Pabrik Pengeringan dan Penghalusan Kompos TKKS


Tahap lanjutan dari pembuatan kompos TKKS adalah mengeringkan dan menghaluskan kompos. Ujicoba pembuatan pabrik pengolahan kompos ini telah dilakukan di salah satu pabrik di Sumatera Selatan. Pada tahap awal ini kadar air kompos dapat diturunkan sebesar 30% dari kadar air awal. Kompos yang sudah kering langsung dicacah agar halus ukurannya.


Link terkait: Pengomposan TKKS


Pak Asep Badri

asep badriOrang yang ada dibalik pembuatan pabrik kompos ini adalah Pak Asep Badri. Pak Asep asli orang Bogor dan punya banyak pengalaman di permesinan. Sebenarnya Pak Asep sekolah di SPMA Bogor, namun disamping keahliannya di pertanian Pak Asep juga belajar tentang mesin. Karena keahliannya ini Pak Asep diajak oleh Dr. Siswanto untuk membantu membangun pabrik Kompos. Sebelumnya Pak Asep sudah membantu Pak Siswanto membuat prototipe mesin pencacah kompos. Prototipe ini dapat berfungsi dengan baik. .

Pak Asep orangnya sedikit hitam kelam, perutnya buncit, rambut bergelombang sedikit keriting, dan orangnya lucu. Pak Asep suka ketawa dan melucu. Yang paling saya suka dari Pak Asep adalah kreativitasnya. Pak Asep bisa menerjemahkan keinginan orang dan mewujudkannya dengan cukup baik. Misalnya saja prototipe mesin cacah untuk Pak Sis. Contoh yang lain, Pak Asep pernah membuatkan ‘otomatic sprayer’ untuk Pak Agus Purwantara dan Pak Tri Panji. Konsep awal mesin ‘otomatic sprayer’ dari pak Tri Panji. Konsep awal ini sedikit rumit dan kurang realistis. Dengan pengalaman dan kreativitas pak Asep, konsep mesin ‘otomatic sprayer’ ini dirubah menjadi lebih sederhana namun lebih akurat. Akhirnya prototipe mesin ‘otomatic sprayer’ ini jadi dan sistem berjalan dengan baik. Meskipun mesin ini masih banyak kelemahannya, ide dan kreativitas pak Asep dalam menerjemahkan ide menjadi sebuah mesin patut diacungi jempol.

Pabrik Pengolahan Kompos

Pabrik pengolahan kompos yang dibangun oleh Pak Asep pada dasarnya terdiri dari tiga bagian, yaitu: mesin pengering, mesin pencacah, dan pengemasan. Mesin pengering menggunakan system rotary dryer. Dimensi rotary driyer ini sangat besar: panjang 18 m, diamter 1,7 m. Anak kecil usia 10 tahun dapat masuk di tabung ini tanpa harus merangkak atau membungkuk. Di salah satu ujung terdapat silo untuk menampung kompos yang akan dicacah. Kompos ini dimasukkan secara perlahan-lahan ke dalam rotary dryer. Bagian dalam rotary dryer dibuat sirip-sirip berbentuk spiral. Sirip-sirip ini berfungsi seperti screw untuk mendorong kompos ke sisi yang lain. Tabung berputar dengan kecepatan 3,5 rpm. Dengan kecepatan ini kompos menempuh jarak tabung dalam waktu kurang lebih 14 menit. Sumber panas untuk pengering digunakan pemanas dengan bahan bakar solar lokal – solar dari penambang lokal.

Setelah keluar dari tabung pengering, kompos selanjutnya dibawa ke mesin pencacah dengan bantuan screw. Kompos yang sudah cukup kering ini dicacah dengan mesin yang berputar dengan kecepatan 1800 rpm. Sangat cepat sekali. Mesin pengerakknya saja sangat besar. Waktu saya ada disamping mesin ini, bumi rasanya bergetar kuat. Dan brisiknya minta ampun. Di dalam mesin cacah inilah kompos dipotong-potong dan dihancurkan menjadi ukuran yang lebih halus.

mesin pengering
Mesin Pengering Kompos

Keluar dari mesin pencacah kompos akan ditampung lagi di dalam screw ke mesin pengemas. Kompos halus akan tertampung di dalam kantong bagian bawah. Kompos yang lebih kasar akan tertampung di kantong ke dua. Demikian seterusnya. Kompos yang paling kasar akan keluar di ujung mesin pengemas. Kadar air kompos yang telah halus ini kurang lebih 24%.

mesin cacah
Mesin Cacah kapasitas 2 ton per jam.

Meskinpun mesin pengolah kompos ini sudah dapat berjalan dengan baik, namun masih perlu beberapa penyempurnaan. Ke depan mesin pengemas ini diharapkan dapat mengolah kompos kurang lebih 100 ton kompos per hari. Kompos ini tidak hanya sekedar dikeringkan dan dicacah, namun juga bisa diolah menjadi pupuk organik granul yang diperkaya dengan pupuk anorganik atau bahan pengaya kompos lainnya.

mesin pengemasan
Mesin Pengemasan.

isroi


Download buku yang lebih lengkap silahkan klik di sini: Daftar Buku Gratis.

Untuk sementara link-link di bawah ini tidak berfungsi, silahkan gunakan link yang ada di atas.

DOWNLOAD PUPUK ORGANIK

Silahkan didownload resources yang mungkin Anda perlukan juga:

  1. Buku Petunjuk Pupuk Organik Granul
  2. Buku Petunjuk Teknis Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT): Padi Sawah Irigasi
  3. Petunjuk Teknis Uji Mutu Pupuk Organik
  4. Standard Mutu Pupuk Organik
  5. Kompos
  6. SNI Dolomit
  7. Kompos Limbah Kakao
  8. Petunjuk Lapang PTT Padi
  9. Budidaya Padi Sehat
  10. Brosur Budidaya Padi Sehat
  11. Brosur Kompos Jerami
  12. Pengelolaan Lahan untuk Budiaya Sayur Organik
  13. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati
  14. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  15. Analisis Biologi Tanah
  16. Juknis Mutu Pupuk Organik
  17. Menuju Pertanian Lahan Kering Lestari
  18. Pembuatan Kompos-Balittanah
  19. Pemupukan Berimbang
  20. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  21. Petunjuk Pengambilan Sampel Tanah untuk Analisis Biologi Tanah
  22. Compost Quality TestGermination Index Method
  23. Compost and Soil Conditioner Quality Standards 2005

Daftar bahan lain yang bisa didownload: Download Di Sini
Cara mendownload: Klik dua kali pada link yang akan didownload. Kemudian ikuti perintah selanjutnya. Kalau ada iklan yang muncul, klik aja iklannya atau langsung ke SKIP ADD yang ada di pojok kanan atas.

Advertisements

8 responses to “Pabrik Pengeringan dan Penghalusan Kompos TKKS

  1. mau tanya, berapa modal peralatan tersebut?

    Trims
    Budi

  2. Berapa dana yg dibutuhkan untuk bangun pabrik ini dgn kapasitas 1 ton/jam?

  3. Saya mau tanya. Dimana lokasi pabrik itu di Sumsel? Saya mau study banding ke sana. Trima kasih.

  4. Berapa modal dan total cost produksi yang dibutuhkan untuk ini ? jenis limbah apa yang biasa di pakai ?

    Apa saja kendala yang saat ini masih terjadi dengan pabrik tersebut ?

  5. Pak Isroi saya mau tanya berapa investasi yang dibutuhkan untuk pengering dan pengemas kompos dengan kapasitas 10 ton kompos/jam, termasuk biaya bangunannya….terimaksih

  6. Pingback: Beberapa Mesin untuk Membuat Tepung Bahan Organik « isroi

  7. Pingback: links for 2010-03-23 « Berbagi Tak Pernah Rugi

  8. Saya ingin mendirikan pabrik kompos dengan kapsitas 2 ton /jam, berapa biaya investasi pabrik, terima kasih sebelumnya atas bantuannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s