Batu Akik Brajad Api – YouTube


Masih tentang perbatuan, oleh-oleh dari mudik tahun 2015 (1436H) ini.


Pulang mudik ke kampung halaman. Saya agak telat mudik ke Magelang, kampung kelahiran saya sendiri. Sampai di rumah, ternyata saudara saya dan teman-temannya juga penghobi batu, bahkan dia merubah mesin parut istrinya menjadi mesin gosok batu. Karena juga punya ‘profesi sampingan’ jadi tukang gosok batu akik, ada banyak koleksi batu sisa-sisa dari orang yang mengosok batu. Saya ‘barter’ dengan batu-batu akik yang saya miliki. Salah satu batu hasil barter tersebut adalah batu Brajad Api.

Batu akik Brajad api yang saya terima kondisinya kurang bagus, belum digosok licin dan masih belum sempurna bentuknya. Tidak mengapa, batu basi bisa digosok lagi sampia licin.

batu gemstone akik brajad api

Batu Brajad Api, kalau disinari baik dari depan atau belakang akan membiasakan cahaya yang berwarna kuning kemerahan seperti lindah api.


Batu ini unik, karena saya balum memilikinya. Ada teman saya yang memamerkan batu ini ke saya ketika bulan puasa kemarin. Dia mendapatkannya dari Kalimantan.

Batu ini berwarna putih susu jernih dan tembus. Di dalamnya ada gelembung-gelembung kecil, mirip batu ‘ruang angkasanya’ si Abim. Uniknya, kalau kena sinar batu ini akan membiaskan warna kuning kemerahan seperti lidah api. Karena itu batu ini diberi naman Brajad Api.

Alhamdulillah, nambah satu lagi koleksi batu yang saya peroleh dengan cara ‘barter’. Kapan-kapan kalau ada rizqi pingin menganti ’embannya’ dengan ’emban’ yang lebi cocok untuk batu ini.

batu gemstone akik brajad api

Batu Brajad Api, kalau disinari baik dari depan atau belakang akan membiasakan cahaya yang berwarna kuning kemerahan seperti lindah api.Batu Brajad Api, kalau disinari baik dari depan atau belakang akan membiasakan cahaya yang berwarna kuning kemerahan seperti lindah api.

Advertisements

One response to “Batu Akik Brajad Api – YouTube

  1. Pingback: Lambrador Papua | Berbagi Tak Pernah Rugi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s