Tips Memelihara Tikus: Membuat Tempat Minum

posisi02Tempat minum tikus bisa menggunakan tempat minum untuk hamster yang biasa dijual di toko-toko hewan peliharaan (pet shop). Tetapi harganya cukup mahal. Tempat minum tikus bisa dibuat sendiri dengan barang-barang bekas disekitar kita. Mari kita buat tempat minum tikus sendiri.

Bahan-bahan yang diperlukan: botol bekas botol minuman energi, pipa kecil (diameter 5 mm), lem, bor kecil atau paku besar.

tikus mabok

Cara pembuatan:
1.Buat lubang pada tutup botol sebesar diameter pipa yang digunakan.
2.Potong pipa kecil dengan panjang kurang lebih 5 cm atau disesuaikan dengan tinggi kandang agar tikus dapat minum dengan mudah.
3.Masukkan pipa ke dalam lubang tutup botol yang telah dibuat tadi.
4.Lem sambungan antara tutup botol dengan pipa. Jangan sampai sambungan ini bocor.
5.Masukkan air matang ke dalam botol, kurang lebih ¾ dari kapasitas botol.
6.Jungkirkan botol tersebut.

botol minum tikus

Kalau airnya menetes terus berarti ada kebocoran pada botol. Seharusnya air tidak menetes dan hanya menetes jika disentuh oleh tikus.

Selamat mencoba.

Air dalam botol seharusnya tidak menetes ketika botol dijungkirkan. Perhatikan gambar di bawah ini. Air akan keluar ketika mulut pipa disentuh oleh tikus.

botol minum tikus

botol minum tikus

botol minum tikus

63 responses to “Tips Memelihara Tikus: Membuat Tempat Minum

  1. Pingback: Bisnis Tikus Putih « Berbagi Tak Pernah Rugi

  2. saya udah coba buat tempat minum ini, tapi kok ga bisa turun yah airnya,,
    klo dipake buat tempat minum tikus bisa ga,,
    mohon bantuannya,
    klo bisa bales ke email saya,,
    terimakasih banyak mas

  3. nah itu mas,,,
    airnya ga bisa turun klo disentuh jari,,,
    masalahnya apa yah,,?
    oh iya mas jual indukan mice ga?

    • Terlalu kecil diameter pipa yang digunakan. Biasanya kami pakai pipa dengan diamter 0.5cm. Kalau diameter pipa agar besar, sebaiknya diperpanjang dan meletakkannya agak miring botolnya. Kami jual indukan mice, silahkan hubungi Manto
      085643907204

  4. saya mautanya,
    klo untuk menjaga kebersihan kandang dari hama serta penyakit sebaiknya menggunakan produk apa y mas?

    • Kami tidak memakai produk apa-apa. Yang penting bersihkan kandang secara berkala. Jangan sampai kandangnya bau. Ketika membersihkan kandangnya juga dicuci pakai sabun.

  5. kalau selain tempat air minum kita ganti dengan sayuran atau buah2an yg banyak mengandung air boleh tidak mas?

    sebaiknya pembersihan kandang dilakukan seminggu sekali atau sebulan sekali atau sarannya?

    anak tikus sudah bisa di pisah sama induknya pada umur brp?

    terimakasih…

    • Minum bisa saja diganti pakai mentimun atau wortel atau bengkoang. Tetapi jangan terlalu lama di dalam kandang, cukup untuk sehari atau dua hari saja. kalau terlalu lama busuk nanti buahnya.
      Membersihkan kandang tergantung banyaknya tikus di dalam kandang itu. Biasanya kita membersihkan kandang seminggu sekali. Kalau sebulan tikusnya jadi tidak sehat. Kalau alas kandangnya sudah terlihat basah dan muncul bau, itu tandanya alas perlu diganti.

  6. mau tanya mas…, q baru beli hamster panda, kug dikasih serbuk kayu malah di eker2 ya….??

    trus kalo hamster q beli cuma satu buat hamsternya bagus gak ya??

    kayanya kespian gitu…

  7. mas aq punya panda 2, bis nglairin cm 3 ekor tp kok ga bertahan lama ya?
    kandangnya tak kasih alas batu ma sekam…
    kira2 napa ya?
    maksih

  8. maksudnya serbuk kayu mas…
    punya anak 3 mati semua…
    hiks2

    • Jangan dikasih serbuk kayu, kalau tikus kami dikasih serbuk kayu jadi seperti penyakitan. Mendingan diberi sekam padi yang dikeringkan atau kasih kerikil zeolit.

  9. pak, itu botol minumnya pipanya ga usah dikasi gotri (bola besi kecil) ?
    kok bisa ya airnya ga tumpah ….

    oh ya kalo pipa 5mm itu beli di toko besi ada ?

    • air tidak tumpah karena ada tegangan permukaan yang lebih besar dari massa air. Ada di pelajaran fisika sma kalau tidak salah.
      Pipa 5 mm agak sulit beli di toko besi, cari toko besi yang lengkap menjual pipa-pipa dengan berbagai macam ukuran.
      atau bisa pakai pipa bekas antena televisi.

  10. Irawan adhy kara

    Saat ini saya baru mengawali ternak mencit di rumah Lawang-Malang namun agak beda dgn yg ada di blog ini, sya memakai kandang dari kalsiboards yg disekat-sekat karena lebih mudah membersihkannya. Saya sangat terbantu dgn blog ini banyak info yg saya dapat, trims mas isroi

  11. pak manto.saya ihsan…
    juga pernah membuat tempat minum yang seperti bapak buat,,,
    kalo boleh saran,pengontrolan minum dg menggunakan tmpat minum seperti itu harus agak ketat, terkadang diseruduk mencit atau tikus,sehingga airnya bisa tumpah dan kandang jadi basah…
    kadang juga sewaktu tikus tidur,punggung tikus menyentuh ujung dari pipa, airnya pun mengalir dan mencit/ tikus jadi basah… mencit yang kedinginan/ basah tsb jadi lemas, dan rentan mati…terkadang dimakan kawannya sekandang,,,,karna sifat mencit/ tikus kanibal.
    kadang2 airnya jg tdk mau turun2…karna tekanan didalam botol lbih bsar sehingga menahan tegangan permukaan air yang masih berada ditengah pipa….
    saran saya, bisa dibantu dg memasukkan bola2 yang tdk berkarat kedalam pipa tsb, dibuat mimis diujung pipanya,sehingga bola2 tertahan pada ujung pipa,tetapi tidak jatuh,,,,,
    dipermukaan bola tsb air akan menggumpal, tidak jatuh, tetapi ada airnya….
    dan akan turun bila ada sentuhan dari bawah…
    bola akan naik, air akan turun….

    saya mahasiswa farmasi asal RIAU trimakasih…

    • Terima kasih sarannya. Selama ini kita menggunakan cara yang sama seperti itu dan jarang mengalami masalah seperti yang disebutkan. Bahkan kami membuat dengan cara yang lebih sederhana lagi, hanya tutup botol dibuat lubang saja, tanpa ada penambahan pipa atau bola-bola kecil. Yang perlu diatur adalah besarnya lubang itu saja. Selanjutnya tinggal pakai dan tidak ada masalah. Sudah bertahun-tahun kami menggunakan cara ini.
      Tempat minum dibuat agak tinggi, sehingga tidak sering kesenggol-senggol tikusnya.

  12. pak, kalo yang mendominasi anakan jadi bagus betinanya atau jantannya??? trus makanan yang sehat untuk tikus itu apa??

  13. mas aku ini nubie baru akan memulai usaha ini…
    tolong bantuannya klo ada lietratur tentang kandang dan sebagainya….
    tolong d balas d email saya…

  14. kalau mau jual hamster kemana ya?harga nya brpa?

  15. makasih banyak mas atas adanya blog ini,saya jadi tambah ilmu dan akan memulai usaha ini.tapi dimana saya bisa beli bibitnya.

  16. mas saya sudah coba bisnis tikus putih dan sekarang sudah berhasil mempunyai banyak tikus, tapi saya bingung soal pemasaran, mas bisa bantu ga soal pemasaran?mhon bantuanya

  17. Terimakasih dengan adanya Blog ini saya jadi punya niat untuk usaha Tikus Putih. Saya akan mencobanya. Kalau boleh tau domisili Mas Isroi di mana ya?

  18. itu penjualan nya kemana aja yaa.?
    tq solusi nya..

  19. nanya kalo pipa nya pake pipa apa pvc/ pipa galvanis

  20. maaf bisa di bantu contoh pipanya? bisa di beli di mana pipanya?

    • Pipanya sederhana saja, seperti yang ada di foto itu. Pipa bisa beli di toko material yang jual pipa alumunium diameter kecil. Atau bisa pakai pipa bekas antena.

  21. pipanya beli dmana?

  22. pas di coba pake tangan netes kira2 20 tetasan.Pas yg ke 21 itu tiba2 kok macet ya?

  23. maap sblmnya saya mau nannya, kalo betina udah bunting bagusnya dipisah sama pejantannya atau dibiarin aja sampe ngelahirin ? ? ? ? ?

  24. kalo di ganti ma botol minuman plastik bisa gk mas???

  25. kalau ngk ada pipa pake yang lain bisa gak mas

  26. kalo pake tutup botol mau minum sendiri gak boss

  27. mas q bru mlai ternak nih sebaiknya setelah indukan melahirkan rentan berapa lama untk bs dikawainkan lagi

  28. punya indukan tiput gak mas?kl ada berapa harganya ?

  29. klau pakai selang minum x g ap2?

  30. H. Bambang Poernomo S.

    Pengalaman saa memelihara tikus dan mencit dapat menggunakan pipa alumunium atau pipa kaca. Beli pipa kaca dengan diameter 0,5 cm di toko penjual alat laboratorium atau bahan kimia. Sebaiknya jangan gunakan pipa plastik karena digigiti oleh tikus. Botol juga dari gelas atau logam. Botol dari plastik cenderung suka digigit. Namun botol yang terletak di luar kandang dapat terbuat dari apa saja asal terlindung dari gigitan tikus peliharaan atau tikus liar.
    Sebaiknya air sering diganti dan botol dicuci untuk menjaga kebersihan. Air matang memang baik, tetapi tidak harus. Yang penting air harus bersih. Karet antara tutup botol dan botol dapat ditambahkan untuk menghindari kebocoran. Dapat digunakan karet bekas, tidak harus baru. Yang penting tutup yang erat agar tidak bocor.
    Masih banyak tips yang lain, tapi sementara sekian dahulu.

  31. bahayakah memelihara tikus putih di rumah??
    thanks

  32. Maaf, saya baru buat kandang untuk tikus putih tapi terbuat dari triplex. Apakah tidak apa2 untuk tikusnya atau ada bakteri, mohon pencerahannya..

  33. Om ini daerah mana jualnya?

  34. Untuk tempat pakan nya sebaiknya model gimana biar tidak tumpah

  35. Lemx pakai lem apa ya?

  36. klo pipa ganti sedotan plastic bias g bang?

Leave a Reply to karunia allah Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s