Uji Mikroba Pelarut Fosfat 2

Kemampuan Melarutkan Fosfat in vitro

Uji in vitro lebih sensiftif daripada uji indek pelarutan fosfat. Namun uji ini memerlukan bahan dan biaya yang lebih mahal daripada uji indek pelarutan fosfat. Uji in vitro menggunakan medium Pikovskaya tanpa agar. Oleh karena itu uji ini dilakukan setelah uji indek pelarutan fosfat dengan isolat yang lebih sedikit.

Satu ose isolat mikroba pelarut fosfat diinokulasikan ke dalam 50 ml medium Pikovskaya cair secara aseptis. Selanjutnya kultur diinkubasi selama waktu tertentu (15 hari untuk fungi), dikocok denggan kecepatan 80 rpm pada suhu kamar. Di akhir masa inkubasi kultur disentrifuse dengan kecepatan 72000 rpm selama 20 menit atau disaring dengan kertas saring Whatman No. 42. Kadar P terlarut diukur dengan metode spektofotometer. Parameter lain yang juga penting untuk diukur adalah pH dan bobot kering biomassa. Kemampuan melarutkan fosfat diukur berdasarkan peningkatan kadar P terlarut dibanding kontrol.


Download literatur gratis: Download di sini | Recomended site: Gudang Ebook Gratis

donwload ebook gratis microbiology

Advertisements

7 responses to “Uji Mikroba Pelarut Fosfat 2

  1. Masih ada beberapa informasi Bagaimana cara menghubungi anda, bolehkah saya meminta email atau nomor handphone mas isroi.

    Terima kasih atas infonya.

  2. Assalammualaikum Wr Wb

    Kami mohon dibantu cara dalam proses pembuatan POG yang akan dicampur dengan Biofertilizer agar Microba tidak mati saat POG sudah jadi dan siap dipasarkan. Adapun bahan baku produk POG kami adalah Kotoran Hewan Sapi Murni yang dicampur kaptan. Atas perhatian bapak kami ucapkan terima kasih.

    Wassalammualaikum Wr Wb

  3. Assalammualaikum Wr Wb

    Terima kasih atas balasan bapak mengenai pembuatan POG dengan tambahan Biofertilizer. Adapun perbandingan POG kami 80 : 20 (Kotoran sapi : Kaptan/Pospat) yang mana akan kami tambah dengan Biofertilizer dan Decomposer. Jika boleh bapak menginformasikan kepada kami akan nutrisi lain yang dapat membuat kualitas POG kami baik sehingga produk kami dapat diterima oleh produsen.
    Atas perhatian bapak kami ucapkan terima kasih.

    Wassalammualaikum Wr Wb

    • Wa’alaikum salam.
      Apakah sudah mendownload buku ini:
      http://www.ziddu.com/download/8130462/bukupupukorganikgranulisroi.pdf.html
      Kalau tidak salah di dalam buku itu sudah saya sebutkan beberapa bahan tambahan yang biasa ditambahkan ke dalam pupuk organik, seperti fosfat alam, kaptan, zeolit, dll. Setiap produsen memiliki spek-nya sendiri-sendiri. Misalnya saja Petroganik, spek yang diminta sedikit berbeda dengan Pertani atau SHS atau Pusri. Ikuti saja spek itu, mana yang kurang ditambahi dan mana yang lebih dikurangi.

  4. Pingback: Mikroba Pelarut Fosfat untuk Memenuhi Kebutuhan Pupuk Fosfat | Berbagi Tak Pernah Rugi

  5. Pingback: Improvement Granul Fosfat Alam | Berbagi Tak Pernah Rugi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s