Dadap Srep: Obat Penurun Panas Warisan Leluhur

dadap srep

Aku dan temenku - Masirol, di dekat pohon dadap srep

Kalau ada anak panas biasanya langsung diberi obat penurun panas, Parasetamol. Obat yang paling umum dan mudah di dapatkan saat ini. Rasanya Parasetamol adalah obat-obatan PPPK wajib yang selalu ada, terutama kalau punya anak kecil. Itu jaman sekarang.

Jaman dulu, waktu saya masih balita, orang tua ngak kenal yang namanya Parasetamol. Apalagi di desa, sulit sekali mendapatkan obat-obatan kimia. Tapi, yang namanya anak sakit panas, hampir selalu ada. Orang-orang desa jaman dulu, termasuk orang tua saya, biasa mengobati anak-anaknya yang sakit panas dengan tanaman-tanaman yang ada di sekitar pekarangan rumah. Obat-obatan dari alam. Tanaman yang majur untuk obat penurun panas adalah daun DADAP SREP (begitu orang kampung saya menamakannya).

dadap srep
Daun Dadap srep

Kalau saya sakit panas, Emak segera mengambil daun dadap srep. Lalu dengan ‘wedak adem’ (bedak dingin) – seperti kapur yang rasanya dingin, daun dadap srep itu digunakan untuk kompres. Pertama, wedak adem diencerkan dengan sedikit air. Kemudian daun dadap dibasahi dengan wedak adem itu. Daun dadan selanjutnya dilinting dan digulung-gulung sampai lembek dan lunak. Daun yang sudah lunak itu ditempelkan ke kepala untuk kompres. Kalau daunnya mengering, segera diganti dengan daun yang baru. Begitu sampai panasnya turun.

dadap srep
Daun Dadap srep

dadap srep
Daun Dadap srep dilinting

dadap srep
Daun Dadap srep digulung-gulung

dadap srep
Daun Dadap srep siap dibuat kompres

Kalau panasnya masih membandel, kadang-kadang Emak membelikan segelas ‘madu mawar’. Madu mawar seperti madu biasa, tetapi madunya dari bunga mawar, jadi rasanya bau mawar. Belinya juga bukan sebotol madu murni, tetapi segelas ari minum yang diberi sesendok madu. Madu mawar ini diminumkan.

Biasanya setelah itu panas akan segera turun dan anak yang sakit mulai sembuh. Kalau dia mau makan banyak, penyakitnya segera pergi. Besoknya sudah lari-lari lagi ke sawah.

Advertisements

5 responses to “Dadap Srep: Obat Penurun Panas Warisan Leluhur

  1. wah… kreatif banget, tahu dari mana

  2. Apik tenan obatnya orang dulu…. dari pada obat sekarang serba kimia

  3. Pingback: Tanaman Obat: Mengobati Demam/Panas Tinggi | Berbagi Tak Pernah Rugi

  4. Pingback: Tanaman Obat : Mengobati demam atau panas tinggi | Maria sunarto's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s