Peningkatkan Pertumbuhan Jahe dengan Mikroba Trichoderma spp

Tulisan ini terinsipirasi oleh sebuah artikel ilmiah dari China yang berjudul “Screening strains of Trichoderma spp for Plant Growth Enhancement in Taiwan” (artikel aslinya bisa dibaca di bagian bawah). Dalam artikel itu ditemukan bahwa beberapa isolat Trichoderma spp diperoleh dari perakaran (rhizospere) tanaman jahe dan terbukti bisa meningkatkan pertumbuhan tanaman. Artinya, bahwa Trichoderma spp memiliki effek positif pada tanaman, tidak hanya pada tanaman jahe tetapi juga berspektrum luas, bisa juga untuk tanaman yang lain. Ketika saya kuliah S2 dulu, saya juga menemukan sebuah artikel tentang efek ‘plant growth promoting’ pada isolat Trichoderma spp, yaitu artikelnya Altomare et al (1999). Nah kebetulan di PPBBI (dulu BPBPI) memiliki banyak koleksi isolat Trichoderma spp. Salah satunya adalah koleksi milik Dr. Darmono Taniwiryono yang juga terbukti memiliki effek positif pada tanaman. Foto ini adalah percobaan sederhana saya untuk membuktikan pengaruh positif mikroba terhadap tanaman. Salah satu mikroba yang saya gunakan adalah Trichoderma spp. Percobaan ini saya lakukan sekitar tahun 2005 atau 2006. Sudah lupa saya. Lihat linknya di sini: Aplikasi Mikroba pada Tanaman.

aplikasi mikroba pada tanaman

Keterangan:
A = kontrol tanpa pemupukan
B = pemupukan standard
C = pemupukan dengan Posmanik + Urea
D = seperti perlakuan A + inokulum T. harzianum dan Aspergillus sp.

Percobaan ini dilanjutkan dengan menggunakan tanaman tebu, sawit, jati, dan lain-lain. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi mikroba memang bisa meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Yang perlu diingat adalah tidak semua isolat Trichoderma spp memiliki kemampuan sebagai plant growth promoting. Di artikel orang China dan Altamore disebutkan bahwa hanya beberapa isolat saja yang terbukti secara ilmiah bisa meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman. Harus dilakukan percobaan ilmiah untuk mengetahui dan membuktikan bahwa isolat mikroba memiliki fungsi plant growth promoting.

Mikroba-mikroba yang memiliki efek positif pada tanaman tersebut kemudian kami formulasikan untuk mikroba pengaya kompos dan pupuk organik yang kami beri nama “Promi”.

Kembali pada budidaya tanaman jahe yang sekarang marak dilakukan dengan menggunakan polybag. Mikroba dan Trichoderma spp bisa menjadi salah satu alternatif solusi untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman jahe. Pertama “Promi” bisa digunakan pada tahap pembuatan kompos/pupuk kandang/bokasi. Pembuatan pupuk kadang sapi dengan menggunakan Promi sangat mudah dan tanpa perlu tambahan bahan apa-apa. Kompos/pupuk kandang/bokasi yang matang ini adalah salah satu kunci keberhasilan pembuatan media tanamn jahe.

Kedua, mikroba juga bisa diaplikasikan pada pupuk kandang/kompos/bokasi yang sudah jadi, jika pada saat pembuatannya tidak dimasukkan Trichoderma spp dan Aspergillus spp. Pupuk kandang inilah yang kemudian diolah dan diramu menjadi media tanan untuk jahe dalam polybag.

jahe di polybag

Tanaman jahe di polybag (sumber: Google Image)

Ada beberapa manfaat yang sudah terbukti secara ilmiah tentang aplikasi mikroba pada tanamn jahe, yaitu:
– meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman, termasuk tanaman jahe. literaturnya bisa dilihat di bawah.
– mengurangi serangan penyakit tular tanah. Beberapa literatur menyebutkan bahwa penyakit busuk rimpang yang disebabkan oleh jamur bisa diatasi dengan menggunakan Trichoderma spp dan Aspergillus spp. Saya akan bahas tentang hal ini di tulisan lain. Insha Allah.


Pupuk Organik Cair Khusus Jahe klik di sini.


Advertisements

5 responses to “Peningkatkan Pertumbuhan Jahe dengan Mikroba Trichoderma spp

  1. Pingback: Penyakit Busuk Rimpang Jahe | Berbagi Tak Pernah Rugi

  2. Pada foto tertulis A,B,C,D. Pada keterangan kog jadi K, S, A, B ya?

  3. Pingback: Bukti Ilmiah Trichoderma sp untuk Mengatasi Penyakit Jahe | Berbagi Tak Pernah Rugi

  4. Pingback: Bukti Ilmiah Trichoderma sp untuk Mengatasi Penyakit Jahe – Bag. 2 | Berbagi Tak Pernah Rugi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s