Buku Tamu

Selamat datang di blog saya. Semoga bermanfaat.
Silahkan tinggalkan jejak, agar saya tahu Anda pernah berkunjung.

Advertisements

571 responses to “Buku Tamu

  1. very good, salam hormat by julianto from kalimantan barat kabupaten sintang

  2. sontang wong ndeso

    terima kasih mas telah menambah wawasan saya

  3. Isi yang menarik ttg Sawit dg Sapi dan Kompos RT, bagi kami yang di pedalaman S, Mesuji OKI Sumsel,

  4. Artikel yg bagus..,banyak lahan yg bisa di kembangkan di negeri ini..,salah satu jenis usaha yg bisa mengentas kemiskinan di negeri ini..,bisa diberdayakan secara individu maupun demgam kelompok masyarakat tetapi intinya adalah membuka lapangan kerja..,sekarang masalahnya tinggal bagaimana pemerintah kita lewat sektor perbankkan melihat peluang ini. Karena selama ini yang terjadi adalah perbankkan lebih banyak berpihak ke pengusaha papan atas, meskipun kita tidak menutup mata bahwa terkadang nilai agunan yg di jaminkan ada yang nilainya jauh lebih kecil dari pinjamannya…….

  5. terima kasih untuk penambah wawasan saya.

  6. trims””tapi aq blom begitu memahami langkah2 nya..mohon bantuannya

  7. Bagamana awal ingin punya usaha tikus putih? apa harus beli sepasang dulu?! dapetin zeolit darimana?

    • Yang penting adalah cari pasarnya dulu. Kemudian beli indukan yang bagus. Yang lain bisa nyusul.
      Zeolit bisa diperoleh di toko pertanian. Di petshop juga ada, tetapi harganya lebih mahal.

    • yus rusdi ruhdini

      Salam…kebetulan sekali pak ikhsan butuh POWDER ZEOLITE dan saya produsen langsung pak.
      Yang bapak perlukan ZEOLITE POWDER atau ZEOLITE GRANDULE juga jenis MAGNETILOLITE atau QLIPNOTYLOLITE..?
      Silahkan hubungi saya di no HP 082111849495 atau 085722554446.
      Tenang saja pak is,mudah2an ada milik rizki bersama…amin..

  8. terimakasih banyak πŸ™‚

  9. Masukan yang sangat berharga sekali. thanxs mas isro’

  10. Bernardus Sriwijaya

    Mas Isroi, bgmn efectivitas asam humat terhadap laju pertumbuhan dan produksi tanaman padi, cabai, melon dan semangka. Apakah panjenengan punya hasil penelitiannya dibandingkan dengan tanpa menggunakan asam humat.
    Mohon informasi lebih lanjut.
    Terima kasih.

  11. trims u infonya. sukses slalu untk anda

  12. Assalamu’alaikum.

    Salam kenal Pak Isroi.
    Wah, bapak telaten sekali menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para pembaca. Jarang sekali lho pemilik blog yang telaten menjawab pertanyaan dari pembaca.

    Pak, bisakah saya berkirim e-mail kepada bapak.
    Alamat e-mail bapak apa ya?

    Terima kasih.
    Semoga tambah berkah blog-nya.

    Wassalamu’alaikum.

  13. ASSWRWB…. SALAM KENAL AJA…

  14. wah cepat kali, sudah ‘mabur’ lagi…goodluck!

  15. trims, dg animasi dari sdr presentasiku jdlebih menarik tuk anak-anak.

  16. udah mampir, lum sempat buka-buka. makasih

  17. Mas, bisa nggak saya minta resep2 teknik2 pembuatan pestisida Nabati untuk penyakit pada tanaman padi maupun palawija.

  18. Pak Isroi, saya mohon info kalo daun hasil limbah pengolahan pabrik seperti Daun Kayu Putih , Sereh , apakah bisa dijadikan bahan Pupuk Kompos , trus caranya bagaimana ? trimakasih pak

  19. Kapan-kapan kalau ada waktu, boleh ketemu darat pak..? kebetulan saya juga sedang mencari info sebanyak mungkin biofertilizer dan micro organizem untuk petani, peternak, dan budidaya ikan di kabupaten Bogor.. Bravo untuk pak Isroi, Trims.

  20. saya mo tanya tentang ilmu granule….klo pembuatan granule nya menggunakan pewarna granule …bagaimana cara pencampurannya?….dengan menggunakan pewarna metil biru (methylene blue) apa di perbolehkan?

    TQ
    AGUS Surabaya

  21. Saya minta saran dengan Anda, mengenai pembuatan Pupuk Organik dengan Campuran bahan sebagai berikut :
    Pupuk Kandang dari Sapi ( Makanan utamanya rumput) dan Ayam Ras Petelur
    Limbah Arang.
    Bahan aktif yang dipilih, EM4, Trichoderma, Stardec. Mohon bantuannya, sangat saya harapkan. Yant terbaik komposisi apa saja.

  22. blog ini bagus sekali. sangat membantu untuk menambah pengetahuan..apalagi untuk pelajar seperti saya.. hehe..
    aku link blognya ya pak πŸ™‚
    salam.

  23. Endang Windarti

    Terima kasi sharingnya sangat bermanfaat, permasalahannya adalah mengapa PENGDA tdk mau melakukan ini

  24. pak isroi,,

    ada posting pembuatan pupuk dan pakan organik dari limbah kotoran sapi/kerbau/kambing pak?

    terimakasih

  25. berguna nih post buat saya

  26. Salam kenal p Isroi,mohon info detail ukurannya untk pengeringan dengan bahan bakarnya kayu bakar ( Tungku ) terima kasih sebelumnya

  27. mas sya pengen tnya di mna beli nya tikus putih…
    makasih

  28. assalamualaikum…blogwalking hari ini ane nyasar ksini…hehehee…
    isi blognya bagus buat referensi suami saya…thanks….

  29. Betul, berbagi memang tak pernah rugi. Semoga ilmu yang anda sebarkan menjadi benih bagi pemuda Indonesia menuju kehidupan yang lebih baik di dunia maupun akhirat. Amin

  30. Saya sangat tertarik sekali dengan biofertilizer, apakah sudah ada buku panduannya ?

  31. mas..teman sya memelihara tikus putih tapi kurang paham cara pemasarannnya mas…bisa berbagi jaringan pemasaran tikus putuh???

  32. informasinya sangat bermanfaat.

  33. Pa isro boleh dong minta e-book nya cara berternak tikus.

  34. Pardamean Ringo Ringo

    berbagi tak pernah rugi, blog ini sangat berguna bagi masyarakat, berbagilah terus, Tuhan akan memberi berkat, GBU

  35. Ass, WR, Wb, Nah ini yang saya cari pucuk cinta ulam tiba, saya banyak begerak bidang bioteknologi dan banyak artikel dan buku yang bermanfaat. Terimakasih sy tolong diterima Pak Isroi

  36. Waaah blog-nya banyak banget ilmunya ^^ makasih yaa

  37. saya tertarik pupuk pembuatan pupuk organik…bermanfaat…dan menciptakan lapangan pekerjaan….dari blog ini saya belajar banyak…trimakasih.

  38. goklas silalahi

    mas, saya pernah coba buat MOL bahan dasar sirsak yang kebetulan diwilayah kerja saya banyak tersedia. indikator keberhasilan pembuatan MOL yang saya baca aroma yang dihasilkan wangi tapai (kebetulan aroma yang dihasilkan wangi tapai), tuk kepastian keberadaan mikroorganisme yang saya ketahui dengan penggunaan instalasi listrik. Bagaimana cara pembuatan instalasi listrik tersebut? trima kasih sebelumnya.

    • Aroma tidak bisa jadi patokan menentukan keberhasilan pembuatan MOL. Banyak MOL yang baunya tidak enak. Saya juga tidak tahu menggunakan listrik untuk memastikan keberadaan mikroba. Tanpa ‘dipastikan’ pun di dalam MOL itu ada milyaran mikroba.

  39. bertamu sekalian blogwalking , tulisannya bagus2 mas .salam hangat dari jakarta.

  40. Asslmukm…salam kenal P.Isroi. sy tinggal d malang-jatim, saat ini mengelola peternakan sapi perah dan sdh mengolah limbah sapi menjd: pupuk padat,pupuk cair,hormon (kencingsapi), menurut p.Isroi apakah POC dr limbah sapi sdh mencukupi kandungan haranya?apa perlu d kombinasikan dg produk POC P.Isroi.
    Ke depan sy ingin mengmbngkan menjadi pertanian terpadu: menurut P.Isroi apakah memungkinkan mengelola tanaman sayuran dan buah tanpa pupuk kimia sama sekali?

    • Assalamu’alaik,
      Limbah sapi (kencing & pupuk kandangnya) bisa dibuat pupuk organik (padat & cair). Untuk mengetahui kandungan hara di dalam POC sebaiknya dianalisakan dulu ke lab. Kalau dari hasil analisa tersebut sudah mencukupi, tidak perlu ditambah, tetapi kalau tidak mencukupi ya…perlu ditambah pengaya lagi.
      Budidaya tanaman tanpa pupuk kimia sama sekali sering disebut dengan budidaya organik. Sudah banyak dipraktekkan dan banyak juga bukunya di toko buku.

  41. assalam….kulo nuwun tepangake niku asmo kulo. nah …ini yg saya cari informasi inovatif dari putra bangsa.mas isro’i dg frans suharno itu apanya? ato sama aja? suwun.

  42. ass. saya sangat senang membaca tentang artikel maupun jurnal tentang bioetanol dari bahan alam maupun limbah yang tidak dapat digunakankan bisa bermanfaat dan menambah nilai lebih, kebetulan saya mau meneliti tentang ini, karena bagi saya ini adalah suatu yang baru mungkin bapak/ ibu bisa membantu saya untuk mendapatkan informasi yang lebih, terima kasih

  43. ass,salam kenal pak isroi,,,, saya sangat tertarik dengan produk2 hormon untuk tanaman termasuk biang POC yang ada di iklan bapak. tanggal 24 maret kemaren saya sempatkan berkunjung ke magelang di tempat pak manto,,tapi masih banyak informasi yang kurang yang saya dapatkan. mohon kiranya bapak dapat berbagi informasi tersebut,,trimakasih. wassalam.

    • Assalamu’alaikum wr wb.
      Silahkan, informasi apa yang dibutukan?
      Akan saya bantu sebisa saya.
      Terima kasih.

      • asam humat,,,,sejauh apa manfaat asam humat terhadap tanaman,,, dan apakah saya bisa membuatnya sendiri,,???mohon panduanya trimakasih,,

  44. bahan tambahan macem urea apa kira2 berkurang karena penguapan trus mikroorganisme stl aplikasi granul ke lahan
    efektifitanya apa tetep?

    • Urea bisa hilang krn macem2, misal: penguapan, nitrifikasi, tercuci, atau proses lainnya. Tapi klo sdh terikat secara organik biasanya sulit tercuci.
      Mikroorganisme akan efektif bila bisa bertahan hidup dl dlm tanah.

  45. turut mendo’akan kebaikan, atas meninggalnya orang tua anda di magelang. semoga yang meninggal dan yan gdi tinggal berada dalam kebaikan. kebaikan dari yang maha cerdas telah mengatur bioorganisme di alam semesta ini. amiiin.

  46. nanya cara membuat microba jehe dan gandoderma yang bagus mas

  47. Hasbullah Thoib

    Salam kenal mas,, sy sangat senang dengan semua informasi yang ada diblog anda,,, kirim lagi tulisannya

  48. sigit prasetyo

    assalamualaikum wr..wb…saya sangat senang dgn adanya blog ini, krna sangat mendukng skali untuk prtanian organik. salam kenal dan jaya terus..

  49. Assalamu’alaiku wr.wb. salam kenal mas isroi, saya senang dgn adanya blog ini, karena saya butuh sekali info pertanian organik. Mohon kirimi artikel tentang pestisida untuk wereng dan tikus karena daerah saya baru terserang wereg dan tikus. trims sebelumnya

  50. dwi gunawan saputra

    assalalmualaikum, wah luar biasa..pencerahannya terimakasih telah berbagi insya Allah, akan dibalas oleh Yang Maha Kaya, saya akan pesen beberapa hormon kelak, untuk saya campurkan pada tanaman. salam …..

  51. Assalamu’alaikum w.w Pak Isroi,
    Saya download permentan nomor
    NOMOR : 08/Permentan/SR.140/2/2007
    TANGGAL : 14 Pebruari 2007. Tapi berhenti sampai daftar LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PERTANIAN. Bapak punya daftar Lampirannya, tidak?
    Terimakasih bantuannya.

    • Saya pernah punya hardcopy-nya, tapi lupa ada di mana. Rasanya pernah saya cantumkan di posting, coba cari pakai menu searching yg ada di atas.

  52. Terima kasih tulisannya Mas Isroi. Bagi saya ilmu baru, dan banyak bermanfaat. Selamat berbagi dan tidak akan merugi. Tuhan memberkati.

  53. mampir nih say baru buka websitenya …ok banget banyak artikelnya

  54. mas isro, kenapa ya setelah mendownload gambar animasi bergeraknya dipake pada power pointnya kok g bergerak?apa ada yang salah dalam menyimpannya?mohon petunjuk mas…….perkenalkan saya pemula pengguna power point….

    • Coba ulangi downloadnya. Klik gambar yang akan didonwload, skip add, terus di download. Untuk menambahkan gambarnya, klik insert>pictures>from file, cari lokasi penyimpanan filenya. Klik Insert. Setelah itu coba tekan tombol shift+F5. Coba lihat gambarnya sudah bisa bergerak atau belum.

  55. blognya bagus..saya suka..memberi banyak “ilmu baru”..

  56. mksh ya…. kami emang lg butuh bahan ini….

  57. Yth Mas Isroi , Salam Kenal Mas Isroi , terima kasih sekali atas semua Hormon2 tanaman yg anda tulis , maaf kalau saya coba men Down Load beberapa tulisan anda , saya suka tanaman jadi Hormon2 Tsb benar2 menambah ilmu buat saya agar tanaman2 saya sehat2 dan berkembang dengan baik , sekali lagi terima kasih , mungkin di lain kesempatan saya akan membeli beberapa dari Hormon2 Tsb .

  58. pak isroi bisakah PROMI dipakai untuk pengolahan kotoran ayam secara aerob?

  59. terimakasih pak, saya akan mencobanya, mohon keterangan lebih lanjut dan tatacara memperoleh prominya.

  60. assalamualaikum
    maaf sbelumnya, sy mau nanya mas..
    sy udah nyoba fermentasi kiambang/kapu-kapu pake jamur tempe, pake ragi tape, ma pake BAL, tapi pas diujicoba ke ikan nila bawal ama lele sy, tetep lambat pertumbuhan. klo dedek si signifikan perbedaannya.

    yg mo sy tanyakan, gimana caranya ngurangin serat, selulosa dan hemiselulosa, maksimal ampe 8% mas, katanya si kiambang seratnya ampe 20% gitu. Sy ngerasa kiambang potensial karena tumbuhnya cepet dan proteinnya tinggi, sehingga seharusnya si bagus buat pakan ikan.
    mikroba yg dipake apa ya mas?

    • Kalau untuk ngilangin selulosa dan hemiselulosa pakai mikroba yang adalah makan itu semua. Beberapa jamur yang terkenal bisa menghidrolilisi selulosa Trichoderma viridae, atau bebera jamur dari kelompok aspergillus.
      Semoga bermanfaat.

  61. halo pak Isroi,
    mau tanya, kira2 bisa tidak kita menghasilkan gas dari bio-ethanol?
    maaf kalo pertanyaan nya agak bodoh
    Salam,

  62. pak isroi, saya mau send foto kakao yang terserang jamur dan mau tanya cara mengatasinya, bagaimana cara send nya?

  63. asslmkm,,pak isroi
    saya sngat senang dengan artikel bapak,,saya sangat setuju kalau kedepan smua petani menggunakan Pupuk organik,,
    saya dwi jayanto dr sukabumi saya bukan ahli d bidang pertanian tp sy sngat khawatir dng pertanian di negara kita yg blakangan ini hsil panen’ny sngat buruk,,trakhir sy berkunjung ke wilayah solo,,dsana terdapat 11.hktar sawah petani hancur karna wereng&krna pmakain pupuk kimia yg sangat berlebihan,,
    ,,skrg dengan pbrik yg kecil & mesin seadanya (pan granulator,rotary driyer,alat semprot manual),,serta sedikit punya ilmu untuk mmbuat pupuk mikroba dan POG,,saya brharap bisa bersama2 membuat hal positif untuk pertanian kita,,amin

  64. Salah satu amal yang ga akan putus adalah ILMU,,
    mkasih bnyak ats ilmu’y,
    semoga bermanfaat..

  65. pak,,kalau kasmur bisa d jadikan bahan baku pupuk organik pengganti kohe,??

  66. kasmur itu bekas jamur Pak,,
    jadi log jamur yang sdh habis produksi’nya

  67. mohon dibantu pak manfaat unsur hara calcium untuk tanaman, tanks

  68. widi tri raharjo

    makasih banyak ya mas…oh iya jamur mikoriza sepertinya menarik dibahas mas..menurut mas gimana?

  69. keren banget, mangkannya saya mpe beli tiput hehehe nyoba2 siapa tau berhasil

  70. terima kasih banyak atas segalailmu yang diberikan, sangat bermanpaat bagi para petani, gimana cara mendownload ebook bikin pupuk organik, mohon petunjuknya. terima ksih

    • Klik saja linknya, krn ini hosting gratis jadi harap maklum klo ada iklannya. Dari link itu tunggu sampai ada tulisan SKIP ADD yg ada di pojok kanan atas. Klik tulisan ini. Lalu ikuti perintah selanjutnya.

  71. Artikel yang sangat menarik untuk pertanian.
    Mohon info, jenis tanaman yang bisa mengatasi bakteri dan jamur untuk ikan.
    Tadi anda menceritakan tntg Kali Bening yang tidak bening,persis sperti daerah saya. Apakah anda juga berasal dari Magelang?
    Terima Kasih.
    I V O – Magelang

  72. Nice blog, great info (a specially about Brainstorming), vielen dank πŸ™‚

    Best Regards,
    Fitri Febriyanti

  73. Mas Isroi…Porduktif sekali menulis…
    Nanti bagi2 ilmu di bandung ya…..

  74. Mas Isroi, mhn info harga dan merek dagang untuk enzim selulase dan xilanase yang ada di Indoensia, Matur nuwun

  75. yth. Mas Isro
    mohon bantuan untuk formulasi pupuk POC
    yang tepat untuk Budidaya Ubi Jalar.
    Trima Kasih

  76. slamt sore pak..
    aplikasi mol keong mas untuk tanaman cabe mohon penjelasannya pak..
    trimkasih

  77. bapak’Q suka panen kopyor sendiri… tp cuma pake cara tradisional,, beliau pengen tau cara yang lebih gampang??? apa ada??? hehe suwun….

  78. Assalamualaikum,
    Salam kenal mas.. sukses selalu untuk Petani Indonesia
    Sekalian mohon ijin kopi paste untuk rekan-rekan kelompok tani.
    Matur nuwun

  79. andreas di malang…salam kenal pak… saya dapat penelitian tentang etanol nie..tapi refrensi saya tentang berat etanol sendiri masih kurang..boleh berbagi’kan pak….terimaksih.

  80. bagus sekali artikelnya, saya ingin sekali mas bs bantu membuat tempat pengelolaan sampah berikut cara2nya, klo perlu pelatihannya. trimaksih

  81. pak saya mau tanya dr semua jenis mikroba mana mikroba yang paling bagus buat tanaman pertanian dan apakah ada mikroba yang tahan terhadap pestysida atau bahan aktif lainya?? trimakasi

  82. salam sukses selalu,….

  83. maaf pak saya ingin mempelajari cara membuat pupuk tapi saya bingung mana yang harus saya pelajari terlebih dahulu…
    antara membaca buku rangkuman dan praktek…
    trimakasih pak

  84. ASSWRWB,…..
    Perijinan POC / POG prosesnya gimana???

    • Datang saja ke deptan di ragunan (kalau saya tidak salah ingat), tanya ke satpam yang di depan kantornya Pusat Perijinan Deptan. Di sana akan dijelaskan prosedur lengkapnya.

  85. Terima kasih

  86. Ass.wr.wb
    Pak, tlg di bagi ke saya juga cara pembuatan kompos cair dlm skala yg kecil aja ya pak. Terima kasih pak sebelumnya
    Wassalam

    • Assalamu’alaikum wr wb.
      Kompos cair dlm bhs inggris disebut compost tea. Cara membuatnya sederhana sekali. Kompos dicampur air kemudian diaduk sampai tercampur. Kemudian didiamkan sampai mengendap. Airnya kemudian disaring. Cairan hasil saringannya disebut kompos tea.
      Perbandingannya bisa dicoba dengan 1:2, satu bagian kompos dicampur dengan 2 bagian air.

  87. Budi Sustriawan

    good luck mas isro….blog anda sangat membantu terus berjuang n salam…..

  88. Budi Sustriawan

    good luck mas isroi….blog anda sangat membantu terus berjuang sukses selalu n salam buat keluarga…….

    • Terima kasih….
      β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
      Vote my pictures at Metro Photo Challenge
      β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”

  89. Salam kenal mas, saya tertarik dengan materi dan ingin membuat poc sendiri, yang bisa dijual. minta info yang lengkap mas.

  90. wah pas banget nih,kompos dari jerami kebetulan didaerah istri saya kadang dibuang begitu saja,mudahan dengan tulisan mas isroi ini jerami tidak hanya jadi sekedar sampah tapi juga berguna bagi saya dan masyarakat banyak nantinya,amiiin.terima kasih banyak.

  91. Syaiful Oestana

    Asslm…. Pal Isroi Mohon info apakah bpk Jual ColChisine C22H25NO6 kalau ada di bpk berapa harganya kalau bpk tidak ada menurut bapal Isroi dimana bisa diperoleh di Jatim.

  92. makasih banyak mas !! Di sekolah kita ni lagi ada program pembuatan kompos dari daun kering, yg buat semangat ni, daun yg dikumpulin siswa dibayari ama sekolah, sekilo seribu rupiah, lumayan kan mas !!

    • Gede ganget sekilo seribu. Satu ton satu juta, padahal harga komposnya saja tidak sampai segitu…Hebat..semoga usaha ini tetap terus berlanjut meskipun tidak dihargai seribu.
      Jangan sampai kalau tidak ada uang seribu jadi tidak membuat kompos…

      • Ass, salam kenal pak isroi, mintak di bagi ilmu, saya ingin bertanya, apakak limbah roti, maksut nya roti yang sudah kadaluarsa, apa kah ini bisa di jadi kan pupuk untuk tanama, jika bisa apakah masih harus di kompos kan atau bisa langsung di amplikasikan ke tanama, kususnya sayuran,

      • Prinsipnya, semua bahan organik bisa dijadikan kompos. Kalau mau diaplikasikan ke tanaman ya dikomposkan terlebih dahulu. Tetapi roti kan mudah sekali terdekomposisi. Dan rasanya setelah dikomposkan sisanya sedikit sekali. Coba saja diaplikasikan langsung.

        Namun, kenapa limbah roti mau dijadikan kompos. Mungkin limbah roti bisa diolah menjadi produk lain yang lebih bernilai dari sekedar kompos.

  93. Terima kasih sdh sharing berbaga macam informasi yang bermanfaat

  94. Trimakasih atas informasi yang di posting.

  95. Matur nuwun pak isroi, dah konfirms , kalau menurut bapak , kami jadi kan apa kiranya limbah roti ini, agar bisa di manfa”at kan,??

  96. salam kenal om..jumlah hits yang fantastis..
    ditunggu kunjungannya..http://dedi-sport7.blogspot.com

  97. ya semoga apa yang dikerjakan berguna bagi lingkungan kita semua

  98. Artikelnya sangat menarik dan berguna bagi perkembangan dunia Agrobisnis. Salam kenal ….tanks mas Isroi……!

  99. salam pertanian
    saya sangat bangga pada anda yang mau berbagi dengan kami, sekarang ada info mengenai pupuk HANTU yang katanya sangat luar biasa mohon petunjuk dari anda. karna menurut iklan nya tanpa menggunakan pupuk sama sekali, jadi bisa lebih hemat

    • Saya tidak tahu banyak tentang pupuk HANTU, tahunya cuma sedikit. Pupuk ini dibuat di Bogor. Klo tidak salah namanya sekarang ganti jadi Wong Tani atau Ratu Biogen. Entahlah kebenarannya, karena saya juga belum pernah mencoba sendiri.

    • HANTU bukan pupuk tapi Hormon Tanaman Unggul yg di singkat menjadi HANTU, sebaiknya Pupuk tetap digunakan

  100. Salut. terima kasih atas sajian informasinya. Tak terbalaskan. Nuwun

  101. Terima kasih, Mas. Tak terbalaskan, deh

  102. gan Mau nampung tikusnya ndak? makasi

  103. Terima kasih Pak. Pak,apa bisa biji nimba nya sy renjam dgn larutan em4. Saya masuk kan ke dlm plastik,lalu sy ikat pake karet gelang..

  104. Trim’S y ms Isro ats info nya mg anda +sks sllu klu blh mintak no Hp nya ms sy mau mjalin ablum minan nas
    Ttd John Aska

  105. Bisa kerja sama???

  106. hidup sapi dan sawit ,…krn dua duanya mahluk hidup.

  107. jangan pernah bosan berjuang untuk tetap menghijaukan bumi kita

  108. Setiabudi Moelyo

    Data yang bapak berikan di eXel itu bahan nya apa masih murni, atau sudah dicampur air, mohon informasi yang jelas

  109. Salam kenal Pak. Thanks banget infonya.. Saya solikin dr dawar-mojokerto. skrg lg sangat tertarik dg pertanian krn mata pencaharian penduduk desa saya adalah bertani. Saya sangat ingin membantu mereka(jg saya sendiri) utk bisa bertani organik. Paling tdk mengurangi pemakaian pupuk kimia yg skrg tinggal efek samping dr pupuk itu sendiri.

  110. Setiabudi Moelyo

    Ass. Wr. Wb. Salam sejahtera buat semua keluarga, dan selamat bertugas di Negri Orang.
    Pak saya mohon bantuan takaran untuk membuat komposisi pupuk yang baik, mulai dari biang POC, Geberelin, Auxin, Asam Humat, Sitokinin dll
    Agar pada saat diaplikasikan dapat bermanfaat untuk tanaman padi, Cabe, jagung, Tomat dll
    Semoga amal Bapak diterima oleh Allah SWT

  111. salam kenal Pak Isroi, saya memiliki produk pertanian, silahkan jika berminat..

  112. Terima kasih pak untuk info yang sangat bermanfaat

  113. Senang sekali membaca semua artikel bapak, selama ini sampah daun daun saya masukan ke lubang biopori, apakah bisa saya siram dengan promi, biar cepat busuk, terima kasih.

  114. mas,link downloadnya koq udh gak aktif lagi,yg untuk pupuk granul, di upload ke server lokal aja mas ky indowebster.

  115. Assalamu’alaikum. maturnuwun mas, artikelnya banyak bermanfaat dan mendorong orang untuk berpikir kreatif. Mau tanya mas, tanaman disekitar rumah yang bisa dijadikan sumber ZPT apa aja? terutama sitokinin dan gibberellin.

  116. ono pertanyaan sing ketinggalan…
    bahan kimia/organik yang bagus untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri ketika sudah dikemas apa ya mas….?
    matur nuwun.

  117. bos, sy mau tanyak kenapa waktu melahirkan ank tikus mencit banyak yang dimakan sm indukan sendiri (kanibal) tu penyebabnya apa saja??terimakasih
    sy ada tikus mencit siap jual….

  118. Q sering buka blog bapak, terus terang sy lagi nyari2 artikel mengenai pengkomposan jankos, coz saat ini sy lg awal melaksanakan pengkomposan di pabrik sawit kapasitas 60 ton/jam, saat ini sy lg dituntut utk menangani limbah dr pabrik menuju zerowaste. Saya skrang lg melaksanakan analisa penyerapan compos terhadap lcpks. Demikian perkenalan sy, info terbaru mengenai pengkomposan jankos selalu sy tunggu. Tank

  119. mhn info pemakaian kolkisin produk kang isroi,untuk perendaman batang singkong:apa dimunculkan dulu akarnya pakai auxin IBA etc, setelah muncul baru dilanjut rendam pakai kolkisin trus konsentrasinya berapa ml kolkisin per ltr air rendaman,mengingat kebutuhan air rendaman sampai 500ltr,tks

  120. salam kenal pak, blog bapak ini benar2 membuat saya terkesan,benar2 berbagi tak pernah rugi…semoga membawa berkah dan memacu semangat

  121. saya mau tanya,apa tikus putih itu butuh vaksin?trus bagaimana agar tikus tidak mudah terserang penyakit dan kutu? trims

  122. Setiabudi Moelyo

    Mhon info untuk pembuatan pupuk POC 1 Liter seperti dibawah ini apakah kandungannya udah cukup untuk beberapa tanaman sayur2an seperti Tomat, Cabe, Padi, Jagung dll.
    Biang POC 50 ml
    Auksin 50 ml
    Sitokinin 50 ml
    Giberelin 50 ml
    Asam Humat 25 ml
    Colchisine 10 ml
    Air 760 ml
    Kandungan tersebut diatas apa udah memenuhi kebutuhan tanaman, mhon segera dibalas, karena saya akan segera ke tempat Bpk Manto, untuk membeli bahan2 tersebut diatas, terima kasih atas bantuannya.

  123. salam kenal dan salam hormat saya untuk bapak…saya minta maaf sebelumnya pak…saya usaha minyak atsiri, saya ingin tahu apakah ada mikroba pengurai untuk proses produksi minyak atsiri, sehingga semua kandungan minyak pada daun dan batang bisa terangkat semua (peningkatan rendemen minyak) sehingga bisa memangkas biaya produksi…salam hormat andre semarang

  124. Salam Kenal dari kios pertanian UD. 5758, Menyediakan Pupuk, Benih dan Pestisida. Konsultasi gratis

  125. novicholieza78

    Lam kenal ya pak..nee dari jogja..bagus2 loo..artikelnya..sukses selalu..sharing boleh to..

  126. Ass.wr.wb. Salam kenal mas.sy pengen tau lebih detail tentang bioetanol bahan baku lignoselulosa skala rumahan atau berbahan baku singkong.tq mas

  127. Salam kenal… mari berkarya membangun bangsa….

  128. salam berkarya demi bangsa dan lingkungan

  129. Luar Biasa. Berbagi betul-betul tak pernah rugi. Setidaknya secara Maknawi.
    Blog nya Ok Kang. TOP BGT
    Sukses

  130. Agustine Susilowati Bahar

    Tks atas bantuan artikelnya. Sangat bermanfaat.

  131. Ass.Alaikum….Tq sobat sudah berbagi, salam dan mari berbagi untuk Indonesia Hijau.
    H.Asrul Hoesein (Posko Hijau) Twit: follow @hasrulhoesein
    081287783331

  132. terima kasih pak telah berbagi ilmunya. Saya baru belajar menjadi petani. Ilmu bapak sangat berguna dan menambah pengetahuan saya.

  133. terima kasih sudah berbagi

  134. Saya pengen tahu bagaimana carax mengolah limbah hasil bioetanol yg bentukx cair dan jg yg padat. Bhan bakux dari molasis

  135. terima kasih, salam buat keluarga.

  136. ujang syamsudin

    Saran dan pesan aku nantikan

  137. Kira2 klo tuk basmi kutu pd anjing/kc apa bs? Trs klo kena jilat hewanya apa keracunan? Maturnuwun, penjelasanys.

  138. saya baru mau mulai bisnis mencit di kota saya.mohon doanya pak

  139. febrien syaukani

    Asw…
    salam kenal pak..
    saya mahasiswi ATI Padang.
    jurusan kimia analisis..
    pak… kira-kira judul yang bagus untuk karya tulis saya mengenai pengolahan limbah tebu, apa yang lebih menarik ya pak?
    mohon bantuannya ya pak????
    makasih ya pak…. πŸ™‚

  140. mas saya pendatang baru yg sedang cari info bisnis yuk memulai usaha sendiri sy sangat berterimakasih dengan adanya blog ini dan sangat membantu sy tinggal di Bandung mungkin anda punya referensi dimna saya bisa melihat peternakan yang sudah jalan di Bandung terimakasih.

  141. assalamualaikum wr wb mas Isroi..
    saya kagum dengan semangat berbagi dari mas.
    semoga jadi ibadah yang memberi manfaat pada sesama.
    aamiin

  142. assalamu alaikum wr.wb. Mas Isroi…
    salam kenal mas…saya senang dengan tulisan mas isroi soal bioethanol…saat ini sy lagi penelitian mengenai ethanol dari tangkos kelapa sawit…untuk memproduksi glukosa dari OPEFB, saya menggunakan actinomycetes yang saya isolasi dari sekitar limbah OPEFB dan industri Palm oil. terus terang basic ilmu saya food processing tapi saat ini sy mengambil microbiologi..Mas isroi, bisakah saya konsultasi dengan mas, di email mas isroi…terima kasih sebelumnya..

  143. mas ak mau tanya produk acticomp katanya bisa digunakan utk pengomposan tanpa pembalikan? Betul ga…

    • Pengomposan dengan ActiComp, Promi, dan OrgaDec, dilakukan tanpa pembalikan. Pembalikan dilakukan jika diperlukan saja, misalnya aerasi kurang.

  144. salam kenal saya edhi dari purwokerto
    blog nya bagus buat pencerahan gbu

  145. Assalamualaikum, salam kenal pak Isroi. saya sangat senang membaca tentang artikel maupun jurnal tentang pupuk organik, kebetulan saya mau meneliti tentang ini, karena cita cita saya pingin mengembangkan pertanian organik di daerah saya, mungkin bapak bisa membantu saya untuk mendapatkan informasi yang lebih, terima kasih.

  146. banyak dengar tentang jenengan tapi lom pernah ada kesempatan untuk bertemu dan berguru. kapan balik jogja, mas…

  147. kapan tambah momongan lagi mas, ditunggu lagi ya

    • Ini bu Bidan ya…alhamdulillah masih ingat saya. Sudah nambah satu lagi, Bu Sri Doddy. Umurnya baru tiga bulan. Tapi lahirnya di jauh sekali, jadi tidak sempat ke Gn Batu.
      Terima kasih sdh berkunjung, Bu Sri Doddy.

  148. Assalamualaikum pak Isroi,salam kenal dan beribu2 terima kasih.Artikel2nya sangat bermanfaat.Pasti Allaah membalasnya dengan berlipat ganda.Amin

  149. Thank you ! Your article menambah wawasan tentang pengelolaan sampah di Indonesia ! Maju Indonesiaku !

  150. Bapak Terima kasih begitu banyak ilmu yang saya dapet bapak semoga usaha saya beternak barokha…….

  151. mantab infonya.. salam

  152. bagus artikelnya, muadah 2 han kedpan lebih baus lagi,, suwun

  153. Mas,kalau prominya diganti em4 bisa lebih cepat tdk proses pengomposannya?kalau kompos dr rumput sawah setelah jd pupuk kompos,terus buat mupuk sayuran kira2 biji dr rumput tsb tetap bisa tumbuh lg ndak?

    • Sy tdk pakai EM4, jadi tidak tahu jawabannya. Mestinya kalau pengomposannya berjalan baik, biji rumput akan mati. Biji rumput yang terbawa angin yang mungkin tumbuh.

  154. Mas mau tanya lg,kalau di sleman jogja untuk mendapatkan promi dimana ya?Terus untuk aplikasi kompos pada sayuran per m2 kira2 berap kg?

  155. Thank for sharing!

  156. Sangat2 bagus.
    mohon pencerahan + bimbinganya dlm seluk beluk POC bagi tuk qmi para petani.

  157. sangat bermanfaat

  158. salam kenal.. saya mau tanya daun muncar itu seperti apa ya dan khasiatnya untuk apa

  159. fakhrur razi nasution

    terima kasih mas, saya banyak dapat inspirasi dari tulisan mas…

  160. fakhrur razi nasution

    sekali lagi terima kasih mas, atas inspirasinya…

  161. legacyofnemesis was here…

  162. yth. Bapak Isroi

    mohon diinformasikan bahan-bahan referensi untuk pembuatan biodiesel dan bioetanol termasuk industri kecilnya.
    terimakasih atas bantuannya, salam hormat by julianto di Kalimantan Barat

  163. Ijin menyimak pak
    Sekalian mohon masukan untuk budidaya tebu.mgkin da ilmu yang bisa di bagi.
    Mungkin asam humat bsa d aplikasikan campuran pupuk

  164. trims atas info semuanya…………………………. Semoga Allah memberikan yang terbaik untuk anda dan kita semua amin

  165. Assalamualaikum pak Isroi, saya kagum dengan tekad bapak untuk menshare ilmu pengetahuan, sangat bermanfaat untuk kemajuan bangsa. semoga Allah memuliakan bapak dengan ilmu yang di “open source” kannya.

  166. Asalamualaikum,,,
    wah gak salah saya bisa berkunjung ke blog ini, isi blognya menarik untuk dibaca. salam knl mas dari saya.

  167. Subroto Widyatnoko

    Assalamualaikum wr wb … salam kenal pak Isroi. saya sangat senang membaca tentang artikel maupun jurnal bapak tentang pertanian 0rganik , krn saya tertarik mengembangkan pertanian organik . Disamping pertanian organik saya juga tertarik pada pengembangan tanaman gaharu, terkait gaharu apakah pak isroi mengembangkan inokulannya . Terimaksih.

  168. semoga Allah memberikan segenap rahmatnya untuk anda

  169. Pak Is, tolong dong gimana cara membuat perekat pestisida organik / nabati? Makasih sebelum dan sesudahnya.

  170. sangat menarik pak…. Bravo pak Isroi… salut untuk orang2 yang concern terhadap kehidupan yang lebih baik….. Go Green…. saya sangat berminat untuk mengembangkan industri energi alternatif, saat ini saya bergerak di wood Pellet, dan sedang mengembangkan industri bioethanol… saya sudah kirim email di email pak Isroi…. Maju terus Pak…. kita pasti bisa…

  171. Assalamu’alaikum Pak Isroi. Salam kenal dr Wong Ponorogo. Terima kasih atas sharing ilmunya, semoga bermanfaat untuk memajukan pertanian di Indonesia. Jazakumullah…

  172. Foto langitnya keren πŸ™‚

  173. Selamat siang mas…
    Terimakasih buat artikelnya ya..

  174. mohon sharse ide yang sederhana dan aply ke email saya sonabrus@yahoo.com . . .wassalam Nelson AB

  175. nelsonabsonybarus

    trima kasih telah menulis artikel ini kita2 dan anak bangsa yang lugu ini

  176. Assalamu’alaykum. Pak Isroi, saya mahasiswa yg sedang penelitian TA. Penelitian saya mengenai aktivitas enzim ligninase pada jamur lignolitik. Saya ingin tanya, komposisi media dasar Glenn & Gold (1983) modifikasi, itu apa saja ya Pak? soalnya saya mencari beberapa referensi, komposisinya berbeda. Terima kasih atas bantuannya.

  177. terima kasih pak, smoga tulisannya slalu bermanfaat

  178. sore Pak Isroi….kebetulan saya lagi cari-cari artikel mengenai pengolahan sampah, dan saya ketemu blog bapak…..Rencana nya, saya mau buka usaha pengelolaan sampah.
    Ide ini muncul, karena pengelolaan sampah di daerah tempat saya tinggal kurang banget.
    Mudah-mudahan, apabila niat dan rencana saya terwujud, kiranya bapak bersedia memberi masukan2, agar usaha ini bisa berjalan dengan baik
    Salam kenal
    Anto, Jakarta

  179. Pak Isroi,
    Salam kenal pak. Saya tertarik dengan artikel bapak pada tanggal 11 April 2008 mengenai kelapa kopyor. Saya mencoba unntuk menghubungi Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia melalui email, mengisi buku tamu di website nya, dan message di facebook namun tidak ada respon sama sekali. Apakah ada cara lain untuk menghubungi pihak BPBPI? Atau apakah bapak tau sumber lain dimana saya bisa mendapakan supply kelapa kopyor? Terima kasih sebelumnya Pak Isroi.

  180. Terima kasih telah berbagi, saya petani pemula untuk sayuran di dataran tinggi, terutama buncis. mohon ijin ikut belajar di blog yang Mas Isroi kembangkan.
    Trims

  181. aslmkm pak isroi ( no L )..salam kenal pak.. saya dari riau…blog anda sangat bermanfaat sarat dengan ilmu… semoga menjadi ladang amal bagi bapak amiin

  182. sudah lama tidak singgah disini.

  183. Blog Bapak ini luar biasa, sangat bermanfaat, saya mendapat wawasan baru dan memotifasi saya untuk mengembangkan konsep saya untuk menciptakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya, terima kasih Pak, semoga Bapak menjadi orang yang di kenang sepanjang masa Amin

  184. Pak Isroi, adakah cara pengujian degradasi pestisida oleh jamur menggunakan metode spektrofotometer ?
    terima kasih

  185. Hasil interaksi baik dan bermanfaat saya jadi ingin berkonsultasi nanti karena saya sedang menggeluti pengolahan pupuk organik juga

  186. Raksa Bomantara

    Salam kenal mas Isroi

  187. mat sore pak terima kasih atas inpo pengetahuany cuma yg belum jelas bagi saya tentagng alas bagian bawah jeraminya pa di lapiaisi plastik ato gak pak

  188. saya sedang mencari bibit Mimba tp blm dapat hingga saat ini. bagaimana sy bs mendapatkannya? thanks

  189. Terima kasih telah membagi ilmunya , sangat bermanfaat , kapan ke depok mas boleh mampir ke rumahku .

  190. Mas, maaf mengganggu saya mahasiswa biologi 2009, saya meneliti tentang aktivitas ligninolitik. saya menggunakan R-Poly 478. dimana saya bisa mendapatkan zat ini. terima kasih sebelumnya

  191. Abdul Muiz Mahfuf

    Assalamu alaikum
    Salam silaturrahim
    Mhn izin share konten
    Trm ksh

    Abd. Muiz Mf

  192. Salam kenal mas, sukses selalu

  193. trims pencerahanya , kebetulan sy sedang banyak mencari ilmu untuk pengembangan tanaman kopi arabika. agus w,

  194. Doddy Prasetyarto

    Assalamualaikum wr wb… Salam kenal yo mas… Nyuwun sewu mas, pade nyerep ilmu njenengan…. Matur nuwun sanget bagi2 ilmune…

  195. terima kasih pak Isroi.. tulisan anda sangat bermanfaat bagi saya.. smg Allah SWT senantiasa melimpahkan kesehatan buat pak Isroi shg bisa terus berbagi..

  196. terimakasih pak Isroi.. tulisan anda sangat bermanfaat bagi saya, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat & kesehatan kpd pak Isroi shg terus bisa berbagi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s