Biji Bioplastik Selulosa Sawit

Biji bioplastik selulosa sawit

Biji bioplastik selulosa sawit

Selangkah demi selangkah penelitian bioplastik dari selulosa sawit terus maju. Meski langkah-langkahnya tidak lebar, kemajuan ini menggebirakan bagi kami. Dengan bantuan teman yang baik hati, saya bisa memcoba untuk membuat biji bioplastik. Uji coba ini menggunakan selulosa yang berhasil saya buat sebelumnya. Tentu saja selulosa ini sudah mengalami modifikasi agar kompatible dan bisa memiliki sifat plastis.Saya belum bisa membuat biji bioplastik sendiri karena memang belum memiliki peralatannya. Harga peralatannya cukup mahal, dana penelitian bisa habis kesedot semua. Kecuali ada donatur yang berbaik hati untuk membantu kami memiliki peralatan ini.

Biji bioplastik selulosa sawit ini masih banyak kekurangannya sana-sini. Propertiesnya masih belum seperti yang kami inginkan. Namun demikian, hasil ini membuktikan bahwa langkah kami sudah di jalan yang benar. Segala kekurangan-kekurangan ini bisa diatasi dengan penelitian, pengembangan dan perbaikan lagi.

Selulosa murni dari tandan kosong kelapa sawit

Selulosa murni dari tandan kosong kelapa sawit

Biji bioplastik ini juga dicoba untuk dibuat kantong. Alhamdulillah juga bisa dibuat kantong meski dibuat agak tebal. Alhamdulillah.

Biji bioplastik selulosa sawit

biji bioplastik sawit

Advertisements

5 responses to “Biji Bioplastik Selulosa Sawit

  1. Terimakasih Pak Isroi..

    saya lagi penelitian selulosa serat rami, kira2 bisa saya konsultasi dengan bapak?

    kebetulan saya sedang berada dibogor minggu depan. salam

    Edi Syafri, MHS s3 Univ Andalas Padang

    Pada 19 Agustus 2016 21.05, Berbagi Tak Pernah Rugi menulis:

    > isroi posted: ” Selangkah demi selangkah penelitian bioplastik dari > selulosa sawit terus maju. Meski langkah-langkahnya tidak lebar, kemajuan > ini menggebirakan bagi kami. Dengan bantuan teman yang baik hati, saya bisa > memcoba untuk membuat biji bioplastik. Uji coba i” >

    • Pak Edi, jika pak Edi tertarik, kantor tempat pak isroi bekerja akan mengadakan pelatihan tentang pembuatan bioplastik yang sekarang sedang digeluti oleh pak Isroi pada tanggal 25-26 Oktober 2016. Apakah Bapak tertarik?

  2. Silahkan datang ke kantor saya.

  3. Terimakasih Pak Isroi untuk semua postingannya
    Postingan Bapak ini sangat membantu penelitian kami dan kami jadi semakin tertarik untuk mendalaminya

    Saya dan teman saya berencana membuat bioplastik dari tkks juga

    Kami bermasalahan pada saat mencetak bioplastiknya pak, karena ternyata hasil bioplastiknya masih terasa dengan jelas serat serat selulosanya.

    Apakah ada caranya Pak agar serat selulosanya menjadi sangat halus seperti bubuk sehingga pada saat pencetakan plastik tidak terlihat seratnya?

    Terimakasih banyak sebelumnya Pak Isroi.

    • Caranya sederhana saja. TKKSnya dihaluskan sehalus-halusnya. Ada banyak metode untuk menghaluskan TKKS, tergantung tujuannya. Proses penghalusan juga bertahap tidak bisa sekaligus. Sebagai contoh Metode fisik yang biasa digunakan: pencacacahan –> ball milling.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s