Tips Memelihara Tikus: Makanan Tikus

tikus mabok
Pada dasarnya tikus adalah binatang omnivora artinya pemakan segala. Jangan dikira tikus hanya suka makan keju saja, seperti di film-film kartun Walt Disney. Tikus rumah liar akan memakan apa saja yang mereka temukan di dalam rumah, mulai dari roti, mie instant, kue, keju, daging, biji-bijian, beras, dan lain-lain. Sifat alami tikus ini memudahkan kita untuk memberi makan pada tikus.

tikus jidat putih sedang makan biji-bijian
Tikus jidat putih sedang makan biji-bijian.

Kalau anda memelihara tikus untuk ‘klangenan’ atau hewan peliharaan tidak perlu repot dengan urusan makanan tikus. Mencit/tikus kesayangan Anda bisa diberi makanan apa saja. Kalau kebetulan Anda punya kue, bisa mencit diberi makan kue. Kalau ada roti, beri dia roti. Kalau ada sisa daging, beri dia daging. Kalau kebetulan tidak punya apa-apa, beri saja dia beras. Mudah sekali kan.

Meskipun tikus mau diberi makan apa saja, tetapi sebaiknya kita memvariasikan makanan yang diberikan untuk mencit kesayangan kita. Jangan hanya diberi menu makanan yang monoton. Mencit seperti juga kita, bisa mengalami gizi buruk jika diberi diet yang monoton.

Selain itu sebaiknya dalam diet mencit, juga diberi makan makanan yang banyak mengandung air. Meskipun kita sudah memberinya minum yang cukup. Makan-makanan yang banyak mengandung air yang bisa kita berikan antara lain: mentimun atau wortel. Makan-makanan ini akan cukup memberikan asupan air untuk mencit. Selain itu buah-buahan ini juga kaya akan vitamin. Mencit kesayangan kita akan terlihat sehat dan warna bulunya mengkilat.

Tidak ada perbedaan khusus untuk makanan tiap jenis tikus. Apapun tikus/mencit yang Anda miliki, baik tikus putih, tikus hitam, tikus coklat, tikus emas, tikus jidat putih, ataupun tikus belang, makanannya sama saja.


Informasi dan Pemesanan hub: Manto ( 085643907204 )

Tikus Jaya


Advertisements

25 responses to “Tips Memelihara Tikus: Makanan Tikus

  1. walau menakutkan tapi boleh juga. 🙂 nice article. thx u/ informasinya

  2. saya ingin mencoba asaha ini bisakah anda kasih saran tentang cara & pemeliharaan yang baik tentang tikus tersebut,terimakasih.

  3. Yudhy Pratama Putra

    Mas ada ngga makanan untuk merangsang biar tikus mice/mencit agar cepat kawin ?? Mohon jawabannya ya ??

    Trim’s

  4. terima kasih atas infonya.

  5. pak saya pesan induknya bisa ga ???
    saya di Cilacap neh ,, tepatnya di Kec. Kroya

  6. orang bilang tikus belang membawa berkah.., benarkah?

  7. iya tuh yang ngasih berkah tuh cman 1 allah ajawajalaah.ente tuh jangan per cya berkah dari binatang apa lagi berhala(patung).musyrik namanya dan menyekutukan allah dngan mahluk lain adalah dosa paling besar mas ati2 ya??kalau mau kaya ber doa dan usaha asalkan ada niat insyaallah smw yang qt mau akan tercapai.tp kalau mau kaya cman leha2 doang ga dengan niat yang kuat hasilnya juga ga bener mlh tar ga jadi usahanya.

  8. apa sebabnya tikus bisa berwarna warni? bagaimana teknik persilangannya? tks

  9. Mantap, saya lagi coba berternak tikus putih…

  10. aris abidhita besang

    saya mau tanya soal brapa bulan jarak melahirkan satu ekor tikus? Dan satu kandang brapa jumlah tikus cowok dan ceweknya yang bagus?makasi

  11. saya punya tikus putih uda beranak yang saya tanyakan umur berapa induk bisa kiwakinkan lagi …………..

  12. bagaimana cara menjadikan rats

  13. berapa gram perhari tikus putih makan

  14. masalahnya kalau mencit punya saya ndak mau kalau dikasih sayuran,,, jadi makanannya sering dikasih nasi putih sama tempe goreng kadang-kadang,, hehee

  15. Pingback: Cara Memelihara Tikus , Mencit dan Harga Jual Yang Tinggi – Frozen Rat And Mice

  16. Ijin share info berguna min : Sedia tepung Roti dari fresh kulit roti tawar. Side product/ bad stock fresh. Tidak repot sortir gula/selai. Non jamur. Lokasi pondok cabe, untuk kebutuhan sekitar tangsel, parung, gn sindur dan depok.
    Juga menyediakan basis dasar bahan baku pembuatan pakan ternak lainya seperti tepung kulit udang dan tepung ikan murni.
    Cod lokasi/ loco gudang. PM. Hub : 08987300699/ WA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s