Bercocok Tanam di Teras Rumah

hormon tanaman giberelin auksin sitokininSalah satu kesukaanku ketika masih kecil dulu adalah jalan-jalan di sepanjang kali bening belakang rumah atau pematang sawah. Saya berjalan menyusuri pinggiran kali sambil mencari-cari bibit tanaman. Temen kecilku yang sering menemaniku adalah Sigit. Sigit sedikit lebih muda dari aku, tapi kami sama2 seneng tanaman.

Biasanya di pingir2 kali banyak tumbuh bibit tomat, cabe, jambu, jeruk, beringin, atau salak. Beberapa di antaranya bahkan sampai tumbuh besar dan berbuah. Saya ambil dan kumpulkan bibit2 mungil itu dengan bungkus daun pisang atau daun lumbu yang lebar. Lalu saya bawa pulang dan di tanam di belakang rumah.

Saya suka mengamati pertumbuhan tanaman itu. Bagi saya tanaman kecil bisa jadi besar dan berbuah adalah sesuatu yang menakjubkan. Asik mengamati tanaman tumbuh. Saya sampai hafal bagaimana bau tanaman tomat dan cabe.

Rumah saya tidak punya halaman. Hanya sisa tanah di pinggir2 rumah yang biasanya saya taruh pot kecil atau polibag dari plastik. Meskipun begitu, saya menikmati aktivitas ini.

Kini setelah saya beranjak tua, pingin saya mengulangi aktivitas masa2 kecil dulu. Saya ajak anak2, namun hanga Royan dan Yusuf yang suka main tanah dan mengamati tanaman. Kali punya proyek kecil untuk menanam sayuran di teras rumah kami.

Saya beli benih beberapa tanaman: cabe, terong unggu, terong lalap, tomat dan kacang panjang. Saya bawa kompos daun2nan yang dibuat di kantor dan sekantong tanah di pinggir sawah.

Tanah kami ayak. Terus dicampur dengan kompos 1:1. Lalu dimasukka ke polybag. Benih2 tanaman langsung kami semai di polybag itu. Kami tidak membuat semaian khusus karena cuma menanam beberapa polybag saja.

Rencananya kami mau menanam sayur organik tanpa pupuk dan obat2 kimia. Cuma pakai kompos, biang POC, dan kalau ada OPT pakai pestisida nabati. Semoga bisa panen nanti.

Advertisements

2 responses to “Bercocok Tanam di Teras Rumah

  1. pakai pot atau di bak beton mas ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s