Kupu-kupu Gajah

Dulu waktu kecil aku sering menemukan kupu-kupu gajah. Kupu-kupu ini dinamakan gajah karena memang bentuknya yang besar sekali dibandingkan kupu-kupu pada umumnya. Diamater sayapnya saja hampir dua jengkal tangan orang dewasa, atau mungkin sekitar 15 – 20 cm. Kupu-kupu ini sering muncul di musim-musim tertentu. Dan biasanya ada disekitar pohon mahoni yang memang banyak dipingir-pingir jalan.

Kupu Gajah

Kupu Gajah

kupugajah1
Kupu-kupu gajah

atacus_atlas02
Ulat Atacus atlas

Ternyata ulat kupu-kupu gajah juga sebanding dengan kupu-kupunya gede, gede banget bo… Ulat ini berwarna hijau muda dan ada seperti duri-duri. Tetapi duri ini sebenarnya lunak, mungkin cuma untuk menakut-nakuti pemangsa. Padahal kalau lihat bentuknya aja, hampir dapat dipastikan banyak orang yang ‘gilo’. Apalagi ibu-ibu, para cewek, dan anak-anak.

jempol
Ulat kupu-kupu gajah yang segede jempol orang dewasa. Hiiii…..takuttt…….

Meskipun kupunya gede banget dan ulatnya juga super gede, ternyata telurnya kecil-kecil. Cuma sebesar biji jewawut. Lihat nih telor yang dimasukkan ke botol plastik. Kameraku sampai susah cari fokus yang tepat.

telur1
Telur ulat kupu gajah yang kecil-kecil

Kalau ditetaskan telur-telur ini akan segera menetas dalam beberapa hari. Bayi ulat kupu gajah ternyata juga kecil-kecil. Lihat di foto di bawah ini.

telur
Ini bayi ulat kupu gajah..lucu-lucu ya…, siapa mau mengadopsi. Kasihan tidak tahu siapa ortu-nya.

lahapmakan

Bayi ulat kupu gajah sangat rakus. Meskipun masih kecil, dia makan apa saja. Lihat nih..daun yang baru saja diberikan sudah hampir habis.

[Googlevideo=http://video.google.com/videoplay?docid=-7932647709365589004]

lahapmakan2

Ulat-ulat ini mempunyai falsafah ‘hidup untuk makan’. Hampir sebagian besar fase hidupnya ini digunakan untuk makan dan makan. Tidak ada aktivitas lain. Makanya tidak heran kalau tubuhnya membesar dengan sangat cepat. Ngak pernah nyangka kalau ulat segede jempol ini dulunya cuma sekitar 1-2 mm.

[Googlevideo=http://video.google.com/videoplay?docid=2261969622267008957]

atacus_atlas04

Dia akan makan dan terus makan. Setelah dia merasa kenyang dan butuhnya bongsor. Dia mulai cari posisi untuk tidur panjang. Ulat ini sedang siap-siap untuk memulai tidur panjangnya.

siap-siap tidur panjang

[Googlevideo=http://video.google.com/videoplay?docid=1266323767499192924]
Ini ulat yang sudah mau jadi kepongpong. Dia lagi cari posisi untuk tidur panjang. Eh…jangan ganggu aku dong….

Dalam tidurnya ini dia bertapa, menyelimuti tubuhnya dengan sutera pemberian tuhan, yang halus, lembut, harum…(memangnya iklan pengharum pakaian). Tubuhnya segera terbungkus rapat. Dia diam terpaku, tak bergerak, tak makan.

[Googlevideo=http://video.google.com/videoplay?docid=7107897999952920659]

kepongpong

Kepongpong ini yang kaya akan benang sutera yang halus dan bermutu tinggi. Ulat Atacus atlas adalah ulat yang sangat potensial sebagai penghasil ulat sutera dibandingkan bombix mory. Mungkin di masa depan nanti akan banyak pakaian yang dibuat dari sutera kupu-kupu gajah. (Sayang aku tidak boleh memakai baju sutera…., tidak apa-apa untuk istriku aja)

About these ads

29 responses to “Kupu-kupu Gajah

  1. SEKARANG KAYANYUA SUSAH YAH UNTUK MENEMUKAN YANG SEPERTI ITU YAH KLO DI DAERAH KU MALAH SUDAH MUSANAH SEJAK LAMA TUKERAN LIKN YUK

  2. BTW PERTAMAX NICH HOREEEEEEEEEEEE

  3. Iya, seneng banget bila menemukan kupu2 itu. Seperti makhluk purba saja

  4. Salam kenal…sy pengunjung setia blognya p.isroi juga. Soalnya banyak info yg menarik. Saya jd inget duluuuuu waktu muda *hiks, skrg sudah tua* pernah kaget banget liat ulat warna ijo yg gede banget, tnyt mau jadi kupu yg jg gede

  5. Wow….bener-bener blog yang okey and kupu-kupu yang cantik, si kecilku suka banget sama yang namanya kupu-kupu. btw….salam jumpa dengan saya adik kelas di fabio unsoed (angk. 94).

  6. Apakah sudah ada budidaya ulat Atacus atlas di jawa barat? kalau sudah ada dimana alamatnya

  7. aQ nEmuin kUpuu2 gajah di deKet sawah,tapi aQ taKut nAngKepnYa.
    kaLo bolEh taU makAnanya apaan sicH,,????

    • Kupu-kupu ini sebenarnya jinak dan bisa menghasilkan benang sutra. Kupu-kupu ini lebih dekat kekeluargaanya dengan ngegat bukan kupu-kupu. Makanannya daun-daun nangka dan sejenisnya. Semoga bermanfaat.

  8. daN baHaya gaK sich……………….

  9. Di kota2 besar yg sdh terpolusi…mungkin akan jadi tontonan aneh bagi masyarakatnya yg belum/tidak pernah melihatnya. Jangankan kupu-kupu raksasa…mungkin kupu-kupu kecil biasa pun nyaris tak terlihat lagi!

    • Kupu-kupu ini di beberapa tempat di Jawa masih ditemukan, kok. Memang kalau di kota sudah jarang ditemukan, di sekitar rumah saya pun sudah tidak pernah saya lihat lagi, apalagi di kota besar seperti Tangerang atau Bekasi. Terima kasih telah berkunjung.

  10. iya betul banget… terakhir aq lihat kupu2 gajah mungkin waktu msh sd. aq kagum banget dengan makhluk itu. kangeen bangt pengen liat lagi. oh.. ya.. satu lg yang aq kangen lihat yaitu tokek. agak takut n geli sih tp penasaran pengen ngeliat lg…

  11. aku baru nemuin di kebun belakangku emang sih ulatnya sangat gede ,,.. hampir segede jempol kaki ..
    penampakan ada di .. http://www.facebook.com/photo.php?fbid=3172834435308&set=a.3172830715215.149001.1098954722&type=1&ref=nf ,, kalo penasaran ,ada 4 ekor .. mau megang gilo sendiri …

  12. di rumah aku ada 3 ulat kaya gini, karna takut & geli akhirnya kami buang. yah, kalau tahu ulat ini langka dan akan jadi kupu2 sebagus itu pasti kami jaga :’(
    tapi di kebunku di cariu masih ada ulat sperti ini, mungkin bisa kami pelihara dan dibudidayakan :)
    tapi, berbahaya nggak sih?

  13. Aku barusan nemuin,
    Sayang, gak sempet ambil kamera :(

  14. nicola satria aditama

    ulat bakalan kupu gajah ditempatku namanyanya uler keket biasa hidup di pohon jambu biji,sirsak, dadap. kupunya sendiri terkadang msh sering kulihat jika pas musimnya dan kadang masuk rumah

  15. Akhuuu adhaaa persis kayaa ♈ƍ difotoo. Inii lagii nelurr!!!!agakk jijikk sichh tapii cantikk !!

  16. hai kak yudi masih inggat aku gak endah …………

  17. manteppp, kalo dipegang katanya gak bikin gatel ya ? termasuk ulet yang jinak dan gak gigit kan ya ? *nanya serius* hehe. pengen nyari :D

  18. jd ingat masa kecil dulu,,,
    usai sholat subuh d musholla pasti nemu kupu gajah…
    tp sekarang ud g ad lagi :(

  19. Halo Pak Isroi,kebetulan saya sedang mencari bibit ulat gajah untuk dibudidayakan,apakah bapak tahu atau kenal dengan pembudidaya ulat gajah?kalau iya bisa tolong diinformasikan ke saya,
    terima kasih..salam sukses..

    • Coba kontak ke Lab Entomologi Fak. Biologi UGM. Seingat saya mereka membudidayakannya. Atau mungkin mereka bisa memberikan informasi letani sutra yang membudidayakannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s