback: Mengolah Sampah Warga Cara Perum Mutiara Citra Graha, Larangan – Sidoharjo – Jawa Timur | Berbagi Tak Pernah Rugi

  166. Apakh uda ada jual promi di medan en di mana alamatnya. Trims

  167. Pingback: Pengomposan Limbah Kulit Singkong dengan Promi | Berbagi Tak Pernah Rugi

  168. Pingback: Pengomposan Limbah Kayu dengan Promi | Berbagi Tak Pernah Rugi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s