Tips Memelihara Tikus: Alas Kandang Tikus

tikus mabok
Kandang untuk tikus/mencit, baik untuk tikus peliharaan ataupun untuk ternak, harus menggunakan alas. Alas ini sangat penting untuk tikus. Tikus yang kandangnya tidak diberi alas menunjukkan pertumbuhan yang kurang sehat dan terlihat seperti basah/lembab bulunya.

Tikus jidat putih
Alas kandang tikus menggunakan sekam padi.


Informasi tikus hubungi: Manto 085643907204


Tikus Jaya




Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk alas kandang tikus. Berikut ini bahan-bahan yang bisa digunakan disertai dengan kelebihan dan kekurangannya:

  1. Zeolit aktif: ukuran butiran 2-3 mm, sepert kerikil-kerikil halus. Zeolit aktif bisa menyerap bau dan air, sehingga kandang relatif bersih dan tidak bau. Kelebihan lain dari zeolit aktif adalah bisa dicuci jika sudah kotor dan digunakan kembali setelah diaktivasi lagi. Tikus terlihat lebih sehat. Kelemahannya adalah harganya yang relatif mahal. Untuk tikus-tikus yang harganya mahal, unik, dan eksotik, sebaiknya menggunakan zeolit aktif sebagai alasnya. Namun demikian, jika tikus ini berpasangan atau lebih dari satu, sebaiknya ditambahkan juga serabut kelapa/seresah yang bisa berfungsi untuk sarang tikus.
  2. Sekam kering: sekam sebaiknya dikeringkan sampai kering sebelum digunakan untuk alas. Sekam relatif murah dan muda diperoleh. Namun, sekam tidak bisa menyerap bau dan sedikit menyerap air. Sehingga secara berkala sekam ini harus diganti, terutama jika sudah menunjukkan tanda-tanda kotor, lembab, dan tikus sering mengaruk-garuk tubuhnya.
  3. Tahi gergaji/sisa gergajian: sebaiknya gunakan sisa-sisa gergaji yang halus, bukan yang besar-besar dan kasar. Sisa gergajian juga dikeringkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Sama seperti sekam, gergajian murah dan mudah diperoleh. Gergajian juga bisa menyerap air lebih banyak daripada sekam. Namun, gergajian lebih mudah lembab. Jika sudah kotor, gergajian harus diganti dengan yang baru.
  4. Sobekan kertas: sobekan kertas juga bisa digunakan sebagai alas kandang tikus. Kelebihannya adalah harganya murah dan mudah diperoleh. Namun, kertas sangat mudah kotor dan menyerap air.

tikus coklat jidat putih
Alas tikus menggunakan zeolit aktif yang bisa menyerap bau dan air.


Informasi tikus hubungi: Manto 085643907204


Advertisements

28 responses to “Tips Memelihara Tikus: Alas Kandang Tikus

  1. Pingback: Bisnis Tikus Putih « Berbagi Tak Pernah Rugi

  2. wah..kayaknya tertarik juga tuk budidaya tikus…
    dimana saya bisa dapat indukkan/ bibit yg baik??
    tuk tikus penelitian bagaimana mendapatkan sertifikat dan menentukan galurnya????
    sementara itu dulu..
    tuk infonya ..thanks…

    • Langsung aja kontak Manto 085643907204, kami menyediakan indukan yang berkualitas baik.
      Menentukan galur yang melakukan teknisi laboratorium. Biasanya dengan uji morfologi dan imunologi. Cara detailnya bisa ditanyakan ke laboratorium ujinya. Yang mengeluarkan sertifikat ya laboratorium uji atau orang yang melakukan uji identifikasi kemurnian galur.

  3. kalau dikota tikus2 harus diusir supaya tidak mengganggu rumah,tanaman harus dimusnakan, Lo la tempat mas Manto malah dipelihara, gemuk2 ,dikandangin lagi.
    Inilah kenyataan dikota tikus diburu / dimusnakan

  4. bagaimna mnentukan tikus yg sudah siap kawin?
    Dan btuh brp mnggu mncit itu siap jd indukan?

    • Pilih tikus untuk indukan dari kelompok anakan tikus umur 20 hari s/d sebulan. Tikus yang baik untuk indukan adalah tikus yang sehat, tidak ada tanda-tanda cacat. Gerakannya aktif dan linca. Bulunya bersih dan tabal. Masukkan dalam satu kandang dengan perbandingan 1 jantan dengan 2-4 betina. Jantan dan betina sebaiknya dari indukan yang berbeda.

  5. wah kayaknya boleh jg ni………

  6. kalo tempat air minum tikus, boleh di mangkuk ga? kaya kucing lah….
    jadi tikus ga perlu naik2

  7. anis nurlaili

    saya baru mulai memelihara tikus, tapi saya bingung membedakan tikus jantan dan betina.
    tolong informasinya, makasih.

  8. berapa lama masa kehamilan induk tikus sampe melahirkan ..? dan harga induk tikus putih haragnya brapa, dan anak tikus yang usia 3 minggu berapa?

  9. lam kenal.. mas jika telinga tikusnya berkudis, bagaimana mengatasinya ya?

    • mungkin kandangnya terlalu dingin. biasanya memang kalau dingin telinganya sering kudisan. Saya tidak tahu obatnya, tetapi bisa pakai obat kudis untuk kambing, babi, atau yang lainnya. Coba tanya ke toko pakan ternak.

  10. kalau mau diternakin kan satu kandang dengan perbandingan 1 jantan dengan 2-4 betina, pertanyaannya adalah kalau salah satu betina melahirkan betina yang lain dipisahkan pa dibiarin ja?
    thanks

  11. wach mas boleh donk belajar langsung. saya berminat mas usaha beternak tikus putih, soalnya klo teori kadang kliatannya mudah. karna untuk usaha lain, modal saya minim bgt mas. pengen tau cara2nya. selengkapnya. saya tinggal didaerah cikarang bekasi. ada tempat terdekat untuk belajar langsung tentang budidaya ternak tikus putih. mohon bantuannya hub saya di no 0856 9 2010 228. trims….

  12. kalau mau beli indukannya ada tdk ya?????????????

  13. tikus putih itu ada beraps macem ya?

  14. tikus jantan dan betina apakah dalam satu kandang terus ya selama belum beranak???

  15. aku ingin ternak tikus putih atau jepang tapi didaerah tempat tinggal aku masih banyak ular. apa benar ular suka makan tikus. bagaimana caranya agar itu tidak terjadi

  16. tikus’nya bisa dimandiin’nga klo bisa cr’nya gimn? mohon info’nya

  17. Saya baru pemula,, tp lumayan lah dapat keuntungannya,, saya mau diskusi gimana biar kandang tikus tidak bau dan apa alas yg baik digunakan, saya pake serutan kayu tapi cepet berbau, gimana ya suhu solusinya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s