Distilator Skala Kecil

Baca juga: Membuat Distilator Skala Kecil

Distilasi adalah proses untuk memisahkan etanol dari air setelah proses fermentasi. Prinsip kerjanya sebenarnya cukup sederhana, yaitu berdasarkan titip didih dari air dan ethanol. Seperti sudah kita ketahui kalau air akan mendidih pada suhu 100oC. Pada suhu ini air akan mendidih dan kalau dipanaskan terus akan menguap. Titik didih etanol lebih rendah daripada titik didih air, yaitu pada suhu 79oC. Perbedaan titik didih ini digunakan untuk memisahkan etanol dari air.

Alat distilator sederhanya yang saya pakai di lab seperti gambar di bawah ini.

distilatorlab

Jika Anda membutuhkan mini distilator skala lab, silahkan klik di sini.

Bagian-bagian utamanya adalah

  1. Pemanas listrik
  2. erlemeyer untuk tempat cairan fermentasi
  3. colom distilator pertama
  4. colom distilator kedua
  5. selang untuk mengalirkan air pendingin

Cara mengoperasikan alat ini juga cukup mudah. Perlu latihan beberapa kali sampai mahir untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Pertama masukkan terlebih dahulu cairan fermentasi ke erlenmeyer. Lalu ditaruh di atas pemanas. Alat-alat yang lain dipasang yang benar. Setelah itu hidupkan pemanas.

Air dari kran dibuka sampai semua tabung distilator penuh oleh air. Biarkan air mengalir dengan pelan sekali.

Perhatikan suhu pada termometer, suhu di sini dijaga dengan kisaran 79 – 81oC. Menjaga suhu inilah yang paling penting. Kalau suhu naik, tambah debit air pendingin. Kalau suhu turun, kurangi debit air pendingin kalau perlu dimatikan.

Etanol yang keluar ditampung di bagian pengeluaran dengan erlenmeyer atau botol.


DOWNLOAD BIOETHANOL

Silahkan didownload resources yang mungkin Anda perlukan juga:

Daftar bahan lain yang bisa didownload: Download Di Sini
Cara mendownload: Klik dua kali pada link yang akan didownload. Kemudian ikuti perintah selanjutnya. Kalau ada iklan yang muncul, klik aja iklannya atau langsung ke SKIP ADD yang ada di pojok kanan atas.

Handbook on Bioethanol: Production and utilization
bioethanol ebook download free gratis percuma

Biofuel for Transportation
bioethanol ebook download free gratis percuma

Panduan Membuat Distilator
bioethanol ebook download free gratis percuma

Buku lengkap tentang fermentasi:
download gratis buku fermentasi

Advertisements

24 responses to “Distilator Skala Kecil

  1. apakah mengukur kadar alkohol dalam hasil fermentasi dengan alkohol meter, harus dilakukan destlilasi terlebih dahulu?

    • Alkohol meter mengukur berdasarkan berat jenis dan kurang sensitif. Apalagi kalau konsentrasinya rendah. Kalau dalam campuran tersebut tidak banyak bahan-bahan lain, bisa saja langsung diukur. Kalau konsentrasi rendah sekali (kurang dari 5%) sebaiknya didistilasi dulu. Kalau konsentrasinya rendah pengukuran dengan alkhol meter bisa bias.

  2. tolong ya mas, dibalas segera..bukan memaksa..tapi saya butuh informasi secepatnya…terima kasih mas

  3. waduh maaf di atas ada ucapan yang salah, nggak lihat kalau sudah dibalas…maaf

    “bisa bias.” maksudnya apa?bisa tidak tepat,gitu?tapi setidaknya bisa kan untuk membandingkan kadar alkohol hasil fermentasi yg satu dngn yang lain?terima kasih banyak

    • Ya.. masudnya tidak tepat atau kurang teliti. Misalnya, kalau diukur tidak terbaca. Tetapi kalau didistilasi ternyata ada. Ini bisa terjadi karena kandungannya yang rendah atau karena banyak campuran bahan-bahan lain.

  4. assl. mas isroi, saya tertarik dengan bioethanol dari selulosa (maaf kalo threadnya agak nyasar). pada saat perebusan dengan autoklaf (hidrolisis hemiselulosa dengan asam sulfat encer 1%. bahan baku (biomassa) nya itu harus dimasukkan tanpa wadah atau bisa pake wadah (umpamanya pake beaker glass 1 liter)–> takutnya kalo gak pake wadah bisa merusak autoklafnya (asam sulfat kan korosif).kemudian 1%asam sulfatnya itu merupakan larutan yang dipake buat buat steam atau (umpama biomasssa 1 kg dimasukkan dalam beaker glass 1 L, cukup asam sulfatnya 15 itu yang ada di beaker glassnya aja.sedangkan steam nya pake air biasa.trus, kalo hidrolisinya cuman bisa ampe tekanan 1 bar (suhu 11o derajat) hasilnya gimana (alatnya agak rusak). trus kalo pada tekanan max 4 bar (suhu 160 derajat) hasilnya gimana???tmksh,maaf lg mencari2 alamat email mas isroi belum ketemu..he2..
    erychs_030786@yahoo.co.id

  5. maaf saya mau nanya lagi. untuk cellulosa yang dihidrolisis menggunakan asam 1-4% sehingga menghasilkan gula sederhana, kan PH nya jd asam(mikroba s. cereviceae kurang optimal pada PH ini). kalo dengan cara penetralan menggunakan NaOH membuat mikroba kerjanya kembali optimal gak? trus hemiselulsoa pd hidrolisis awal kan bisa menghasilkan gula C5 dan c6 dan oligosakarida (trimer karbohidrat).untuk memecah oligasakarida ini menjadi monomer(c5/c6) caranya gimana?? kan untuk tekanan yang makin tinggi,hidrolisis bisa menggunakan asam yang makin encer.kalo untuk tekanan max 4 bar sebaiknya konsentrasi asam sulfatnya berapa???terimakasih, maturnuwun..wasslm

  6. Dengan hormat,

    Mohon infonya Pak Isroi, alat destilator tersebut berapa harganya?, apakah sudah satu set lengkap kalau kita membeli destilator tersebut dan dimana saya bisa membelinya?,sehubungan saya juga mau mencoba membuat bioetanol skala rumahan

    terima kasih atas perhatiannya
    robertlpanie@yahoo.co.id

    • Distilator tersebut adalah distilator umum untuk laboratorium. Harganya cukup mahal, yang buatan lokal saja hampir 3.5 juta. Kalau yang untuk produksi skala kecil berbahan baku stainless steel dan harganya bervariasi.

  7. assalamu’alaikum pak nanya,
    kalo mo bikin alat destilator sendiri (misal bahan dari kaca akuarium) itu kira2 faktor2 penting yang harus diperhatikan supaya hasilnya bisa sama seperti yang didapat dengan destilator lab di atas apa ya pak? ato paling nggak, selisihnya nggak jauh2 amat gitu….

    makasih pak atas jawabannya. wassalam..

    • Di menu sebelah kanan blog ini ada link ke website distilasi. Coba pelajari dari situs itu sebelum membuat alat distilasi sendiri.

  8. Mas Isroi
    Kalau saya mau buat alat seperti yang ada di gambar. kira – kira biaya yang dibutuhkan berapa ya mas ? dan saya bisa cari dimana alat – alat tersebut (alamatnya) ?

  9. pak apakah kolom destilasinya harus 2?
    bagaimana kalau hanya menggunakan 1 kolom destilasi?
    saya pernah mencoba membuat bioethanol seperti petunjuk bapak,,tapi pada suhu 79-82 etanol jg belum bisa menguap..
    apakah ada kesalahan dalam pembuatan rangkaian alat destilasi atau bagaimana?
    mohon bantuannya pak..
    terimakasih

    • Titik didih etanol 79oC, seharusnya pada suhu itu sudah menguap etanolnya. Kalau tidak menguap ya..bukan etanol berarti. Coba dulu pakai etanol yang dibeli diapotik, bisa nguap tidak pada suhu tersebut?

  10. terimakasih atas jawaban sebelumnya pak..
    tapi untuk kolom destilasinya apakah harus 2?
    bagaimana kalau hanya 1?

  11. ada nomer yang bisa d hubungi g untuk mendapatkan destilator ini??

    • Alat-alat distilasi ini sangat umum untuk analisa kimia. Bisa dibeli di toko-toko kimia atau toko-toko yang menjual peralatan laboratorium. Bagian bawah bisa dipakai erlenmeyer 1000ml yang bagian atasnya bisa dipasangi reflux, bagian kedua (distilator pertama) adalah tabung reflux, kemudian ada konektor T, dan selanjutnya adalah tabung distilator.

  12. pak tolong minta alamat untk distilator skala ukm dengan harga sekitar 5 jutaan

  13. Pingback: Membuat Distilator Skala Kecil | Berbagi Tak Pernah Rugi

  14. Pingback: Membuat ‘Bensin’ Sendiri Yuk…..!!!! | Berbagi Tak Pernah Rugi

  15. udah cobak download bukunya beberapa kali tetep gk bisa2:-(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s