Pengolahan Jerami untuk Biopulping dan Bioethanol

Sebelum dilakukan pengolahan lebih lanjut jerami perlu dilakukan perlakuan pendahuluan.  Perlakuan pendahuluan ini antara lain adalah pengeringan dan pencacahan.  Pengeringan bertujuan untuk mengurangi kadar air jerami sehingga jerami dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama.  Pencacahan bertujuan untuk memperkecil ukuran jerami sehingga lebih mudah dilakukan pengolahan.

jerami

Foto jerami kering

jerami cacah

Foto jerami yang telah dicacah

Jerami sebaiknya langsung dicacah setelah dipanen.  Jerami basah lebih mudah dikeringkan daripada jerami kering.  Pencacahan dapat menggunakan mesin pencacah.  Karena bentuknya yang berserabut, mesin cacah didesain sedemikian rupa agar jerami dapat tercacah dengan baik dan tidak melilit pada bagian pisau-nya. Kami sedang mendesain mesin pencacah yang digunakan khusus untuk pembuatan pulp.

Pengeringan jerami dapat dilakukan dengan pejemuran di bawah sinar matahari.  Jika sinar matahari sedang terik, satu hari sudah cukup untuk mengeringkan jerami.  Tetapi jika hari mendung, seperti saat-saat sekarang ini pengeringan bisa dilakukan berhari-hari.

Jerami basah dalam waktu satu atau dua hari sudah langsung terkomposkan.  Suhu akan meningkat dengan cepat dan biasanya akan muncul bau yang tidak sedap.  Tetapi jika jerami dikeringkan dapat bertahan beberapa bulan.  Asalkan dijaga tetap kering.


DOWNLOAD BIOETHANOL

Silahkan didownload resources yang mungkin Anda perlukan juga:

Daftar bahan lain yang bisa didownload: Download Di Sini
Cara mendownload: Klik dua kali pada link yang akan didownload. Kemudian ikuti perintah selanjutnya. Kalau ada iklan yang muncul, klik aja iklannya atau langsung ke SKIP ADD yang ada di pojok kanan atas.

Advertisements

4 responses to “Pengolahan Jerami untuk Biopulping dan Bioethanol

  1. terima kasih atas informasi artikelnya, tapi saya boleh tau lebih jelas tentang bioethanol dari jerami?saya ingin sekali mengembangkanya bwt tugas akhir. makasih

  2. Minal aidin wal faidzin Mas Isroi,Mas saya pengen tau berapa harga mesin buat mencacah jerami? terimakasih

  3. assalamualaikum..pak isroi mau minta 10 artikel tentang biopulping..tidak sedikit kok pak..hehe..
    jazakalloh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s