Tips Android: Beberapa Fitur Keamanan di Android

SAMSUNG Galaxy Note 3 Neo [N750] - White

Beli Smartphone Android Samsung Baru di Bhineka.com

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang fitur untuk menemukan lokasi, mengunci, dan menghapus gadget Android dari jarak jauh jika gadget hilang, ada beberapa fitur di Android untuk meningkatkan keamanan gadget Anda. Fitur-fitur ini penting, apalagi kita hidup di Indonesia yang banyak ‘tangan-tangan terampil’ dan ‘tidak bertanggung jawab’. Pengamanan ini juga diperlukan untuk melindungi gadget Anda agar tidak digunakan oleh orang lain tanpa seijin Anda.

Silahkan masuk ke menu “Pengaturan” atau “Setting” -> “Lainnya” -> ” Pengaman”. Di dalam menu ini ada beberapa pilihan untuk meningkatkan keamanan gadget Android Anda.

1. Kunci Layar

Jika tidak dipakai selama beberapa waktu, maka gadget android akan menutup. Android memberikan beberapa pilihan cara untuk membuka layar:
a. Usap
Hanya perlu mengusap layar untuk membuka kunci layar. Tingkat keamanannya rendah. Pilihan ini sangat tidak disarankan.

b. Face Unlock
Pengenalan wajah untuk membuka kunci layar. Keamananya rendah dan mungkin saja bisa salah.

c. Wajah dan suara
Menggunakan kombinasi pengenalan wajah dan suara. Namun tingkat keamanannya masih rendah.

d. Pola
Menggunakan pola tertentu untuk membuka kunci layar. Pilihan ini banyak dipakai oleh beberapa pengguna Android. Tingkat keamanannya sedang.

e. PIN
Menggunakan kombinasi 4 angka untuk membuka kunci layar. Tingkat keamanannya sedang hingga tinggi.

f. Kata Sandi
Tingkat keamanannya paling tinggi. Semakin rumit kata sandinya semakin sulit untuk dijebol.

Dengan memanfaatkan kunci layar ini, setidaknya gadget Anda tidak mudah untuk dipakai oleh orang tanpa seijin Anda. Jika gadget Anda dicuri, minimal pencuri perlu waktu cukup lama untuk mencari kunci pembuka layarnya.

2. Enkripsi Perangkat

Menu ini digunakan untuk mengekripsi perangkat gadget Anda. Setiap kali gadget Anda mati dan dihidupkan lagi, perlu kata sandi untuk mendekripsi. Jika password salah, maka gadget Anda tidak bisa dipakai. Cara ini memang sedikit memerlukan waktu setiap kali Anda menghidupkan kembali gadget Anda. Namun, jika gadget Anda berisi data-data penting yang tidak ternilai harganya, sebaiknya Anda mengaktifkan fitur ini. Untuk mengenkripsi perangat diperlukan waktu cukup lama, kurang lebih 1 jam. Karena itu pastikan baterai HP Anda cukup, minimal 80% terisi.
Siapkan juga kata sandi atau pin untuk mendekripsi. Kata sandi setidaknya berisi 6 karakter dan minimal berisi satu angka.

3. Enkripsi Kartu SD eksternal

Prinsipnya sama seperti fitur sebelumnya, namun fitur ini untuk kartu SD eksternal. Sebagian besar data, gambar, foto, rekaman, dan file disimpan di dalam kartu SD. Cukup penting untuk melindungi kartu SD Anda dengan enkripsi. Dengan enkripsi ini perlu kata sandi untuk mendekripsi semua file yang tersimpan di dalam kartu SD.

Kata sandi minimal 6 karakter dan minimal berisi satu angka.

4. Kendali Jarak Jauh

Fitur ini harus dihidupkan jika Anda ingin mengaktifkan fasilitas menemukan gadget Anda melalui Android.com/devicemanager. Silahkan baca: Menemukan lokasi, mengunci, dan menghapus gadget Android Anda yang hilang.

5. Isyarat Ganti SIM

Andaikan gadget Android Anda hilang dan pencurinya menganti kartu SIM, maka Anda bisa meminta Android untuk mengirimkan notifikasi/pemberitahuan bahwa gadget Anda telah diganti kartu SIMnya. Anda bisa menambahkan beberapa nomor untuk notifikasi.

6. Buka halaman Web Temukan Seluler

Menu ini akan menuju ke halaman http://android.com/devicemanager.

7. Atur Kunci Kartu SIM

Kartu SIM juga bisa diberi pin untuk pengamanan. Setiap kali kartu ini dipakai memerlukan pin untuk membukanya. Kesalahan memasukkan pin hanya boleh 3 x, setelah itu kartu Anda akan diblokir dan tidak bisa dipakai lagi. Untuk membuka blokir Anda perlu pergi ke provider kartu SIM Anda. FItur yang bermanfaat, tetapi perlu berhati-hati jika tidak ingin repot sendiri nantinya.

Advertisements

3 responses to “Tips Android: Beberapa Fitur Keamanan di Android

  1. yang enkripsi hp itu penting sih, tapi kalo kitanya lupa, bubar dong gabisa dipake lg hapenya

  2. Tlng infonya dong..
    Gmn cara mnghentikan sms isyarat ganti kartu..
    Tiap HP d aktifkn slalu ada sms itu k bbrp nmr jdx pls hbs sia2..
    Thx

  3. Saya mengaktifkan enkripsi berhasil, terus saya menonaktifkan ny, tapi msu buks galeri dan bberapa file unduhan tidak bisa di buka. Peringatannya sd card eror, bagaimana cara mengatasinya? Tolong di bantu ya bos soalnya ada data yang penting.. thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s