Tanaman Obat: Mengobati Demam/Panas Tinggi

image


Artikel lain tentang tanaman obat: Tanaman Obat


Deman atau suhu badan yang naik tinggi adalah penyakit yang umum pada anak-anak, terutama yang masih balita. Anak-anak bisa menderita deman lebih dari sebulan sekali. Orang jawa punya cara tradisional untuk menurunkan panas atau demam pada anak-anak, yaitu dengan dikompres daun dadap srep ( Erythine lithosperma) dan dibaluri dengan parutan bawang merah.

Jaman dulu orang kampung tidak mengenal parasetamol atau obat penurun panas. Apalagi orang miskin seperti keluarga saya. Boro-boro beli obat, buat makan saja susah. Untungnya orang jawa dulu punya kearifan lokal untuk menurunkan demam atau suhu badan yang tinggi. Yaitu dengan menggunakan daun dadap srep (Erythine lithosperma).

Sebelum dikompress anak dibaluri dulu dengan parutan bawang merah. Caranya, pertama ambil beberapa butir bawang merah. Kupas kulit keringnya kemudian diparut. Letakkan parutan bawang merah di mangkok. Tuangkan sedikit minyak kayu putih (Cacuput oil). Balurkan parutan bawang merah ini ke seluruh tubuh anak yang sedang demam.

Mbok Dhe saya, Mbok Dhe Karto, yang jadi dukun bayi biasanya mengerik anak yang demam dengan potongan bawang merah. Kalau ada anak yang sakit dan dibawa ke tempatnya Mbok Dhe Karto anak itu dikerokki dulu dengan bawang merah baru kemudian dipijit. Bawang merah memberi rasa hangat. Anak yang sedang demam biasanya merasa kedinginan, jika diberi bawang merah dia akan merasa hangat.

Daun dadap srep (Erythine lithosperma) biasanya ditemui di kebun atau di lereng-lereng hutan. Daunnya berbentuk hati dan lebar. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Daun dadap di gulung tipis2 sampai lemas. Daun yang sudah lemas ini diletakkan di dahi anak yang sedang demam. Jika daun dadap kering, segera ganti dengan daun yang baru. Biasanya suhu badan anak perlahan-lahan akan menurun.

Paduan bawang merah dan kompres daun dadap srep bisa menjadi penolong ketika anak terkena demam. Jika demam/panas tidak turun lebih dari sehari baru kemudian di bawa ke dokter.


Artikel lain tentang tanaman obat: Tanaman Obat


Advertisements

One response to “Tanaman Obat: Mengobati Demam/Panas Tinggi

  1. Pingback: Tanaman Obat : Mengobati demam atau panas tinggi | Maria sunarto's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s