Tip Beternak Tikus: Rak Kandang Tikus

Kandang untuk berternak tikus dibuat dari baskom plastik yang tingginya kurang lebih 10cm. Kandang ini diberi tutup dengan kawat yang kuat. Kandang-kandang ini diletakkan di dalam rak kayu. Besar dan ukuran rak disesuaikan dengan luasnya area berternak tikus.

Rak kandang tikus

Rak Kandang Tikus

Rak Kandang Tikus

Rak Kandang Tikus



Kandang Tikus Rat

Kandang Rat

Rak kandang mencit

Rak Kandang Mencit


Informasi & Pemesanan Tikus Hubungi: Manto 085643907204


71 responses to “Tip Beternak Tikus: Rak Kandang Tikus

  1. pak isroy cara mengawinkan tikus bagai mana? satu kandang apa untuk satu pasang dan kalo udah udah melahirkan sijantan harus dipisah tidak?

    • Tikus bisa kawin sendiri, tanpa diajari. Masukkan saja satu ekor jantan dengan dua atau tiga ekor betina dalam satu kandang. Kalau betinanya sudah kelihatan bunting dan mau melahirkan, pisahkan jantannnya.

  2. pak itu kandang ditutup besi ram cara bersihin sama mindahin tiputnya bagaimana? apa dibikin pintu di besi ramnya?
    soalnya di foto saya ga liat pintunya

    thx

    • Coba perhatkan di gambar kandang yang di bawah/mencit. Ada pintu untuk memasukkan dan mengeluarkan tikusnya. Kawat ramnya dibuat sedemikian rupa jadi mudah untuk dibuka dan ditutup. Ketika dibersihkan, kawatnya dipindahin dulu, tikusnya dipindah ke kandang yang lain.

      • oiya ada pintunya bisa kasi bantuan pak biar ga lepas pintunya?
        saya juga mau bikin pake tempat plastik dan kawat ram, pintunya model buka tutup keatas ya? apa gimana? punya pic detailnya kalo ada

      • Dibuatkan klem atau pengait agar tidak lepas. Bentuknya seperti pengait pada jok mobil itu lho, tetapi kecil dan lebih sederhana.

  3. pak isroy, cara membedakan tikus putih betina dan jantan itu bagaimana?
    terima kasih pak,atas infosmasinya.
    saya bermina.

  4. pak mw nanya nih. itu kan kandang nya dr plastik ya. kalau d buat dr triplek bs gak pak?

    • Bisa saja, kenapa tidak. Tetapi tikus adalah binatang pengerat, jadi dia akan sering mengigit-gigit triplek-nya, kata orang jawa ‘ngrikiti’. lama-lama bisa bolong.

  5. mas,saya mau tanya klo bwat menjaga kebersihan kandang agar tidak terkena hama penyakit sebaiknya menggunakan produk seperti apa?

  6. PAK NUMPANG TANYA BUAT TEMPAT MINUM YG MURAH,TP AKURAT ENAKNYA GIMANA,SEMBAH NUWUN PAK,TOLONG INFORMASINYA

  7. pa isroi, saya mau tanya..

    1. kira2 brp lama usia hamil si tikus betina?
    2. apa ciri2 tikus yang tidak sehat?
    3. brp usia tikus yang bagus untuk pakan reptil?

    • 1. informasi itu sdh ada di posting biologi tikus putih, silahkan dicari dg fasilitas pencarian yang ada di kolom kiri atas.
      2. tikus kecil/kuntheten, tdk mau makan, bulu-bulu jarang dan berdiri, tidak aktif, ada koreng/luka, dll.
      3. umur berapa aja bisa untuk pakan, tergantung ular yg mau dikasih makan. Ada yg beli cindil untuk pakan bayi ular.

  8. pak mw tanya
    biasanya jualnya kemana ja?thanks

  9. harga indukan tikus berapa pk?

  10. trm ksh pk,akn sya cb lg. sukses buat bapk.

  11. Pk,kl sy mo jual mencit dg hrg skitar 4000-5000 k pembeli itu pntesnya umur mencitnya brp y pk?mhon infony,trm ksh

    • Permintaan mencit biasanya ada 3 macam: cincil, baru disapih 20 hari, dewasa (1 bulan atau 2 bulan). Harganya bervariasi, sebenarnya tidak etis ditulis disini nanti jadi membatasi harga jual. Karena harganya macam-macam, klo di jawa cukup murah, tetapi di Medan dan makasar harganya tinggi.
      Ilustrasinya begini, di jawa tengah pedagang hewan/penjual biasanya menjual mencit dewasa (1-2 bulan) dengan harga sekitar 7-10rb/ekor. Mereka beli ke peternak dengan harga di bawahnya dan ambil untung sekitar 30-40% (bruto).
      Kalau dari peternak langsung harga segitu biasanya untuk mencit dewasa.

  12. trm ksh bnyk pk ats infony

  13. pak isroi,

    itu kalo mencit 1 kandang gt isi brp ekor ?
    kalo betinanya udah hamil perlu di pisah ga dr kelompoknya (spt dikandangin sendiri sampe melahirkan)

    • tergantung seberapa gede kandangnya. untuk kandang ukuran sekitar 30 cm x 20 cm bisa diisi 1 jantan dengan 4 betina. kalau sudah mau melahirkan, jantannya dipindah.

  14. tanya lagi pak manto 🙂

    kalo semisal indukan betinanya udah hamil, di pisahkan dengan komunitasnya dan di kasi di kandang dengan betina yg hamil ga papa kan ? trus kalo misal uda sendirikan dan melahirkan anaknya, perlu ga pak dipisahkan lagi ke kandang lain yg sendiri ?

    kalo rat temen saya dipisah2 … 1 indukan yg udah melahirkan 1 kandang. kalo mencit perlu ga ya digitukan ?

    • Tidak apa2. Kami biasanya 1 kandang 2-3 indukan yg sdg hamil sampai anak2nya disapih.
      Klo rat memang biasanya dipisahkan satu-satu, karena kandangnya kecil. Terlalu penuh klo lebih dari satu indukan.

      • oh aman ya ternyata. saya pikir indukan yg masih hamil akan memangsa pinkies yg baru lahir dr induk lainnya ….

        makasi pak infonya … sangat berguna 🙂
        bisa dibikin bukunya tuh pak mumpung belum ada yg bikin keknya 🙂

  15. hebat pak. artikelnya sangat menarik sekali

  16. wew keren jadi mau coba nih,,,,,,,,,,,,,,,

  17. Muhammad Imam Akbar

    Bapak Isroi sungguh pengusaha yang rendah hati, terimakasih atas segala sarannya pak, saya berniat bikin ternak kecil-kecilan disini infonya sangat lengkap sekali, semoga usaha bapak terus lancar dan semoga bisa go international hehehe 🙂 GBU

  18. pak, bagus gak kalo satu kandang massal ? ( berisi 10 jantan 30 betina) begitu hamil diambil lalu dipindah ke kandang bunting?? trimz mohon masukannya..

    • Tidak bagus, karena cindilnya bisa dimakan oleh pejantannya. Beberapa bentina bisa saja diletakkan dalam satu kandang ketika hamir/melahirkan. Setelah cindilnya cukup umur bisa dipindahkan. Namun, ukuran kandangnya juga mesti cukup besar.

  19. untuk pembersihan kandang dilakukan brp hari sekali?

  20. mas, untuk anakan umur 1 bulan di kasih makan apa yach .. apakah ibu nya sdh bisa dipisahkan ?
    trims

  21. Selamat Malam pak Isroi. Saya sedang membuat proposal untuk mendapatkan modal usaha ternak mencit dari dikti,, nah,, saya mau tanya,, ketika saya mencari orang yang jual kandang mencit lengkap degan botol minumannya, dengan ukuran kandang 31 x 39 cm,, tingginya 13 cm, itu harganya 35.000. apa itu termasuk murah? kalau buat sendiri biasanya ngabisin berapa duit? terimakasih sebelumnya

    • Selamat malam juga. Murah atau mahal itu relatif. Ada banyak faktor yang menentukan, misalnya kualitas kadang, hrg bahan baku, dan wilayah.
      Kalau mau buat sendiri bisa dihitung dari bahan-bahan yg digunakan dan tenaga kerjanya. Silahkan disurvey sendiri untuk bahan bakunya yang ada di wilayah saudara, karena beda tempat bisa beda sekali harganya.

  22. O ya pak, saya kan berencana ternaknya di dalam kos, bagaimana menurut bapak dengan rencana saya? Apakah bagus di dalam kos ternak mencit? bagaimana dengan sirkulasi udara dan matahari? Apa ada pengaruhnya? Sebaiknya tempat yang ideal untuk ternak mencit seperti apa?
    maaf pak, banyak tanya, maklum,,, mahasiswa kurang berpengalaman. hehehe

  23. Pak kalo mau ngilangin bau kandang tikusnya dikasih apa?
    Terus beli nya dimana?

  24. Manto Ya Manto itu saudara nya yah?

  25. mas mau tanya kalo tikus putih besar beda bibitnya atau sama dengan tiput biasa?

  26. Bos saya kepingin sekali bikin usaha ternak tikus, tapi saya tidak tau harus jual kmn, mohon pentunjuknya dong bos!!!

  27. Slmt Pagi Mas Isroi! Sy ttarik bternak, kindly need Ur help
    mau tanya kira2 penyakit apa sj yg di hidap si tikus dan biasa”y di kasi obat apa? serta apakah lsg di karantina/tdk?

    • Selamat malam,
      Saya tidak tahu jenis penyakit tikus. Kadang-kadang memang ada tikus yang sakit, kalau ada tikus yang sakit segera dipisahkan dari yang lain. Kalau sakitnya parah segera diafkir untuk pakan reptil. Ciri-ciri tikus yang sakit biasanya sulit makan, kurus, bulunya berdiri, ada luka, gerakannya tidak gesit.
      Yang penting adalah jg sanitasi kandang, jaga makanannya, agar tikus tidak mudah sakit.

  28. ini saya mau tanya. kalo tikus putih betina dn tikus putih jantan disatukan dlam satu kandang apa cpat kawinnya? soalnya sya mau ternak tikus putih untuk pakan ular saya. terima kasih.

  29. mas saya butuh tikus putih,saya ada di daerah semarang bisa gak ya mas ?

  30. pak saya boleh main kesana….?
    saya tertarik dengan bisnis tikus putih…….
    saya dari blitar, kan disini jarang yang ternak seperti itu……

  31. Pak, kalo tiput yg barusan melahirkan dan lgi menyusui mau dikasi makan gk?
    Kalo ya, ada cara khusus dlam memberikan mkananny?

  32. pak mau tnya cara tahu kalau mencit itu sedang hamil gimana ya ciri2nya ? cara membedakan mencit yg hamil dengan gemuk kebnyakan makan .. thanks

  33. bagaimana dengan alasnya pak?
    alasnya dari tai grajen atau boleh diganti? semisal diganti koran

  34. Pak ciri” mencit hamil gmna ya selain perutnya buncit ?? Thanks

  35. selamat siang pak
    1. mohon informasi peternak tiput yg ada di blitar siapa saja mungkin bapak punya data.
    2. kalau alas dari sekam atau grajen sebelum di pakai di kukus untuk proses sterilisasi bagaimana? kira2 efeknya ke tiput apa?
    3. alas tiput bekas kalau mau di pakai lagi cukup di cuci atau perlu proses sterilisasi?
    terima kasi.

    • Selamat siang.
      1. Kami tidak punya datanya.
      2. Sebaiknya tdk pakai grajen. Biasanya luntur dan tidak sehat untuk tikus. Kami tidak pernah mengkukus atau mensterilisasi alas. Mestinya akan lebih baik. Asalkan tetap harus kering dan tidak basah.
      3. Alas biasanya kami buang dan tidak dipakai lagi.

  36. pak..mau tanya..klw tikus putih sering garuk” berarti tikus itu ada kutunya ya..trus..untuk obatnya tikus menghilangkan dari kutu obatnya apa.??
    trima ksih sblm dn sesudahnya atas pnjelasannya.

  37. keren pak. artikelnya sangat menarik sekali…..

Leave a Reply to Miftah Alfian Rizky Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s